stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hi Korea lovers Anyong Haseyo? Duh, kayaknya lagi senang-senang ya? Abis menang lotre ya? Atau habis jalan sama pacar ya? Mimin kepo ya hehe… Gak papa donk kalau mimin kepo, kalau kalian senang sapa tahu mimin kecipratan makan-makan. Mimin juga lagi senang makanya mau berbagi sama kalian.

Ceritanya nih, teman mimin ada yang sukses dapetin pacar baru dan sekarang dia sudah ninggalin status jomblonya. Kok bisa? Bisa donk namaya ada yang jadi mak comblangnya hehehe….

Nah, kalau ngomongin soal mak comblang, kalian pernah gak sih dengar mak comblang versi Korea? Ituloh kalau di drama-dramanya pasti ada adegan dimana mereka ada yang melakukan kencan buta. Kalau kalian pecinta drama Korea kalian pasti tahu yang namanya kencan buta. Katanya sih, kalau kencan buta di Korea itu adalah sebuah tradisi.

Jadi biar gak penasaran dalam postingan kali ini, mimin kayaknya mau ngebahas tentang kencan buta ini. Siapa tahu kita bisa coba praktekkannya juga. So, bagi kalian yang pengen tahu lebih dalam tentang kencan buta, ayo mari kemari.

Apa Itu Kencan Buta

Kencan buta adalah keterlibatan sosial antara dua orang yang sebelumnya tidak bisa terpenuhi dan biasanya ini diatur oleh seorang kenalan.

Sejarah Dari Tradisi Kencan Buta

Dulu ya guys, sewaktu tahun 1960-an bagi mereka yang ingin memiliki pasangan katanya sulit banget lho, biarpun pangkat mereka itu seorang mahasiswa tinggi atau mahasiswa biasa, tetap saja terkadang sulit bagi mereka untuk menemukan seseorang yang bisa diajak kencan. Yang mereka bisa lakukan adalah hanya tersipu sendiri setiap kali melihat orang yang mereka suka. Pasti gak enak banget ya kalau gak bisa nyatain perasaan dengan orang yang kita suka.

Kalau kalian gak punya keberanian buat ngomong langsung, biasanya alternatif selanjutnya adalah membuat surat cinta dan menyelipkan secara diam-diam dibukunya. tapi nyatanya surat pun tak bisa sampai ke orang yang mereka taksir karena kurangnya rasa keberanian. Alhasil, sampai akhir tahun sekolah tinggi, memiliki teman kencan adalah sesuatu yang hanya akan terjadi dalam mimpi saja.

Namun, setelah memasuki tahun 1970 para mahasiswanya telah membuat yang namanya sistem kencan buta. Mereka menyebut sistem ini adalah sebuah ‘pertemuan’, karena ini menyangkut akan bertemunya kedua belah pihak. Melalui kencan buta inilah mereka akan menemukan seseorang untuk menjalin hubungan yang romantis tanpa ada rasa takut lagi.

‘Pertemuan’ ini hadir dengan berbagai versi. Dari semua versi yang kencan buta yang ada, yang paling antusias diterima adalah YASAKKURATING, yang biasanya berlangsung antara bulan April dan Mei ketika Sakura festival berlangsung sampai larut malam.

YASAKKURATING adalah sebuah kata yang diciptakan dengan menggunakan tiga bahasa yang berbeda: Cina, Jepang dan Inggris.’ Ya’ dalam bahasa Tionghoa berarti malam. ‘Sakkura’ dalam bahasa Jepang berarti Sakura dan ‘Thing’ sangat jelas, dari akhiran pertemuan dalam bahasa Inggris.

Ketiga kata tersebut jika disatukan maka akan menjadi, YASAKKURATING, di mana sekelompok siswa perempuan dan sekelompok laki-laki mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda departemen akan dipertemukan pada malam yang penuh dengan bunga sakura ( so sweetnya).

Tapi guys, pertemuan yang mereka lakukan itu hanya sebatas mereka sampai menemukan pasangan saja, untuk anak-anak tersebut masih tidak diperbolehkan untuk mendekati lawan jenis mereka secara sendirian dan pertemuan mereka yang selanjutnya juga masih akan diatur. Ketat juga ya kencan zaman dulu.

Walaupun seperti itu, mereka akan tetap pergi melakukan kencan buta untuk menyelesaikan misi mereka yaitu menemukan pasangan mereka. Para pasangan akan diciptakan satu demi satu sampai festival berakhir. Beberapa pasangan yang memang sudah jadi berjanji bahwa mereka akan segera ketemu lagi.

