stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Seperti yang kita lihat bunga teratai selalu tampak begitu bersih dan murni apalagi ditambah dengan latar belakang kolam yang akan memberi kesan sejuk. Itulah sebabnya bunga teratai selalu dikaitkan dengan kemurnian dan keindahan dalam masing-masing agama Buddha dan Hindu.

Para ulama Mesir kuno pernah mengamati bahwa di waktu malam bunga teratai ini akan menutup bunganya dan menenggelamkan bunganya ke dalam air. Karena adanya kejadian seperti ini maka ada pendapat baru lagi tentang bunga teratai ini mereka mengatakan ini ada kaitannya dengan kembalinya sang matahari. Padahal sebenarnya, teratai memang akan tenggelam dan perlahan-lahan muncul dari sebuah kolam selama tiga hari dan kemudian mekar di pagi sampai sore.

Oleh karena itu, dapat diasumsikan bahwa arti dari bunga teratai ini mempunyai versi tersendiri dari berbagai budaya, walaupun pada kenyataannya intinya adalah sama.

Di sini mimin akan menjelaskan bagaimana beberapa asosiasi ini terjadi. Nah, berikut ini adalah beberapa pengertian dari bunga teratai yaitu dari bangsa Mesir, Buddha dan Hindu.

Makna Bunga Teratai Versi Mesir Kuno

Apakah kalian tahu, kalau bagi bangsa Mesir kuno bunga teratai memiliki arti yang sangat penting bagi budaya mereka?

Di Mesir kuno, ada dua jenis dari bunga teratai yang tumbuh yaitu teratai putih dan biru. Untuk jenis teratai yang lain, ada bunga teratai merah muda yang juga diperkenalkan oleh Mesir dan ini hanya ada selama periode akhir peradabannya. Jika kalian ingin melihat bunga teratai secara hieroglif, maka yang paling tepat adalah bunga teratai biru karena teratai biru adalah yang paling memiliki makna bagi bangsa Mesir.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tentang makna bunga teratai bagi bangsa Mesir, tanaman ini telah dikenal memiliki hubungan dengan kelahiran kembali. Ini adalah kesimpulan yang diambil  ketika bunga masuk ke dalam air pada malam hari dan muncul segar keesokan harinya. Orang Mesir itu mengaitkan bunga teratai dengan matahari yang juga menghilang di malam hari dan muncul kembali di pagi hari.

Oleh karena itu teratai datang untuk melambangkan matahari dan ciptaannya. Dalam banyak karya hieroglif  bunga teratai telah digambarkan sebagai Dewa Matahari.

Segala sesuatu yang terkait dengan kelahiran kembali memang tidak mengherankan bagi bangsa Mesir. Ini dikarenakan bunga teratai ini juga memiliki kaitan dengan kematian karena Mesir juga memiliki Kitab Kematian yang diketahui bahwa mantranya dapat merubah seseorang menjadi teratai, jadi kemungkinan untuk kembali bangkit itu ada.

Fakta menarik lain tentang arti bunga teratai bagi orang Mesir adalah bahwa itu digunakan sebagai simbol untuk penyatuan dua kerajaan Mesir, yang menyatukan ikatan bangsa Mesir atas dan bawah.

Untuk waktu yang lama lotus telah digunakan dalam hieroglif dan seni Mesir atas, sedangkan di Mesir bawah lebih banyak memiliki tanaman Papyrus. Oleh karena itu gambar lotus dan Papirus yang telah tumbuh bersama-sama dan saling memiliki luka dengan satu sama lain datang untuk menjadi simbol kerajaan untuk selalu bersama.

Makna Bunga Teratai Versi Buddhisme

Dalam ajaran Buddha bunga teratai ini juga selalu dikaitkan dengan kemurnian, ketekunan rohani dan juga kesetiaan. Bunga ini dianggap memiliki kemurnian karena dapat muncul dari air yang keruh di pagi hari dan kemudian dapat menjadi bersih dengan sempurna.

Oleh karena itu, bisa dikatakan makna dari bunga ini sama dengan mitologi Mesir yang melihat lotus sebagai tanda kelahiran kembali dan juga kemurnian. Muncul di permukaan setiap pagi juga dianggap memiliki sugestif, inilah yang membuat hal ini selalu dikaitkan dengan pencerahan spiritual.

