stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernakah kalian mengalami keadaan dimana cuaca terus menerus mengalami hujan ataupun panas? Biasanya keadaan seperti itu dinamakan dengan musim hujan dan musim panas. Tapi musim yang dimaksud disini bukan kayak musim rambutan dan durian ya. Disini yang dimaksud dengan musim panas dan musim dingin adalah suatu keadaan cuaca yang bisa berubah dalam waktu kurun waktu tertentu.

Nah, untuk lebih mengerti tentang apa itu musim. Dibawah ini ada penjelasan yang lebih lengkap. Biar gak lama-lama, langsung aja simak penjelasannya.

Pengertian Dari Musim

Yang dimaksud dengan musim adalah suatu perubahan keadaan yang terjadi setiap tahun dan biasanya ditandai dengan perubahan cuaca, ekologi dan jumlah waktu. Musim merupakan hasil dari orbit bumi yang mengelilingi matahari pada kemiringan bidang ekliptika.

Pada daerah yang beriklim sedang, pergantian musim akan ditandai dengan perubahan intensitas sinar matahari yang mencapai permukaan bumi, variasi musim yang terjadi ini dapat menyebabkan para hewan untuk menjalani hibernasi atau bermigrasi dan tanaman menjadi tidak aktif.

Pada bulan Mei, Juni dan Juli, belahan bumi bagian utara akan terkena sinar matahari langsung. Ini dikarenakan belahan tersebut akan berhadapan langsung dengan sinar matahari. Hal yang sama berlaku juga di belahan bumi selatan dan ini terjadi pada bulan November, Desember dan Januari.

Kemiringan bumi ini dapat menyebabkan sinar matahari menjadi lebih tinggi berada di langit selama musim panas dan ini berdampak meningkatkan panas matahari. Perubahan musim ini dibagi menjadi dua yaitu terjadi pada bulan Juni, Juli dan Agustus dan ini merupakan bulan terpanas di belahan utara sementara Desember, Januari dan Februari adalah bulan terpanas di belahan bumi selatan.

Pada daerah yang beriklim sedang dan subpolar, ada empat musim yang berbasis kalender umumnya yang telah diakui yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Ekologi yang sering digunakan sebagai model enam musim untuk daerah beriklim adalah prevernal, vernal, estival, serotinal, musim gugur dan hibernal.

Banyak daerah tropis yang hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Beberapa daerah juga ada yang memiliki musim dingin. Pergantian musim memiliki makna khusus bagi masyarakat agraris, yang hidupnya bergantung dari hasil panen dan biasanya ketika musim tak kunjung datang mereka akan membuat ritual.

Apa Yang Dapat Menyebabkan Terjadinya Musim?

Banyak orang yang mempercayai bahwa katanya bumi lebih dekat dengan matahari di musim panas dan itulah yang menyebabkan menjadi musim pansa. Dan jika bumi menjauh dari matahari maka itulah yang menyebabkan musim dingin. Teori ini mungkin terdengar masuk akal tapi sebenarnya itu salah.

Yah, memang benar kalau orbit bumi ini bukanlah sebuah lingkaran sempurna, bentuknya memang agak sedikit timpang. Selama terjadi pergantian tahun, bumi akan menjadi lebih dekat kepada matahari daripada pada waktu lain.

Sumbu bumi yang tidak dapat berdiri dengan tegak

Sumbu pada bumi merupakan sebuah kutub imajiner yang dapat menembus bagian tengah bumi dari “atas” ke “bawah.” Bumi berputar melalui sumbu ini akan membuat satu putaran penuh setiap harinya. Itulah mengapa kita bisa memiliki waktu siang dan malam. Itu berarti, bumi bisa memiliki musim karena porosnya tidak dapat berdiri dengan tegak.

Tabrakan yang membuat sumbu bumi bergeser

Dulu sekali, ketika bumi masih sangat muda, diperkirakan bahwa ada sesuatu yang berukuran sangat besar menabrak bumi dan benda itu datangnya dari jarak yang sangat jauh. Jadi, itulah yang dapat menyebabkan bumi tidak berputar dengan sumbu lurus naik dan turun, melainkan menjadi sedikit miring. Suatu objek yang besar ketika menabrak bumi, akan menghasilkan potongan-potongan material yang bertebaran di angkasa dan akhirnya membuat sumbu bumi menjadi miring.

