stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Ciuman? Hayo-hayo siapa yang pernah ngelakuin hal ini. Bagi kalian yang memiliki pasangan pastinya kalian sudah tahu donk ciuman itu seperti apa? Tapi apakah kalian tahu apa makna sebenarnya dari setiap ciuman yang diberikan, baik itu di kening, pipi ataupun bibir?

Ciuman itu gak cuma menempelkan bibir pada kulit lawan jenis, banyak makna dari ciuman yang harus kalian tahu, Nah, kali ini kita akan ngebahas tentang ciuman agar kalian tahu apa sebenarnya yang diinginkan dari pasangan.

Pengertian Dari Ciuman

Ciuman adalah sentuhan atau menekan satu bibir terhadap orang lain atau objek. Budaya konotasi dari berciuman sangat bervariasi. Tergantung pada budaya dan konteks, ciuman dapat mengekspresikan perasaan cinta, gairah, romance, daya tarik seksual, aktivitas seksual, gairah seksual, kasih sayang, rasa hormat, ucapan, persahabatan, perdamaian dan keberuntungan. Dalam beberapa situasi, ciuman dapat diartikan sebagai sikap ritual, formal atau simbol yang menunjukkan pengabdian, rasa hormat atau sakramen.

Sejarah Dari Berciuman

Banyak sebernarnya guys ahli sejarahwan yang masih gak tahu banyak tentang sejarah awal dari berciuman ini. Empat bahasa dari teks Weda, yang ditulis di India sekitar 1500 SM, nampaknya telah menggambarkan tentang orang-orang yang berciuman.

Tapi ini tidak berarti ditempat lain tidak ada yang mengetahui soal berciuman dan itu tidak berarti bahwa India adalah yang pertama yang tahu untuk berciuman. Seniman dan penulis akan menganggap bahwa berciuman adalah hal yang terlalu pribadi untuk digambarkan dalam kesenian atau sastra.Oleh karna itulah, mungkin banyak yang tidak mengetahui tentang berciuman,

Setelah berciuman tidak pernah muncul dalam kesenian atau sastra selama beberapa ratus tahun. Syair epik India “Mahabharata” kemudian menggambarkan berciuman di bibir sebagai tanda kasih sayang. “Mahabharata” diperturunkan secara lisan selama beberapa ratus tahun sebelum ditulis sekitar 350 tahun.

Jenis Dari Ciuman

Nah, guys kalian harus tahu kalau ciuman itu gak cuma hanya pada bibir. Ada banyak versi ciuman yang dilakukan dan tentunya ada maknanya juga loh.

– Ciuman dikening

Ciuman di dahi ini biasanya dapat diartikan sebagai tanda rasa kagum dan rasa sayang. Biasanya itu adalah ciuman persahabatan atau ini juga bisa diartikan sebagai ciuman pemanasan yang mengarah pada sesuatu yang lebih romantis.

– Ciuman ditangan

Ini adalah sebuah ciuaman yang menandakan bahwa kamu sangat kagum kepadanya. Hanya dengan menyentuh jarinya dan mencium punggung tangannya menandakan bahwa kamu sangat menghormatinya. Bisa juga sih menandakan kalau kalian sangat bergairah kepadanya.

– Ciuman Eskimo

Ketika dua hidung saling menggosok terhadap satu sama lain dan bergerak maju mundur. Itu menandakan kasih sayang dan biasanya ini sering diberikan orangtua kepada anaknya. Ciuman eskimo dipercaya telah menjadi pilihan yang romantis bagi mereka yang tinggal di iklim dingin, itupun kalau tidak ada risiko bibir terjebak dengan bibir.

– Ciuman Perancis

Ciuman Perancis ini ternyata melibatkan banyak tindakan lidah dan penguasaan. Sementara sebenarnya ini tidak mudah untuk menguasi teknik ini, berasal dari gairah dan sisi romantis seseorang terhadap pasangannya. Trik terbaik dalam membuat ciuman Prancis ini adalah dengan mengikuti emosi yang ada didalam diri masing-masing.

– Ciuman dibibir

Ciuman pada bibir adalah ciuman yang diibaratkan seperti makan sandwich pada waktu yang bersamaan. Ini adalah sugestif ciuman yang memungkinkan agar pasangan tahu bahwa kalian sangat menginginkannya.

