stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernah gak sih kalian dimarahin ibu kalian ketika kalian tidak menghabiskan jus wortel buatannya ataupun kalian menyingkirkan wortel dari piring kalian. Pastinya pernah donk. Ibu kalian pasti mengatakan kalau wortel itu sangat baik untuk kesehatan kalian, terutama pada bagian mata. Tapi tetap saja kalian tidak akan memakannya, karena dengan alasaan rasanya yang tidak enak.

Sebenarnya guys, rasa wortel itu enak lho. Kalau kalian bilang rasanya tidak enak itu dikarenakan, kalian belum terbiasa dengan rasanya. Jadi kalian harus mau ya makan wortel. Gak ada ruginya loh, malah banyak sekali manfaat yang kalian bisa dapatka. Kalau kalian gak percaya, di bawah ini ada penjelasan tentang wortel beserta manfaatnya.

Kenapa Harus Makan Wortel?

Wortel atau yang memiliki nama latin Daucus carota adalah termasuk dari sayuran yang memiliki akar, biasanya ciri khas dari wortel ini berwarna oranye, tapi ada juga yang berwarna ungu, hitam, merah, putih dan kuning.

Bisa dikatakan wortel ini termasuk dalam jenis tanaman liar, Daucus carota dinyatakan berasal dari Eropa dan Asia barat daya. Tapi ada juga yang mengatakan tanaman ini berasal dari Persia dan pada awalnya yang dibudidayakan hanyalah daun dan bijiny saja. Meskipun begitu, sebenarnya bagian yang paling sering dimakan dari tanaman ini adalah akar, terkadang sayurnya juga dimakan sih.

Ternyata wortel juga masih memiliki hubungan saudara dengan umbellifer Apiaceae yang merupakan tanaman dua tahunan. Akar dari  wortel ini mengandung sejumlah besar alpha dan beta karoten dan ini merupakan sumber vitamin K dan vitamin B6 yang baik. Tuh kan benar wortel itu sehat.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) melaporkan bahwa produksi wortel dan lobak di dunia (tanaman ini digabungkan oleh FAO) untuk tahun 2013 adalah 37,2 juta ton; hampir setengah (~ 45%) dari wortel ini ditanam di China. Wortel banyak digunakan di banyak masakan, terutama dalam persiapan salad dan salad wortel sudah menjadi tradisi di berbagai masakan daerah.

Apa Kandungan Dari Wortel ini?

Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kalian. Beberapa senyawa tumbuhan yang penting bagi kesehatan tubuh manusia yang dikandung oleh wortel diantaranya seperti Beta-Karoten, Alpha-Karoten, Likopen, Lutein, Polyacetylene dan Anthocyanin.

Jadi coba bayangkan saja kalau memiliki itu semua, pastinya kalian akan selalu tampak sehat. Masa iya sih, kamu lebih memilih sakit daripada sehat.

Berikut dibawah ini adalah tabel kandungan gizi wortel pada setiap 100 gram-nya.

-Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
-Kalori 41kal –
-Karbohidrat 9,6g –
-Air 88% –
-Protein 0,9g –
-Gula 4,7g –
-Serat 2,8g –
-Lemak 0,2g –
-Vitamin A 835µg 93%
-Vitamin C 5,9mg 7%
-Vitamin D 0µg –
-Vitamin E 0,66mg 4%
-Vitamin K 13,2µg 11%
-Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
-Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
-Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
-Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
-Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
-Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
-Vitamin B12 0µg –
-Cholin 8,8mg 2%
-Kalsium 33mg 3%
-Zat Besi 0,3mg 4% . Magnesium 12mg 3%
-Fosfor 35mg 5%
-Potassium (Kalium) 320mg 7%
-Sodium 69mg 5%
-Seng (Zinc) 0,24mg 2%
-Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
-Manganese 0,14mg 6%
-Selenium

Penjelasan Dari Kandungan Wortel

Wortel memiliki tekstur yang renyah dengan rasa yang manis, terutama kaya akan zat anti-oksidan, vitamin dan serat. Sayuran ini rendah kalori, yaitu hanya menyediakan 41 kalori per 100 g dan tidak mengandung lemak maupun kolesterol.