Seperti yang kalian tahu bahwa penganut Buddhisme juga berasal dari bagian belahan dunia yang berbeda bahkan ada juga yang beradi di Mesir dan ini lah yang membuat bunga teratai memiliki berbagai jenis warna. Jadi gak heran kalau banyak warna bunga teratai yang berbeda memiliki makna yang berbeda. Berikut ini ada beberapa simbolis dari bunga teratai bagi kaum Buddhisme.

  • Teratai Biru

Bunga teratai biru ini memiliki kaitan dengan kemenangan karena mengandung kecerdasan dan pengetahuan. Jika kalian pernah melihat teratai biru pada seni Buddha, kalian akan melihatnya seperti sesuatu yang tidak pernah di sentuh karena itulah dianggap sesuatu yang murni.

  • Teratai Putih

Bunga teratai yang memiliki  warna ini dikenal untuk melambangkan Bodhi ( sesuatu yang terbangun) dan ini juga mewakili keadaan mental yang masih murni bahkan teratai ini bisa melambangkan kesempurnaan rohaniah. Hal ini juga terkait dengan ketenangan sifat seseorang. Bunga teratai putih ini juga dianggap sebagai rahim dunia.

  • Teratai Ungu

Bunga teratai yang satu ini lebih dikenal mempunyai kekuatan mistik dan ini selalu dikaitkan dengan mazhab-mazhab Esoterik ( orang-orang yang memiliki ilmu spiritual). Teratai ini dapat menunjukkan hal yang baik jika dilihat dari kelopak bunganya yang terbuka dan menutup. Kedelapan kelopak bunga teratai ini adalah perwakilan delapan jalan untuk menuju kemuliaan, ini merupakan salah satu ajaran yang pernah diturunkan oleh Sang Buddha. Jika kalian berhasil melewati jalan ini  maka kalian bisa bangkit untuk hidup kembali menjadi seseorang yang memiliki hati mulia.

  • Teratai Merah Muda

Ini adalah bunga teratai yang paling tinggi dan dianggap sebagai teratai sejati bagi Sang Buddha.

  • Teratai merah

Teratai yang satu ini berkaitan dengan hati dan makna bunga teratai ini dikaitkan dengan cinta dan kasih sayang.

Makna Bunga Teratai Versi Hindu

Mungkin salah satu Asosiasi dan makna yang lebih mendalam dan terkuat dari bunga teratai adalah pada agama Hindu. Dalam agama ini arti bunga teratai ini dikaitkan dengan Kecantikan, kesuburan, kemakmuran, Spiritualitas dan juga keabadian.

Bunga teratai yang paling umum bagi umat Hindu adalah teratai putih. Banyak para dewa dan dewi Hindu memiliki kaitan dengan bunga, misalnya Dewi kemakmuran, Laxmi, biasanya digambarkan dengan duduk di atas bunga teratai yang terbuka. Demikian juga Brahma, dewa penciptaan digambarkan muncul dari merangkak dari bunga teratai juga.

Karena teratai dapat muncul dari air dan tidak rusak, maka hal itu dianggap mewakili kualitas spiritual dan rohani. Ini juga menandakan seseorang yang melaksanakan tugas-tugas mereka dengan sedikit perhatian dan juga sangat tekun.

Hal yang sangat menarik adalah ketika bunga terbuka dan tertutup. Bentuk bunga yang masih kuncup berhubungan dengan sifat-sifat manusia. Jika bunga tersebut masih kuncup menandakan jiwa seseorang tersebut masih tertutup.

Sejarah Teratai

Bagi kalian yang menganut Agama Budha, pasti kalian tahu tentang teratai atau Nymphaea. Ini adalah bunga yang telah lama dianggap sebagai bunga suci. Jika kalian tidak percaya kalian bisa melihat patung-patung keagamaan umat Budha, yang menghadirkan ukiran atau unsur teratai cukup signifikan.

