stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Di negara Indonesia yang menjadi tempat tinggal kita masih selalu menjunjung tinggi tingkat tata krama dan kesopanan. Sedari kita kecil kita selalu di ajarkan untuk berbicara,berjalan dan bahkan makan dengan sopan. Semua ini dilakukan untuk mengetahui tata krama kehidupan seseorang dan mengetahui bagaiman mereka dalam menghormati orang tua

Di Indonesia ada dua cara makan yang masih di pegang teguh hingga sekarang yaitu dengan menggunakan sendok atau memakai tangan secara langsung dan yang paling penting tidak bersendawa saat makan. Lain lagi dengan negara-negara besar lainnya yang ada di dunia mereka memiliki cara tersendiri saat berada di meja makan (agak beda dikit sih) . Nah mau tahu di mana negara tersebut dan apa yang mereka lakukan saat makan? makanya ikutin mimin terus yach.

A. Spanyol

Hayoo siapa yang tahu apa yang terkenal dengan negara ini? yah bener banget negara ini sangat terkenal dengan matadornya. Meskipun mereka terlihat kasar dan liar di lapangan tapi mereka tetap sopan saat berada di meja makan.

Mereka memiliki kebiasaan makan yang di sebut dengan sobremesa. Dalam bahasa Inggris sobremesa memiliki arti after dining atau setelah makan. Kebiasaan yang mereka lakukan adalah mereka tidak diperbolehkan meninggalkan meja makan walaupun mereka sudah selesai makan,mereka harus menunggu sampai makanan mereka benar-benar sudah turut ke perut.

Nah biasanya sambil menunggu makanan mereka turun ke perut mereka akan membicarakan tentang keseharian mereka. Tradisi makan sobremesa ini telah dilakukan masyarakat sejak lama dan masih dijunjung tinggi hingga sekarang.

B. Jerman

Jerman adalah salah satu negara yang memiliki keunikan dalam tata cara makannya. Makanan pokok bagi masyarakat Jerman ini adalah roti dan kentang. Seperti di Indonesia nasi telah menjadi makanan pokok bagi mereka begitu juga masyarakat Jerman mereka selalu mengkomsumsi roti dan kentang setiap harinya.

Jadi apa sih keunikan yang di miliki negara Jerman ini?( selo guys mimin bagi tahu kok). Nah keunikannya itu terletak pada saar mereka menyantapnya. Kentang yang sudah mereka rebus saat akan dimakan harus dihancurkan terlebih dahulu, jika ada yang menghancurkan kentang dengan menggunakan pisau maka dianggap tidak memiliki sopan santun. Cukup unik kan guys?

C. Jepang – Korea

Bagi masyarakat Asia Timur sudah tidak diragukan lagi tentang kesopanan mereka. Mereka sangat menjunjung tinggi kesopanan, tradisi dan budaya para leluhurnya. Bahkan pada saat makan,ini dilakukan agar para masyarakatnya bisa menghormati yang lebih tua.

Di Jepang dan Korea masyarakatnya selalu makan dengan menggunakan sumpit. Jika mereka menusuk makanan dengan sumpit serta beradu sumpit akan dianggap sangat tidak sopan. Meskipun lauk berukuran kecil ataupun besar tetap saja harus memakai sumpit.

Mereka hanya diperbolehkan menggunkan sendok pada saat memakan sup itu pun sebelum menyantap sup mereka terlebih dahulu harus menghirup aroma sup lalu langsung meminumnya. Hal ini dianggap sangat menghormati dan memuji masakannya enak.

Satu hal lagi yang harus kalian ketahui tentang negara Jepang dan Korea adalah mereka akan selalu mempersilahkan orang yang lebih tua untuk mengambil terlebih dahulu dan mereka juga sangat tidak suka jika pada saat makan ada yang menyisakan makanan karena ini dianggap sebagai penghinaa.

D. Thailand

Thailand yang sangat dikenal dengan 1000 pagodanya juga memiliki keunikan saat berada di meja makan. Seperti yang kita ketahui negara Thailand ini memang sudah terkenal dengan hal mistisnya bahkan pada saat berada di meja makan.

Pada saat makan posisi telapak kaki harus berada di atas lantai dan posisi kepala saat duduk juga tak boleh lebih tinggi dari patung Buddha atau Raja yang ada di rumah. Tak hanya itu saja, pada saat mereka makan mereka tidak diperbolehkan berbicara dan bercanda jika mereka bersuara maka makanan mereka akan dicuri oleh hantu! Uniknya lagi, ketika makan sambil bersandar mereka akan terlahir sebagai ular di kehidupan reinkarnasi mendatang.

Itu dia guys tata cara makan dari beberapa negara yang ada di dunia. Meskipun berbeda-beda tapi semuanya memiliki maksud yang sama yakni menjaga etika dan kesopanan. Jika kamu sedang bertamu, apalagi keluar dari Indonesia hal terbaik yang dilakukan adalah ikut menghargai tradisi-tradisi atau kebiasaan mereka contohnya seperti tata cara makan mereka. Karena titik kehormatan seseorang juga berasal dari seberapa besar mereka menghargai orang yang lain.