stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Tidur adalah hal yang paling kita butuhkan setelah kita seharian bekerja. Kalau kita kurang tidur maka kita bisa mendatangkan berbagai penyakit pada tubuh kita. Meskipun begitu, tidur yang dibutuhkan juga bukan tidur yang sembarangan melainkan tidur yang berkualitas.

Seperti apa sih tidur yang berkualitas itu? Tidur yang berkualitas itu tentunya dibarengi dengan kasur yang nyaman juga. Kalau kasurnya aja sudah gak nyaman pasti tidur kalian juga akan terganggu dan alhasil kalian akan jadi kurang tidur.

Lantas gimana donk kita bisa mendapatkan kasur yang baik. Jangan khawatir guys disini mimin bakalan ngejelasin segala sesuatu tentang kasur. Nah, berikut ini adalah penjelasan tentang kasur?

Pengertian Dari Kasur

Kasur yang biasa sering disebut matras atau ranjang adalah produk manufaktur yang biasanya digunakan untuk alas tidur atau berbaring, yang terdiri dari bahan kain atau plastik, berisi kapuk, karet busa dan ditutupi dengan kain luar atau kain kasur.

Dalam bahasa Inggris, kasur juga disebut dengan mattress yang berasal dari bahasa Arab, yaitu “matrah” yang berarti “melemparkan” atau “tempat di mana sesuatu dilemparkan”. Selama Perang Salib, bangsa Eropa telah menerapkan metode Arab dengan tidur di bantal yang dilemparkan di lantai dan metode ini  akhirnya turun ke Inggris Pertengahan melalui rumpun bahasa Roman.

Sejarah Singkat Mengenai Kasur

Kasur telah ada sejak zaman Neolitikum (awal peradaban manusia), pada mulanya manusia tidur hanya beralaskan bumi alias tanah, kemudian selanjutnya terus berkembang dan lebih berinovasi yaitu menggunakan alas dari berbagai macam dedaunan dan ranting pohon, hanya untuk sekedar menghindari kotoran hewan dan gangguan hama.

Perkembangan kasur semakin bertambah seiring dengan peradaban manusia, pada saat itu mereka membuat kasur dari kulit binatang. Selain itu, kasur kulit binatang tersebut juga dipergunakan sebagai bantal.

Kemudian pada tahun 3600 SM ada sebuah kasur yang terbuat dari goatskins, yaitu diisi dengan air,  mula -mula kasur ini digunakan di daerah negara Persia. Setelah memasuki tahun 3400 SM, Bangsa Mesir menggunakan pelapah dan dedaunan kelapa yang di tumpuk – tumpuk di setiap sudut rumah mereka yang kemudian di gunakan sebagai alas Kasur .

Selanjutnya perkembangan kasur sampai pada tahun 200 SM, bangsa Roma Kuno berinovasi menggunakan tas yang terbuat dari kain diisi dengan rumput, jerami atau wol

Memasuki abad ke-15, Selama zaman Renaissance mereka membuat kasur yang terbuat dari jerami dan bulu yang dimasukkan ke sebuah tempat dan ditutup dengan beludru, brokat atau sutera .Selanjutnya pada abad 16 dan 17 kasur ada yang diisi dengan jerami  dan ditempatkan di atas rangka kayu.

Sejarah peradaban manusia terus berkembang pesat , pada awal abad ke-18 tempat tidur / kasur diisi dengan kapas (kapuk) atau wol dri bulu domba. Seorang berkebangsaan German bernama Heinrich Westphal,telah berhasil menemukan teknologi baru yaitu inner spring mattress,yaitu tempat tidur Kasur yang terdiri dari konstruksi per/koil di bagian dalam. Namun penemuannya yang cemerlang itu mulai popularitas setelah 60 tahun kemudian.

Jenis-Jenis Kasur

Dalam kesempatan kali ini mimin akan coba membahas jenis-jenis kasur yang selama ini kita gunakan. Nah, inilah dia beberapa jenis kasur yang ada.

  • Kasur memory foam

Kasur memory foam memiliki sifat lebih padat dibandingkan dengan kasur foam biasa. Dengan tingkat kepadatan yang lebih tinggi, kasur ini dinilai lebih tahan lama dibandingkan jenis kasur sebelumnya. Memory foam juga terkenal dengan kelembutan dan keempukannya yang nyaman digunakan untuk tidur.

