stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Setiap kali saya merasa bosan saya selalu membaca sebuah cerita tentang detektif. Saya selalu membuat daftar tersangka dengan motif dan Alibi untuk membuka kedok pelakunya  sebelum ceritanya berakhir bahkan terkadang saya sangat mendalamminya. Cerita detektif ini seperti dua hal yang dijadikan satu yaitu seperti  permainan teka-teki silang atau sudoku akan tetapi cerita seperti ini memiliki karakter yang lebih menarik, psikologis yang mendalam dan visi dalam masyarakat. Berikut adalah beberapa cerita detektif yang telah memberi saya kesenangan saat membacanya.

A. Detective Inspector Thomas Linley

Inspektur Linley adalah seorang detektif Inggris yang dibuat oleh penulis Amerika Elizabeth George. Ia telah memecahkan  banyak kasus kejahatan dengan rekannya Scotland Yard yang juga seorang detektif di Sergeant Barbara Havers. George telah membuat tiga novel yaitu, “Well-Schooled in Murder” Linley dan Havers .

George selalu mempersiapkan novelnya dengan mempelajari  lokasi nyata di Inggris sehingga ini dapat membuat cerita menjadi lebih realistis dibandingakan dengan penulis novel kejahatan lainnya. Linley sendiri memiliki karakter yang bulat dengan kelemahannya saat berhubungan dengan wanita yang bernama Helen Clyde yang berkembang melalui novel. Linley dan Havers diperankan oleh Nathaniel Parker dan Sharon kecil dalam serial BBC “The Inspector Linley Mysteries”. .

B. Kinsey Millhone

Detektif swasta Kinsey Millhone diciptakan oleh penulis Amerika Sue Grafton. Dalam setiap serialnya ia selalu muncul dengan menggunakan abjad misalnya  ” A adalah untuk Alibi”, “B adalah untuk pencuri” dll. Dia tinggal di sebuah apartemen di Santa Teresa California. Kota ini diciptakan oleh penulis lain yang bernama Ross MacDonald.

Kinsey adalah lajang yang menjalani hidupnya dengan berbagai bentuk kegiatan. Saya sangat menyukai novel ini karena mereka menghibur dan memiliki kecepatan dalam cerita yang melibatkan berbagai tindakan. Belum ada film atau serial  TV  yang diadaptasi dari cerita ini mungkin belum akan tetapi ini adalah ide yang baik untuk masa depan.

C. Philip Marlowe

Philip Marlowe adalah seorang detektif swasta yang dibuat oleh penulis Amerika Raymond Chandler. Ia muncul untuk pertama kalinya dalam serial “The Big Sleep” pada tahun 1939. Judul lainnya yang terkenal adalah “The Lady in the Lake” dan “The long Goodbye”. Marlowe  dipengaruhi dari Dashiell Hammett Sam Spade yang memiliki kebiasaan merokok dan minum yang sangat banyak.

Ia tinggal di Hollywood Los Angeles. Cerita-cerita yang berada pada lingkungan ini memang lebih berbahaya. Kekerasan, obat-obatan terlarang dan bahasa yang sulit dimengerti sering  kali terjadi disini. Marlowe telah dimainkan oleh banyak pelaku termasuk Humphrey Bogart pada serial “The Big Sleep”.

D. Sam Spade

Detektif swasta Sam Spade diciptakan oleh Dashiell Hammett. Ia hanya muncul dalam salah satu novel dalam tiga cerita pendek namun ini tetap penting sebagai contoh pertama seorang detektif . Chandler’s Philip Marlowe terinspirasi dari Sam Spade.

Spade adalah tokoh utama dalam serial “The Maltese Falcon” (1930) dan ia berperan sebagai detektif di San Francisco dengan pasangannya Miles Archer. Dia tidak takut dengan pertarungan tinju bahkan dengan senjata api. Ia memiliki watak yang sinis tetapi masih memiliki rasa kewajiban yang sangat besar. Cerita ini juga melibatkan fatale femme atau wanita penggoda.

E. Inspector Roderick Alleyn

Detektif-Inspektur Roderick Alleyn adalah seorang detektif Inggris yang telah muncul dalam tiga puluh dua novel yang dibuat oleh penulis Selandia Baru Ngaio Marsh yang dimulai dengan “A Man Lay Dead”pada tahun 1934 yang menceritakan tentang permainan pembunuhan yang berakhir dengan pembunuhan yang nyata dan contoh novel lainnya adalah “Vintage murder”,“Artists in Crime” , dan Overture to Death”  yang memiliki metode pembunuhan yang sangat menarik.

Baronet Alleyn adalah adik dari Roderick Alleyn yang merupakan contoh lain dari seorang pria detektif dan bekerja untuk Scotland Yard sampai pada akhirnya mencapai pangkat Inspektur kepala. Masyarakat dan wartawan di Nigel Bathgate sering membantu dia selama  melakukan penelitian.

Related Posts