Bunga teratai sendiri merupakan kerabat lotus dan dikenal dengan nama waterlily di Inggris. Bunga yang satu ini tumbuh subur di atas permukaan air yang tenang. Bagian daun juga bunganya mengapung di atas permukaan air sedangkan tangkai rhizomanya berada di dalam dasar kolam berlumpur, rawa atau sungai.

Tangkai bunga teratai terdapat di tengah bagian daun. Daunnya sendiri berbentuk bundaran dengan wana hijau dan tanpa dilapisi lilin sehingga air yang jatuh ke dalamnya tak akan membentuk butiran air. Bunga teratai terdiri atas kurang lebih 50 spesies yang tersebar pertumbuhannya secara merata di Negara tropis hingga subtropis di seluruh dunia.

Meski bunga teratai identik dengan Negara korea dan jepang, namun kabarnya bunga teratai yang tumbuh subur di Asia justru berasal dari Mesir. Di zaman Mesir Kuno, bunga teratai atau lotus ini kabarnya dapat menjamuri pinggiran sungai Nil. Ada dua jenis bunga teratai yang diakui berasal dari mesir yakni Nympheaea Caerulea juga Nympheaea Lotus.

Varian Caerulea ini berumur singkat hanya sehari. Ia mekar di pagi hari dan pada malam hari ia akan tenggelam di dasar air. Sementara itu jenis Nympheaea Lotus sebaliknya, ia justru mekar di malam hari dan menguncup pada pagi harinya.

Jenis-Jenis Teratai

Berikut ini adalah rincian dari jenis teratai dari seluruh dunia.

Red lotus of tatsuta

Dikatakan bahwa bunga ini pertama kali ini ditanam di sawah di depan pintu gerbang Bait Yonanji di desa Togura yang dikepalai oleh Priest Ryuten Hirano selama periode Edo. Bunga ini memiliki sekitar 18 kelopak. Ujung kelopak dari teratai ini menciut ke dalam. Teratai ini memiliki warna merah, fitur lain yang membuat semakin menarik adalah teratai adalah wadahnya yang bisa berubah warna. Rasa kenyal dari akarnya yang indah dan menggigit dan juga teksturnya yang lengket akan menimbulkan kesan seperti berlendir.

Lotus of les gem

Ini adalah varietas bunga mungil tipe peoni yang memiliki sekitar 120 kelopak bunga. Kelopak bagian dalamnya tipis dan memiliki beberapa benang sari yang dapat berubah bentuk menjadi sesuatu yang mirip dengan kuku jari putih.

Putik yang menonjol di atas kelopak bunga banyak yang cacat. Warna dari bunga ini adalah merah tua. Ukuran dari bunga ini memiliki diameter sekitar 20cm. Musim berbunga kemudian semakin meluas dari pertengahan Juli sampai awal September. Produksi dari bunga tersebut sangat bagus. Batang daun dan bunga tersebut memiliki ukuran 1,0 m.

Daunnya berukuran sekitar 35 / 30cm. Permukaan daunnya akan terasa kasar jika disentuh. Lotus of Lace Gem, telah dibudidayakan di Kuil Toshodaiji sejak dahulu kala, biasanya ini juga dikenal sebagai Shodaiji Hasu (Shodaiji Lotus).

Red lotus of Yozan

Sebuah benih tunggal dikirim oleh Pak Yuji Sakamoto, dia adalah seorang guru sekolah menengah di Prefektur Wakayama, yaitu tapatnya di Desa Hayao. Benih ini kemudian ditanam di sebuah lahan pelestarian.

Keunikan dari bunga teratai ini adalah dapat berdiri pada tangkai yang sangat kuat dan tinggi. Bila dibandingkan dengan yang lainnya, teratai ini termasuk yang paling kuat dan memiliki sekitar 25 kelopak bunga. Bunga ini memiliki warna merah tua dan memiliki striations yang berbeda. Warna merah dari varietas ini diklasifikasikan dalam kategori warna merah tua dari bunga teratai lainnya.

White lotus named kaga

Varietas ini ditransplantasikan sebagai spesies yang dapat dimakan dari Okayama ke Tatsuta-mura pada tahun 1970. Bunga itu berwarna putih. Dengan hanya beberapa kelopak bunga, varietas ini meninggalkan kesan yang tidak spektakuler dan jarang ditanam oleh penggemar teratai.

