stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Biasanya kalau sudah memasuki cuaca yang dingin. orang-orang akan mencari sesuatu yang dapat menghangatkan tubuh  mereka. Salah satu hal yang paling sering dilakukan adalah dengan menggunakan minyak kayu putih.

Siapa sih yang gak kenal sama yang namanya minyak kayu putih? Pasti semua orang sudah tahu donk. Ini dikarenakan minyak kayu putih tidak hanya digunakan sama anak kecil saja. Orang dewasa juga bisa memakai minyak kayu putih ini.

Selain memiliki harum yang menyegarkan minyak kayu putih juga memiliki efek menenangkan. Inilah yang menyebabkan banyak orang menyukainya. Kalian penasaran gak sih kenapa minyak ini bisa begitu menenangkan. Kalau kalian sama penasarannya kayak mimin, gimana kalau sama-sama cari tahu disini aja.

Perbedaan Antara Minyak Kayu Putih dan Kayu Putih

Sebenarnya minyak kayu putih adalah hal yang sama, yang membedakannya adalah kalau minyak kayu putih sudah melewati  masa proses sedangkan kayu putih adalah nama pohonnya. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih atau cajuput oil ini dihasilkan dari hasil penyulingan daun dan ranting kayu putih (M. leucadendra). Minyak atsiri ini dipakai sebagai minyak pengobatan, dapat dikonsumsi per oral (diminum) atau lebih umum, dibalurkan ke bagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot dan mencegah perut kembung.

Minyak ini mengandung eukaliptol (1,8-cineol) (komponen paling banyak, sekitar 60%), α-terpineol dan ester asetatnya, α-pinen dan limonen.

M. quinquenervia dilaporkan juga menjadi sumber minyak atsiri yang dinamakan sama. Minyak kayu putih banyak menjadi komponen dalam berbagai salep dan campuran minyak penghangat. Salep macan dan minyak telon diketahui menggunakan minyak kayu putih sebagai penyusunnya.

Pengertian Dari Kayu Putih

Gelam atau Kayu putih atau yang memiliki nama lain Melaleuca leucadendra syn. M. leucadendrom, ini merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan (Myrtaceae) yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih (cajuput oil). Minyak yang diekstrak (biasanya disuling dengan uap) terutama dari daun dan rantingnya. Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih.

Tumbuhan ini terutama tumbuh baik di Indonesia bagian timur dan Australia bagian utara, namun demikian dapat pula dibudidayakan di daerah-daerah lain yang memiliki musim kemarau yang jelas.

Minyak kayu putih mudah menguap. Pada hari yang panas orang yang berdekatan dengan pohon ini akan dapat mencium baunya dari jarak yang cukup jauh.

Sebagai tumbuhan industri, kayu putih dapat diusahakan dalam bentuk hutan usaha (agroforestri). Perhutani memiliki beberapa hutan kayu putih untuk memproduksinya. Minyak kayu putih yang diambil dari penyulingan biasa dipakai sebagai minyak balur atau campuran minyak pengobatan lain (seperti minyak telon) atau campuran parfum serta produk rumah tangga lain.

Gambaran Dari Pohon Kayu Putih

Ciri-ciri pohon kayu putih mempunyai tinggi berkisar antara 10-20 m, kulit batangnya berlapis-lapis, berwarna putih keabu-abuan dengan permukaan kulit yang terkelupas tidak beraturan. Batang pohonnya tidak terlalu besar, dengan percabangan yang menggantung kebawah.

Daunnya tunggal, agak tebal seperti kulit, bertangkai pendek, letak berseling.Helaian daun berbentuk jorong atau lanset, dengan panjang 4,5-15 cm, lebar 0,75-4 cm, ujung dan pangkal daun runcing, tepi rata dan tulang daun hampir sejajar.

Permukaan daun berambut, warna hijau kelabu sampai hijau kecoklatan, daunnya bila diremas atau dimemarkan berbau minyak kayu putih. Perbungaan majemuk bentuk bulir, bunga berbentuk seperti lonceng, kepala putik berwarna putih kekuningan, keluar di ujung percabangan. Buah panjang 2,5-3 mm, lebar 3-4 mm, warnanya coklat muda sampai coklat tua.

Jenis Dari Minyak Kayu Putih

Sebenarnya kalau ditelusuri lebih dalam minyak kayu putih, terdiri dari berbagai jenis. Mungkin selama ini yang kita tahu minyak kayu putih hanya yang beredar dipasaran. Nah, biar lebih menambah pengetahuan berikut ini ada beberapa jenis kayu putih yang kalian harus tahu.

