stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernah gak sih guys kalian melihat seseorang memiliki rambut yang awut-awutan dan kelihatan tidak terurus. Biasanya sih setahu mimin yang punya rambut kayak gitu cuma orang gila. Tapi ternyata mimin salah karena ternyata ada beberapa orang yang memang dengan sengaja membuat rambut mereka kelihatan seolah tidak terurus.

Model rambut seperti ini biasanya dinamakan dengan rambut gimbal. Kerennya lagi ternyata rambut gimbal ada sejarahnya juga loh. Nah, bagi kalian yang mau tahu tentang pesona rambut gimbal ini, kalian harus simak terus artikel ini ya.

Pengertian Dari Rambut Gimbal

Gimbal atau dalam bahasa Sanskertanya Jata adalah helai rambut yang dibentuk seperti anyaman atau bisa juga dibentuk dengan mengepang rambut. Rambut gimbal juga dapat terbentuk melalui teknik yang disebut “twist dan rip”, atau dengan teknik backcombing dan rolling.

Teknik lain yang bisa kalian coba untuk membuat rambut gimbal adalah dengan meninggalkan kebiasaan merawat rambut seperti menyisir rambut. Biasanya ini disebut dengan teknik “mengabaikan” dan tentunya ini gak repot dan gratis. Pada umumnya rambut akan menjadi kusut dengan sendirinya dan terakhir yang kalian perlukan hanya membentuknya.

Mitos Rambut Gimbal Di Indonesia

Gini ceritanya guys, di waktu dulu hiduplah seorang putri bernama Sinta Dewi. Putri ini memiliki kecantikan yang tiada tara bahkan dapat membuat siapa saja menjadi terpesona. Sampai pada akhirnya ada seorang pangeran yang bernama Pangeran Kidang yang berniat untuk melamar Sinta Dewi.

Pada awalnya Sinta Dewi merasa khawatir dan merasa ragu karena mereka sama sekali belum pernah bertemu. Tapi yang namanya masih zaman dulu siapapun yang melamar harus diterima apalagi kalau yang melamar berasal dari keluarga kerajaan. Sinta Dewi pun akhirnya menerimanya.

Datanglah hari yang ditunggu-tunggu, rombongan Pangeran Kidang pun tiba. Bagaikan tersambar petir, itulah yang dirasakan Putri Sinta Dewi ketika melihat pangerannya. Bayangan pangeran perkasa, gagah dan tampan hilanglah sudah. Gimana gak kaget coba, ternyata pangeran itu kepalanya bukan manusia tetapi kepala kijang. Siapapun itu pasti bakalan syok donk.

Perasaan kecewa ini pun harus dipendam oleh Putri Sinta Dewi. Ketika Putri menerima lamaran dia meminta kepada pangeran untuk dibuatkan sebuah sumur dan harus selesai dalam waktu satu malam saja dengan alasana penduduk dikerajaan Sinta Dewi kesulitan dalam mendapatkan air dan akhirnya pangeran Kidang pun menyanggupinya.

Dia lalu menggali sumur. Kidang terus menggali dan menggali. Akan tetapi, dari atas bibir sumur, pengawal dan dayang-dayang Sinta Dewi malahan menimbunnya. Pangeran sangat kesal dan marah. Sebelum tewas, dia mengucapkan sumpah bahwa keturunan Sinta Dewi akan berambut gimbal.

Anak Berambut Gimbal Dikawasan Dieng

Masih banyak sekali dan bahkan hingga saat ini kita masih bisa menemui anak-anak yang memiliki rambut gimbal dikawasan Dieng. Dan digadang- gadang anak-anak tersebut memiliki rambut gimbal karena hal berikut ini.

  • Diawali Dengan Demam

Gembel itulah julukan untuk anak-anak berambut gimbal di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Perubahan rambut menjadi gimbal terjadi secara tiba-tiba. Ada anak akan memiliki rambut gimbal ketika memasuki usia 1, 2, 3, 4, atau 5 tahun.

Pertama-tama anak itu akan demam tinggi. Demam itu terjadi berhari-hari dan berulang. Bahkan dalam sebulan bisa terjadi beberapa kali demam.

Sesudah demamnya hilang, beberapa helai rambut akan mulai berubah gimbal. Gimbal itu adalah rambut yang kaku, menempel satu sama lain dan kusut. Ada anak yang gimbalnya banyak dan ada juga yang sedikit.

