stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Siapa yang tak mengenal sosok ratu pantai selatan atau yang sering disebut Nyi Roro Kidul. Perempuan ayu yang konon mejadi penguasa laut selatan ini. Memang telah menjadi legenda tersohor dipelosok tanah air, kebenarannya tentu kembali kepada keyakinan masing-masing. Konon ada tempat tempat ditanah air yang dicap sebagai penghubung antara sang ratu dan alam nyata.
Konon kesan mistis pun dapat kita jumpai di tempat-tempat ini. Dimana sajakah itu, mari kita simak inilah 6 pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul.

Menjadi kisah dari mulut kemulut tentang penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Bahkan banyak pihak yang menyakini keberadaannya. Tak jarang pemburu hal mistis pun selalu tertarik dengan keberadaan Nyi Roro Kidul yang memiliki paras cantik. Karena penasarannya, banyak pihak yang mencoba mencari jalan untuk bisa memasuki kerjaan Ratu pantai selatan itu. Beredar kabar bahwa ada pintu gerbang yang diyakini sebagai jalan masuk ketempat Nyi Roro Kidul.

Inilah pintu-pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul sebagai berikut :

  • Pantai Parangtritis Yogyakarta¬†

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang menyimpan cerita legenda tentang Nyi Roro Kidul. Menurut mereka yang meyakininya Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke parangtritis disarankan untuk tidak memakai baju berwarna hijau. Karena konon mereka yang menggunakan baju berwarna hijau akan menjadi sasaran Nyi Roro Kidul untuk menjadikan abdi pelayan atau prajuritnya di kerajaan pantai selatan.

Setiap tanggal satu suro pantai ini menjadi salah satu tempat diadakannya sesajen. Tak heran tempat ini sebagai tempat keramat. Sebagian pengunjung kerap datang kesini untuk bermeditasi. Pantai parangtritis juga merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari keraton Yogyakarta. Tak heran jika masyarakat berpendapat konon pantai ini salah satu gerbang menuju kerajaan Nyi Roro Kidul.

  • Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi

Pantai ini memang dikenal karena mitos Nyi Roro Kidul yang begitu kental dan melekat dengan pantai ini. Pantai pelabuhan ratu memiliki ombak biru cukup besar dan suasana mistispun terasa dipantai ini. Penghormatan terhadap ratu penguasa laut selatan juga terlihat dari sedekah laut yang dilakukan secara rutin. Setiap tahun penduduk melakukan ritual sedekah laut sebagai persembahan kepada sang ratu. Karena konon sang ratu dianggap telah menjaga keselamatan para nelayan dipantai ini. Serupa dengan mitos yang dipercayai dipantai parangtritis. Disini para pengunjung juga dilarang menggunakan pakaian berwarna hijau.

  • Hotel Inna Samudra Jawa Barat

Hotel ini juga disinyalir menjadi penghubung antara dunia kerajaan Nyi Roro Kidul dengan dunia nyata. Hotel yang terletak dipinggir pantai ini memiliki sebuah kamar yang khusus diperuntukan untuk sang ratu. Kamar ini diyakini sebagai tempat peristirahatan sang penguasa pantai selatan. Kamar nomor 308 dihotel inipun praktis takpernah sepi dari turis ataupun dengan orang-orang yang sengaja ingin berdoa dikamar ini. Dengan membayar sejumlah uang anda bisa melihat dari dekat kamar khusus Nyi Roro Kidul. Kamar ini memiliki warna yang dominan hijau. Serta dihiasi dengan bunga-bunga dan aroma sesajen pun sangat tercium dikamar ini.

Didekat tempat tidur terpampang lukisan sang ratu pantai selatan karya pelukis Basuki Abdullah. Dikamar ini juga terdapat aneka perhiasan, baju ataupun barang-barang pemberian orang-orang yang berkunjung kekamar ini.

  • Keraton Surakarta Hadiningrat

Pecahan dari keraton Yogyakarta ini memiliki sentuhan bergaya Eropa pada bangunannya. Dibalik keindahannya terselip kisah Nyi Roro Kidul sang penguasa pantai selatan. Konon salah satu tempat disini yakni panggung sangga buwana merupakan tempat bercengkrama antara Sultan surakarta dengan kanjeng ratu pantai selatan. Konon sang ratu akan menunjukan wajah sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan purnama tiba.

Namun lama-kelamaan wajahnya akan berangsur-angsur menua dan buruk saat bulan menuju bulan mati. Bahkan saat memasuki kompleks utama wisatawan harus melepas alas kaki. Wisatawan harus bertelanjang kaki diatas pasir yang memang dibawa langsung dari pantai selatan.

  • Pantai Sembukan Jawa Tengah

Pantai ini terletak didusun sembukan kecamatan parangbukito kabupaten wonogiri jawa tengah. Konon pantai sembukan merupakan pintu ke 13 bagi ratu pantai selatan untuk menghadiri pertemuan dengan raja-raja kasunanan surakarta. Pantai sembukan adalah salah satu destinasi yang cukup terkenal dikalangan aktivis spiritual. Seperti misalnya tokoh spiritual Kerajaan Surakarta dan Yogyakarta. Pantai ini semakin ramai dikunjungi pengunjung menjelang malam satu suro. Malam itu semua pekerja Keraton Surakarta dan abdi-abdi keraton datang membawa sesajen yang dipersembahkan untuk sang penguasa lautan kidul.

  • Hotel Grand Bali Beach

Kamar nomor 327 dan nomor 2401 yang terletak dibali. Peristiwa anehpun sempat terjadi pada tahun 1993 lalu, saat itu terjadi kebakaran besar yang menimpa hotel ini. Anehnya kamar 327 dan 2401 adalah satu-satunya kamar yang tidak terbakar pada peristiwa kebakaran tersebut. Setelah dilakukan renovasi kamar 327 dan 2401 selalu dirawat secara special. Kamar 327 pun sengaja dikosongkan dan dibiarkan sesuai kondisi aslinya setelah terjadinya kebakaran itu. Konon kamar ini memang sengaja dibangun untuk sang ratu kidul.

Berbeda dengan kamar 327, kamar 2401 memiliki suasana yang lebih terasa magis. Setiap ornamen yang ada dikamar ini berbalut warna hijau. Mulai dari taplak meja, gorden hingga sprei dan sarung bantal. Bahkan perangkat kecantikan dan meja rias juga dilapisi warna hijau yang merupakan lambang kebesaran sang ratu pantai selatan. Kamar yang di bangun pada 1972 ini konon sering kali didatangi oleh warga Belanda yang ingin bermeditasi.

 

Itulah pintu menuju kerajaan Nyi Roro Kidul. Terlepas dari benar tidaknya keberadaan tempat-tempat yang konon menjadi penghubung antara Nyi Roro Kidul dengan dunia nyata ini semua kembali pada kepercayaan masing-masing. Yang pasti sebagai manusia Tuhanlah tempat kita meminta dan berserah diri. Sekian ulasan ini, semoga dapat menambah wawasan anda.

Related Posts