  • Eucalyptus globulus (Minyak eukaliptus)

Minyak yang satu ini dapat digunakan untuk mengobati luka, karena memiliki daya antimikroba dan atiseptik yang cukup bagus. selain itu, eucaliptus dapat mengatasi samalah pernapasan seperti : batuk, pilek, flue, asma, bronkhitis dan lainnya.

Minyak ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi kelelahan otot, mematikan kutu, untuk sakit gigi, digigit serangga, dapat mengontrol kadar gula dalam darah sehingga baik untuk diabetes, namun harus gunakan yang pure dan pada dosis tertentu. mengatasi demam juga salah satu manfaat dari minyak eucaliptus.

  • Malaleuca Viridiflora Corn

Jenis kayu putih ini ada yang mempunyai kandungan metyl salisilat yang tinggi dan baik untuk mengurangi rasa capek saat olah raga. Ciri dari kayu putih jenis ini adalah bertukdaun pendek lebar dan buganya merah.

Di indonesia, banyak tersebar di wilayah papua barat. secara tradisional minyak ini digunakan dengan cara inhalasi atau dimasukan dalam air mandi untuk mengobati batuk, pilek, hidung tersumbat/mampet, sakit kepala, demam dan influenza.

  • Melaleuca alternifolia (tea tree oil)

Tanaman ini tersebar luas di bagian selatan Queensland dan utara sepanjang pesisir New South Wales. Minyak tea tree sangat baik untuk antimicroba. Minyak ini dapat menjadi toxic jika digunakan malalui mulut atau ditelan. Minyak tea tree dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan infeksi bakteri dan jamur seperti untuk atasi ketombe, kutu , herpes  dan infeksi kulit lainnya.

  • Malaleuca Leuca dendron/malaleuca Cajuput (Kayu putih Indonesia)

Manfaat dari minyak kayu putih ini yaitu sebagai antiseptik , kosmetik , bakterisida , insektisida , dekongestan , analgesik , ekspektoran , obat penurun panas , vermifuge , anti – spasmodik , anti – neuralgic , karminatif , stimulan , tonik , sudorific  dan substansi emenagogue.

Kandungan Minyak Kayu Putih dan Sifatnya

Dalam minyak kayu putih terkandung unsur-unsur yang bermanfaat bagi tubuh, seperti eucalyptol, valeraldehyde, sequiterpene, pinocarveol, pinen, terpinol, camphen globulal, cineol, fenchen, serta butylaldehyde.

Selain kandungan zat-zat di atas, minyak kayu putih masih memiliki beberapa sifat-sifat seperti berikut :

-Dekongestan, Membantu menghilangkan sesak di dada saat dihirup melalui hidung
-Ekspektoran, membantu pelepasan lendir dari paru-paru.
-Analgesik, membantu menghilangkan rasa sakit.
-Antibakteri, membantu membunuh spesies bakteri tertentu dalam tubuh.
-Antijamur, membantu membunuh spesies jamur.
-Antivirus, aktif terhadap beberapa virus.
-Antineuralgic, memberikan efek perlindungan pada sistem saraf.
-Antiseptik, mencegah infeksi pada luka.
-Karminatif, membantu pengusiran gas dalam usus.
-Mengeluarkan keringat, mempromosikan keringat berlebihan.
-Antipiretik, untuk meredakan demam.
-Insektisida, digunakan untuk membunuh banyak spesies serangga.
-Vulnerary (cicatrizant),membantu dalam penyembuhan luka dan goresan.
-Tonic, meningkatkan kerja yang lebih baik dari saluran tubuh.
-Antispasmodic, mengurangi kejang.
-Astringent, menghilangkan kelebihan minyak dalam kulit.
-Anti-inflamasi, mengurangi peradangan.
-Antioksidan, manfaat antioksidan melindungi sel dari kerusakan radikal beba

Manfaat Dari Minyak Kayu Putih


Walaupun kita sudah tahu bahwa manfaat kayu putih untuk menghangatkan tubuh. Tapi kita tidak tahu kalau minyak kayu putih masih memiliki manfaat lain. Beberapa manfaat lain dari minyak kayu putih adalah:

  • Meredakan sakit gigi

Manfaat minyak kayu putih ternyata juga bisa mengurangi keluhan sakit gigi, karena memiliki efek yang mirip dengan manfaat cengkeh, yang di ambil minyaknya untuk mengurangi sakit gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan tumbukan kunyit. Lalu diterapkan pada daerah gigi yang sakit. Minyak kayu putih juga dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada gusi akibat tanggalnya gigi.

