stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Apa hal yang paling malas kalian lakukan ketika liburan? Apakah kalian malas untuk keluar rumah? Apakah kalian malas masak dirumah dan ingin makan diluar? Atau mungkin kalian malas untuk mandi? Pernah gak sih kalian merasa malas untuk mandi? Pastinya pernah donk, gak mungkin kalian gak pernah ngerasain yang namanya malas mandi.

Akan tetapi, biasanya efek malas mandi ini hanya terjadi pada saat liburan saja, yang jelas minimal sekali dalam sehari pasti ada mandi kan? Lalu bagaimana dengan orang yang memang tidak mau mandi dalam kesehariannya? Apakah mereka mengidap suatu penyakit sehingga mengharuskan mereka untuk tidak mandi? atau ini memang kebiasaan dari seseorang.

Dalam artikel kali ini, mimin akan menjelaskan mengenai seseorang yang malas mandi. Berikut ini adalah penjelasan tentang seseorang yang tidak mandi.

Penjelasan Singkat Tentang Mandi

Kalian pasti tahu donk mandi itu apa? Mandi adalah proses mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam atau bahkan didalam bak mandi.

Manusia sangat diwajibkan untuk mandi karena ini dapat menghilangkan bau, debu dan sel-sel kulit yang sudah mati. Mandi juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan, menjaga kebersihan, serta mempertahankan penampilan agar tetap rapi. Setelah mandi, manusia biasanya akan merasa segar, bersih dan santai. ( tentunya wangi juga donk).

Kebiasaan sewaktu mandi, frekuensi, tempat mandi dan perlengkapan mandi yang digunakan bergantung pada kebudayaan dan kondisi geografis tempat tinggal. Pendapat orang di berbagai negara tentang kebersihan dan bau badan selalu berbeda-beda dan tidak ada yang benar atau salah.

Kebersihan bisa menjadi prioritas utama bagi orang yang tinggal di suatu negara, tetapi kebutuhan pangan dan tempat berteduh bisa lebih penting daripada mandi bagi orang di negara lain. Sebagian orang mandi setiap hari, tetapi banyak juga orang yang tidak terlalu sering mandi.

Di tempat lain air merupakan barang langka, air mungkin lebih baik dipakai untuk minum, memasak atau bertani daripada mandi. Orang yang tinggal di tempat yang mengenal musim dingin sering tidak mengenal mandi dengan air dingin.

Orang Indonesia mempunyai kebiasaan mandi dua kali sehari dengan air dan sabun. Mandi pagi dilakukan di pagi hari sebelum melakukan berbagai kegiatan, sedangkan mandi sore dilakukan di sore atau malam hari. Di kamar mandi yang tidak mempunyai keran air panas, air yang dipakai untuk mandi adalah air dingin.

Selain air panas untuk berendam, tempat pemandian rekreasi (spa) sering menyediakan bak mandi berisi cairan lain, seperti susu, coklat cair, lumpur, hingga sampanye. Spa dengan pendekatan tradisional menawarkan mandi air panas bercampur buah jeruk, madu, bubuk kari, atau bubuk kunyit.

Selain manusia, beberapa jenis binatang seperti burung, kerbau dan gajah juga senang mandi (tapi cara mandinya beda loh). Badak, babi dan babirusa perlu mandi lumpur untuk merontokkan parasit yang ada di kulit dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Mengapa Sesorang Malas Mandi?

Dari pemaparan di atas, aktivitas mandi adalah sebuah irutiniotas yang harus kita lakukan setiap harinya dan maksimal kita mandi dalam satu hari dua kali. Sehingga kita terhindar dari bau badan dan kita juga lebih percaya diri untuk dekat dengan seseorang. Meskipun ada orang yang lebih memilih menyemprotkan parfume mahal kebadannya dari pada harus mandi berkali-kali, akan tetapi tetap saja dipandang tidak segar.

Namun banyak orang yang memiliki segudang alasan agar tidak mandi. Nah berikut ini adalah beberapa alasan mengepa seseorang tidak mau mandi.

  • Suasana hati

Suasana hati yang sedang drop atau lemah, biasanya akan membuat seseorang lebih memilih untuk menyendiri di tempat sepi atau berdiam diri di kamar daripada mandi. Jika suasana hati mereka sedang malas, pasti disuruh mandi pun juga akan malas. Kalau dalam keadaan terpaksa oleh paksaan orang tua atau siapapun untuk mandi, mereka akan memilih untuk cuci muka saja atau berbohong dan bilang kalau sudah mandi. Hayo siapa yang sering kayak gini.