Material yang lembut membuatnya mengikuti bentuk tubuh kalian dengan baik. Kalian yang memiliki masalah punggung bisa mengandalkan kasur ini sebagai alas tidur karena kepadatannya bisa memberi dorongan yang tepat untuk setiap lekuk tubuh kalian.

  • Kasur lipat atau travelling bed

Kasur lipat di Indonesia biasanya juga disebut kasur gulung, ini memiliki kelebihan berupa praktis untuk dibawa-bawa. Kasur lipat di pasaran terdapat dari tipe yang cukup hingga keluaran pabrikan ternama.

Dari segi kualitas memang sudah berbeda karena keluaran dari pabrikan ternama menggunakan lapisan di bagian bawah kasur gulung sehingga dapat mengurangi kotor dibandingkan dengan dengan kualitas cukup. Harga yang ditawarkan dari yang murah hingga di atas 500.000 dari pabrikan ternama.

  • Kasur kapuk

Kasur kapuk bisa dikatakan sudah digunakan dari zaman dahulu. sesuai dengan namanya, kasur kapuk isinya adalah kapuk yang dipadatkan kemudian dibungkus kain. Saat ini, pengguna kasur kapuk sudah menurun jauh dibandingkan sebelum tahun 2000.

Kasur kapuk memiliki kekurangan, yaitu mudah timbul kutu dari kapuk-kapuknya. Alhasil kasur kapuk harus selalu dijemur tiap ada matahari sambil dipukul-pukul biar kutunya mati. Kutu ini dapat berupa tungau yang cukup berbahaya. Selain itu, kasur kapuk mudah kempes dibandingkan jenis kasur lainnya.

Ketenaran kasur kapuk menurun ketika kasur busa mulai merajalela di Indonesia. Apalagi dari segi harga, harga kasur kapuk dan kasur busa relatif sama sehingga pengguna kasur kapuk sudah beralih ke kasur busa yang sedikit lebih awet.

  • Kasur pegas/ spring bed

Masyarakat Indonesia saat ini mulai berpindah ke kasur pegas. Oleh karena itu, kualitas kasur pegas pun mulai ada dari yang kualitas cukup hingga kualitas yang sangat baguss. Mulai dari harga 1 jutaan hingga harga puluhan juta.

Harga kasur pegas yang paling murah dapat digunakan untuk membeli kasur busa kualitas baik. Kasur pegas ditawarkan dengan setnya yang terdiri dari sandaran dan divan, maupun hanya matrasnya saja. Di Indonesia dapat dijumpai kasur pegas buatan lokal maupun kasur pegas lisensi luar negeri.

Perkembangan yang akan terjadi adalah masyarakat kelas menengah akan meninggalkan kasur busa dan masuk ke kasur pegas. Apalagi kasur pegas memiliki ketahanan kempes yang lebih baik dibandingkan dengan kasur busa. Kasur pegas juga dapat dilengkapi tambahan berupa pillow top dan plush top. Rata-rata garansi yang ditawarkan dari kasur pegas adalah minimal garansi pegas 10 tahun.

  • Kasur LATEX

Kasur latex terbuat dari karet alami yang memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan kasur lainnya. kasur latex memiliki keunggulan mampu menopang tubuh lebih baik, anti bakteri maupun tungau, anti alergi dan memiliki pori-pri yang dapat membuat tidur menjadi tidak panas.

Oleh karena itu, kasur latex memiliki harga yang mahal. Kasur latex dijual dalam bentuk matras maupun dengan divan dan sandarannya. Lapisan latex sendiri juga ada yang digunakan untuk kasur pegas sebagai tambahan dalam mattrasnya, tetapi tidak semua pabrikan melakukannya dan harganya juga lebih mahal dari harga biasanya. Di Indonesia tidak semua toko furniture menjual kasur latex tetapi ini ada dijual di toko yang menggarap pasar menengah ke atas.

  • Kasur angin

Kasur angin merupakan salah satu kasur yang praktis dan cukup mudah digunakan dan di bawa ke mana-mana. Kasur angin bisa dikempesin bila ingin disimpan dan dipompa bila ingin digunakan. ukuran dari kasur angin hanya cukup untuk sendiri dan tidak direkomendasikan untuk terus digunakan untuk di rumah. karena kasur angin biasanya digunakan untuk kemping.

