stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Tahukah kalian kenapa ibu selalu memasak sayur dan menyediakannya sebagai pendamping makanan? Dan kenapa ibu selalu marah jika kita tidak makan sayur? Ini dikarenakan banyaknya vitamin yang terdapat dalam sayur dan ini sangat penting untuk kesehatan kita.

Selain makan daging, kita juga perlu untuk memasukkan sayuran pada tubuh kita. Ini dikarenakan vitamin yang terdapat pada sayur jauh lebih banyak dari pada yang ada pada daging.

Sayuran dapat memberikan manfaat kesehatan yang cukup banyak, misalnya saja untuk kesehatan mata, kulit dan masih banyak kesehatan lainnya. Biar kalian bisa jadi lebih dekat sama sayuran, gimana kalau kita lebih mengenal  tentang sayuran. Berikut ini adalah penjelasan tentang sayuran yang kalian harus tahu.

Sayuran Merupakan Makanan Yang Sudah Ada Sejak Dulu

Dalam penggunaan sehari-hari, bagian tertentu dari sayuran akan dikonsumsi oleh manusia sebagai bahan makanan dan hidangan yang gurih. Awalnya, istilah tradisional (umumnya yang masih digunakan dalam ilmu biologi) bukanlah sayuran melainkan bunga, buah, batang, daun, akar, umbi-umbian, kulit kayu, biji dan semua yang ada pada tanaman.

Meskipun dalam modern kuliner istilah sayuran telah dipakai, namun ada pengecualian pada  beberapa tumbuhan seperti pada buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang tidak masuk  dalam kategori sayuran.

Pada awalnya, sayuran ini dikumpulkan dari alam liar oleh para pengumpul sayur dan kemudian mereka menyebarkannya pada beberapa budidaya di seluruh belahan dunia, mungkin selama periode 10.000 SM sampai 7.000 SM, yaitu pada saat para petani tengah mengembangkan kehidupan yang baru.

Penghasil Sayuran Yang Terbesar Adalah Cina

Pada awalnya, tanaman yang tumbuh secara lokal hanya akan dibudidayakan, namun seiring berjalannya waktu, perdagangan membawa tanaman eksotis dari tempat lain untuk ditambahkan menjadi jenis domestik.

Saat ini, kebanyakan sayuran yang ditanam di seluruh dunia disesuaikan dengan iklim dan tanaman dapat dibudidayakan dalam lingkungan yang dilindungi. Cina adalah penghasil sayuran dan perdagangan global terbesar untuk produk-produk pertanian, yang memungkinkan konsumen untuk membeli sayuran yang ditanam di negara-negara yang jauh.

Skala produksi bervariasi dari petani subsisten yang memang memasok sayuran untuk kebutuhan keluarga mereka karena untuk dijadikan makanan dan untuk dijadikan sebagai bisnis. Tergantung pada jenis sayuran yang bersangkutan, hasil panen tanaman akan diikuti oleh penilaian, penyimpanan, pengolahan dan pemasaran.

Perjalanan Dan Sejarah Dari Sayuran

Mungkin sebagian dari kita masih ada yang belum mengetahui, tentang sejarah sayuran. Tidak semua sayuran memiliki sejarah, hanya ada beberapa sayuran yang memang memiliki perjalananya sendiri,

Berikut ini ada beberapa jenis sayuran yang ternyata memiliki kisah yang panjang dan mungkin salah satunya adalah yang kalian makan.

Artichoke

Artichoke ini aslinya berasal dari Mediterania. Sayuran ini dimakan oleh orang Yunani dan Roma dan kemudian oleh orang Arab. Namun setelah Roma jatuh, artichoke mulai langka di Eropa sampai abad ke-15 dan pada akhirnya tumbuh di Italia. Dari sana artichoke mulai menyebar kembali ke seluruh Eropa.

Asparagus

Asparagus berasal dari daerah Mediterania Timur. Asparagus ditanam oleh bangsa Yunani dan Roma dan ini telah menjadi sayur yang cukup populer di Eropa pada abad ke-16.

Terong

Terong atau terung pada awalnya berasak dari India. Kemudian mereka menyebarkannya ke Cina dan ketika memasuki abad ke-15. terong telah tumbuh di Eropa Selatan.