  • Tidak Boleh Dipotong

Menurut kepercayaan masyarakat Dieng, anak yang memiliki rambut gimbal ini tidak boleh dipotong rambut sembarangan. Kalau dipotong begitu saja, maka anak bisa menjadi sakit dan gimbalnya tak akan hilang. Karena itulah, rambut gimbal ini akan dipotong dalam sebuah upacara khusus. Namanya ruwatan. Itu pun harus berdasarkan, kemauan si anak gimbal sendiri.

  • Ruwatan

Setiap tahun, biasanya akan ada upacara ruwatan, yang diadakan di komplek Candi Arjuna, Dieng. Upacara ini akan diawali dengan mengeramasi anak gimbal dengan air sumur “Sendang Sedayu”. Lalu, mereka akan dibawa ke pelataran candi puntadewa, untuk dipotong rambut gimbalnya.

Sebelum melakukan pemotongan rambut gimbal. anak yang hendak diruwat akan mengajukan permintaan pada orangtuanya. Permintaan itu harus dikabulkan. Setiap anak punya permintaan berbeda. Contohnya, ada yang meminta telur, ayam jago, perhiasan, kambing, sepeda, permen, bakso bahkan singkong. Nah, sesudah dipotong rambutnya, permintaan tersebut akan diberikan. Apa yang terjadi setelah ruwatan? Rambut anak gimbal akan kembali tumbuh normal kembali.

Penyebab Dari Rambut Gimbal

Mungkin memang cerita tentang rambut gimbal dapat dikaitkan dengan mitos. Akan tetapi untuk sekarang ini ada beberapa penyebab yang juga bisa membuat seseorang mendapatkan rambut gimbal.

1. Tidak Merawat Tubuh

Siapa sih disini orang yang gak pernah merasakan rasa malas? Pasti semua orang juga pernah kan. Rasa malas memang akan selalu muncul kalau kita merasa lelah yang teramat sangat. Tapi tidak dengan merawat tubuh, karena jika kita malas untuk merawat tubuh sendiri maka ini akan sangat merugikan diri kita sendiri.

Jika kamu tidak merawat tubuh mu, maka tubuh akan menjadi sangat kotor terutama dibagian rambut. Malasnya merawat rambut akan membuatnya menjadi gimbal dan akan terlihat sangat menjijikkan.

2. Jarang Menyisir Rambut

Biasanya rambut yang jarang disisir ini juga akan membuat seseorang mendapatkan rambut yang gimbal. Jarang menyisir rambut akan membuat rambut lebih mudah menggimbal dan kotor, bahkan debu juga mudah menempel pada rambut. Usahakan selalu menyisir rambut dipagi hari, sore hari dan malam saat sebelum tidur, agar rambut tetap indah, sehat dan terawat.

3. Malas Mencuci Rambut / Malas Keramas

Keramas adalah kegiatan mencuci rambut yang wajib hukumnya dilakukan paling tidak 2 hari sekali. Apalagi kalau rambut kamu berminyak tapi jarang keramas, entah apa jadinya nanti. Kamu juga harus menggunakan sabun pencuci rambut atau yang biasa kita sebut dengan shampo.

Malas mencuci rambut atau keramas, dapat menyebabkan rambut mu menjadi lebih mudah menggimbal. Sebagai manusia wajib hukumnya kita untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut yang Tuhan anugerahkan ya ladies.

4. Tidak Cocok Shampo

Memilih shampo yang tepat untuk rambut memang menjadi hal yang bisa dibilang susah-susah gampang ya ladies. Tapi tetap saja kita harus bisa menentukan manakah shampo yang tepat untuk rambut kita.

Kamu bisa memilih shampo berdasarkan bahan dasarnya, misalnya aloe vera, coconut dan lain sebagainya. Mengapa kita harus bisa memilih shampo yang cocok dengan rambut ?? Karena jika kita tidak cocok dengan shampo tersebut, maka rambut akan sulit diatur dan mudah gimbal. So, pilihlah shampo yang sesuai dengan kebutuhan rambut mu ya !!

