stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Seiring dengan berjalannya waktu budaya modifikasi roda dua menjadi semakin populer di Indonesia, berawal dari merek speak dan jenis-jenis sepeda motor lainnya tersedianya produk-produk yang cocok dan di minanti di masyarakat indonesia terciptalah motor-motor tersebeut.

Dari yang hanya mengganti parts-parts yang berada dimotor hingga modifikasi merubah bentuk motor yang kini dikenal dengan istilah custom motor seperti : trail, cuper, minor, japstyle dan lain-lain. Dari orang biasa hingga kalangan artis kini setidaknya memiliki satu motor, memang motor ini sangat menular. Memiliki hobi roda dua atau hanya sekedar untuk gaya saja tapi tidak bisa dipungkiri jika kegiatan Sunmori (Sunday Morning Ride) turut mengundang para pecinta roda dua untuk berkumpul. Dari kendaraan bertenaga besar hingga motor bertransmisi otomatis pun hadir dalam kumpul-kumpul ini.

Dengan melihat potensi sebesar ini, terubukti dengan naiknya harga beberapa motor klasik dan semakin banyaknya produsen motor yang menciptakan motor dengan tampilan klasik. Karena di Indonesia sendiri banyak peminat dan pecinta motor-motor tua atau klasik tediri dari remaja, orang tua, hingga kaum hawa tersebut. Karena bagi masyarakat Indonesia sendiri sepeda motor itu tidak hanya untuk kendaraan doang saja akan tetapi hobi dan temapat wadah berkumpul suatu kelompak tertentu yang mempunyai hobi yang sama kepada kendaraan tersebut.

Setiap melakukan custum motor si pemilik kendaraan pasti memberikan referensi motor yang ingin disamai, disitu juga para pemilik memberi beberapa arahan pada builder motor seperti apa yang mereka inginkan, tergantung keinginan para customer tersebut.

Dengan perubahan bentuk motor sudah pasti mempengaruhi kenyamanan motor tersebut berkelana menggunakan motor kustom menjadi pengalaman berbeda karena dibeberapa tempat ada saja yang bertanya mengenai jenis motor apa yang digunakan. Walaupun bukan bermesin besar tapi setidaknya memberikan cerita perjalanan yang akan selalu diingat. Untuk menjadi pengalaman tersendiri yang menyenangkan dan di ceritakan anak cucu kita nanti.

Walau begitu menikmati perjalanan tetap menjadi keutamaan dan keamanan pun menjadi faktor terpenting dalam perjalanan. Setidaknya kita berjalan 1 samapai 3 jam di perjalanan di atas motor setelah 3 jam berjalan baru la kita beristirahat sejenak di pinggir jalan yang berteduh atau pom bensin dan rumah makan.

Kesimpulannya adalah perjalanan menggunakan motor kustom tetap menyenangkan walaupun harus ada penyesuaian dalam beberapa kondisi tapi selama masih dapat di tolerir semua akan tetap menyenangkan. Apalagi ditambah jika memang kita sudah menyiapkan semua kebutuhan perjalanan seperti tujuan, rute, serta kebutuhan yang diperlukan kendaraan secara baik akan menambah kesenangan dan keamanan selama diperjalanan.

Pengertian Apa itu Bikers

Bikers sendiri berasal dari bahasa asing (Bahasa Inggris) yang memiliki definisi yaitu seorang pengendara sepeda motor, terutama yang merupakan anggota Club/Komunitas Motor. Kalau bahasa kekiniannya, Bikers itu Anak Motor (eiittssss… bukan berarti Biker itu emak bapaknya motor juga yah  wkwkwk). Mungkin ada bro & sist yang ingin bertanya,” siapa sih biker pertama di Indonesia bahkan dunia ?”


Belum ada data kongkrit yang dapat membuktikan siapa biker pertama di muka bumi ini. Namun “SEPUTAR BIKER” mendapat info setelah membaca dari wikipedia.org, club motor tertua di dunia berasal dari New York, AS. Klub motor yang dimaksud adalah Yonkers Motorcycle Club yang didirikan pada tahun 1903 (O eM Ji…. Tahun segitu mah emak bapak kita aja belum ada, apalagi kita). Klub motor yang terkenal dengan semboyannya “If Ya Can’t Party, Go The F*ck Home!”didirikan oleh George Eller. Dengan kata lain, bikers pertama di dunia berasal dari klub motor tersebut.

Layar perjalanan yang berbeda setiap lokasi menjadi gerbang yang harus mereka lewati. Misalnya saja lokasi pinggiran kota, pasar, perkampungan dan dipenghujung rute bertemu dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa ciptaan TUHAN YANG ESA. Sudah menjadi rahasia umum jika jalan demi jalan ini tujuan akhirnya adalah bermain air, berendam serta ada bonus berfoto dan menikmati hangatnya kopi di alam yang seger berhiaskan cipratan tetesan air dari tebing yang tingginya.

Namun, motor tua hanyalah sebuah media dari inti dari komunitas tersebut. Yang lebih penting dari itu ialah persaudaraan sesama anggota alias Brotherhood. Dengan anggota sekitar 1.500-1.600 kepala yang tersebar di seluruh Indonesia, kasus dualisme Bikers Brotherhood tak boleh abai dari pandangan kita.

Banyak orang beranggapan biker itu adalah seorang anggota club motor atau seorang yang lagi touring dengan peralatannya yang lengkap…Hmmm memang anggapan itu bukan suatu yang salah tapi menurut pendapat pribadi dari saya, biker itu memiliki arti yang luas.

Biker adalah seseorang yang menganggap motor itu bagian yang penting dalam hidupnya, entah untuk berekreasi atau untuk mencari nafkah. Arti dari bikernya saja seorang pengendara motor. Jadi dia memiliki contoh yang banyak seperti…tukang ojek, kurir, tukang pos dan lain-lain. Seseorang baru bisa dikatakan *biker sejati* jika dia bisa melakukan dan memberi contoh berkendara yang aman dan nyaman (Safety Riding). Begitulah ulasan tentang biker menurut pendapat dan apa yang  saya pelajari pengalaman di jalan atau dari senior -senior saya ..semoga bermanfaat dan Lets Ride.

Related Posts