– Ciuman pada daun telinga

Ciuman ini biasanya dimaksudkan untuk memasuki zona keintiman yang cukup besar. Yang perlu kalian lakukan adalah melakukannya dengan lembut atau kalian juga bisa menggigit kecil pada daun telingan. Biasanya ini dikenal sebagai salah satu ciuman paling romantis dan intim bagi para pasangan.

– Ciuman kupu-kupu

Ciuman ini terjadi ketika dua orang berciuman sangat dekat dengan satu sama lain bahkan sampai-sampai bulu mata mereka saling bersentuhan. Gerakan ciuman semacam ini adalah untuk orang-orang yang sedang jatuh cinta dan sangat tergila-gila dengan pasangannya,

– Ciuman Spiderman

Seperti namanya ciuman ini memang terinspirasi dari film spiderman yaitu ketika spider man ingin mencium pacarnya Mary Jane dengan gaya terbalik. Gaya ciuman ini adalah ketika spiderman bergelantungan sedangkan Mary berdiri tegak di bawahnya. Posisi ciuman seperti ini biasanya menandakan hasrat yang menggebu diantara keduanya.

– Ciuman berlama-lama

Ciuman berlama-lama ini memerlukan banyak mencium bibir ke bibir untuk jangka waktu lama. Tentunya ciuman ini memerlukan emosi dan gairah yang cukup mendalam. Biasanya ciuman seperti ini dilakukan oleh orang yang baru jatuh cinta.

– Ciuman di pipi

Sebuah kecupan pendek di pipi, biasanya sering di kombinasikan dengan tangan pada lengan atau setengah merangkul. Artinya tergantung didunia mana kalian sedang berada. Untuk beberapa budaya ini biasanya dapat diartikan sebagai salam atau ucapan selamat tinggal.

– Ciuman yang meninggalkan tanda

Nah, kalau yang satu ini biasanya dikenal sebagai ciuman lipstik yaitu dimana seorang gadis memakai lipstik dan kemudian mencium pasangannya pada pipi, leher atau bibir. Lalu kemudian meninggalkan tanda tapi biasanya ini hanya ciuman main-main yang tidak menggunkan nafsu.

-Ciuman tanda pesan rahasia

Ini adalah ketika para pasangan yang sedang jatuh cinta mengirim pesan erotis untuk melakukan ciuman Perancis. Ini dilakikan agar  orang lain tidak mengetahui tentang hal itu. Hal ini biasanya dilakukan untuk dua orang yang sangat dekat satu sama lain.

-Ciuman lidah

Ini adalah ciuman dimana lidah keluar masuk mulut dengan sangat cepat. Bisa dibilang kalau ciuman ini sangat bergairah dan biasanya ciuman ini dilakukan oleh sepasang kekasih yang panas dan sangat bergairah satu sama lain.

-Ciuman udara

Ciuman udara dapat dilihat dalam film-film Perancis lama . Hal ini dilakukan dengan memberikan “Mwaah” di udara pada samping pipi seseorang. Kadang-kadang ciuman ini dilakukan di kedua pipi tergantung dengan siapa kalian bertemu. Biasanya ini populer di kalangan celebs dan juga dapat dilihat dalam keluarga dan teman. Ini menadakan sikap ramah dan sama sekali tidak mengandung keromantisan.

-Ciuman seorang malaikat

Ini adalah sebuah ciuman lembut pada kelopak mata seseorang dan sikap manis antara dua orang yang sangat mencintai satu sama lain. Seorang ibu dapat melakukannya untuk anaknya atau seorang suami bisa melakukannya dengan istrinya.

-Ciuman menggoda

Ini adalah gaya ciuman dengan menggunakan mulut yang banyak seperti ciuman Perancis namun secara halus (tidak menggunakan lidah). Ciuman ini biasanya untuk memenangkan hati seseorang dan membujuk mereka. Itu tentunya akan membuat seseorang menjadi bertekuk lutut dan menjadi lemah.

Apakah Ciuman Memiliki Manfaat?

Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan selain ciuman dapat meningkatkan gairah ternyata ciuman juga memilili manfaat kesehatan bagi tubuh. Percaya gak percaya tapi inilah buktinya.

