stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Bagi sebagian dari kita terutama yang beragama Islam pasti akan sangat anti jika mereka mendengar kata babi. Seperti yang kita ketahui bagi umat Islam babi termasuk makanan yang haram, dikatakan haram karena diduga adanya penyakit cacing pita jika memakannya dan binatang ini juga diketahui sangat jorok. Yah walaupun kenyataannya memang seperti itu tapi bukan berarti babi tidak memiliki manfaat karena semua yang ada di bumi ini baik benda maupun hewan memang memiliki manfaatnya tersendiri.

Pasti banyak yang berpikir bahwa kalau manfaat dari babi hanya dimakan saja. Eits kalian salah guys, ternyata manfaat babi gak cuma di makan lho. Percaya gak kalau ternyata babi banyak digunakan dalam bidang medis, bangunan, hingga masalah teknologi? Bisa saja kan guys, tanpa kita sadari barang-barang yang ada disekitar kita ternyata ada unsur babinya. Jadi seperti apa manfaat dari babi non konsumsi itu? Simak saja ulasan yang bakal mimin kasih ini yah.

A. Babi bisa digunakan segabai Campuran Bahan Bangunan

Kebanyakan orang luar negeri selalu menggunakan beberapa bagian babi seperti lemak atau tulang, untuk dijadikan sebagai bahan campuran suatu bangunan. Bahan dari binatang itu dinilai lebih kuat dan kokoh ketimbang diganti dengan yang lainnya. Selain itu, orang luar juga sering menggunakan bulu dari babi sebagai bahan dasar pembuat kuas.

Pasalnya kuas yang berbahan dasar binatang itu dinilai lebih lentur namun juga awet saat digunakan. Rem kereta dari luar juga menggunakan abu bakaran dari babi. Jadi jangan kaget kalau di luar negeri banyak barang mengandung babi mengingat manfaat non konsumsinya.

B. Dalam Dunia Militer, Babi juga Digunakan

Jangan selalu berpikir jelek tentang hewan ini guys, yah walaupun tampangnya memang gak enak dilhat tapi dia adalah pahlawan negara (superman aja kalah). Faktanya adalah kalau minyak dan lemak babi juga ambil bagian dari pembuatan peluru yang ada di luar negeri. Dengan adanya campuran dari babi ini ternyata dinilai dapat membuat kualitas peluru jauh lebih awet ketimbang hewan yang lain.

Gak cuma itu guys, kadang babi yang hidup pun juga berguna dalam peperangan. Pasalnya memang dulu babi dilatih untuk berperang, entah itu untuk membawa bom atau mencari jalan. Tapi di Indonesia, sepertinya babi tidak digunakan seperti itu mengingat masih banyaknya hewan pengganti yang bisa digunakan.

C. Babi dalam Dunia Medis

Kalian pasti gak percaya kalau ternyata babi juga memiliki manfaat dalam dunia kedokteran. Seperti yang diketahui binatang ini digunakan sebagai pembuat gelatin dan campuran pada beberapa vaksin. Namun karena haram, akhirnya vaksin dan gelatin babi tidak boleh digunakan di Indonesia. Ternyata bukan itu saja, babi juga sering digunakan sebagai objek percobaan.

Babi ternyata memang sangat berguna mengingat hampir 90% organ milik binatang ini mirip dengan manusia. Selain itu, babi juga digunakan sebagai salah satu alat kedokteran yang bisa membantu orang–orang yang terkena penyakit jantung. Mengingat manfaatnya ini para pihak kedokteran merasa sangat tertolong.

D. Kotoran Babi sebagai Sumber Energi Listrik

Beberapa dari kita tahu kalau kotoran memang memiliki manfaat yaitu sebagai pupuk kompos. Namun apakah kita tahu kalau ternyata kotoran dari hewan yang dikenal sangat jorok itu mempunyai manfaat yang sangat besar bagi banyak orang. Tidak ada yang menyangka kalau kejorokannya itu dapat menciptakan sebuah manfaat baru. Ya, ternyata di balik busuknya kotoran babi bisa digunakan sebagai sebuah bahan bakar.

Seperti yang pernah terjadi di daerah Chile, beberapa rumah disana ternyata selama beberapa tahun memanfaatkan gas babi dari peternakan setempat untuk mengaliri listrik pada 800 rumah selama satu tahun. Meskipun begitu, beberapa asosiasi hewan menentang hal tersebut karena dianggap terlalu kejam. Pasalnya para babi ini tidak boleh keluar ruangan hingga menghasilkan gas yang lumayan banyak.

Nah, sudah pada tahu kan manfaat dari babi ini? Bila melihat lebih jauh tentang manfaat dari binatang ini ternyata memang benar adanya yang ada di Alquran mengenai segala sesuatu di dunia ini pasti ada gunanya. Babi memang haram jika memakannya, tapi tidak berarti bahwa hewan ini gak berguna sama sekali. Dari beberapa manfaat di atas kita jadi paham kalau penciptaan babi tidak sia-sia. Mimin berharap dengan adanya artikel ini kita semua bisa mengambil sisi positif dari hewan ini.

Related Posts