By the way, hal besar yang melanda bumi ini disebut dengan Theia. Kejadian itu juga dapat membuat lubang besar di permukaan bumi. Tabrakan besar itu telah membuat sejumlah besar debu dan puing-puing ke orbit. Kebanyakan ilmuwan berpikir bahwa puing-puing itu pada waktunya akan menjadi sebuah bulan.

Saat Bumi mengorbit matahari, bagian sumbunya yang miring akan selalu mengarah ke arah yang sama. Jadi, sepanjang tahun, berbagai bagian Bumi ini akan mendapatkan sinar matahari  secara langsung

Macam-macam musim

Seperi yang kita tahu ada banyak musim yang kita alami. Namun, di tempat tertentu ada yang mengalami 4 musim, sedangkan di Negeri kita sendiri yaitu Indonesia hanya memiliki 2 musim.

Nah, beberapa musim itu adalah sebagai berikut:

Musim Kemarau

Di negara Indonesia, musim kemarau biasanya terjadi mulai dari bulan Mei hingga Oktober. Pada masa musim kemarau ini jangan harap deh kalau hujan bakalan turun. Namun, sesekali ada juga sih turun hujan itupun cuma sebentar. Selama menjalani masa kemarau ini keberadaan tumbuhan dan hewan bisa dikatakan agak terancam.

Musim Hujan

Musim hujan atau biasa disebut juga dengan musim basah adalah musim yang selalu ditandai dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dan biasanya ini terjadi dalam jangka waktu tertentu secara tetap.

Musim hujan hanya dikenal pada wilayah yang memiliki iklim tropis. Dilihat secara meteorologi, musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian (satuan waktu dalam meteorologi) berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Di daerah yang memiliki iklim tropis musim hujan akan bergantian dengan musim kemarau (musim kering). Hal ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh pergerakan semu Matahari tahunan.

Pergerakan Matahari ini dapat mengubah suhu udara pada permukaan tanah dan seluruh samudera. Pada gilirannya perbedaan suhu akan dapat mengubah konsentrasi uap air di udara. Biasanya musim hujan terjadi pada bagian bumi yang tengah mengalami posisi zenith peredaran semu Matahari. Musim Hujan akanterjadi dari bulan oktober hingga maret.

Musim gugur

Musim gugur adalah salah satu dari empat musim yang terdapat di daerah yang memiliki iklim sedang, ini juga merupakan masa peralihan dari musim panas ke musim dingin.

Dalam zona daerah yang beriklim sedang, musim gugur adalah musim di mana kebanyakan tumbuhan akan mulai dipanen atau ditunai dan pohon deciduous juga akan melepaskan daun-daun mereka. Ini juga merupakan musim di mana hari-hari akan terasa begitu cepat dan dingin (terutama di latituda utara) dan mengakibatkan terjadinya peningkatan presipitasi di beberapa bagian dunia.

Di belahan utara bumi, musim gugur biasanya dimulai sekitar tanggal 23 Septembar hingga 21 Desember, sementara di belahan selatan bumi musim gugur dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni.

Secara Astronomi, awalnya pergerakan bumi akan dimulai dengan equinox autumnal (titik musim semi matahari) dan berakhir pada titk balik matahari. Namun, secara meteorologis perhitungan pada bulan-bulan September, Oktober dan November di belahan Utara akan terjadi musim gugur dan pada Maret, April dan Mei di belahan Selatan sebagai musim gugur.

Ada satu pengecualian definisi yang ditemukan di Kalender Irlandia, yaitu di mana mereka masih mengikuti putaran Keltik, di mana musim gugur dihitung dari bulan-bulan Agustus, September dan Oktober

Musim panas

Musim panas adalah salah satu musim yang ada di negara berhawa sedang, sebenarnya masih tergantung letak dari itu negara itu sih, musim panas juga dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda. Di belahan utara bumi, musim panas biasanya akan terjadi pada sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September, sementara di belahan selatan bumi musim panas dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret.

Di banyak negara, biasanya musim panas lebih dianggap sebagai musim liburan sekolah. Pada musim ini orang-orang di negara-negara subtropis tersebut lebih memilih menuju ke pantai untuk berjemur. Selain itu, pada musim panas buah-buahan dan tumbuh-tumbuhannya juga sedang lagi mekar-mekarnya loh. Kalau sudah memasuki musim ini kebanyakan orang-orang akan lebih memilih untuk bersenang-senang..

