stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hi semuanya, kalian tahu gak sih kalau belakangan ini ada sebuah mainan yang lagi digemari banyak orang.  Orang-orang menyebutnya Squishy, bentuk mainan yang lucu ini katanya bisa buat ngilangin stres bener gak sih? Nah, biar gak penasaran yuk sama-sama kita simak penjelasannya.

Apa Itu Squishy?

Squishy ini sebenarnya berasal dari bahasa Inggris yang kalau diartikan bahwa ini adalah sesuatu yang berpori-pori yang hampir mirip dengan spons, memiliki tekstur yang lembut dan tentunya juga kenyal dan kemampuan yang dimiliki squishy ini adalah kembali kebentuk semula.( uda kayak iklan pembalut aja hehe..)

Untuk sekarang ini mainan kenyal ini sudah terkenal dikalangan para pecinta barang – barang lucu dan unik terutama di luar negeri, sudah banyak distributor-distributor  yang telah membuat squishy.
Memang sih di Imdonesia sudah para pencinta barang unik yang mulai mengkoleksi squishy, akan tetapi sebenarnya masih kalah sama yang di luar negeri (Singappura, Amerika, Jepang, China).

Kebanyakan squishy telah dijadikan sebagai gantungan kunci, gantungan HP, tempat pena / holder dan bentuk – bentuk lainnya. Karakter dari squishy ini juga lucu-lucu lho ada rikkakuma, disney, hello kitty, pokoknya karakter yang kalian suka tetap ada kok.

Dari sekian banyaknya squishy ternyata ada yang paling disukai oleh banyak orang dan yang termasuk kegemaran orang adalah Breadou Squishy. Breadou squishy adalah squishy yang menyerupai roti, bentuk, warna dan wanginya juga kayak roti loh. Ada juga yang berbentuk donat, pie, roti bun, roti melon, kue, croissant, macaron, roti tawar atau bentuk – bentuk kawaii ( imut) dan lucu lainnya. Kalau lagi laper kayaknya jadi pengen dimakan hehe…

Jenis-jenis Dari Squishy

Hal lain yang harus kalian ketahui dari squishy ini adalah kalau ternyata squishy ini juga ada jenisnya loh. Jadi ini dapat disesuaikan dengan keinginan kalian.

  • Common Squishy

Common squishy adalah mainan squisy yang tidak tercantum siapa produsen squishy tersebut. Tingkat slow yang dimiliki common squishy ini juga beda banget kalau dibandingkan dengan squishy yang memiliki yang sama bentuknya. Common skuisi ini juga gak ada aroma yang khas seperti karakternya.

Itulah yang menyebabkan harga dari squishy common ini relatif terjangkau dan kamu bisa cari squishy mainan ini di toko mainan atau pusat perbelanjaan terdekat. Common squishy ini biasanya memiliki bentuk:

  1. Panda Bun
  2. Onsen Bun,
  3. Emoticon Bun dan lainnya.
  • Licensed Squishy

Licensed squishy ini termasuk dalam jenis squishy yang bisa dibilang harganya lumayan mahal karena sesuai namanya. Squishy licenced ini juga merupakan mainan squisy yang memiliki merek. Tekstur dari Squishy licenced sangat lembut, slow rising dan memiliki aroma yang sesuai dengan bentuknya.

Produsen licenced squishy ini berasal dari berbagai negara di Asia, seperti Indonesia, Tiongkok, Singapura, Jepang dan beberapa negara lainnya dan sudah banyak tersedia di mall atau pusat perbelanjaan, terlebih lagi di daerah Jakarta. Berikut adalah beberapa jenis squishy licenced:

  1. I-Bloom (Peach, Milk, Bottle, Baby Bear dan lain-lain)
  2. Hello Kitty Doughnut, Bear Doll dan lainnya.

Bisa nggak sih membuat squishy sendiri?

Bisa donk guys, bagi kalian yang memang ingin mencoba krativitas kalian ada beberapa cara yang bisa membantu kalian dalam menciptakan squishy buatan sendiri. Ini dia caranya jeng,jeng,jeng

Cara Membuat Squishy dari Spons

 

Kalau kalian sudah tahu apa itu squishy sekarang saatnya kalian mencoba untuk membuatnya sendiri tentunya dengan bahan yang sederhana dan selalu kita temuin setiap hari. Yang pertama ini kita bakalan buat squishy dari bahan spons. Yuk siapin alatnya.