Bit

Bit biasanya terdapat di laut, yang tumbuh di sekitar Eropa dan Asia. Orang Roma juga menanam bit, akan tetapi dijadikan sebagai obat daripada makanan. Dari abad ke-16 orang-orang di Eropa mulai menanam bit sebagai sayuran.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan ini berasal dari Timur Tengah dan Asia Selatan. Mereka dikenalkan oleh bangsa Yunani kuno dan sejak saat itu orang Eropa telah memakannya.

Brokoli

Masih belum diketahui secara pasti tentang kapan pertama kalinya brokoli ditemukan. Namun katanya, orang-orang Romawi ada memakan sayur yang katanya mirip dengan brokoli. Tepatnya sayur ini katanya ada di Perancis dan Italia dan itu ada pada abad ke-16. Brokoli kemudian diperkenalkan di Inggris pada abad ke-18. Kemudian brokoli menjadi pertama populer di Amerika Serikat tahun 1920-an.

Brussel sprouts

Brussel sprouts telah menjadi populer di sebagian besar Eropa sejak abad ke-16. Mereka menjadi sangat populer di Inggris pada abad ke-17. Brussel sprouts ditanam di Amerika Serikat dari abad ke-19.

Butter Beans

Butter Beans yang satu ini berasal dari Amerika Tengah. Mereka pertama kali ditanam oleh orang Eropa (1591).

Kubis

Asli dari sayuran kubis ini berasal dari Eropa Selatan. Sayuran ini ditanam pertama kali oleh orang Yunani dan orang Roma dan di Eropa. Sejak saat itu kubis telah menjadi sayuran yang cukup populer. Kubis kemudian dibawa ke Amerika Utara di abad ke-16.

Wortel

Wortel aslinya berasal dari Asia dan kemudian  menyebar ke daerah Mediterania. Wortel kemudian berkembang di Eropa pada abad pertengahan dan telah menjadi populer sampai sekarang.

Kembang kol

Kembang kol diyakini berasal dari Asia kecil. Kalau di Eropa mereka pertama dimakan di Italia. Namun pada abad 16 kembang kol telah menyebar ke seluruh Eropa. Kembang kol pertama tumbuh di Amerika Utara yaitu di akhir abad ke-17.

Seledri

Seledri pertama kalinya berasal dari Mediterania. Orang Yunani dan Romalah yang pertama kali mengenalkan seledri. Namun budidaya dari seledri baru dimulai di Eropa pada abad ke-17.

Buncis

Nah, kalau yang satu ini pada awalnya berasal dari Timur Tengah. Sayur buncis ini dipopulerkan oleh orang Roma dan sejak saat itu buncis mulai dikenal sampai sekarang.

Cabe

Cabe adalah sayuran yang berasal dari Amerika Tengah yang mana mereka telah tumbuh selama ribuan tahun. Kaum Aztec sangat menyukai yang namanya cabe dan bangsa Spanyol membawa mereka kembali ke Eropa. Cabe kemudian masuk ke Inggris pada tahun 1548.

Mentimun

Mentimun ini ternyata aslinya berasal dari Asia Selatan. Mereka ditanam oleh orang Yunani dan Roma. Mentimun  juga mulai ditanam di Inggris pada abad pertengahan. Namun. bangsa Spanyollah yang memperkenalkan mentimun ke dunia baru pada tahun 1494.

Kacang merah

Kacang ini berasal dari Amerika Selatan. Kacang ini umumnya telah ada di Inggris sejak abad ke-16.

Daun bawang

Daun bawang diyakini berasal dari Asia Tengah. Tanaman ini ditanam oleh orang Mesir. Bangsa Yunani dan Roma juga menumbuhkan daun bawang ini. Bangsa Romalah yang diyakini telah memperkenalkan daun bawang ini ke Britain.

Daun bawang ini adalah simbol dari Wales. Menurut legenda, para prajurit Welsh memakai daun bawang di topi mereka untuk membedakan diri mereka dari musuh-musuh mereka Saxon selama masa pertempuran.