Bagi mereka yang menyambut musim panas, kebanyakan lebih suka menghabisakan waktu diluar rumah daripada di dalam rumah, meskipun cuaca sedang panas-panasnya. Mungkin bagi kita pasti akan terasa sangat aneh kan?

Namun bagi mereka musim panas adalah salah satu musim yang selalu dinanti-nantikan oleh banyak orang. Ini dikarenakan musim panas sangat identik dengan temperatur cuaca yang semakin beranjak naik dari musim sebelumnya, mereka dapat melewati hari yang lebih panjang dan cerah dengan lebih lamanya matahari bersinar dan banyaknya sinar matahari yang bisa diterima.

Cuaca pada musim panas seringkali cerah dan panas, maka pakaian yang cocok untuk digunakan pada musim ini adalah pakaian tipis yang sebaiknya bisa menyerap keringat. Suhu yang ada pada musim panas di Jerman sering berkisar antara 20°C, tapi terkadang juga bisa mencapai sekitar 30an°C

Musim dingin

Musim dingin atau yang biasa kita lihat sebagai musim salju ialah saat paling dingin yang ada di bumi. Ini juga merupakan salah satu dari 4 musim yang ada di negeri-negeri yang beriklim subtropis dan sedang. Di belahan utara bumi, musim dingin akan dimulai sekitar tanggal 21 Desember hingga 21 Maret, sementara di belahan selatan bumi musim dingin akan dimulai sekitar tanggal 21 Juni hingga 23 September.

Hari-hari dengan suhu yang paling rendah biasanya terjadi antara pertengahan dan akhir bulan Januari. Di musim dingin, hari-hari ini akan terasa menjadi lebih pendek, sinar matahari yang keluar akan muncul dengan lambat dan matahari pun akan tenggelam lebih awal. Biasanya siklus tiga hari dingin yang diikuti empat hari hangat disebut dengan istilah Samhansaon dan ini akan selalu terjadi berulang selama musim dingin.

Daerah pegunungan yang ada di provinsi Gangwon-do akan mengalami turun hujan salju sejak awal musim dingin, dengan suhu yang semakin dingin dan kering karena angin yang bertiup berasal dari Siberia.

Antara bulan Desember hingga bulan Februari ada banyak terdapat liburan hari-hari besar, seperti hari Natal, hari Tahun Baru dan hari Tahun Baru Imlek. Sementara antara bulan Februari hingga awal bulan Maret adalah masa untuk wisuda dan awal masuk sekolah. Untuk daerah pedesaan, selama musim dingin lahan pertanian berhenti atau istirahat sejenak sampai tiba masa bercocok-tanam. Pada musim semi dan beberapa jenis sayuran yang tumbuh akan dikembangkan di dalam rumah kaca.

Musim Semi

Musim semi di belahan utara terjadi antara bulan Februari hingga April, sedangkan di belahan Selatan terjadi antara bulan Agustus hingga Oktober. Ciri-ciri yang terjadi padamusim Semi ialah tumbuhan yang rontok akibat salju yang berubah menjadi indah.

Hawa di musim semi 60% panas dan 40 % dingin. Hewan yang ada di musim itu juga akan lebih sering keluar dari sarangnya dan melakukan aktivitasnya. Musim semi terkadang diikuti dengan adanya hujan. Musim semi juga ternasuk dalam salah satu 4 musim yang ada di daerah nontropis, ini merupakan peralihan dari musim dingin ke musim panas.

Di belahan utara bumi, musim semi dimulai sekitar tanggal 21 Maret hingga 21 Juni , sementara di belahan selatan bumi musim semi dimulai sekitar tanggal 23 September hingga 21 Desember. Pohon mulai tumbuh dan akan muncul daun- daun baru. di Jepang, orang- orang akan berpiknik di bawah pohon sakura yang baru mekar pada awal musim semi.

Musim semi dapat membuat siang hari menjadi terasa lebih panjang daripada malam hari. Hawa di musim semi biasanya terasa hangat. Ini dikarenakan akan terjadinya musim panas, berbeda dengan musim gugur yang udaranya terasa dingin karna menjelang musim dingin..

Orbit Bumi Yang Mengelilingi Bumi Dapat Membuat Perbedaan Musim

Daerah di sekitar khatulistiwa (23,5 LU – 23,5 LS) disebut daerah tropis, iklimnya disebut iklim tropis yaitu hanya memiliki dua musim dengan kelembapan udara paling cocok untuk banyak jenis makhluk hidup.

Wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa memiliki musim lebih banyak. Benua Eropa, Amerika Utara, dan Selatan, dan Australia misalnya memiliki empat musim, yakni panas (summer), gugur (autumn), dingin (winter), dan semi (spring). Ini menimbulkan pertanyaan, apa yang menyebabkan wilayah di Bumi pada waktu yang bersamaan memiliki musim yang berbeda?

Seperti yang sudah kita jelaskan diatas, banyak yang menduga bahwa musim-musim terjadi karena orbit Bumi mengelilingi Matahari yang berbentuk elips: saat posisi terjauh, maka Bumi akan menjadi dingin dan sebaliknya.

Contoh ekstremnya adalah planet Merkurius yang panas dan planet Pluto yang dingin. Atau kita akan merasakan hangat saat dekat dengan api unggun dan dingin saat jauh. Teori ini logis jika hanya menjelaskan hangat dan dingin, tapi tidak menjelaskan kenapa ada dua musim berbeda (misalnya bagian utara khatulistiwa musim dingin dan selatan musim panas) pada saat yang bersamaan?

Sebenarnya, jarak Bumi dan Matahari tidaklah menentukan musim yang terjadi di Bumi, karena perbedaannya jarak terjauh dan terdekat tidak signifikan. Perbandingannya seperti kita berdiri satu meter dari api unggun, kemudian menjauh sekira dua cm, tentu kita tidak bisa membedakan perbedaan panas yang kita rasakan. Ternyata kemiringan poros Bumi-lah yang membuat terjadinya perbedaan musim yang selama ini kita rasakan.

Musim Yang Dibagi Menurut Ahli Meteorologi

Mungkin diatas tadi, kita sudah menjelaskan tentang waktu dalam bergantinya musim. Nah, dibawah ini ada penjelasan lengkap tentang pembagian dan pergantian musim yang ada di dunia.

Tanggal-Tanggal Kalender Perbedaan Musim Di Bumi

Agar menjadi konsisten dan membuat peramalan cuaca menjadi lebih baik dan mudah, ahli meteorologi membagi tahun menjadi 4 musim meteorologi masing-masing 3 bulan.

Musim-musim dibelahan Bumi utara

Semi: 21 Maret – 21 Juni
Panas : 21 Juni – 23 September
Gugur : 23 September – 22 Desember
Dingin : 22 Desember – 21 Maret

Musim-musim dibelahan Bumi selatan

Semi : 23 September – 22 Desember
Panas : 22 Desember – 21 Maret
Gugur : 21 Maret – 22 Juni
Dingin : 21 Juni – 23 September

Pada bulan Juli, di belahan bumi selatan telah bertiup angin musim tenggara yang dapat menyebabkan musim kemarau di Pulau Jawa dan Australia Utara. Setelah melalui Khatulistiwa, angin musim tenggara akan berubah menjadi angin musim barat daya yang memasuki Asia Selatan dan Asia Tenggara dan membawa uap air dari Samudra Hindia. Keadaan sebaliknya terjadi pada bulan Januari saat matahari beredar di belahan bumi selatan.

Pada 21-22 Juni, posisi belahan utara bumi berhadapan langsung dengan matahari, sehingga akan mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi selatan. Hal ini terjadi dari 22 Juni hingga 22 September dan belahan bumi utara akan terus mengalami musim panas, sedangkan belahan bumi selatan akan mengalami musim dingin.

Pada 22-23 September, daerah di ekuator akan berhadapan langsung dengan matahari, sehingga ini mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini menyebabkan dari 23 September hingga 21 Desember belahan bumi utara mengalami musim gugur, sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim semi.

Pada 21-22 Desember, posisi di belahan bumi selatan berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi utara. Hal ini menyebabkan dari 22 Desember hingga 21 Maret belahan bumi selatan mengalami musim panas, sedangkan belahan bumi utara mengalami musim dingin.

Pada 21-22 Maret, daerah di ekuator kembali berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini menyebabkan dari 22 Maret hingga 21 Juni belahan bumi utara mengalami musim semi, sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim gugur.

Gimana menurut kalian tentang penjelasan musim yang terjadi di bumi kita ini? Nah, sekarang kalian jadi tahu kan tentang musim-musim yang ada di dunia ini. Tapi sayangnya kita cuma bisa ngerasain 2 musim aja. Yah walaupun cuma bisa ngerasain 2 musim kita harus tetap bersyukur ya.

Related Posts