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Spons

  • Bahan utama, tentunya spons donk atau kalian juga bisa menggunakan bahan busa yang biasa dipakai untuk mencuci piring ataupun yang biasa dipakai untuk makeup. (bener kan bahanya gampang ditemuin)
  • Alat utama yaitu gunting yang akan digunakan untuk memotong.
  • Lem, usahakan menggunakan jenis lem silikon atau lem arcilic, yang penting menggunakan lem yang tidak kaku saat lem mengering.
  • Gunakan puffy paint atau cat timbul untuk penggunaan warnanya, gunakan warna yang sesuai dengan selera kamu sendiri yach.
  • Alat terakhir yaitu kuas dengan ukuran yang sedang saja, tidak terlalu kecil dan juga besar

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Spons

  • Langkah pertama yang dilakukan sebelum teknis pembuatan yaitu mempersiapkan semua bahan terlebih dahulu, termasuk desain dan bentuk squishy yang ingin kamu buat. Nah mungkin buat kamu yang masih pemula lebih baik buat saja bentuk yang standar, yang mudah dibuat. Misalnya seperti roti tawar, tinggal nantinya dihias lebih variatif lagi.
  • Setelah kamu sudah mempersiapkan semua bahan dan ide desain squishy yang akan kamu buat, selanjutnya yaitu tinggal dipraktekkan deh ide yang sudah kamu rancang. Potong busa spons menjadi bentuk yang kamu inginkan. Kemudian gabungkan potongan busa spons tersebut menggunakan lem dan tunggulah hingga lem mengering.
  • Langkah yang ketiga yaitu mengecat squishy. Sebelum mengecat, pastikan dahulu busa spons dalam kondisi bersih dan tidak basah, agar hasil cat maksimal, sehingga kuat dan merata.
  • Tinggal satu langkah lagi Guys, yaitu menusukkan ring gantungan kunci pada busa. Tapi sebelum itu, pastikan dahulu cat sudah kering. Setelah cat sudah kering, kemudian masukkan ring gantungan kunci pada busa dan tambahkan lem pada bagian yang ditusuk, agar ring dapat melekat dengan kuat. Tada jadi deh squishy buatan sendiri.

Cara Membuat Squishy dari Clay

Yuk, sekarang kita coba dengan bahan yang lain. Kalau tadi kan buat squishynya dengan bahan dari spons, sekarang kita coba pakai bahan yang lain ya? Emank bisa?Terus pakai bahan apa donk? Bahannya yaitu menggunakan Clay. Nah, pasti kamu juga bertanya nih, apa sih clay itu? Clay adalah sejenis mainan yang terbuat dari bahan lilin, bentuknya pun fleksibel, bisa diubah dengan berbagai tekstur dan bentuk yang variatif. Daripada kamu penasaran, langsung aja yuk simak cara buatnya.

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Clay

  • Bahan pertama yang harus kamu siapkan yaitu Clay, sudah jelas karena bahan utamanya. Lalu pilihlah warna yang menurut kamu cocok dan bagus untuk digunakan membuat squishy.
  • Kemudian bahan kedua yaitu gunakan sedikit spons atau busa, kira-kira saja spons atau busa sesuai kebutuhan kamu nanti.
  • Gunakan juga tutup toples atau kamu juga bisa menggunakan bedak padat yang bulat.
  • Siapkan lem putih (white glue) yang akan digunakan untuk melapisi bagian luar clay.
  • Cat timbul (puffy paint) yang digunakan sebagai pewarnanya, serta kamu juga bisa menggunakan cat minyak.
  • Siapkan juga gunting, yang nanti akan digunakan untuk memotong.
  • Pulpen yang akan digunakan untuk menggambar pola squishy.
  • Plastik sebagai wadah clay ketika sudah dibentuk.