Lentil

Lentil adalah jenis sayur yang sangat kuno. Sayuran ini telah dimakan sejak zaman prasejarah. Lentil aslinya berasal dari Asia. Bangsa Mesir, Yunani dan Roma juga sangat menyukai sayuran ini. Orang India pun sangat menyukainya.

Selada

Kalian tahu gak sih kalau ternyata selada ini juga termasuk dalam sayuran kuno. Ia juga termasuk dalam tumbuhan yang tumbuh di kawasan Mediterranean. Mesir, Yunani dan Romawi juga sering mengkomsumsi selada. Sampai pada akhirnya bangsa Spanyol memperkenalkannya ke seluruh dunia.

Zaitun

Zaitun juga aslinya berasal dari Mediterania Timur dan orang-orang telah menumbuhkan mereka sejak zaman prasejarah. Zaitun ini juga sangat penting bagi orang Mesir, Yunani dan Romawi.

Bawang

Tidak diketahui dengan pasti tentang dari mana asal si bawang ini. Namun, banyak yang beranggapan bahwa bawang ini asalnya dari Asia. Bawang merupakan salah satu sayuran pertama yang ditanam oleh orang-orang. Bawang dimakan oleh orang Mesir, Yunani dan Roma. Selama abad pertengahan bawang adalah salah satu makanan pokok bagi orang Eropa.

Lobak

Lobak dianggap berasal dari wilayah Mediterania. Orang Roma menumbuhkan mereka dan ini merupakan jenis sayuran yang cukup populer di abad pertengahan. Namun di Inggris lobak menjadi kurang populer karena hadirnya kentang dan menjadi umum di abad ke-18.

Kacang polong

Kacang polong awalnya berasal dari Asia dan ini adalah salah satu sayuran paling awal yang ditanam oleh manusia. Bangsa Yunani dan Roma menumbuhkan kacang polong selama abad pertengahan. Konon katanya guys, kacang polong adalah bagian penting dari diet orang-orang di Eropa.

Kentang

Kentang berasal dari Amerika Selatan dan mereka ditumbuhkan oleh penduduk asli selama ribuan tahun sebelum orang Eropa menemukan mereka. Spanyol kemudian membawa kentang ke Eropa pada abad ke-16 dan mereka pertama kali diperkenalkan ke Inggris pada tahun 1586.

Pada awalnya kentang dianggap sebagai sayur aneh dan dianggap tidak layak tumbuh di Eropa sampai abad ke-18. Tahun 1840-an di Irlandia banyak penduduk yang menderita kelaparan dan kemudian orang-orang mulai mengandalkan kentang untuk dijadikan makanan pokok mereka.

Labu

Labu berasal dari Amerika Tengah. Penduduk asli Amerika menggunakannya sebagai makanan pokok. Labu diadopsi sebagai makanan oleh penjajah Eropa. Sementara itu Christopher Columbus juga membawa biji labu ke Eropa.

Runner beans

Runner beans berasal dari Amerika Tengah dan tumbuh tidak lama sebelum mereka ditemukan oleh orang Eropa pada abad ke-16. Runner beans yang pertama ditanam di Inggris yaitu di abad ke-17.

Bayam

Bayam aslinya berasal dari Asia. Namun itu tidak diketahui oleh orang Yunani dan Roma. Sayuran ini pertama kali berkembang di Persia. Kemudian ditumbuhkan oleh orang Arab dan Cina. Arab kemudian memperkenalkan bayam ke Eropa Selatan dan memasuki abad ke-14 bayam mulai disukai di Inggris.

Tomat

Tomat pada awalnya berasal dari Amerika Selatan. Spanyol kemudian baru memperkenalkannya di abad ke-16. Namun, orang Inggris pada waktu itu belum mengenal tomat dan mereka baru mengenalnya akhir abad ke-16.

Berbagai Kandungan Yang Terdapat Pada Sayuran

Sayuran dapat memberikan kita energi, vitamin, mineral dan juga serat. Tidak hanya itu, kini telah ada bukti yang mengembangkan tentang manfaat kesehatan tambahan dari phytonutrients yang terdapat pada sayur..