  • Suasana liburan

Entah kenapa suasana liburan bisa membuat orang untuk menjadi malas mandi. Mungkin dipikiran orang, bahwa namanya liburan semuanya juga libur, tidak terkecuali mandi. Emanknya kalau hari libur, mandinya juga libur ya?

  • Kebiasaan

Tidak mandi bisa jadi adalah kebiasaan seseorang. Banyak orang menganggap bahwa anak punk jalanan atau anak reggae memilih tidak mandi karena gaya hidup mereka. Tapi menurut mimin itu adalah pandangan yang salah. Namanya mau mandi atau tidak, itu tergantung individunya. Kalau tubuh mulai gerah atau gatal, pasti mandi adalah salah satu solusi. Jadi, kebiasaan yang mimin maksud adalah kebiasaan seseorang yang sudah menjadi kesenangan mereka sehari-hari.

  • Lelah

Ketika tubuh merasa lelah, mau melakukan apapun sudah malas. Mau makan malas, mau nonton televisi malas, mandi juga pastinya jadi malas. Tidur merupakan alternatif seseorang untuk menetralisir kelelahan pada tubuh mereka dan pada akhirnya mereka akan melewatkan yang namanya proses mandi.

  • Pulang malam

Kerja dari jam tujuh pagi, pulang jam delapan malam. Entah karena meeting atau lembur. Ujung-ujungnya karena merasa sudah lelah atau kedinginan, sebagian orang memilih langsung untuk beristirahat atau sekedar cuci muka dan cuci kaki daripada harus mandi. Tapi ada juga yang sih yang memilih mandi. Yah  namanya tiap orang gak sama kan.

Dampak Dari Malas Mandi

Selain untuk membersihkan tubuh, aktivitas mandi juga berperang penting untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh (fresh) . Namun malas untuk beranjak ke kamar mandi memang sudah lazim ketika hari libur dan ini sulit untuk dihindari dikarenakan beberapa hal diantaranya seperti rasa hawa dingin dan merasa tidak penting serta sakit.

Tapi kalian tahu gak sih guys, akibat jika jarang mandi baik di pagi hari maupun sore ternyata dapat memicu dampak dan mendatangkan efek buruk bagi kesehatan tubuh. Beberapa efek tersebut seperti:

  • Menurunkan tingkat kesuburan

Malas beranjak untuk mandi gak cuma membuat kulitmu kusam, tapi juga membuatmu kehilangan kesempatan untuk memperkuat kesuburan. Menurut penelitaan yang dilakukan di London, mandi dengan air dingin di waktu pagi bisa meningkatnya produksi hormon testosteron bagi cowok serta hormon estrogen pada cewek. Dengan begitu masa depanmu bisa lebih cerah karena kesuburan organ reproduksimu terjaga. Nah, jika kamu masih malas mandi, maka keuntungan ini tak akan kamu kantongi. Masih mau malas mandi.

Kecerahan masa depan tidaklah hanya tentang materi, namun juga kesehatan reproduksi. Jadi, pastikan kamu meninggalkan kebiasaan malas mandi ya.

  • Menyebabkan Gatal-gatal

Akibat jarang mandi kuman dan bakteri akan lebih mudah berkembang biak dipermukaan tubuh sehingga kulit akan terasa gatal. Gatal-gatal yang berkepanjangan yang terus digaruk dapat mendatangkan berbagai penyakit kulit lainnya seperti kurap bahkan juga berpengaruh terhadap ginjal.

  • Dapat Menyebabkan Kulit Jadi Kusam

Hampir semua orang pasti menginginkan kulit putih cerah alami dan mungkin salah satunya adalah kamu. Namun sebagaimana pun kamu mengidamkan dan memimpikan memilki kulit cerah tapi kamunya sendiri jarang mandi maka nilai yang kamu dapatkan adalah zonk.

Bagaimana tidak, seberapa banyakpun handbody serta krim yang digunakan untuk mencerahkan kulit tetap tidak akan maksimal tanpa melakukan rutinitas mandi minimal 2 kali sehari. Sebab dengan mandi selain untuk memperbaiki jaringan kulit, mandi juga dapat mencukupi nutrisi sehingga kulit dapat beregenarasi.

  • Mudah mengalami bau badan

Bakteri yang hinggap pada tubuh akan membuat badan menjadi bau dan jika tidak di bersihkan pada sore hari maka kuman yang bertumpuk akan semakin membuat aroma keringat menjadi kurang sedap. So, pastikanlah untuk mandi sore setiap hari agar tidak di juluki “si bau badan” oleh teman-temanmu.?

