stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Bagi kalian pecinta buah-buahan pasti kenal donk sama yang namanya buah nanas. Buah yang satu ini sudah pasti dikenal banyak orang. Selain lezat buah ini juga mudah untuk didapatkan. Buah nanas ini juga tidak hanya bisa dimakan gitu aja loh.

Banyak kreasi makanan dan minuman yang bisa dibuat dari nanas ini.  Wah, hebat banget buah nanas ini, kira-kira apa lagi kelebihan dari buah nanas selain enak dimakan ya? Nah, kalau kalian mau tahu tentang si nanas ini. Kalian harus terus simak artikel ini.

Seperti Apa Nanas Itu?

Nanas adalah buah yang mengandung tinggi air yang memiliki rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, sebab buah yang berwarna kuning cerah ini juga banyak menyediakan vitamin, mineral, antioksidan dan enzim yang bersifat mempromosikan kesehatan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan dan membantu memecah protein hewani.

Seperti yang mimin bilang tadi, buah yang satu ini juga dapat diolah dari setiap pemotongan buah, Pohon nanas ini dapat berbunga dalam 5-10 bulan dan berbuah dalam enam bulan berikutnya. Nanas tidak akan matang jika secara signifikan belum melewati masa panen.

Nanas dapat dikonsumsi segar, dimasak, dijus atau diawetkan. Mereka juga dapat ditemukan dalam beragam masakan. Selain di konsumsi, daun nanas juga digunakan untuk memproduksi serat tekstil piña di Filipina, biasa digunakan sebagai bahan pakaian untuk pria dan pakaian formal. Serat ini juga digunakan sebagai komponen untuk wallpaper dan perabot lainnya.

Jenis Dari Buah Nanas

Mungkin yang kita tahu tentang nanas adalah yang sering kita lihat dipasaran saja. Namun, siapa sangka kalau nanas memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah jenis atau varietas dari nanas.

  • Sugarloaf Pineapple

Sugarloaf pineapple biasnya juga dikenal sebagai “Pan de Azucar,” memiliki daging yang berwarna putih dan tidak memiliki kekenyalan apapun. Berat dari buah nanas ini adalah sekitar 2,3-2,7 kg, memiliki banyak kandungan air dan tentunya manis. Nanas jenis ini biasanya ditanam di Meksiko dan Venezuela. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 5 kaki dengan ketinggian  3 sampai 4 kaki.

  • Red Spanish Pineapple

Red Spanish Pineapple yang ditemukan di negara-negara Amerika Tengah dapat memiliki berat 1 sampai  dengan 2 kg. Biasanya nanas jenis ini terutama digunakan untuk di ekspor. Buah ini berwarna pucat dengan aroma yang bisa menenangkan, berbentuk persegi dan daunnya berbentuk runcing .

  • Queen Pineapple

Nanas jenis ini tumbuh di daerah Hluhluwe, Afrika Selatan. Hampir 90% dari nanas yang dijual di  pasar Afrika berasal dari kawasan ini. Queen Pineapple kurang manis, memiliki banyak daging yangberwarna kuning, tekstur renyah, rasa ringan dan beratnya bisa mencapai hingga 1,5 kg.

  • Smooth Cayenne Pineapple

Cayenne ini berasal dari Hawaii. Dagingnya berwarna kuning memiliki gula tinggi dan kandungan asam. Cayenne’s daunnya bertulang dan silinder. Nanas yang satu ini beratnya sekitar 2,5-3 kg dan biasanya nanas ini dibuat menjadi makanan kaleng.

Kandungan Gizi Nanas

Kandungan gizi yang paling menonjol dari nanas adalah vitamin C dan mangan. The World’s Healthiest Foods mengungkap bahwa kandungan vitamin C pada 165 g nanas mencapai 105,1 % kebutuhan per hari. Sedangkan kandungan mangannya mencukupi 76,5 % kebutuhan per hari.