Beberapa jenis sayuran ada yang mengandung tingkat lebih tinggi karbohidrat dan biasanya ini sering disebut tepung sayuran. Biasanya ini terkandung pada akar dan umbi-umbian seperti kentang, ubi jalar, kumara, talas dan jagung manis. Tepung sayuran lebih tinggi dalam meningkatkan energi (kilojoules) karena kandungan karbohidrat yang dimilikinya.

Sayuran lainnya yang diklasifikasikan sebagai non-tepung atau bebas tepung sayuran cenderung memiliki kandungan air yang lebih tinggi dan rendah energi, tetapi sering lebih kaya vitamin dan mineral.

Nah, dibawah ini ada beberapa kandungan vitamin yang terdapat pada sayuran yang kalian harus tahu.

Phytonutrients

Phytonutrients adalah senyawa-senyawa alami yang terdapat pada tumbuhan. Ada ribuan Phytonutrients yang berbeda dalam sayuran dan biasanya hanya ada dalam jumlah kecil. Tanaman memproduksi senyawa ini untuk melindungi diri dari serangga atau bakteri, sebagai pigmen untuk fotosintesis (produksi energi) dan juga pemberi rasa.

Biasanya senyawa inilah yang akan memberikan warna-warna cerah pada buah dan sayuran. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit dan meningkatkan kesehatan. Contoh phytonutrient  adalah Likopen yang terdapat dalam tomat, beta-karoten dalam wortel dan glucosinolates dalam brokoli.

Ada satu cara yang lebih simple dalam mengkomsumsi phytonutrient, yaitu kalian dapat mengambilnya dalam bentuk tablet. Ini tidak akan berbahaya karena senyawa ini terjadi secara alami.

Phytonutrient dapat bekerja dalam banyak cara yang berbeda untuk melindungi tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan kesehatan. Perlindungan yang diberikan meliputi aktivitas anti-inflamasi, meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh, modulasi gut microflora, menurunkan kolesterol, melawan bakteri dan mendukung kekebalan tubuh.

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sekelompok senyawa organik yang dibuat oleh tanaman. Contoh karbohidrat adalah gula, tepung dan selulosa dan mereka akan menyediakan tubuh kita dengan energi.

-Kentang, ubi jalar dan kumara mengandung karbohidrat dan inilah makanan yang disebut mengandung tepung sayuran. Inilah yang juga akan memberikan energi untuk tubuh kita.

-Dalam sepiring yang kita makan harus terdiri dari karbohidrat dan juga pati sayuran.

Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat alami yang ditemukan dalam berbagai macam makanan dan ini sangat penting untuk mempertahankan tubuh agar tetap sehat. Para ilmuwan telah mendefinisikan jumlah harian tertentu yang diperlukan untuk kesehatan yang baik.

Apa saja vitamin dan mineral itu?

  1. Vitamin A: Dapat merangsang pertumbuhan sel baru, membuat sel-sel sehat dan dapat membantu penglihatan dalam cahaya redup. Vitamin A dapat ditemukan di sayuran seperti labu, wortel, kumara, bayam dan brokoli.
  2. Vitamin B: Dapat memberikan energi dari makanan dan ini baik untuk sistem saraf. Sayuran hijau banyak mengandung Vitamin B.
  3. Vitamin C: Biasanya digunakan untuk memperbaiki jaringan pada tubuh, membantu sistem kekebalan tubuh dengan melawan infeksi dan membantu kesehatan secara umum. Vitamin C juga membantu zat besi dalam makanan agar lebih mudah diserap. Capsicums dan peterseli adalah sumber Vitamin c dengan jumlah yang signifikan. Sayuran lain yang juga mengandung vitamin C adalah brokoli, kubis Brussel, kubis, kembang kol, bayam, lobak, kacang polong, kacang-kacangan dan asparagus. Kentang, lobak, tomat, kumara, bawang, selada dan daun bawang juga mengandung Vitamin C loh.
  4. Vitamin K: Dapat membantu melancarkan darah yang membeku. Lobak, brokoli, daun selada, kubis, asparagus, selada air, kacang polong dan kacang hijau memiliki kandungan Vitamin K.
  5. Kalsium: Biasanya akan diperlukan untuk kesehatan gigi, tulang, rambut dan kuku. Bayam, peterseli, brokoli, seledri, daun bawang, bawang, kubis dan wortel banyak mengandung kalsium.
  6. Kalium: Dapat mengontrol otot dan saraf dan ini sangat penting dalam mencegah tekanan darah tinggi. Semua sayuran mengandung kalium.
  7. Besi: Ini sangat penting untuk memperbanyak sel-sel darah merah sehingga oksigen dapat dilakukan di sekitar tubuh. Makan sayuran yang mengandung zat besi, dengan sayuran yang mengandung Vitamin C dapat membantu besi diserap ke dalam tubuh. Bayam, silverbeet, peterseli, daun bawang, brokoli, dan jamur adalah sumber yang baik dari besi.
  8. Serat: Serat dapat membuat sistem pencernaan menjadi sehat, membantu menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Serat juga telah ditemukan untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi reabsorpsi kolesterol yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu mencerna lemak. Semua sayuran mengandung serat tapi ada juga sih yang tidak mengandung serat. Sayuran yang tinggi serat adalah broad beans, kacang polong, bayam, selada air, kacang hijau, jagung, bit, kubis, kacang mentega, brokoli dan kubis Brussel. Wortel, parsnips, lobak, kentang dan kumara memiliki tipe khusus  untuk serat yaitu pada kulit mereka.