Lotus white

Teratai jenis yang satu ini berasal dari Cina. Ragam bunga ini lebih awal berkembang di Bitchu dan teratai ini juga lebih bisa bertahan di provinsi Bitchu daripada tempat lainnya. Ciri dari teratai ini memiliki ruas yang pendek, bentuknya juga terlihat lebih besar dan setiap simpulnya disusun dan dihubungkan secara linier.

Pada awal bunga ini memiliki tunas akan terlihat sangat pendek akan tetapi ketika teratai sudah memiliki akar maka dia akan terlihat sangat tinggi. Sebenarnya mereka tidak membudidayakan tanaman ini untuk dijadikan produk. Namun, setelah mereka membandingkannya dengan daerah lain di Lotus Research Society, hasilnya sungguh mengejutkan dan kemudian mereka baru mengolahnya sejak tahun 1989 sebagai “Lotus White”.

Japanese lotus

Varietas teratai yang satu ini memiliki 16 ~ 20 kelopak bunga dan memiliki bunga berukuran sedang yang berukuran 24 ~ 26cm. Warna dari bunga itu berwarna pink. Striasi dari bunga ini tidak ada yang berbeda. Produksi dari bunga ini sangat banyak. Musim berbunga sedikit terlambat dan memanjang dari awal Agustus hingga akhir Agustus. Batang daun dan bunga memiliki ukuran 1,5 ~ 1,7 m dan daunnya berukuran sekitar 42 / 36cm.

Permukaan daunnya sangat halus. Teratai jenis ini memiliki banyak jenis lagi dan ini sudah tersebar luas di Jepang. Biasanya teratai jenis ini tumbuh di daerah yang relatif dingin dan dikatakan telah dibudidayakan di wilayah Tsugaru di Prefektur Aomori dari 300 ~ 400 tahun yang lalu.

Lotus of xifu

Ini adalah varietas dari teratai yang berbunga putih dengan 100 ~ 120 kelopak bunga ganda. Kelopak-kelopak ini meluas dan melebar dan hanya sedikit yang berwarna hijau. Jenis teratai ini sangat banyak dalam memproduksi benang sari.

Bunganya sendiri memiliki diameter 18 ~ 20cm. Jika sudah memasuki musim berbunga maka ini akan semakin meluas yaitu dari akhir Juli hingga sekitar akhir Agustus. Panjang batang daun dan bunga masing-masing adalah 1,2 m dan 0,9 m dan daunnya berukuran sekitar 55 / 50cm.

Ketika daunnya disentuh maka akan terasa sangat halus. Varietas ini terdaftar di kebanyakan buku catatan teratai seperti “Shisendo Saiko Lotus” yang menunjukkan hubungan dekatnya dengan Shinsendo, Kyoto.

Lotus of the venus

Ini adalah varietas yang memiliki 20 kelopak bunga. Bentuknya kuncup, panjang dan sempit. Warna dari teratai ini adalah kehijauan. Bunga itu memiliki diameter sekitar 24 ~ 27cm. Bagian dasar wadahnya tipis dan ramping.

Ketika musim berbunga tiba maka ini akan meluas dari pertengahan Juli sampai sekitar akhir Agustus. Batang daun dan bunganya memiliki ukuran 1,2 m. Daunnya berukuran sekitar 52/42 cm. Jika kalian menyentuh daunnya maka akan terasa sangat kasar. Ini adalah teratai putih yang populer yang dibudidayakan sejak dulu.

Lotus of the clear moon

Jenis yang satu ini memiliki 24 ~ 26 kelopak. Bentunya kuncup, panjang dan seperti berbentuk kerucut dan memiliki warna hijau pistachio. Ujung kelopak bunga sedikit menjulang. Kelopak-kelopak luar dari teratai ini adalah kehijauan. Bunganya memiliki diameter 18cm.

Ketika memasuki musim berbunga maka ini akan meluas dari akhir Juli sampai akhir September. Varietas ini ketika bunganya mekar akan terlihat sangat padat dan akarnya yang tertanam hanya berukuran seperti jari kelingking saja dan pada pertengahan Mei barulah teratai ini akan mulai bermekaran.