Selain itu, ekstrak inti buah dan batang nanas banyak mengandung enzim proteolitik bromelain yang dapat membantu memecah protein. Nanas pun kaya akan tembaga, serta mengandung cukup banyak vitamin B1, vitamin B6, serat pangan, folat, dan asam pantotenik. Vitamin A juga ditemukan dalam nanas meski dalam jumlah kecil.

Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram:

  1. Energi: 52 kal
  2. Protein: 0,4 g
  3. Lemak: 0,2 g
  4. Fosfor: 11 mg
  5. Zat Besi: 0,3 mg
  6. Vitamin A: 130 IU
  7. Serat: 0,4 g
  8. Kalsium: 16 mg
  9. Vitamin C: 24 mg
  10. Karbohidrat: 13,7 g
  11. Vitamin B1: 0,08 mg
  12. Air: 85,3 g

Manfaat Dari Buah Nanas

Manfaat yang bisa kita dapatkan dari nanas adalah perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, meningkatkan kesuburan, mengatasi peradangan dan masih banyak lagi. Nah, dibawah ini ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari buah nanas.

  • Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Penglihatan adalah salah satu indra terpenting bagi manusia dan salah satu manfaat nanas yang telah terbukti adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan.

Degenerasi makula mempegaruhi penglihatan orang lanjut usia dan beta karoten dapat membantu kalian dalam mengurangi masalah ini. Menjaga jumlah beta karoten dalam makanan kalian merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran jika kalian benar-benar masih ingin memiliki penglihatan yang baik di usia senja.

  • Membantu Mengatur Tekanan Darah

Nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya adalah potassium (kalium). Potassium adalah salah satu mineral terpenting yang ada di tubuh kita dan kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan.

Salah satu fungsi potassium yang paling penting adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh.

Bila pembuluh darah kalian rileks, maka tekanan darah kalian akanberkurang dan aliran darah dapat menjadi lancar, hal itu dapat membantu kalian dalam mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

  • Menjaga Sirkulasi Darah

Nanas juga mengandung mineral tembaga. Mineral ini juga sangat penting, karena berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang juga harus di ketahui adalah bahwa tembaga merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

  • Meningkatkan Sistem Imunitas

Nanas mengandung vitamin C yang sangat baik untuk tubuh. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang berperan dalam menjaga kesehatan jaringan ikat tubuh sekaligus berperan sebagai antioksidan.

Sebagai antioksidan itu memiliki kemampuan untuk mensintesis kolagen, yang merupakan protein utama dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan organ tubuh.

Vitamin C yang ditemukan di nanas juga bisa membantu mengatasi masalah kulit, seperti kulit terbakar sinar matahari atau kulit kering dan teriritasi.

  • Meningkatkan Kesuburan

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah ketidaksuburan.

Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, maka makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas dapat melawan radikal bebas dan ini direkomendasikan bagi wanita / pria yang mengalami masalah tersebut.

Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C, beta karoten dan mineral lainnya, termasuk tembaga, mempengaruhi kesuburan pria dan wanita.

Antioksidan telah terbukti membantu meningkatkan aliran darah dan mengembalikan pembentukan jaringan yang tepat pada organ genital dan juga kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan jumlah sperma.

  • Menyehatkan kulit dan menjadi terlihat awet muda

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit cantik dan sehat? Vitamin C pada nanas dapat membantumu dalam pembentukan kolagen.

Asupan kolagen yang ideal adalah salah satu cara menjadi awet muda dari dalam diri. Antioksidan ini juga membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi kerutan, serta melawan kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari.

  • Bersifat menyembuhkan dan dapat meringankan rasa sakit

Bromelain pada nanas bersifat mempercepat waktu penyembuhan, mengurangi pembengkakan, meringankan rasa nyeri dan meredakan memar. Karenanya jika kamu mengalami keseleo, luka otot ringan  dan peradangan pada tendon, jangan ragu untuk mengandalkan manfaat buah nanas.

