stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Tanaman tebu ini merupakan tanaman yang sudah ada sejak lama. Gak cuma dijadikan sebagai tanaman, tebu ini juga bisa dimanfaatkan airnya untuk dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan plus menyegarkan.

Tebu dalam (bahasa Inggris: sugar cane) adalah tanaman yang ditanam untuk bahan baku gula dan vetsin. Tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini termasuk jenis rumput-rumputan. Umur tanaman sejak ditanam sampai bisa dipanen mencapai kurang lebih 1 tahun. Di Indonesia tebu banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan Sumatra.

Untuk pembuatan gula, batang tebu yang sudah dipanen diperas dengan mesin pemeras (mesin press) di pabrik gula. Sesudah itu, nira atau air perasan tebu tersebut disaring, dimasak dan diputihkan sehingga menjadi gula pasir yang kita kenal. Dari proses pembuatan tebu tersebut akan dihasilkan gula 5%, ampas tebu 90% dan sisanya berupa tetes (molasse) dan air.

Daun tebu yang kering (dalam bahasa Jawa, dadhok) adalah biomassa yang mempunyai nilai kalori cukup tinggi. Ibu-ibu di pedesaan sering memakai dadhok itu sebagai bahan bakar untuk memasak; selain menghemat minyak tanah yang makin mahal, bahan bakar ini juga cepat panas.

Dalam konversi energi pabrik gula, daun tebu dan juga ampas batang tebu digunakan untuk bahan bakar boiler, yang uapnya digunakan untuk proses produksi dan pembangkit listrik.

Di beberapa daerah air perasan tebu sering dijadikan minuman segar pelepas lelah, air perasan tebu cukup baik bagi kesehatan tubuh karena dapat menambah glukosa. salah satu tempat yang menjual es tebu yatu di seputaran Jember.

Asal Usul Tanaman Tebu

Tanaman yang memiki bentuk panjang ini diduga bersal dari New Guinea, dan kemudian dibawa ke Amerika oleh penjelajah Christopher Columbus pada ekspedisi kedua tahun 1493. Dan saat ini tebu sudah bisa ditemukan di 70 negara, terutama di daerah tropis, dan juga di beberapa daerah subtropis. Negara-negara di Eropa, Afrika, Asia, Australia, Pasifik, tenggara Amerika Serikat, Meksiko, dan Amerika Selatan juga telah melakukan budidaya tanaman tebu.

Nah, untuk lebih dalam mengetahui tentang tanaman tebu, ada baiknya juga kalian mengetahui jenisnya terlebih dahulu kemudian kita masuk pada manfaat dan efek sampingnya.

Ciri Dari Tanaman Tebu

1. Akar

Akar tanaman tebu berserabut, tunggang, dengan panjang 20-30 cm, berwarna keputihan kotor hingga kecoklatan, dapat menembus permukaan tanah berkisar 20 cm bahkan lebih tergantung dengan pertumbuhan.

2. Batang

Batang tanaman tebu bulat, berdiamater 4 – 10 cm, tumbuh tegak, berbuku – buku dengan jarak 3-5 cm, panjang batang tanaman ini mencapai 3-5 meter. Selain itu, batang tanaman tebu ini memiliki perkulitan tebal, keras, dengan warna yang sangat beragam jenis mulai dari merah, kuning dan juga keungguan.

3. Daun

Daun tanaman tebu termasuk daun tidak lengkap, karena terdiri dari pelepah dan beberapa helaian daun. Selain itu, daun pada tanaman tebu tidak bertangkai panjang, namun langsung daunnya memanjang dengan panjang 1-2 meter, daun ini juga memiliki garis – garis yang memanjang, dan juga berbulu, biasanya daun ini tumbuh di bagian ketiak daun serta daun tanaman tebu ini berwarna kehijauan muda hingga tua.

4. Bunga

Bunga tanaman tebu ini termasuk kedalam bunga majemuk, yang tersusun dari beberapa malai yang terbatas. Bunga tanaman ini memiliki panjang sekitar 70-90 cm, dengan memiliki tiga daun kelopak, satu daun mahkota, tiga benang sari, dan dua kepala putik. Pada umumnya, bunga pada tanaman tebu ini jarang kelihatan atau tampak karena bunga tanaman sangat rentan berguguran atau berjatuhan keketika masih muda atau proses pertumbuhan.