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Clay

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan spons. Kemudian buatlah pola bulat, untuk membentuknya kamu bisa gunakan tutup toples yang kecil atau dengan tutup bedak bekas yang bulat.
  • Selanjutnya langkah yang kedua yaitu kamu gunting pada bagian spons tersebut, lalu ambil clay yang telah disiapkan tadi. Kamu bisa ambil sesuai dengan kebutuhan saja.
  • Ketiga, buatlah bentuk bulat pada clay, kemudian clay yang sudah dibentuk itu taruh saja di atas plastik kecil, agar tidak lengket, dan tekan sampai menipis.
  • Setelah itu, tarus spons tadi di atas clay. Kemudian lapisi spons dengan clay hingga seluruh bagian spons terselimuti oleh clay. Lalu haluskan bagian tertentu yang masih terasa kasar.
  • Langkah kelima, kamu bisa campurkan clay dengan lem putih dan setelah itu kamu bisa lukis squishy clay sesuai dengan ide kreasimu, bisa dengan bentuk emoji ataupun variasi lainnya yang penting sesuai dengan selera.
  • Jika ingin squishy buatan kamu memiliki struktur yang lebih slow dan smooth, bisa kamu coba dengan memasukkan ke dalam kulkas. Setelah itu squshy clay hasil kreatifitas kamu bisa dimainkan sepuasnya deh.

Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

Cara yang lain untuk membuat squishy yaitu dengan menggunakan lem fox. Kali ini squishy yang akan kita buat adalah yang berbentuk donat. Langsung aja deh simak yuk cara membuat squishy dengan lem fox berikut ini:

Alat dan Bahan Membuat Squishy dengan Lem Fox

  • Bahan utama masih menggunakan spons
  • Lem fox
  • Air panas
  • Pewarna makanan

Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

  • Siapkan spons yang sudah digunting membentuk donat.
  • Buatlah adonan dengan lem fox dan dicampur air panas secukupnya.
  • Setelah itu, aduk-aduk adonan hingga semua bahan tercampur rata.
  • Kemudian oleskan adonan tersebut ke permukaan spons yang sudah berbentuk donat tadi hingga merata.
  • Jemur spons yang sudah dilapisi adonan tersebut selama 3 sampai 8 jam atau hingga kering.
  • Setelah kering, kemudian meracik adonan lagi untuk warna lain yang akan digunakan sebagai mayonaise pada lapisan atas donat. Bisa menggunakan warna putih, coklat ataupun pink. Cara membuatnya masih sama seperti cara di atas tadi.
  • Setelah adonan jadi, oleskan dengan perlahan pada bagian atas spons berbentuk donat tersebut. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menggunakan kuas yang ukurannya kecil.
    Terakhir, kamu jemur kembali adonan squishy itu hingga pewarnanya kering.

Apakah Bermain Squishy Memiliki Manfaat?

Secara umum, hal apapun jika dilakukan dengan benar maka akan memiliki manfaat. Seperti hal nya dengan bermain squishy. Bermain squishy memiliki manfaat terutama pada anak. Nah, ini dia manfaatnya.

  • Mengasah kemampuan sensorik

Bagi anak yang sudah bisa menggenggam, squishy bisa digunakan untuk melatih kemampuan sensorik melalui indera peraba. Si Kecil dapat mengenali bentuk, tekstur dan konsistensi suatu benda dengan meraba, memijat atau meremasnya.

  • Mengasah keterampilan motorik halus

Meremas squishy dapat melatih keterampilan serta koordinasi motorik halus pada jari-jari dan telapak tangan anak. Squishy yang muncul dalam berbagai rupa pun bisa menjadi sarana untuk untuk memperluas wawasan si Kecil. Sebagai contoh, si Kecil bisa belajar mengenal bentuk dan nama dari benda-benda, makanan, binatang, buah atau sayuran.

  • Melatih kemampuan berbahasa dan bersosialisasi

Karena bentuknya bermacam-macam, squishy bisa digunakan untuk bermain peran yang akan melatih imajinasi, kemampuan berbahasa, sekaligus bersosialiasi dengan orang lain. Sebagai contoh, squishy yang berbentuk buah dan sayuran bisa digunakan untuk bermain peran dalam konteks jual beli di pasar.

  • Menyalurkan emosi negatif

Bagi orangdewasa meremas squishy akan dapat meredakan stres atau kecemasan. Begitu pun dengan si Kecil, mereka dapat mengurangi rasa stres, kekesalan atau kemarahannya dengan meremas squishy. Dengan demikian, si Kecil akan dapat belajar mengontrol emosi negatif dan tahu bagaimana cara menyalurkannya tanpa merugikan orang lain.

Wah, keren banget ya squishy, selain lucu juga memiliki manfaat. Nah, gimana apa kalian juga suka main squishy?

Related Posts