Wortel adalah sumber yang banyak mengandung karoten dan vitamin A. 100 g wortel segar mengandung sekitar 8285 mg beta karoten dan 16.706 IU vitamin A. Studi telah menemukan bahwa senyawa flavonoid dalam wortel membantu melindungi kulit, paru-paru dan kanker rongga mulut.

Karoten akan dirubah menjadi vitamin A dalam tubuh setelah dikonsumsi. Beta karoten adalah jenis karoten utama yang terdapat dalam sayuran ini. Beta karoten juga merupakan salah satu anti-oksidan alami yang kuat, yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya. Selain itu, wortel juga memiliki semua fungsi dari vitamin A, seperti menjaga kesehatan mata yang baik, meningkatkan kesehatan reproduksi pria, serta pemeliharaan, integritas, pertumbuhan dan perkembangan epitel.

Wortel juga mengandung banyak zat antioksidan yang disebut dengan poliacetylene dan falcarinol. Studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Newcastle pada hewan dilaboratorium menemukan bahwa falcarinol dalam wortel bisa membantu melawan kanker dengan menghancurkan sel-sel prakanker.

Wortel juga merupakan sumber vitamin C yang baik; menyediakan sekitar 9% dari kebutuhan harian yang disarankan. Vitamin C adalah antioksidan larut dalam air, yang membantu tubuh menjaga kesehatan jaringan ikat, gigi dan gusi. Anti oksidan membantu melindungi tubuh manusia dari penyakit dan kanker dengan cara menyingkirkan radikal bebas berbahaya.

Sayuran ini juga sangat kaya vitamin B kompleks, seperti asam folat, vitamin B6 (pyridoxine), thiamin, asam pantotenat, dan lain-lain, yang bekerja sebagai kofaktor enzim selama metabolisme substrat dalam tubuh .

Wortel juga mengandung mineral dalam jumlah yang sehat, seperti tembaga, kalsium, kalium, mangan dan fosfor. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dengan melawan efek sodium. Mangan diperlukan oleh tubuh sebagai kofaktor enzim antioksidan, superoksida dismutase.

Jenis-jenis wortel

Sekedar untuk menambah pengetahuan bagi kalian. Ini ada beberapa jenis dari wortel yang harus kalian tahu.

Jenis Imperator yaitu jenis wortel yang memiliki bentuk bulat memanjang dengan ujung meruncing seperti kerucut. Wortel ini sedikit tipis, serta memiliki umbi berwarna oranye. Wortel jenis ini kurang disukai oleh orang karena rasa yang dimiliki wortel jenis ini kurang manis.

Jenis Chantenay. Jenis wortel ini memiliki bentuk tebal meruncing dengan ujung yang tumpul. Jenis wortel Chantenay memiliki panjang sekitar 12 cm serta banyak disukai orang karena memiliki rasa yang manis. Dibandingkan jenis wortel lainnya wortel jenis ini memiliki tekstur lebih kasar. Biasanya, wortel jenis ini sering dimasak dengan di potong berbentuk dadu .

Jenis Mantes. Wortel jenis ini merupakan gabungan dari wortel jenis Imperator dan jenis Chantenay. Wortel jenis ini memiliki ukuran sedang, memiliki warna oranye gelap, berbentuk bulat tumpul dan memiliki diameter dari atas hingga bawah sama . Kandungan air pada wortel nantes lebih tinggi dari jenis wortel lainnya sehingga jika dimasak rasa manis pada wortel jenis ini akan berkurang.

