stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernah gak sih sewaktu kalian masih kecil mengalami saat dimana kalian bangun tidur terus tempat tidur kalian basah karena pipis? Hayo ngaku pasti kalian pernah juga kan. Semua orang pasti pernah ngalaminnya kok dan termasuk mimin hehe… Biasanya kejadian seperti ini disebut dengan mengompol. Apa kalian tahu apa sebenarnya arti dari mengompol? Dan apakah kalian tahu kenapa kita bisa mengompol? Semuanya akan kita bahas disini, jadi kalian tetap bersama mimin ya.

Arti Dari Mengompol

Ngompol atau mengompol adalah kencing secara tidak sadar ketika kita sedang tertidur. Keadaan seperti ini biasanya baru akan berhenti pada usia 6 tahun ( untuk anak perempuan) dan  pada usia 7 tahun ( untuk anak laki-laki). Tapi bisa saja keadaan ini berlanjut hingga dewasa. ( kalau udah gede ngompol gimana jadimya hehe).

Fakta-Fakta Tentang Mengompol

Dalam dunia kedokteran, mengompol mempunyai istilahnya sendiri yaitu “enuresis”, yang mengacu pada kelainan pada setiap bagian dari saluran kemih. Enuresis utama adalah saluran kemih anak yang tidak pernah kering, sedangkan enuresis sekunder adalah saluran kemih yang telah kering, tetapi kemudian secara tiba-tiba basah hingga pada akhirnya keluar tanpa kita sadari dan jadinya ngompol deh.

Mengompol mempunyai berbagai istilah yaitu “enuresis” atau kadang di sebut juga “nightwetting.” Terkadang mereka juga menyebutnya” basah ketika tidur” karena beberapa anak juga bisa mengompol ketika mereka tidur siang dan tidak hanya pada waktu malam,

Statistik Anak-Anak Yang Mengompol

*15% dari anak lima tahun atau anak-anak 3-4 tahun di kelas pertama, setiap malamnya tidak akan bisa kering.
*85% dari anak-anak dapat mengatasi mengompol tanpa pengobatan.
*Ketika memasuki masa remaja, hanya 5% – 2% dari anak-anak yang masih membasahi tempat tidur mereka.
*Anak laki-laki lebih banyak mengompol daripada anak perempuan dengan perbandinga

Genetika Mengompol

Genetika mengompol bisa dikatakan hampir mirip dengan sebuah obesitas. Jika kedua orang tua memang punya kelainan karena mengompol, maka tujuh puluh persen anak akan menjadi tukang ngompol. Namun, jika hanya satu orang tua yang mengalami kelainan mengompol, maka anak-anak hanya memiliki kesempatan empat puluh persen untuk mengikuti jejak orang tua mereka.

Jika anak-anak mengetahui orang tuanya juga pernah mengalami hal yang sama, maka bisa saja mereka akan merasa malu dengan kondisi yang mereka alami. Kebanyakan anak-anak hanya memiliki kantung air kecil yang akan membuatnya menjadi lebih cepat penuh, sehingga ini akan membuat mereka  menjadi mengompol!

Para orang tua harus membantu mereka agar mereka tahu cara dalam mengontrol kandung kemih mereka. Pada awal ketika mereka masih bayi, mengosongkan kandung kemih akan terjadi begitu saja. Ketika kandung kemih mencapai kepenuhan tertentu, maka otot-otot ini secara otomatis akan menekan untuk mengosongkan kandung kemih.

Ketika usia mencapai  18 bulan dan 2 ½ tahun, kebanyakan anak-anak telah memiliki kesadaran tentang langkah pertama menuju kontrol kandung kemih pada saat mereka merasa penuh. Selanjutnya, anak akan menjadi sadar sendiri bahwa ia dapat menghambat keluarnya air pipis secara tiba-tiba. Ketika anak-anak sadar bahwa ia dapat menghambat refleks keluarnya pipis, maka ia  telah mencapai kontrol kandung kemih. Pada saat malam hari tiba mereka juga akan bisa mengontrolnya sendiri.

Mengompol juga bisa diakibatkan karena masalah komunikasi pada otak, ini dikarenakan kandung kemih dan otak tidak dapat melakukan komunikasi ketika tidur. Keterlambatan dalam mengontrol kandung kemih dapat terjadi jika ada penundaan untuk mengeluarkan pipis disaat kandung kemih penuh, sehingga ini dapat mengakibatkan pengontrolan menjadi tidak terkendali.

Biasanya, kepenuhan pada kandung kemih akan terlihat seperti orang yang sedang bernegosiasi misalnya seperti antara mau dan tidak untuk mengeluarkan pipis). Kandung kemih pada saat malam hari sebaiknya hanya perlu diisi dengan air yang secukupnya saja agar ketika mereka tertidur tidak ada dorongan untuk mengeluarkannya sehinngga tidak akan menggangu tidur si kecil.

Mengompol Akan Menjadi Masalah Ketika Tidur

Sebenarnya ini bukanlah masalah perilaku, tetapi sebaliknya ini adalah masalah perkembangan. Beberapa anak tidur dalam larutnya mimpi sehingga mereka tidak menyadari apa yang terjadi di sekitar mereka. Para orang tua banyak juga yang berpendapat kalau anak mereka sangat terlelap dalam tidur, bahkan mereja juga tidak sadar kalau tempat tidur mereka sudah basah karena pipis mereka.

Beberapa kasus dari mengompol bisa di sebabkan karena kekurangan ADH (hormon anti diuretik), yaitu hormon yang dilepaskan selama tidur beserta dengan konsentrat pada urin. Kalau sudah seperti ini hal yang harus kalian lakukan adalah untuk segera menghubungi dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yabf tepat kepada penderita yang kekurangan ADH.

Tips dan saran

Para orang tua dengan anak yang mengalami kejadian seperti akan menjadi bingung, frustrasi dan terisolasi bahkan mereka tidak ada yang mau membahas soal ini. Itulah mengapa sangat penting untuk berbicara dengan dokter anak untuk mendiskusikan hal ini.

Ketika anak-anak mendengar dari orangtua mereka dan dokter anak bahwa mereka tidak sendirian, para orang tua dapat menanamkan kepercayaan dan pemahaman tentang kondisi yang lebih besar. Sementara itu, hal terbaik yang dapat orang tua lakukan untuk anak mereka adalah mengurangi stres karena mengompol dengan membuat mereka merasa nyaman dan membiarkan mereka tahu bahwa anda tidak marah ataupun kecewa.

Yup, itulah masalah yang sebenarnya kenapa anak masih mengompol. mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat bagi para orang tua. Jadi para orang tua bisa langsung mengambil tindakan ketika anaknya mengompol. Semoga bermanfaat.

Related Posts