Seperti Apa Manfaat Yang Didapat Dari Makan Sayur?

Membuat keputusan untuk meningkatkan gaya hidup dengan mengikuti diet yang terutama mentah nabati adalah keputusan sadar kesehatan. Ini dikarenkan dapat meningkatkan metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan keseluruhan kesehatan.

Beberapa pokok diet sehat terpenting terdiri dari sayuran dan itu adalah karena mereka mengandung begitu tinggi nutrisi yang akan memberikan banyak manfaat pada tubuh.

Berikut ini adalah manfaat jika kalian rajin makan sayur::

1. Mendapatkan sumber penting nutrisi

Ketika diet yang kalian lakukan terdiri dari makan sejumlah sayuran, maka ini akan membuat tubuh kalian memiliki banyak nutrisi untuk berkembang. Menurut Choose My Plate, inisiatif makan sehat oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat sayuran kaya akan kalium, serat, asam folat, vitamin A dan C dan masih banyak lagi.

2. Rendah akan kalori

Sayuran secara alami rendah kalori dan lemak. Ini berarti kalian dapat mengisi sayuran pada makan siang kalian tanpa perlu khawatir akan asupan kalori harian disarankan. Ini membuatnya lebih mudah untuk makan makanan yang lezat tanpa khawatir tentang kalori dan ini juga dapat membantu pemeliharaan berat badan.

3. Dapat meningkatkan funsi usus secara optimal

Serat sangat bermanfaat bagi tubuh, dalam arti bahwa hal itu dapat mengurangi terjadinya masalah usus, seperti sembelit. Ini dikarenakan air dan serat dalam sebagian besar sayuran, Dr Mercola menunjukkan bahwa makanan sehat ini dapat menjaga bakteri baik dalam tubuh.

4. Penguat keadaan mental

Mungkin kalian berpikir jika makan sayur hanya akan bermanfaat untuk fisik, akan tetapi riset menunjukkan bahwa makan sayur juga baik untuk mental kalian. Menurut Mental Health America, mengikuti diet yang bergantung pada kacang-kacangan, bijian, buah-buahan, lemak tak jenuh dan sayuran adalah lebih baik untuk kesehatan mental daripada satu yang terdiri dari daging dan produk susu.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Karena sayuran sarat dengan nutrisi penting, maka mereka memiliki reputasi besar untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Secara khusus, sayuran berdaun hijau dapat mengaktifkan gen yang dapat menghasilkan sel kekebalan dalam usus.  Menurut Dr Mercola. Sel-sel kekebalan tubuh ini dapat menjaga kekebalan tubuh dan peradangan, melindungi tubuh dari bakteri patogen, meningkatkan keseimbangan usus dan mencegah alergi makanan.

Nah, sekarang kalian sudah mengerti kan tentang pentingnya sayuran untuk kesehatan kita bahkan sayuran pun dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Jadi apa kalian masih gak mau makan sayur? Kalau gak dimulai dari sekarang kapan lagi kita menjaga kesehatan kita.

Related Posts