Jenis-Jenis Tebu

Dari apa yang dapat anda baca diatas, kurang lengkap jika anda tak mengetahui jenis-jenis tebu yang ada didunia ini. Nah berikut ini adalah beberapa jenis tebu yang wajib kamu ketahui.

  • Tebu Kuning

Tebu kuning juga dikenali sebagai tebu Morris. Kulitnya keras serta ruasnya panjang. Air tebu kuning berwarna hijau gelap dan keruh. Tebu ini rasanya sangat manis. Tebu kuning ini juga mempunyai miang pada pucuk.

  • Tebu Telur

Tebu telur mempunyai kulit yang sangat lembut. Ruasnya pendek-pendek yang mana saiznya macam telur. Airnya berwarna hijau muda. Tebu ini mempunyai rasa yang sederhana manis dan tiada miang pada tebu tersebut.

  • Tebu Hitam

Menurut sumber pokok tebu hitam atau nama saintifiknya Sacharum Offcinarum adalah salah satu herba yang boleh mengubati batuk, mengurangkan panas badan, menambah selera makan dan mengatasi masalah jantung berdebar.

Air tebu hitam juga mempunyai khasiat tersendiri termasuk mengubati batuk dan mengurangkan panas badan. Caranya ialah dengan membakarnya terlebih dahulu lima atau enam ruas tebu hitam. Selepas itu ia dikupas dan diperah sebelum airnya diminum begitu sahaja.

Tebu hitam juga dapat merawat masalah jantung berdebar-debar. Caranya ialah selepas mencuci bersih, akar tebu hitam itu kemudiannya dikeringkan selama beberapa hari. Rebuskan akar yang telah dikeringkan itu dan minum air rebusan itu pada setiap pagi dan juga petang. Sebaik-baiknya kaedah ini dijadikan amalan sehingga pesakit mendapati masalah jantung berdebarnya sudah tiada lagi.

Manfaat Dari Air Tebu

Dibalik rasanya yang manis dan sangat khas, apakah air tebu memiliki manfaat untuk kesehatan? Tentu saja, air tebu memang sangat menyehatkan. Air tebu mengandung berbagai jenis bahan yang sangat alami dan bahkan kalian tidak perlu menambahkan gula untuk mendapatkan rasa manis. Dibawah ini adalah beberapa manfaat air tebu untuk kesehatan.

  • Baik Bagi Penderita Penyakit Diabetes

Sebagaimana diketahui, untuk oang penderita diabetes tentulah harus pandai-pandai dalam memilih makanan dan minuman. Minuman yang terlalu manis sangat tidak dianjurkan dikonsumsi bagi orang penderita diabetes. Namun tebu yang memiliki kandungan glukosa yang baik, ternyata aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Ditambah lagi kadar gula darah akan segera turun dikarenakan kandungan gula alami pada tebu.

  • Membantu Terhindari Dari Penyakit Ginjal

Kekurangan protein di dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh terkena penyakit ginjal. Dengan mengkonsumsi air tebu yang mengandung protein cukup tinggi, maka cairan seperti darah dan air yang terdapat pada ginjal akan terserap dengan baik. Terlebih lagi, kandungan yang bersifat alkali pada tebu bermanfaat untuk menimimalisir tubuh terkena penyakit ginjal.

  • Mencegah Kerusakan Gigi

Kandungan mineral yang sangat tinggi dalam air tebu sangat efektif untuk mengatasi kerusakan gigi dan bau mulut. Mineral banyak dibutuhkan oleh gigi untuk memperkuat struktur gigi dan juga meningkatkan enzim khusus yang bisa mencegah bau mulut. Bahkan jika diminum secara teratur maka bisa meningkatkan kesehatan gigi dan membuat gigi menjadi lebih putih.

  • Mengatasi Masalah Kesehatan Kuku

Jika kalian kekurangan nutrisi maka hal pertama yang bisa dilihat adalah pada penampilan kuku. Biasanya pertanda awal dari kekurangan nutrisi untuk kuku adalah seperti kuku yang mudah rapuh, muncul bintik putih dan coklat serta keluar garis lurus pada kuku. Untuk mengatasi hal ini maka kalian bisa memenuhi nutrisi mineral dan sumber lain dari air tebu. Konsumsi air tebu bisa membuat kuku menjadi lebih kuat dan penampilan kuku juga lebih mengkilap.