Batang daun dan bunga memiliki ukuran sekitar42 /36m. Permukaan daunnya sangat lembut ketika disentuh. Jenis ini juga bisa tumbuh meski ditanam di pot bunga kecil dengan diameter 30cm.

Klasifikasi Tanaman Bunga Teratai (Nymphaea)

Tanaman bunga teratai ini berasal dari daratan Asia yang mudah ditemui di kolam atau tumbuh liar di rawa-rawa maupun sungai-sungai yang mempunyai air yang jernih dan dangkal. Di Indonesia sendiri bunga teratai sering dijumpai sebagai tanaman hias untuk kolam-kolam ditaman, dengan mempunyai bunga yang indah ini akan menambah keindahan dari kolam tersebut. Tanaman yang tergolong kedalam Famili Nymphaeales ini mempunyai klasifikasi sebagai berikut.

Morfologi Tanaman Bunga Teratai (Nymphaea )

Tanaman bunga teratai mempunyai morfologi terdiri dari akar, batang, daun dan bunga, adapun morfologinya adalah sebagai berikut:

Morfologi Akar Bunga Teratai (Nymphaea)

Walaupun tumbuh pada permukaan air, namun akar tanaman ini menancap kedasar kolam sehingga bisa sebagai pencengram tanaman agar tidak terbawa arus, bunga teratai memiliki akar yang berongga. Akar pada tanaman ini kurang berkembang dengan baik karena tidak mempunyai bulu akar atau tudung akar.

Morfologi Batang Teratai Bunga Teratai (Nymphaea)

Batang yang dimiliki tanaman teratai berguna untuk menopang daun agar mengapung di atas permukaan air, karena sebagian besar batang teratai berada di bawah permukaan air, batang bunga teratai pun juga berfungsi untuk mengasorbsi unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman selain dari itu batangnya mempunyai rongga-rongga yang dipenuhi udara didalamnya.

Morfologi Daun Bunga Teratai (Nymphaea spp)

Daun bunga teratai berbentuk bulat, lebar, tipis dan berwarna hijau pada tepian daunnya mempunyai bentuk bergerigi. Daun tanaman teratai ini tumbuh dengan cara merambat dengan mempunyai tulang daun kecil. Seperti umumnya tanaman air. Daun tanaman teratai juga mempunyai lapisan yang berguna membersihkan diri dari kotoran.

Morfologi Bunga Teratai (Nymphaea spp)

Tanaman teratai memiliki bunga yang tumbuh tegak pada tangkai yang merupakan perpanjangan dari rimpang tanaman. Bunga teratai mempunyai kelopak bunga yang banyak dan berlapis selain itu warna bunga teratai memiliki warna yang indah, warna gradasi dari warna merah muda dan memutih sampai pada ujung bunga.

Keunikan Teratai

Bunga ini bisa dikatakan paling unik daripada yang lainya. Kamu tentu sudah pernah melihatnya jika bunga teratai tumbuh subur diatas permukaan air. Di permukaan lumpur sekalipun, bunga tersebut ternyata mampu berkembang dengan baik.

Jelas sekali bahwa baik daun atau bunganya mengandung begitu banyak air. Lalu untuk tangkainya sendiri nampak berada di tengah – tengah daun. Corak bundar bermotif oval pada daun memberikan yang semakin menarik apalagi tempatnya terpenggal di atas jari jari menuju ke tangkai.

Keunikan lain, tidak adanya kandungan lapisan lilin dalam daun sehingga jatuhnya air ke permukaan daun tak membentuk butiran air. Disamping itu, bunga teratai merupakan perpanjangan dari rimpang, karenanya terlihat lebih panjang dan berdiameter 5-10 cm. Untuk spesiesnya terdapat sekitar 50 jenis yang tersebar di seluruh wilayah tropis serta subtropis di belahan dunia.

Teknik Penanaman Bunga Teratai

Jenis bunga teratai hanya ada dua warna yaitu warna putih dan merah jambu keunguan. Dalam satu tahun, tanaman teratai dapat berbunga lebih dari sekali. Jika bunga teratai di tanam di kolam, maka tanaman ini akan dapat hidup dan berbunga dengan baik.

