stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hiu adalah hewan yang sudah ada sejak zaman dulu,mamun jika dikatakan masih ada hiu zaman dulu yang hidup sampai sekarang,mungkim rasanya akan membuat kita sedikit terkejut kan guys. Tapi ini memang benar adanya karena telah ditemukannya hiu tertua yang ada di dunia dan masih hidup sampai sekarang.

Sebuah penelitian telah dilakukan untuk mencari keberadaan hiu tertua itu,bahkan penelitian itu telah melibatkan beberapa ahli biologi untuk meneliti kehidupan para hiu tertua itu dan hasilnya pencarian mereka gak sia-sia.

Hiu tertua ini akhirnya ditemukan di Greenland,para peneliti cukup puas dengan hasil kerja mereka dan mereka menobatkan hiu ini sebagai pemecah rekor karena masih hidup sampai sekarang.

Pertumbuhan Hiu Greenland

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa makhluk buas ini telah hidup sejak abad 17 dan hiu ini memiliki panjang tubuh sekitar 5 meter. Diduga bahwa hiu ini setiap tahunnya hanya tumbuh sekitar 1 cm dan pertumbuhan yang terlihat pelan inilah yang membuatnya dapat bertahan lama.

Para peneliti juga mengatakan bahwa hiu jenis ini hanya dapat hidup di peraiaran yang sangat dingin seperti es sehingga kalau kalian mencarinya di lautan Indonesia maka itu akan menjadi sangat sia-sia.

Mencari Tahu Usia Dari Hiu Greenland

Mencari tahu usia dari hiu ini bisa dibilang tidak mudah.ada beberapa cara yang mereka lakukan untuk mencari tahu tentang usia hiu misalnya dengan menggunakan cara tradisional yaitu melihat dari tulang belakang dari hiu ini,ada juga yang melihat dari struktur mata mereka yang unik karena semakin tua usia dari para hiu maka akan semakin banyak lapisan pada lensa dan inilah yang akan dianalisis oleh para ilmuwan dan cara yang lainnya adalah dengan menggunakan radiokarbon.

Hasil Dari Penelitian

Apapun cara yang mereka lakukan hasil yang mereka dapatkan adalah sama. Walaupun hasilnya tidak selalu tepat tetapi para peneliti tetap dapat memperkirakan usia dari hiu greenland itu,hiu itu ternyata sudah berusia sekitar 400 tahun. Wow sangat mengejutkan bukan?

Sebelumnya para peneliti sudah pernah menemukan tentang ikan tertua lainnya yaitu paus kepala busur yang berusia 211 tahun akan tetapi posisi dari paus kepala busur itu harus di geser dengan hiu greenland ini dan kini hiu greenland inilah yang telah dinobatkan sebagai hiu tertua didunia,

Wah ternyata memang masih ada ya ikan dari zaman dulu yang masih hidup sampai sekarang.mungkin inilah yang bisa dibilang keajaiban dunia,gimana menurut kalian.

 

 

Related Posts