Namun, beberapa pasangan yang tidak beruntung harus mencoba kembali pada pertemuan berikutnya. Mereka tidak hanya akan gigit jari sampai festifal selesai, melainkan sampai akhir tahun, Yang sabar ya karena semua akan indah pada waktunya.

Akan tetapi, sangat disayangkan di tahun 80-an, YASAKKURATING mulai ditinggalkan ( eits maksudnya bukan kencan butanya yang dihilangkan ya). Yang di ganti itu cuma tempat pertemuannya saja kok. Kalau dulu mereka dipertemukan pada acara festival kini mereka bisa bertemu di kafe ataupun diskotik.

Nah, dari sinilah awal penyebaran kencan buta tersebut. Kencan buta yang versi 80-an gak terlalu dikekang kayak yang di tahun 70-an, orang-orang pun mulai aktif berpartisipasi dalam mencari tempat yang sesuai untuk dijadikan tempat kencan. Jadi pada pertengahan 80-an, kencan buta telah menjadi sangat eklusif. Akhirnya para remaja pun menemukan cara untuk mendapatkan pasangan dan menjalani hubungan yang romantis.

Masih pada sekitar waktu yang sama, kencan buta gak cuma pertemuan antara dua orang tapi juga bisa sekelompok orang yang bertemu pada satu tempat. Pokoknya, kencan buta yang mereka rancang sangat kreatif dan bahkan ketika memilih pasangan pun ada yang menggunakan cara yang kekanak-kanakan. Masa sih?

Contohnya saja nih, para wanita akan mengeluarkan aksesoris yang mereka pakai seperti pin, kalung, anting, gelang atau apapun yang mereka pakai dan kemudian akan diletakkan diatas meja tanpa diketahui oleh para prianya. Kemudian setiap pria akan memilih satu aksesoris yang tidak diketahui kepunyaan siapa. Yah, mereka cuma bisa berharap si pemilik adalah wanita yang cantik. Dapat yang cantik ya syukur kalau gak cantik ya jalanin saja.

Biasanya sebagian besar pertemuan kelompok yang diadakan secara demokratis berjalan tanpa melanggar aturan. Tapi yah terkadang orang ingin dapetin yang sesuai dengan keinginannya sehingga mereka harus curang sedikit lah. Yang biasa mereka lakuin adalah menyogok mak comblangnya biar bisa dapetin gadis yang mereka suka. Menurut kalian apa itu termasuk perjuangan?

Pada tahun 1990 popularitas dari pertemuan kelompok ini mulai memudar, sebagian karena orang-orang bisa dengan mudah untuk bekenalan dengan satu sama lain. Beberapa cara dalam melakukan kencan ini pun mulai terjadi. Sebagian orang juga mulai berpikir daripada hanya mementingkan mencari pasangan, lebih baik mereka memikirkan hal-hal yang lebih penting seperti keluarga atau pekerjaan mereka.

Sedangkan orang-orang yang masih bertahan dalam membuat kencan buta, masih memikirkan cara yang baru untuk membuat sensasi yang lebih wuah. Ketika mereka berhasil menemukan ide tersebut hasilnya bisa dibilang cukup memalukan. Pada pertemuan dengan versi yang baru, mak comblang akan memberikan dua bagian yang berbeda dari peserta untuk menghadiri kencan pada grup perempuan dan laki-laki, seperti 5 orang laki-laki dan 4 orang untuk perempuan .

Pada kencan buta ini mereka sendirilah yang harus memutuskan seseorang untuk dikirim pulang. Inilah yang akan mereka sebut ‘bom’-karena tak seorang pun yang ingin menjadi teman kecannya. Kesannya agak kejam sih, tapi ada juga beberapa yang mengganggapnya lucu. Jika peserta yang tersisa cukup murah hati, mereka harusnya mengumpulkan uang untuk ongkos taxinya. Kasihan ya mimin jadi ikut sedih.

Pada akhir 90-an, ketika internet mulai memasuki dunia, ini telah memberikan lebih banyak cara untuk bertemu orang-orang dengan menggunakan metode berteknologi tinggi. Orang-orang pun bisa mencari teman-teman lama mereka yang hilang atau bahkan mereka juga dapat melakukan kencan di Internet. Mereka hanya tinggal mengirim nama dan profil pribadi mereka di situs mereka dan menyatakan minat mereka dalam menjalin suatu hubungan. Mungkin ini gak terlihat romantis bahkan kesannya lebih terlihat seperti sedang melakukan bisnis. Iya gak sih?