Tips Memilih Kasur Yang Baik

Dari berbagai jenis kasur yang telah kita bahas diatas, kalian juga harus mengetahui pilihan kasur yang tepat untuk ditiduri. Cari tahu bagaimana kasur bisa membuat kalian nyaman dalam jangka panjang berdasarkan aturan sederhana dari ahli tulang dan ortopedi seperti dilansir. Berikut ini adalah tips memilih kasur yang baik.

  • Kenyamanan adalah segalanya

Ketika kalian memilih kasur, sangat penting untuk mencoba duduk atau tidur di atasnya. Tenang, ini bukan sesuatu yang aneh untuk mencoba kasur di toko sebelum membelinya, kok!

Seorang pakar tidur bahkan menyarankan setiap orang yang ingin membeli kasur baru harus mencoba berbaring di atas setiap kasur selama 10 sampai 15 menit dengan posisi tidur yang biasa mereka lakukan di rumah.

Pasalnya, setiap orang memiliki kebutuhan tidur yang berbeda-beda dan tidak ada kasur yang dibuat untuk memenuhi semua kebutuhan itu. Jadi, pastikan kalian merasa nyaman dengan cara mencoba kasur sebelum membelinya.

Jika kalian tidak dapat menemukan posisi yang nyaman setelah mencoba duduk atau berbaring di atasnya, kasur tersebut mungkin bukanlah kasur yang tepat untukmu. Nah, jika sudah begini kalian harus mencoba jenis atau model kasur yang lain.

  • Pilih jenis kasurnya sesuai kebutuhan

Ada banyak jenis kasur yang ada di pasaran. Karena saking banyaknya jenis kasur mungkin kalian akan jadi bingung. Tapi, jenis kasur yang paling umum adalah spring bed, memory dan lateks. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda.

Spring bed merupakan jenis kasur yang paling banyak digunakan. Kasur ini dipersenjatai dengan pegas spiral dari baja yang kokoh dan dilapisi oleh busa tebal sebagai bantalannya sehingga bisa memfasilitasi tulang punggung kalian dengan lebih mantap.

Kasur memory dibuat dari bahan berkontur yang bisa mengikuti bentuk tubuh. Kasur memori bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh dan menghilangkan rasa sakit. Tapi, kasur ini cenderung lebih panas dibanding jenis kasur lain.

Kasur lateks dibuat dari bahan alami alias sintesis. Kasur ini umumnya lebih kokoh, tapi tidak selembut kasur busa lainnya. Harga yang ditawarkan pun cenderung lebih mahal. Kasur jenis lateks ini menawarkan kenyamanan ekstra sehingga baik untuk kalian yang memiliki sakit punggung.

  • Ukuran dan Ketebalan

Menyesuaikan ukuran kasur dengan tempat tidur atau penghuni yang akan menggunakan kasur tersebut adalah hal yang wajib dilakukan. Jika pengguna kasur memiliki tinggi 150 cm maka harus memilih kasur dengan ukuran minimal 10 cm lebih panjang dari ukuran pemakainya untuk dapat menopang tubuh dengan sempurna.

Hal berikutnya adalah ketebalan kasur. Bagi kalian yang memiliki berat badan lebih atau gemuk usahakan memilih kasur yang lebih tebal dari ukuran normal untuk bisa mengendalikan berat yang ditopang oleh kasur tersebut.

  • Temperatur

Persoalan temperatur udara mungkin untuk kalian tidak terlalu penting. Padahal, kenyamanan tidur juga ditentukan oleh faktor tersebut. Pilihlah kasur yang sesuai dengan suhu dalam ruangan tidur kalian atau tempat dimana kasur tersebut diletakkan.

Biasanya, kelalaian akan hal ini dapat berakibat lembabnya kasur saat berada di suhu yang tidak sesuai yang akan menjadi masalah baru untuk kulit kalian. Bahkan selain masalah kulit, kelembaban pada kasur bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius seperti masalah pernapasan dan jantung.

Nah, itulah dia penjelasan tentang kasur. Jadi kalian jangan sampai salah pilih kasur ya guys. Jangan sampai tidur kalian terganggu karena kasur ya.

Related Posts