stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hi guys, mimin mau nanya nih. Pernah gak sih kalian ngalamin ditilang polisi karena tidak memakai helm? Pastinya kalian pernah donk ngalaminnya.  Sudah habis duit ditambah malu banget lagi pokoknya lengkap deh. Oleh karena itu, sebagai pengguna jalan yang baik kita harus menaati peraturan biar gak ditilang sama Polisi.

Sebenarnya kalau dipikir-pikir kita disarankan untuk  memakai helm bukan hanya agar tidak ditilang. Kegunaan helm yang sebenarnya adalah agar menjaga kepala kita dari benturan apapun. Tapi kenapa ya terkadang kita malas memakai helm. Itulah penyakit manusia zaman now yang baik gak pernah diikuti ( bener kan). Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan helm. Langsung simak  saja ya.

Pengertian Dari Helm

Helm diambil dari bahasa Belanda yang berarti bentuk perlindungan kepala yang biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin atau plastik.

Helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer) atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan atau berkendara. Helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

Di beberapa negara, helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. Di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.

Jenis-Jenis Dari Helm

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa helm tidak saja berfungsi untuk menyelamatkan jiwa si pengendara, tetapi juga mampu mengurangi cedera yang dialami ketika terjadi kecelakaan. Bagian yang paling rentan mengalami luka adalah muka, kepala bagian atas dan leher. Oleh karena itu sebuah helm yang baik adalah helm yang bisa melindungi ketiga bagian kepala tersebut.

  • 3/4 Modular Helmet

Helm ini merupakan tipe helm standar yang direkomendasikan kepolisian untuk di gunakan berkendara di Indonesia. Helm ini dinilai cukup aman untuk pengendara motor dengan kapasitas mesin kecil. Helm ini dilengkapi dengan plastik mika yang terletak pada bagian wajah. Sehingga akan melindungi muka dari serbuan debu dan kotoran jalanan. Helm seperti inilah yang paling banyak digunakan para pngendara motor di Indonesia.

  • Full Face Helmet

Helm seperti ini biasanya dipakai para pengendara motor besar. Helm full face akan melindungi bagian kepala secara keseluruhan, mulai dari belakang, atas, samping, hingga dagu. Akan tetapi karena terlalu tertutup, para pengendara motor akan merasa sangat gerah bila helm tidak dilengkapi dengan ventilasi yang mencukupi. Tapi yang terpenting pengendara akan terlindung seluruh kepelanya dari benturan.

  • Flip-Up Helmet

Helm flip-up merupaka kombinasi dari helm full face dengan 3/4 modular helmet . Pada helm ini bagian yang melindungi wajah bisa dibuka dan diangkat sehingga membentuk helm modular. Akan tetapi, helm ini hanya unggul dalam unsur keren saja dan mengurangi kadar keselamatan pemakainya. Kekurangan helm ini adalah bila terjadi kecelakaan dan terbentur di bagian depan, helm ini rentan terbuka dan melukai bagian wajah dari pemakainya. Seharusnya keselamatan pnggunanya lah yang harus di nomor satukan.

  • Open Face Helmet

Helm open face helmet merupakan Jenis helm yang biasanya digunakan oleh para penggemar motor Harley Davidson. Helm model ini tidak dilengkapi dengan lapisan pelindung wajah sehingga akan membuat pemakainya mudah kelilipan pasir. Helm ini juga tidak terlalu menomor satukan keselamatan pemakainya karena bagian depan yang terbuka. Biasanya helm ini hanya dipakai untuk konvoi keliling kota saja, jangan gunakan helm seperti ini untuk perjalanan jauh.

  • Shorty Helmet

Jenis helm terahir yaitu shorty helmet. Helm jenis ini memiliki bentuk seperti topi, yaitu bagian depan dan belakang memiliki level ketinggian yang hampir sama. Kekurangan memakai helm jenis ini adalah kepala belakang dan bagian telinga tidak akan terlindungi, sehingga akan mengurangi unsure keselamatan pemakainya. Helm jenis ini pernah menjadi hits ketika aturan tentang helm standar belum berlaku. Namun karena tingkat keselamatan yang sangat minim, akhirnya pihak kepolisian memutuskan tidak boleh lagi digunakan oleh para pengendara motor untuk dipakai perjalanan jauh.

Kenapa Kita Harus Pakai Helm?

Seperti yang kita tahu, korban terus berjatuhan akibat dari cedera kepala yang terjadi saat kecelakaan, inilah yang membuat pemerintah lebih memaksa untuk mewajibkan setiap pengendara sepeda motor untuk memakai helm yang baik untuk perjalanan jarak jauh maupun jarak pendek dan tanpa alasan lainnya. Tidak hanya untuk tujuan perlindungan atau proteksi saja, namun juga untuk tujuan estetika si pemakai helm.

Mari kita lihat beberapa kegunaan, manfaat, kebaikan atau fungsi dari helm bagi pengendara sepeda motor di jalan raya :

  • Melindungi Kepala dari Panasnya Terik Matahari

Kalian tahu gak sih bahwa sengatan sinar matahari yang terus-menerus mengenai kulit kita dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita. Kulit kita bisa terkena kanker kulit yang sangat berbahaya. Belum lagi kulit bisa terbakar oleh sinar matahari sehingga akan terasa tidak nyaman. Selain itu kulit kita pun pastinya akan berubah menjadi lebih gelap / hitam sehingga akan mengurangi keindahan penampilan kita di depan orang lain.

  • Melindungi Kepala dari Basah Air Hujan

Saat hujan turun, helm akan sangat membantu kita untuk membuat kepala, wajah dan rambut kita tetap kering tidak kehujanan. Kombinasi setelan mantel hujan, sepatu bot dan helm cukup untuk menaklukkan hujan ketika berkendara dengan sepeda motor.