Efek samping buah nanas untuk kesehatan

Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, namun bukan berarti nanas tidak memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek samping buah nanas bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan atau dikonsumsi sebelum sarapan:

  • Menyebabkan keguguran

Kalian pasti pernah dengar larangan ini? Sejak zaman duru turun-temurun orang tua melarang agar wanita yang sedang hamil tidak makan nanas muda, sebab dapat menyebabkan keguguran. Dan ternyata ini bukan mitos dan memang dapat menyebabkan keguguran. Sebaiknya kalian jangan mengkonsumsi nanas ketika sedang hamil.

  • Menyebabkan alergi

Makan nanas terlalu banyak dapat juga dapat menyebabkan alergi pada mulut atau bibir kalian. Mulut akan terasa gatal-gatal apabila dipaksakan mengkonsumsi nanas berlebihan. Bahkan efek yang lebih fatal adalah wajah akan terlihat kemerahan akibat kelebihan mengkonsumsi nanas.

  • Menyebabkan sakit kepala

Terlalu banyak makan nanas juga bisa menyebabkan sakit kepala. Jika mengkonsumsi terlalu banyak buah nanas secara perlahan kepala anda akan pusing. Sama seperti saat kalian mengkonsumsi buah durian secara berlebihan.

  • Dapat Berpengaruh Dengan Obat Tertentu

Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas sangat bagus untuk kesehatan kalian karena akan memberi banyak manfaat tetapi juga dapat berpengaruh dengan beberapa obat seperti antibiotik dan antikonvulsan, yang menyebabkan masalah bagi beberapa penggunanya.

Jadi, jika kalian sedang menggunakan obat tersebut sebaiknya kalian tidak usah mengkonsumsi buah ini, kecuali ada saran dari dokter.

  • Nanas Mentah Bisa Menyebabkan Muntah

Jika kalian adalah penggemar nanas dan suka memakannya atau meminumnya dalam bentuk jus untuk menikmati rasanya yang lezat dan untuk medapatkan berbagai manfaat yang diberikan oleh buah berbentuk mahkota ini, maka pastikan bahwa kalian selalu makan buah nanas matang.

Ini karena nanas mentah bersifat toksik yang sangat berisiko bagi kesehatan kalian dan bisa menyebabkan muntah yang parah.

  • Dapat Menyebabkan Infeksi Tenggorokan

Nanas merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuatnya bersifat asam. Sifat asam nanas ini dapat mempengaruhi produksi lendir di tenggorokan dan mulut kalian, yang akan menyebabkan rasa kasar di tenggorokan dan mulut kalian.

Pada beberapa orang, hal itu juga bisa menyebabkan sakit perut. Makan terlalu banyak nanas bisa memperburuk kondisi yang menyebabkan timbulnya infeksi tenggorokan.

  •  Dapat Menodai Gigi & Melukai Lapisan Gigi

Mengkonsumsi nanas secara teratur dan secukupnya baik untuk kesehatan mulut karena membuat gigi dan gusi tetap sehat namun terlalu banyak memakan buah nanas dapat memberi dampak negatif pada kesehatan karena dapat menodai gigi karena adanya gula di dalamnya.

Dengan cara yang sama, sifat asam nanas bisa melukai lapisan gigi. Jika kalian tidak ingin mengalami masalah mulut seperti gigi berlubang, radang gusi dan lain-lain, maka kalian harus memakan buah nanas dengan secukupnya.

  •  Bisa Meningkatkan Gula Darah

Nanas baik untuk penderita diabetes karena membantu mengatur kadar gula darah namun tetap saja, buah ini mengandung banyak gula alami seperti sukrosa dan fruktosa.

Meski ini gula sederhana namun tidak begitu baik untuk penderita diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan. Karena alasan ini, pasien diabetes disarankan untuk menjaga asupan nanas mereka, dengan hanya memakan satu sampai dua porsi per hari.

Itulah tadi sedikit penjelasan tentang buah nanas ini. Jadi kalian ada yang suka gak dengan buah nanas ini? Inget ya, meskipun suka tapi jangan banyak-banyak ya.

Related Posts