Teknik dan cara penanaman bunga teratai sperti berikut ini.

1. Kondisi lingkungan yang baik untuk teratai tumbuh

Tanaman teratai dapat hidup baik di lingkungan dengan suhu berkisar 20 sampai 30 derajat celsius. Sebaiknya tempatkan tanaman teratai di tempat yang sedikit terkena angin. Batang teratai memiliki karakter yang mudah patah apabila terkena angin. Selain itu, usahakan tanaman teratai yang ditanam mendapatkan sinar maahari yang cukup.

2. Perbanyakan tanaman bunga teratai

Cara perbanyakan bunga teratai yaitu dengan menggunakan umbinya yang sudah memiliki umur yang cukup. Selain itu, bunga teratai juga menghasilkan biji. Biji ini dapat ditanam untuk dijadikan bibit. Cara lainnya yaitu dengan memisahkan anakan yang tumbuh disekitar tanaman teratai.

3. Pemindahan bibit tanaman teratai ke kolam

Sebelum menanam bibit teratai pada kolam, kolam haruslah dibersihkan terlebih dahulu dan pastikan tidak ada rumput liar atau tanaman pengganggu lainnya yang akan menghambat pertumbuhan teratai.

Manfaat Dari Teratai

Pada zaman dulu, orang memang sering mencampuradukkan antara tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea (teratai). Pada Nelumbo, bunga yang terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi. Sungguh tak disangka jika tanaman cantik ini memiliki banyak sekali kelebihan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari teratai.

Meredakan mimisan. Untuk mengobati mimisan, ambil akar teratai kemudian dicuci dan dihaluskan ke dalam blender. Teteskan airnya ke lubang hidung.

Mengobati Insomnia.  Untuk mengatasi sulit tidur, rendam 10 gram biji teratai kemudian rebus bersama 3 gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas saja, minum airnya saat dingin dan makan bijinya. Lakukan cara ini setiap hari, hingga penyakit sembuh.

Menormalkan Tekanan Darah. Penting bagi penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah tingginya, agar tidak terkena penyakit komplikasi. Khasiat tunas teratai bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan, dalam tunas teratai memiliki kandungan lemak baik dan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Membentuk sel darah merah. Untuk wanita yang sedang mengalami haid dengan ekstrem, disarankan mengkonsumsi rebusan akar teratai. Akar teratai ini mempunyai kandungan zat besi yang begitu tinggi, ia mampu membentuk sel darah merah baru. Ramuan tersebut juga bagus untuk penderita anemia atau kurang darah.

Sebagai obat diare. Ketika kamu mengalami diare dan disertai dengan muntah, Pastinya kamu akan mengalami banyak kehilangan cairan yang berada di tubuh. Untuk mengganti cairan tersebut, kamu bisa menggunakan air dari jus rimpang teratai karena memiliki kandungan mineral yang berada di dalamnya dan ini akan menambah cairan yang berada di tubuh.

Batuk Darah. Orang yang mengalami batuk darah bisa diobati dengan menggunakan rimpang teratai. Caranya, ambil rimpang teratai secukupnya kemudian dicuci bersih. Potong-potong kecil, kemudian dijus sampai terkumpul jus rimpang teratai sebanyak 200 cc. Minum jus tersebut sekali sehari secara teratur selama 5 hari.

Menyehatkan mata. Teratai mempunyai kandungan betakaroten. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata kalian.

Pembentuk gigi yang kuat. Bila kamu mengkonsumsi ramuan herbal dari bunga teratai ini, maka kalian bisa memiliki gigi yang sangat kuat. Hal ini dikarenakan rumpang teratai mempunyai kandungan kalsium yang begitu tinggi.

Diet. Serat yang terkandung di biji bunga teratai sangat bermanfaat untuk pola diet, ia juga bermanfaat sebagai pelancar pencernaan.

Nah, itulah tadi penjelasan dari mimin tentang bunga teratai. Semoga saja kalian menyukainya dan semoga artikel ini bermanfaat.

Related Posts