– Dapat memperbaiki suasana hati

Jika kalian merasa suasana hati kalian sedang buruk, maka kalian bisa meminta pasangan kalian untuk memberikan sebuah ciuman manis untuk kalian. Dijamin deh suasana hati kalian pasti bakalan jadi lebih baik. Berciuman juga akan meningkatkan kadar oksitosin yaitu sebuah zat kimia di otak kalian yang terkait dengan kepercayaan dan ikatan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan Lafayette College terhadap pasangan yang berciuman selama 15 menit menunjukkan adanya penambahan besar dari zat kimia tersebut.

Dekan dan profesor fakultas neuroscience, Wendy Hill mengatakan bahwa dalam tes lain di mana sebuah kelompok hanya berpegangan tangan juga dapat menunjukkan adanya perubahan oksitosin (seperti berciuman), tapi jumlahnya lebih sedikit.

“Jadi bila kalian ingin mendapatkan suasana hati yang lebih baik, mungkin kami menyarankan hal yang terakhir,” katanya.

-Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Mungkin yang satu ini kedegarannya gak seksi dan bertolak belakang, tapi bersatunya air liur dengan pasangan kalian memang bisa mencegah kalian dari terserang penyakit. Studi yang dilakukan tahun 2014 dan dipublikasikan di jurnal Microbiome mengatakan, pasangan yang sering bercumbu sebenarnya saling berbagi mikrobiota saliva yang memaksa tubuh kalian dalam membuat antibodi untuk melawan bakteri asing. Jadi yang mau sehat ayo ciuman hehe….

Meskipun begitu perlu diingat, memang berciuman bisa menjadi ‘suplemen’ yang kalian butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi jangan berharap menggunakan itu sebagai jalan pintas mencegah penyakit. Terlalu sering berciuman juga dapat mendatangkan 80 juta bakteri yang ditransfer dalam 10 detik selama berciuman. Apalagi kalau pasangannya jarang menggosok gigi banyak deh tuh kuman.

-Dapat mengetahui lebih dalam tentang pasangan

Sebuah ciuman dapat memberitahukan lebih jauh tentang tipe pasangan yang menjadi idaman hati. Dr Helen Fischer menjelaskan bahwa dalam sebuah studi yang terdiri dari 58 lelaki dan 122 perempuan, 59 persen laki-laki dan 66 persen perempuan mengatakan mereka mendapatkan kekasih yang sesuai dengan hati mereka setelah melakukan ciuman pertama.

“Dengan aksi kecil ini, kalian akan bisa mendapatkan pelajaran besar tentang siapa yang akan menjadi pasangan kalian,” tulis Fisher. “Pertama kalian bisa melihat, membau, mengecap, mendengar dan merasakan pasangan lebih baik. Setelah itu pesan yang muncul dari perasaan kalian akan sampai ke otak”.

Pesan itu akan memberikan informasi tentang kesehatan pasangan kalian, apa yang mereka makan, minum dan kebiasaan merokok serta keadaan pikirannyadari perasaan ketakutan sampai ketenangan.

– Dapat membakar kalori

Bila kecupan kecil dapat menggerakkan beberapa otot, maka pelukan yang penuh gairah juga dapat digunakan untuk mengerakkan otot wajah hingga 34 otot dan membakar 26 kalori per menit.

-Dapat melepaskan stres

Bila pekerjaan kalian akan membebani pikiran kalian dan berbagai masalah lain membuatnya semakin berat, maka tingkat stres kalian akan naik secara drastis. Itulah saatnya kalian memerlukan ciuman romantis ini.

Berciuman dapat diketahui dapat mengurangi hormon stres, kortisol. Di lain pihak, berdasarkan The Neurobiology of Love 2005, stres mungkin akan mendorong kita untuk berciuman lebih sering untuk menguatkan hubungan kita.

– Dapat meredakan demam

Bagi penderita demam tinggi, ciuman mungkin bisa jadi pilihan untuk meredakannya. Sebuah studi Jepang yang dipublikasikan dalam Physiology and Behavior pada tahun 2003 ini akan menunjukkan bahwa ketika pasien yang menderita dermatitis atopik atau rhinitis alergi melakukan sesi 30 menit ciuman, gejala penyakit mereka, termasuk gatal-gatal dan kadar neurotropi plasma akan segera mereda.

Gimana guys, cukup menarik. Ternyata ciuman yang sering kita lakukan memiliki makna tersendiri dan juga ada manfaatnya. Jadi ciuman ini jangan dibawa pada sisi negatif saja ya.

Related Posts