5. Sering Dikuncir

Nah, yang satu ini pasti sering banget kita lakukan. Keseringan menguncir rambut juga sangat tidak baik lho !! Ada baiknya jika kita memberikan rambut kebebasan untuk bernapas, agar nantinya rambut bisa tetap sehat. Gunakan kuncir rambut sesuai dengan kebutuhan rambut mu, dan sebaiknya rambut dikepang untuk meminimalisir efek gimbal berlebihan pada rambut.

6. Jarang Menggunakan Kondisioner

Selain dari shampo kondisioner juga merupakan salah satu komponen penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Menggunakan kondisioner sehabis keramas akan membuat rambut menjadi lebih sehat, indah dan terawat.

Jika rambut mu lebih sehat, indah dan terawat, maka rambut gimbal akan pergi jauh dari kepala mu. Dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan kandungan bahan dasar dari kondisioner yang akan kamu gunakan. Selain itu jangan lupa untuk tetap memperhatikan tanggal kadaluwarsa dari kondisioner, agar nantinya tidak membahayakan kesehatan rambut mu ya.

7. Rambut Kusut

Salah satu penyebab rambut gimbal adalah rambut yang kusut. Kusutnya rambut bisa membuat rambut menjadi lebih mudah tersambung atau menggulung satu sama lain hingga menjadi gimbal. Oleh sabab itu sebaiknya seringlah menyisir rambut, terutama jika kamu memiliki jenis rambut yang lebih cepat kusut.

8. Rambut Kering

Rambut gimbal juga akan membuat seseorang menjadi terlihat aneh dan jorokdan salah satu penyebab rambut gimbal adalah jenis rambut yang cepat kering.Jika kamu memiliki jenis rambut yang kering, maka sebaiknya sering-seringlah memasker rambut mu agar lebih lembab. Dan jika rambut mu lembab, maka rambut akan lebih kecil kemungkinannya menggimbal.

9. Rambut Basah Langsung Dikuncir

Seperti yang sudah kita bahas tadi, menguncir rambut terus-menerus bisa membuat rambut menjadi gimbal. Namun tahukah kamu jika menguncir rambut yang masih basah usai keramas, juga bisa membuat rambut mu mudah berketombe dan menggimbal. Ketika usai keramas sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu, agar nantinya rambut tidak menggulung atau gimbal .

10. Menggunakan Jepitan Rambut

Tahukah kamu jika menggunakan jepitan rambut bisa membuat rambut lebih mudah menggimbal ?? Menguncir rambut memang boleh-boleh saja, tapi sebaiknya perhatikan jenis kuncir yang kamu gunakan . Gunakanlah kunciran yang tidak terlalu rapat tapi  tetap membuat rambutmu tetap rapi, ini akan membuat rambut kalian tetap bisa bernapas dan tidak menggimbal.

11. Rambut Keriting

Rambut gimbal ternyata lebih mudah terbentuk dari dasar rambut yang memang sudah keriting. Bagi kamu yang memiliki rambut keriting, sebaiknya lebih rajin untuk menyisir dan keramas. Sisirlah rambut mu sesering mungkin untuk menghindari rambut yang gimbal ya ladies.

12. Terbelit Saat Menyisir

Pernahkan rambutmu terbelit saat disisir ?? Hati-hati , karena hal tersebut bisa membuat rambut menjadi kusut dan menggimbal. Gunakanlah sisir yang sesuai dengan tipe rambut mu dan gunakan sisir dengan benar ya ladies. Akan lebih baik jika saat kamu menyisir gunakan kaca yang lebar, agar kamu bisa melihat rambut mu dengan baik.

13. Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Tahukah kamu jika menyisir rambut yang masih basah bukanlah sesuatu yang benar ?? Menyisir rambut basah hanya akan merusak rambut mu dan sebaiknya tunggulah hingga rambut mu kering ya ladies. Kamu juga bisa mengeringkan rambut dengan handuk saja dan jangan gunakan hair dryer agar tidak membuat rambut mu tampak lebih kering dan mudah menggimbal.

14. Sengaja Dibuat Gimbal

Rambut gimbal tidaklah diinginkan oleh siapapun, tapi siapa sangka jika rambut gimbal dibuat dengan sengaja. Ada beberapa orang yang membuat rambut mereka menjadi gimbal dan bagi mereka hal tersebut menjadi tren.