Meskipun seperti itu, mencari pasangan melalui internet sebenarnya harus diancungin jempol karena tidak terlalu merepotkan banyak pihak bahkan hal ini hanya diketahui oleh para pasangan saja. Walaupun mereka dianggap sudah mapan tapi masih merasa kesepian, mereka masih bisa memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menemukan seseorang.

Bagi mereka yang kencan melalui internet mereka akan bisa pergi ke seluruh dunia untuk mencari MISS atau MR mereka sendiri. Nah, kalau kalian memiliki beberapa waktu kalian bisa menonton beberapa drama Korea yang menceritakn di mana dua orang yang patah hati ditemukan satu sama lain melalui teknologi Internet dengan cara yang menarik.

Jenis-Jenis Dari Kencan Buta

Seperti yang sudah mimin jelaskan tadi kencan buta ini  memiliki banyak jenisnya. Dan ini yang selengkapnya,

Perkenalan Dalam Pertemuan-Sogaeting (소개팅)

Ini adalah jenis kencan buta yang akan datang pada pikiran pertama ketika kalian memikirkan aktifitas yang akan kalian lakukan ketika melakukan kencan buta ini. Dua orang asing yang bertemu di tempat umum, umumnya akan dibentuk oleh teman. Keduanya kemudian akan di pertemukan pada sebuah kedai kopi, sedangkan orang yang menyusun rencana hanya akan mampir ketika melihat suasana yang mulai tegang.

Mungkin penengah akan terlihat seperti orang ketika, akan tetapi, pada dasarnya penengah tidak akan muncul sebagai pengganggu jika kalian bisa membawa suasana untuk membuat suasana jadi nyaman . Pasangan ini kemudian bebas untuk melakukan apa yang mereka inginkan tapi itu semua tergantung mereka dalam mencairkan suasana.

Pertemuan dengan grup (미팅)

Ini juga telah dikategorikan dalam kencan buta di Korea. Bagi mereka pertemuan dalam bentuk kelompok ini sangat menyenangkan. Walaupun tujuan utamanya adalah mencari pasangan tapi mereka sangat menikmatinya. Dua kelompok teman-teman akan bertemu, biasanya dibentuk menjadi dua kelompok.

Kelompok akan bertemu untuk menikmati kopi atau minuman dan berbagai permainan untuk mengenal satu sama lain. Jenis kencan buta ini mungkin salah satu yang paling menyenangkan dan selalu menjadi pilihan di Korea, yang dibutuhkan hanyalah beberapa tekanan off untuk membuat seseorang menjadi terkesan. Inti dari kencan sebenarnya adalah untuk mengenal lebih banyak orang dan pada dasarnya memperluas jaringan kalian dalam menuju masa depan.

Pertemuan kilat-Bungaeting (번개팅)

Pertemuan jenis ini hanya menggunakan jasa internet, metode ini pun tidak spontan seperti kencan buta lainnya. Orang-orang ini akan bertemu secara online dengan menggunakan berbagai aplikasi atau layanan chatting yang akan mengatur pertemuan dan lokasi untuk mereka nantinya. 번개 artinya “lightning,” adalah referensi untuk mengetahui seberapa cepat kencan seperti ini akan terjalin.

Pertemuan perjodohan-Matsun (맞선)

Oke, setelah kita selesai bersenang-senang kita akan memasuki tahap selanjutnya. Kencan buta jenis ini biasanya akan diatur oleh seorang mak comblang atau kerabat dengan harapan akan lanjut pada tahap pernikahan. Pada drama Korea, biasanya mereka akan cenderung untuk menunjukkan pengaturan kencan semacam ini.

Kepala dari pasangan ini akan langsung menuju ke bisnis untuk mengetahui informasi pribadi seperti latar belakang pendidikan dan keluarga dari pasangan. Kencan akan terus dilakukan, tapi seperti yang dinyatakan sebelumnya, pernikahan adalah tujuan utama dari pertemuan ini.

Yah, itulah guys tadi penjelasan tentang kencan buta yang trend mencarai pacar di Korea. Bagi kalian yang temannya lagi cara pasangan, kalian bisa menggunakan cara ini untuk membantu mereka loh. Ok sekian dulu ya postingan dari mimin ini, sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya, gamsahamnida.

Related Posts