Cara yang lainnya adalah dengan menggunakan beberapa tetes minyak kayu putih pada kapas. Lalu, tempatkan kapas tersebut di antara gigi yang sakit. Ini dapat memberikan bantuan yang sangat cepat pada sakit gigi dan berlangsung selama beberapa jam. Selain itu, hal tersebut juga dapat membantu untuk membasmi kuman gigi dan membunuh banyak kuman di mulut.

  • Distress pernapasan

Ada banyak kondisi di mana orang menderita ketidaknyamanan pada saluran pernapasan, seperti :

  1. dingin
  2. batuk
  3. flu
  4. infeksi seperti pneumonia
  5. bronkitis
  6. Sleep apnea (COPD)

Dalam kondisi tersebut, seseorang dapat menggunakan manfaat minyak kayu putih untuk mendapatkan bantuan untuk meringankan rasa sesak pada dada serta hidung tersumbat. Minyak kayu putih juga membantu dalam menyingkirkan lendir serta membantu mengencerkan dahak, sehingga memberikan bantuan ekstra. Kemudian juga memberikan efek menenangkan pada rongga hidung, sehingga udara yang terasa dingin dan hidung tersumbat akan segera teratasi.

Belum diketahui dengan jelas apakan terapi menggunakan minyak kayu putih bisa mengurangi gejala asma. Namun para ahli kesehatan menyatakan bahwa minyak kayu putih justru dapat memperburuk asma pada beberapa orang. Minyak kayu putih ternyata justru dapat memicu serangan asma.

  • Melindungi dari serangga dan kutu

Aroma kuat yang ditimbulkan oleh minyak kayu putih dapat membuat serangga tidak ingin mendekatinya. Kamu dapat mengoleskannya ke kulit agar terjauh dari serangga termasuk nyamuk juga akan menjauhi kamu. Hal ini dapat mencegah kamu dari penyakit yang disebabkan karena gigitan nyamuk, seperti penyakit demam berdarah.

Selain untuk mengusir serangga, minyak kayu putih juga berguna untuk mengusir kutu dari rambut . Kamu hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak kayu putih pada rambut yang berkutu mungkin merupakan solusi yang lebih baik daripada menggunakan produk penghilang kutu yang mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia berbahaya ini mungkin dapat diserap oleh kulit kepala.

  • Membantu mengontrol kadar gula darah

Minyak kayu putih mungkin dapat menjadi obat bagi penderita diabetes karena dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, belum dapat dibuktikan secara ilmiah bagaimana minyak kayu putih dapat mengontrol atau menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Beberapa asumsi menyebutkan bahwa minyak kayu putih dapat berfungsi sebagai vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga hal ini memberi manfaat pada pasien diabetes yang biasanya mempunyai sirkulasi darah yang buruk.

Memijat tubuh dengan menggunakan minyak kayu putih dan menghirup uap minyak kayu putih mungkin dapat meringankan penyempitan pembuluh darah, membuat pembuluh darah menjadi rileks dan melancarkan sirkulasi darah pada penderita diabetes.

  • Aromaterapi saat stres

Memang tidak bisa dipungkiri lagi jika stres berlebih adalah salah satu pembunuh mematikan dari keproduktifan bekerja pada diri seseorang, bahkan jika terus-terusan dibiarkan stres bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Nah jika sudah begini kamu bisa mencoba aromaterpai dari minyak kayu putih, hiruplah aroma khas dari minyak kayu putih dan rasakan seluruh stres dan ketegangan yang kamu rasakan perlahan menghilang.

Hal ini bisa terjadi karena didalam minyak kayu putih mengandung zat analgesik yang bermanfaat untuk menenangkan pikiran kamu, mengurangi kabut otak, kelesuan dan meningkatkan konsentrasi. Tidak hanya itu, aromaterapi dari hasil olahan Melaleuca leucadendra ini juga berguna untuk mengusir kecemasan serta mendorong perasaan percaya diri.

Nah ternyata minyak ini benar-benar memiliki manfaat yang luar biasa bukan? Untuk itu kamu bisa menjadikan minyak kayu putih sebagai barang bawaan yang wajib ada di tas kamu nih, terutama saat sedang treveling.

Related Posts