  • Obat flu

Di dalam air tebu terkandung senyawa penting yang dapat menyembuhkan penyakit flu, pilek serta sakit tenggorokan dengan waktu yang cukup singkat. Maka dari itu, kita jangan beranggapan bahwa air tebu menjadi penyebab sakit tenggorokan karena justru dia yang mampu menyembuhkan tenggorokan yang gatal.

  • Obat penyakit kuning

Penyakit kuning merupakan sebuah kondisi dimana kulit menjadi agak kekuningan karena warna pigmen kulit dan membran jadi kuning akibat hadirnya billiburin didalam darah. Penyebab penyakit kuning adalah tidak efektifnya kinerja hati. Karena air tebu mempunyai kegunaan untuk mengembalikan fungsi hati agar kembali optimal dan kuat. ini akan menjadikannya sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit kuning.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Tebu

Tumbuhan ini memiliki beberapa fase pertumbuhan diantaranya fase perkecambahan, fase pertunasan, fase pertumbuhan, fase kemasakan, fase kematian. Fungsi utama dari tanaman ini sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Ampas tebu atau disebut dengan bagasse adalah hasil dari proses ektraksi cairan tebu yang berasal dari batang tebu. Tahukah kamu apa saja yang tekandung didalam air tebu? Berikut ini beberapa kandungan gizi yang terdapat pada air tebu diantaranya sebagai berikut :

  • Air

Kandungan air dalam tebu sekitar 75% – 85%. Sehingga untuk memperoleh gula dibutuhkan proses penguapan dan kristalisasi.

  • Sukrosa

Kandungan sukrosa dalam tebu sekitar 10% – 12% yang terdapat pada batang. Sifatnya stabil dalam suasana alkalis.

  • Gula reduksi

Gula reduksi yaitu glukosa dan fruktosa. Kandungan gula reduksi yang tedapat pada tebu sekitar 05% – 2%. Semakin masak tebu semakin sedikit kandungan gula reduksinya.

  • Senyawa organik

Senyawa organik yang tedapat pada tebu 0,5% – 1%, senyawa organik dalam tebu yaitu asam laktat, asam suksinat dan asam glukonat.

  • Senyawa anorganik

Senyawa anorganik yang terdapat pada tebu berasal dari tanah dan pupuk yang di pisahkan dari proses permurnian, kandungan senyawa anorganik dalam tebu sekitar 0,2% – 0,6%. Senyawa ini berupa Al2O3, MgO, CaO, K2O, SO3 dan H2SO4.

  • Senyawa posphate

Senyawa phospate yang terdapat pada tebu sangat dibutuhkan. Karena senyawa ini senyawa yang dapat menarik dan mengendapkan kotoran.

  • Serabut

Serabut tersusun dari selulosa atau hemiselulosa. Cirinya keras karena adanya lignin dan pektin.

Selain kandungan yang dijelaskan diatas tanaman tebu memiliki kandungan seperti karbohidrat, asam karboksilat, asam amino, protein, gum, pati, lilin, lemak dan lain sebagainya. Kandungan gizi yang terdapat pada tebu memiliki manfaat bagi kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Efek Samping Mengkonsumsi Tebu Secara Berlebihan

Sebagian besar penelitian yang dilakukan pada policosanol, yaitu apabila mengkonsumsi policosanol dengan dosis 20 mg dosis maka tidak akan membawa manfaat bagi tubuh. Beberapa kasus menyebutkan, mengkonumsi policosanol atau tebu secara berlebihan akan menyebabkan penurunan berat badan, sakit kepala, pusing, sakit perut dan insomnia.

Kalian mungkin tidak menganggap penurunan berat badan sebagai efek samping negatif, kan tetapi bagi mereka yang memiliki mengalami sakit parah hal itu bisa berbahaya sehingga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar tidak berlebihan mengkonsumsi tebu.

Nah, itu dia penjelasan dari mimin tentang tebu. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan anda

Related Posts