15. Mengikuti Tren

Mengikuti tren rambut memang menjadi salah satu hal yang penting bagi sebagian orang. Rambut gimbal sengaja dibuat untuk mengikuti tren rambut masa kini. Misalnya saja mengikuti gaya Reage, tentu pecinta gaya ini juga akan mengikuti segala sesuatu tentang Reage termasuk rambut gimbal.

16. Mengikuti Adat Atau Budaya

Mungkin sekarang rambut gimbal telah menjadi sebuah tren, namun lain halnya dengan rambut gimbal yang dimiliki oleh sejumlah adat atau budaya yang ada dibeberapa negara di dunia. Rambut gimbal menjadi sebuah kebanggaan bagi mereka, sehingga wajib hukumnya bagi penganut kepercayaan atau suku mereka untuk memelihara rambut gimbal.

Apakah Ada Cara Dalam Membuat Rambut Gimbal?

Rambut memanglah mahkota seseorang dan ini harus dirawat sebaik mungkin. Bahkan tak jarang pula orang mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk melakukan perawatan pada rambut mereka. Akan tetapi, ada juga orang yang memang dengan sengaja membuat rambut mereka terlihat gimbal atau tidak terurus. Berikut ini adalah beberapa cara mereka untuk membuat rambut gimbal tanpa harus menjadi malas.

-Mempersiapakan Rambut

Hal pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat rambut gimbal adalah dengan memotong rambut. Selain itu, rambut juga harus dalam keadaan kuat atau tidak mudah rontok atau rapuh. hal ini akan membuat gimbalan pada rambut nantinya menjadi tipis dan terlihat tidak terlalu bagus. Berikut hal-hal yang harus dilakukan dalam membentuk rambut gimbal:

  • Yang pertama adalah mempersiapkan rambut untuk menggimbalnya. Rambut panjang adalah hal terbaik untuk membuat rambut gimbal.
  • Hal ini diperlukan agar ketika kalian membelitkan rambut dapat dilakukan dengan mudah dan tidak membuat rambut terlalu kusut.

-Mencuci Rambut

Kalau tadi kita katakan tanpa mencuci rambut dapat membuat rambut menjadi gimbal. Nah, kalau yang ini mencuci rambut merupakan langkah selanjutnya dalam membentuk rambut gimbal.

Cucilah rambut kalian dengan menggunkan bahan keramas seperti shampo sebagai cara membuat rambut gimbal,  namun jangan gunakan kondisioner yang berguna untuk melembutkan rambut. Nantinya ketika akan membuat gimbalan akan sulit dibentuk. Langkah dalam mencuci rambut agar membentuk rambut gimbal, sebagai berikut:

  • Cobalah untuk mencuci rambut dan cukup membersihkannya saja tanpa harus menggunakan pembilas tambahan atau pelembut.
  • Jika sudah selesai cobalah untuk keringkan rambut sampai benar-benar kering sebenarnya, setelah itu sisir rapih rambut dan juga kalian harus mengeringkan bagian dalam rambut terutama jika rambut kalian tebal.

-Menentukan Ukuran

Jika rambut kalian sudah kering dengan total maka selanjutnya adalah menentukan ukuran gimbalan rambut. Dimana gimbalan rambut haruslah memiliki ukuran yang sama persis diseluruh rambutnya agar terlihat rapi dan juga bagus. Selain itu untuk membuatnya menjadi lebih rapi cobalah memisahkan rambut dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Berikut cara menentukan ukuran rambut yang tepat dalam membentuk suatu rambut yang gimbal:

  • Hal ini akan membantu terutama jika kalian memiliki rambut tebal dan juga panjang.
    Kemudian setelah selesai tahan helaian rabut dengan menggunakan karet khusus rambut atau jepit khusus rambut di semua helaian yang sudah dipisahkan. Agar rambut tidak kembali menyatu.
  • Sebisa mungkin kerjakan dengan rapi dan tanpa ada kekeliruan. Sebaiknya minta bantuan teman atau orang lain untuk menguncir atau memisahkan rambut di bagian belakang.
    Agar tidak ada helaian yang tertinggal ataupun nantinya terlihat berantakan.

-Penggunaan Wax Alami

Selanjutnya jika sudah benar-benar rapih, kalian bisa menggunakan wax alami (lilin) yang dioleskan ke setiap helaian yang sudah dikumpulkan dalam satu ikatan. Ratakan penggunaan wax dan diamkan sebentar, jika sudah selesai maka rambut akan mengeras dan siap untuk digimbalkan.

