stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Seseorang yang ingin mengakhiri suatu hubungan pastilah mempunyai alasannya dan gak asal putus aja. Di putusi ataupin mutusin tetap aja endingnya gak enak. Keputusan untuk mengakhiri hubungan dengan pacar bukanlah hal yang mudah.

Namun gak berarti kamu harus mempertahankan hubungan yang bisa dibilang gak sehat lagi. Kamu mungkin takut akan menyakitinya dengan keputusan itu, karena yang namanya putus cinta tentu ada pihak yang akan tersakiti. Nah, dalam artikel ini mimin akan membantu kamu untuk mengakhiri hubungan asmara tanpa meninggalkan kesan yang buruk. Berikut ini adalah hal yang harus kamu lakukan.

A. Tentukan Waktu yang Tepat

Sebenarnya, kamu dapat mengakhiri hubungan kapan saja, tapi ada baiknya terlebih dahulu kamu menentukan waktu yang tepat saat mengatakannya. Jangan pernah mengatakan putus saat si dia sedang banyak masalah ataupun saat dia akan menghadapai ujian yang penting. Jika hal itu kamu lakukan, maka si dia akan merasa lebih stres dengan keputusan itu dan tidak lagi fokus pada apa yang akan dihadapinya besok. Carilah waktu saat si dia tidak banyak pikiran agar dia dapat berpikir dingin tanpa emosi.

B. Tentukan Tempat

Gak cuma mencari waktu yang tepat aja yang penting, tetapi tempat juga merupakan bagian yang sangat penting saat kamu akan mengatakan putus dengan bijak. Jangan pilih tempat umum, seperti restoran. Selain itu, kamu juga harus menghindari tempat di mana banyak kenangan masa lalu yang pernah kalian kunjungi bersama. Pilihlah tempat yang tenang, seperti di rumah agar kamu bisa bicara serius dengannya.

C. Hindari Mengakhiri Hubungan melalui Telepon atau SMS

Pasangan kamu akan merasa jauh lebih kecewa, jika kamu mutusin dia hanya dengan melalui telepon atau SMS. Sebaiknya, ajaklah dia bertemu di tempat yang sudah kamu tentukan ( hindari tempat ramai). Ini merupakan salah satu cara memutuskan pacar tanpa ada kesan yang buruk.

D. Gunakan Kata-kata yang Baik dan Halus

Putus cinta memanglah sangat menyakitkan maka dari itu pilihkan kata-kata yang baik dan halus untuk mengutarakannya. Selain itu, jangan meninggikan nada suaramu, karena hal ini akan memancing emosi si dia. Kamu bisa mendahului dengan kata “maaf” sebelum kamu mengarah pada kata putus. Dengan begitu, dia akan lebih tenang menerima keputusanmu.

E. Memberikan Alasan yang Tepat

Banyak sepasang kekasih yang salah satu pihak merasa bosan pada hubungan mereka ataupun mencintai orang lain. Kamu akan kesulitan memberikan alasan mengapa mengakhiri hubungan asmara dengan si dia. Hindarilah alasan-alasan yang tidak masuk akal, seperti “aku tidak pantas buatmu” atau “kamu terlalu baik untukku”. Gunakan alasan yang mendasar dan tepat. Jika kamu sudah tidak nyaman dengan hubungan yang kamu jalin, maka kamu bisa mengatakannya dengan jujur. Walaupun sebenarnya jujur itu menyakitkan.

F. Jangan sampai kalian Bertengkar

Kemungkinan terburuk yang biasanya terjadi adalah pertengkaran. Oleh karena itu bicaralah pelan-pelan dengan kepala dingin untuk menghindari pertengkaran. Kamu harus meyakinkan hatinya agar dapat menerima semua keputusan yang kamu ambil.

G. Berilah Waktu untuk Bicara

Couple Sitting on Couch

Setelah kamu mengutarakan perasaanmu sendiri, berilah dia kesempatan untuk mengungkapkan isi hatinya juga. Katakan juga bahwa kamu menyesal dengan keputusan ini agar ia tidak terlalu kecewa dengan keputusan yang kamu buat.

H. Segera Tinggalkanlah Dia

Jika pembicaran yang kalian lakukan sudah selesai, alangkah baiknya jika kamu langsung meninggalkann dia. Biarkan dia menenangkan diri dengan kenyataan yang ada.

I. Jalin Pertemanan

Setelah kalian putus, ada baiknya jika kamu tetap menjalin pertemanan dengannya. Namun, jika kamu atau mantan kamu belum bisa, jangan terlalu dipaksakan. Hal ini akan menjadi lebih sulit, jika dia adalah teman satu kelas atau rekan kerja. Kamu harus berusaha bersikap normal di hadapan teman-teman yang lain dan jangan memperlihatkan kalau ada keretakan pada hubungan kalian.

J. Berpikir tentang Kegagalan

Sangat tidak tepat jika disaat kita ingin putus dengan pacar, namun disaat yang sama kita malah memikirkan keindahan masa lalu bersamanya atau berandai-andai tentang hubungan yang bisa diperbaiki kedepannya. Lebih baik kita berpikir tentang kegagalan atau sesuatu yang dapat membuat hubungan tidak sehat atau apapun yang membuat hubungan tersebut gagal.

Itulah beberapa cara untuk memutuskan pacar secara baik-baik tanpa harus meninggalkan kesan yang buruk. Bersikaplah dewasa dalam menghadapi semua masalah dan kegagalan adalah awal dari perjuangan. Selamat mencoba dan semoga pasanganmu bisa menerima keputusanmu.

Related Posts