Manfaat Seperti Apa Yang Bisa Di dapat Dari Wortel

Nah, bagi kalian yang gak suka sama wortel sebaiknya kalian tahu dulu apa yang bisa kalian dapat dari wortel. Mungkin setelah mengetahui manfaatnya kalian berubah pikiran dan mulai suka sama wortel

  • Menjaga Kesehatan Mata

Inilah manfaat yang pertama dari wortel, bahkan manfaat yang satu ini sudah banyak diketahui orang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A di dalam hati.

Lalu vitamin A ini akan ditransformasikan di dalam retina, untuk diberikan kepada  rhodopsin,  yaitu pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.

Wortel juga mengandung antioksidan yang banyak, yang berkhasiat untuk mencegah timbulnya penyakit katarak dan yang semacamnya.

Beta-karoten juga akan melindungi  mata dari masalah degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata, yang sangat tidak diinginkan banyak orang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko lebih rendah 40% terkena degenerasi makula, dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Wortel yang kaya betakaroten (vitamin A), menjadi gizi penting bagi mata. Tetapi senyawa ini tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi hanya mampu memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Wortel juga dapat mempertajam penglihatan, termasuk pada saat malam hari.

  • Anti Kanker

Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan bahwa orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru.

Ternyata, selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel yang dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas dan payudara.

Untuk mendapatkan manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya dapat  naik 2 – 5 kali lipat.

  • Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin A pada wortel dapat menjaga dan memelihara kesehatan kulit, karena dapat mencegah kerusakan sel dan berguna dalam regenerasi sel baru. Selain itu, vitamin A juga mampu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mencegah penuaan dini, menghilangkan bercak pada kulit akibat pigmentasi dan mencegah jerawat.

  • Kesehatan ginjal

Ginjal tanpa lelah akan selalu menyaring sekitar 50 galon darah setiap hari dan akan menghasilkan sampai 2 liter urine. Makanan tertentu, seperti wortel akan menawarkan potensi manfaat gizi untuk kesehatan ginjal.

Beta-karoten (yang berasal dari vitamin A di dalam wortel) akan membantu ginjal dalam menyaring racun di dalam darah, serta mencegah infeksi saluran kemih, menurut Dr George D. Pamplona-Roger, penulis buku “Foods That Heal”.

Sebuah studi hewan diterbitkan dalam November 2012 di “Journal of Thrombosis and Thrombolysis” menemukan bahwa beta-karoten mengurangi peradangan dan membantu memperbaiki kerusakan filter ginjal, (dikenal sebagai tubulus).

Para peneliti, menemukan bahwa beta-karoten bekerja untuk menghambat dua gen berbeda yang memicu peradangan pada ginjal.

Sebuah studi hewan diterbitkan dalam jurnal “Patologicheskaia Fiziologiia i Eksperimental’naia Terapiia” edisi Oktober 2009, menemukan bahwa pektin di dalam wortel lebih efektif sebagai diuretik (zat yang meningkatkan produksi urine dan menurunkan resiko munculnya gejala gagal ginjal).

Para peneliti menyimpulkan bahwa zat pektin dapat menjadi terapi alami dalam pengobatan gagal ginjal kronis. Apa itu Pektin?

  • Melancarkan ASI

Kalsium yang terkandung pada wortel akan meningkatkan ASI, menguatkan tulang dan gigi.

Wortel yang akan disimpan hendaknya ditaruh di kantung plastik berpori dan ditaruh di lemari pendingin. Namun, wortel hendaknya jangan disimpan terlalu lama karena akan menimbulkan rasa pahit akibat terjadi perubahan senyawa fenol menjadi isokumarin.

  • Kesehatan pencernaan

Wortel mengandung fiber atau serat yang tinggi, yang sangat penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan tubuh. Serat juga sangat baik dikonsumsi saat diet, karena dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Wortel pun sering digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Nah, itu dia penjelasan tentang wortel yang satu ini. Mudah-mudahan setelah baca artikel ini kalian jadi mau makan wortel ya. Semangat….

Related Posts