Bagaimana jika rambut yang tebal atau setiap helaiannya memang lebih tebal dibanding rambut orang lain. Maka penggunaan wax haruslah agak banyak dan juga menunggu lebih lama, agar rambut mengeras sempurna dan merata.

-Pembentukan Gimbal

Proses selanjutnya adalah cara dalam membuat rambut gimbal. Cuci rambut kalian dari wax yang sudah digunakan, namun jangan menggunakan sampo, wewangian dan lainnya. Cukup menggunakan air mengalir untuk membersihkan sisa-sisa pengerasnya. keringkan rambut hingga kering sempurna, jangan menggunakan pengering rambut seperti hairdryer karena akan membuat rambut berantakan,

Jika ingin gunakan saja dengan kekuatan rendah agar tidak merusak ikatan yang sudah keras. Setelah itu oleskan pelembab pada rambut gimbal, jika tidak ada maka kalian bisa menggunakan minyak dan air dan semprotkan secara merata. Setelah itu lakukan berulang-ulang selama 2-3 hari agar gimbalan rambut terjaga namun rambut tidak patah, rontok atau rusak.

-Selipkan Helaian Rambut

Jika kalian sudah merapihkan atau menyelipkan helaian rambut yang mungkin keluar dari ikatan, terutama jika kalian memiliki cukup banyak anak rambut yang sering keluar dari ikatan setiap terkena angin.Kalian bisa menggunakan alat rajut ataupun pinset kecil khusus rambut untuk membantu merapihkan rambut yang terbang atau keluar.

Selanjutnya gulung untaian gimbal dan tekuk pada bagian ujungnya. Kalian juga harus menghindari penggulungan yang berlebihan, karena nantinya kalian bisa mengalami kesulitan untuk membuka gulungan gimbalan. Gulung saja sewajarnya dan jangan terlalu memaksa karena rambut akan sedikit tertarik dari kulit kepala dan ini bisa menyebabkan kepala menjadi 0sedikit pusing atau sakit.

-Biasakan Keramas

Jika kalian tidak pernah mencuci gimbalan, maka minyak dan juga residu bahan lainnya akan menumpuk disepanjang rambut . Rambut yang lepek juga akan sulit digimbalkan dan justru tidak berbentuk dengan rapih. Rambut yang sudah atau baru terbentuk gimbalnya harus tetap dalam keadaan kering dan juga bersih, kalian bisa menggunakan minyak dan air namun kalian juga harus membiasakan diri dengan keramas.

Bahkan untuk menghasilkan rambut gimbal yang sempurna tak jarang para pemilik rambut membeli sampo atau pembersih rambut yang membersihkan dan tidak merusak. Biasanya mereka lebih memilih sampo bayi atau bahkan sampo kucing. Hal ini karena sampo tersebut lebih ringan dibanding sampo manusia yang umum.

Lakukan Perawatan

Ketika memiliki rambut gimbal apakah kita harus cuek? tentu saja jawabannya salah. Layaknya rambut biasa pada umumnya, rambut gimbal juga harus memiliki perawatan yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang indah.

Kar t yang digunakan untuk menahan bentuk dapat kalian lepaskan satu persatu. Selain itu setelah 3 bulan proses penggimbalan kalian juga harus tetap mengkaitkan rambut baru yang mungkin akan tumbuh lurus ke daerah rambut gimbal. Berikut beberapa keterangan dengan cara melakukan perawatan yang benar dalam membuat rambut gimbal:

  • Mungkin saja anak rambut yang berantakan sebelumnya akan terjalin atau tersangkut dengan sendirinya ketika kalian menjepitnya. Kalian bisa membuka jepitan tersebut jika dirasa anak rambut sudah ikut tersangkut atau sudah ikut gimbal.
  • Sebagian berpikir bahwa rambut gimbal sangat sulit untuk dibuat. Sebenarnya rambut gimbal cukup mudah untuk dibuat, selama kalian membuatnya secara teliti dan dilakukan dengan perlahan.
  • Rambut gimbal yang dilakukan dengan terburu-buru terkadang tidak dapat terbentuk dan justru akan terbelit tidak beraturan. Hal inilah yang akan menyebabkan gimbalan menjadi gagal.

Lalu Adakah Cara Untuk Menghilangkan Rambut Gimbal?