Bagi sebagian orang, daerah kepala memang harus tetap kering agar tidak jatuh sakit, sehingga akan sangat terbantu sekali oleh helm ketika hujan jatuh secara mendadak di tengah jalan. Jika menggunakan helm tidak standar seperti helm cetok / helm proyek, maka kemungkinan untuk basah pada bagian kepala sangat besar.

  • Melindungi mata

Berkendara dengan menggunakan sepeda motor jika tanpa helm, maka mata kalian akan terkena silau dan juga debu, hal ini sangat membahayakan bagi para pengendara karena dapat menyebabkan kecelakaan. Menggunakan helm dapat menghindarkan kalian dari silau dan juga debu, selain itu saat cuaca hujan kalian juga masih bisa melihat jalanan dengan jelas dibandingkan saat kalian tidak menggunakan helm.

  • Tidak takut kena tilang

Nah, yang satu ini memang sering kali terjadi, penyebab kecelakaan selain disebabkan oleh kecerobohan manusia juga dapat disebabkan perasaan takut dan tidak tenang oleh pengendara. Sebagai contoh saat kalian berkendara sepeda motor tanpa menggunakan helm dan tiba-tiba didepan ada polisi lalu lintas, karena takut kena tilang pastinya kalian akan langsung gas motor dengan kencang dan akhirnya terjadilah kecelakaan.

  • Terhindar dari debu serta polusi

Saat berkendara dijalan raya terutama di daerah yang tanahnya berdebu pastinya akan sangat menggangu konsentrasi saat berkendara. Hidung kita akan menghirup karbon dan debu yang sangat berbahaya bagi tubuh kita. Terutama bagian organ paru-paru yang akan mengalami gangguan seperti pengecilan rongga hidung dan sesak nafas. Oleh karena itu, menggunakan helm akan sangat membantu diri dari ancaman polusi serta debu.

  • Tambah keren

Kelebihan dari helm berikutnya adalah membuat keren penampilan pengendaranya, helm yang keren akan membuat penampilan saat berkendara menjadi lebih sporti dan modis. Gak percaya buktikan aja sendiri.

Lantas Kenapa Masih Malas Pakai Helm?

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, bahwa manfaat menggunakan helm itu sangatlah baik untuk kita setiap pengendara maupun yang diboncengan menggunakan motor. Akan tetapi masih saja ada sejumlah orang yang masih bandel dan tidak mau menggunakan helm. Berikut adalah beberapa alasan pengendara motor yang tidak mau menggunakan helm.

  • Jaraknya Deket Doank

Biasanya kalau seseorang cuma menempuh jarak yang gak seberapa, semisal cuma ke minimarket depan gang membuat orang suka males pake helm. Soalnya baru pake (helm), eh masa udah di lepas lagi gara-gara udah sampe tujuan. Kan ribet banget jadinya ( bener kan guys)

  • Pakai Topi Saja Sudah Cukup

Alasan lain yang bikin orang males pake helm karena dia udah pake topi sebagai penggantinya. Secara katanya topi sama helm punya fungsi yang sama. Sama-sama untuk nutupin kepala. ( Fungsinya sih memang sama cuma nutupin kepala tapi tetap saja gak bisa melindungi kepala kamu dari benturan).

  • Kalau Nyanyi Suaranya Gak Bisa Nyebar

Pernah gak kalian kalau lagi naik motor sambil nyanyi-nyanyi? Enakan mana nyanyi pakai helm atau tidak? Katanya nih ya guys, kalo nyanyi pake helm bisa bikin suara jadi mendem. Sebaliknya kalo kepala bebas dari helm, suara bakal terdengar jelas ke semua orang. Jadi bisa sekalian ngajak semua orang buat nyanyi bareng. Kalau suara kamu bagus sih gak papa, nah kalau cemprwng gimana?

  • Rambutnya Masih Basah

Bisa dibilang masuk akal juga sih, Kenapa mimin bilang gitu? Karena kalo rambut masih basah terus ditutup pake helm, bisa bikin bau. Jadi mereka lebih milih rambutnya tergerai, tertiup angin daripada pake helm. Masa iya sih dari rumah sudah wangi  begitu sampai tujuan rambutnya jadi bau. Lagian kenapa abis keramas langsung naik motor sih? Gak mau dikeringin dulu aja di depan kipas angin? Hehe,,,

  • Jadi Berantakan Rambutnya

Masih soal rambut, selain bikin rambut jadi bau (kalo masih basah), pake helm juga bikin rambut orang jadi kusut. Apalagi kalo rambutnya disanggul atau pake pomade gitu, pasti begitu helmnya dibuka, semua berantakan. Tapi bukannya kalau gak pakai helm lebih berantakan ya?

  • Berat

Memang sih, kslau pake helm berarti kamu jadinya menaruh sedikit beban di kepala. Nah untuk beberapa orang, beban helm ini katanya bisa membuat kepala jadi pusing. Tapi coba deh kalian pikir-pikir lagi pilih mana, kepala pusing atau kepala bocor? Pilihan ada ditangan kalian.

  • Mumpung Gak Ada Polisi

Selagi gak ada yang nilang, mereka merasa gak perlu pake helm. Mungkin bagi mereka helm itu bukan buat keselamatan, tapi membebaskan diri dari polisi.

 

 

Nah, diatas tadi adalah penjelasn tentang betapa pentingnya kita harus memakai helm. Oleh karena itu guys, mulai dari sekarang kalian harus memakai helm ya kalau mau berkendara.

Related Posts