  • Lebih mudah stress dan depresi

Stres dan depresi bisa muncul karena otot dan saraf di dalam tubuh menegang akibat kelelahan melakukan aktivitas sehari-hari. Bayangkan jika kalian tidak mandi pada sore hari tentu saja hal ini akan membuat kalian rentan menjadi stress. Di sinilah manfaat dari mandi sore karena bisa membuat tubuh menjadi rileks dan segar kembali dan usahakan mandi dengan air hangat agar otot-otot saraf bisa rileks kembali. jika hal ini tidak meredakan tingkat depresi maka coba cara menghilangkan depresi tanpa obat.

Cara Mengatasi Malas Mandi

Nah, bagi kalian yang malas mandi, mimin ada beberapa tips untuk kalian biar kalian gak malas mandi lagi.

  • Jernihkan Diri dan Kondisi

Mungkin wajar kalau jadi males jika kalian lemes, capek, ngantuk, laper, mengkhawatirkan sesuatu dan lain-lainnya. Kondisikanlah agar kalian tetep fokus. Beresin dululah hal-hal lain yang mengganggu, sehingga tidak membuat menjadi males. Kalau ngantuk banget, tidurlah. Kalau laper banget, makanlah.

  • Penting dan mendesak

Sekiranya pekerjaan yang tengah kalian lakukan lebih utama, sedangkan kekhawatiran yang membuat tidak begitu utama, bisalah itu diabaikan. Karena kemungkinan besar itu adalah keinginan, bukan kebutuhan dan kemungkinan besar itu didorong oleh emosi dan ego, bukan dengan akal dan fakta.

  • Paksain Aja

Sekiranya masih males, padahal pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan passion, minat dan bakat . Dan memang berupa kebutuhan. Sudah dibareng dengan pemicu semangat seperti mandi, musik dan sebagianya. Pola hidup sudah sehat. Rencana sudah mantep. Udah dibantuin temen-temen. Dan pengondisian lainnya.

Tidak ada cara lain, selain pemaksaan. Biarin aja, pertama-tama untuk karena dipaksa. Lama-lama, jadinya biasa aja. Lama-lama, justru kamu sendiri yang nggak mau kalau nggak ngerjain pekerjaan tersebut.

  • Bangun Lebih Pagi

Jika kamu ingin agar tidak malas mandi lagi maka langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mencoba untuk bangun lebih pagi. Karena selain menyehatkan tubuh, dengan bangun lebih pagi akan memberikan kesempatan tubuh untuk beradapatasi dengan udara sekitar. Dengan begitu tubuh tidak akan kaget saat disiram air ketika kamu mandi.

  • Minum Air Putih

Jika kamu sudah bisa untuk bangun lebih pagi namun masih merasa malas untuk mandi, maka hal selanjutnya yang dapat kamu coba adalah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak. Kandungan mineralnya akan membuatmu menjadi lebih sehat dan akan membantu mensekresikan racun dalam tubuh. Sehingga mau tidak mau kamu harus ke kamar mandi untuk melakukannya.

  • Berolahraga

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk malas mandi adalah dengan melakukan olahraga ringan. Tujuan dari melakukan olahraga ini adalah agar membuat badan kamu menjadi berkeringat dan lengket, kemudian kamu pasti akan merasa ilfil dengan kondisi badan kamu sehingga harus segera membersihkannya dengan mandi.

  • Mandi dengan Air Hangat

Jika alasanmu malas untuk mandi adalah karena air pada pagi hari yang dingin, maka untuk menyiasatinya bisa kamu lakukan dengan campur airnya dengan air hangat. Dengan sensasi air hangat tersebut akan membuat badan menjadi lebih segar dan hangat.

  • Hipnoterapi Generic Habit Control

Jika cara yang telah kami sebutkan diatas masih belum berhasil mengatasi kebiasaan malas mandi kamu, maka inti permasalahan kamu malas mandi adalah karena sifat kemalasan dalam dirimu dan bukannya karena alasan tertentu, bila dalam pikiranmu saja sudah malas maka tubuh akan meresponsnya dengan kemalasan. Oleh sebab itu cara terbaik untuk menghilangkan rasa malas adalah dengan merubah kemauan pikiran menjadi lebih baik, dan hal itu bisa Anda lakukan dengan menggunakan Hipnoterapi Generic Habit Control.

Nah, itulah penjelasan tentang seseorang yang malas mandi. Semoga bermanfaat dan kalian jangan malas mandi lagi ya.

Related Posts