Yang namanya manusia pasti akan ada masa-masa bosannya. Pada awalnya mereka akan begitu bersemangat dalam membuat rambut gimbal tapi gak mungkin kan selamanya mereka tetap menginginkan rambut gimbal. Apalagi kalau mereka itu termasuk orang yang selalu mengikuti trend. Jadi ini ada beberapa cara untuk menghilangkan rambut gimbal kalau kalian sudah bosan dengan rambut gimbal.

  • Pisahkan Rambut Satu Persatu Dengan Jari

Rambut yang gimbal memang akan lebih sulit disisir dan jangan coba-coba untuk merapikannya dengan sisir. Cara yang paling tepat untuk merapikan rambut yang gimbal adalah dengan menggunakan jari-jari tangan . Kalian bisa menggunakan jari untuk merapikan rambut.sedikit demi sedikit, cara ini banyak digunakan dan kemungkinan berhasilnya adalah 90% .

  • Jangan Menyisir Rambut Gimbal

Seperti yang sudah kita bahas diatas, kalau rambut terlanjur menjadi gimbal dan sulit diatur, maka jangan coba-coba untuk menyisirnya karena ini akan membuatnya menjadi makin gimbal. Jangan gunakan sisir untuk membuat rambut rapi, karena yang ada rambut akan semakin kusut dan gimbal.

  • Gunakan Sisir Yang Nyaman Digunakan

Sisir merupakan alat yang wajib dimiliki setiap orang didunia ini, karena jika kita tidak punya sisir otomatis tidak bisa merapikan rambut . Jika kalian ingin menyisir rambut yang gimbal maka gunakanlah sisir yang sesuai dengan kondisi rambut, jangan terlalu menarik rambut saat menyisirnya agar rambut tidak menjadi rusak.

  • Rajin Keramas

Mencuci rambut atau keramas dengan teratur bisa membuat rambut kalian menjadi lebih sehat dan rapi. Keramaslah paling tidak 2 kali sehari untuk menghilangkan rambut gimbal. Jangan menggaruk kulit kepala saat keramas, karena hal tersebut hanya akan memperburuk kesehatan kepala kalian. Jika kalian ingin memebersihkan kulit kepala, cukup hanya dengan memijat pada bagian kulit kepala saja.

  • Menggunakan Shampo Yang Cocok

Untuk menhilangkan rambur yang gimbal mungkin agak sulit. Penggunaan shampo yang tidak cocok juga hanya akan memperparah keadaan rambut gimbal. Gantilah shampo yang kalian gunakan dengan shampo berbahan dasar yang lain dari yang biasa dipakai .

  • Sisirlah Rambut Sebelum Dikuncir

Menguncir rambut boleh-boleh saja, tapi jangan lupa untuk menyisirnya sebelum dikuncir. Apalagi jika kalian sedang ingin menghilangkan rambut yang gimbal. Kebiasaan setiap wanita adalah menguncir rambut mereka sebelum menuyisirnya. Ini adalah kebiasaan yang kurang baik, oleh sebab itu sebaiknya jagalah kerapian dan kesehatan rambut kalian, agar rambut tetap sehat terawat dan rambut gimbal secara perlahan akan menghilang.

  • Gunakan Vitamin Rambut

Menggunakan vitamin rambut adalah hal yang wajib dilakukan jika ingin menghilangkan rambut gimbal demi kesehatan dan kesuburan rambut. Memberikan rambut vitamin juga akan membuat rambut menjadi jauh lebih indah, rapi dan terhindari dari rambut gimbal. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan vitamin rambut usai keramas dan menyisir rambut dengan baik ( untuk rambut gimbal gunakan sisir khusus ya).

  • Gunakan Kondisioner Rambut

Salah satu cara untuk menghilangkan rambut yang gimbal adalah dengan menggunakan kondisioner rambut. Gunakanlah kondisioner yang sesuai dengan kebutuhan rambut kalian dan selalu pastikan jika kondisioner tersebut cocok untuk jenis rambut kalian. Kondisioner ini akan membuat rambut kalian secara perlahan menjadi lembut dan ini juga akan membuat rambut menjadi tidak gimbal.

Nah, itulah tadi pembahasan tentang rambut gimbal yang katanya sudah ada sejak zaman dulu. Jadi gimana apa kalian mau juga punya rambut gimbal?

Related Posts