stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Kalau dipikir-pikir kembali masa-masa yang paling bahagia adalah ketika kita masih kecil. Pada masa itu kita bisa mendapatkan apa saja yang kita mau. Termasuk mendapatkan mainan yang banyak. Salah satu mainan kesukaan mimin adalah boneka barbie. Mimin suka sama barbie ini karena selain cantik. kita jadi bisa punya inspirasi dalam membentuk berbagai model pakainnya.

Jika dibandingkan dengan mainan yang lainnya, boneka barbie termasuk yang paling eksis sampai sekarang. Yang jadi pertanyaanya adalah kira-kira sejak kapan ya boneka barbie itu ada? Kalau kalian pengen tahu juga, tetap ikutin mimin disini ya.

Apa Itu Boneka Barbie?

Barbie adalah sebuah boneka fashion yang diproduksi oleh perusahaan mainan Amerika  bernama Mattel Inc dan diluncurkan pada Maret 1959. Pengusaha Amerika yang bernama Ruth Handler mengatakan bahwa ia menciptakan boneka barbie berdasarkan dari insipirasi boneka Jerman yang disebut sebagai Bild Lilli .

Marvel menciptakan berbagai keluarga dari boneka barbie beserta dengan aksesorisnya. Barbie juga telah menjadi bagian penting dari pasar mode boneka mainan selama lebih dari lima puluh tahun. Tidak hanya itu perusahaan Marvel ini ternyata pernah mendapat kontroversi dan tuntutan hukum, Kok bisa gitu ya? Ini disebabkan karena boneka barbie sering dikaikan dengan kehidupan nyata.

Boneka barbie yang dihasilkan dari perusahaan Mattel telah terjual hingga bermiliar-miliar boneka, sehingga ini membuat mereka menjadi perusahaan yang terbesar dan paling banyak mendapatkan keuntungan.

Namun sayangnya, penjualan ini telah menurun tajam sejak tahun 2014. Penyebabnya adalah pada saat perusahaan mencoba untuk menciptakan berbagai aksesori pada barbie agar terlihat glamor hasilnya malah perusahaan mereka mendapat kontroversi.

Katanya sih penampilan dari boneka barbie yang glamor akan memiliki dampak signifikan pada nilai-nilai sosial pada kemerdekaan wanita dan dengan banyak aksesoris yang dipakai akan berdampak pada kehidupan sosialita para wanita yang ingin selalu tampak mewah.

Pertama Kali Terciptanya Boneka Barbie

Sebenarnya ketika ingin membuat boneka barbie ini terjadi tidak sengaja. Mulanya Ruth Handler sedang melihat anaknya yang sedang bermain dan ia merasa sangat prihatin. Karena pada saat itu sang anak memainkan sebuah boneka yang dia buat sendiri dari kertas. Anak dari Ruth Handler memperlakukan boneka kertas buatannya itu seperti layaknya seorang gadis dewasa..

Di waktu dulu, kira-kira sekitar tahun 1950an, di Amerika boneka mainan yang ada hanyalah boneka bayi. Ketika melihat sang anak berinteraksi dengan boneka kertas buatannya, Ruth Handler langsung memiliki ide untuk membuat sebuah mainan yang diperuntukkan untuk anak-anak yang usianya diatas lima tahun. Sayangnya sang suami, Elliot Handler tidak terlalu antusias mendengar ide yang dikeluarkan oleh istrinya.

Tapi sepertinya, keinginan yang dimiliki oleh Ruth Handler tidak berhenti sampai disitu dan akhirnya keinginannya itu berubah menjadi sebuah obsesi ketika Ruth Handler dan keluarganya sedang berlibur ke Jerman pada tahun 1956. Ketika berkunjung ke sebuah toko mainan yang ada disana. mereka menemukan sebuah boneka yang diberi nama Bild Lilli. Boneka itu ternyata dibuat berdasarkan sebuah tokoh kartun yang cukup terkenal di Jerman.

Karena animo anak-anak di Jerman yang sangat besar terhadap boneka tersebut, akhirnya Ruth Handler semakin ingin membuat boneka seperti itu dan akan diproduksi di Negara mereka yaitu Amerika Serikat. Bersama dengan para designer di perusahaan mereka, mereka akhirnya memodifikasi boneka Bild Lilli menjadi lebih cantik dan mereka beri nama Barbie.

Boneka Barbie pertama kali ditampilkan pada tanggal 9 Maret 1959 di American International Toy Fair yang diselenggarakan di New York. Secara langsung tanggal tersebut dinobatkan sebagai hari ulang tahun Barbie. Pada tahun 1964 Mattel membeli hak cipta boneka Bild Lilli dan sejak saat itu produksi boneka tersebut dihentikan dan digantikan oleh Barbie.

Beberapa Fakta Dari Boneka Barbie.

Boneka barbie ini bisa dibilang tidak sama dengan mainan lainnya karean kalau dipikir-pikir ini mainan pertama dan mainan yang paling tua dan masih bisa bertahan sampai sekarang. Beberapa fakta lainnya tentang boneka barbie ini adalah :

-Terinspirasi dari boneka kertas

Seperti yang sudah mimin jelaskan diatas, ketika menciptakan boneka barbie ini Ruth Handler sedang melihat anaknya sedang bermain boneka yang ia rakit sendiri dari kertas. Tak sama dengan anak lainnya yang biasa bermain boneka bayi, anak ini malah bermain boneka kertas dengan peran sebagai wanita dewasa yang modis. Dari sanalah akhirnya Ruth punya ide untuk menciptakan boneka Barbie dengan berbagai macam aksesoris yang nempel di badannya. Mirip sama boneka kertas buatan anaknya itu.

-Punya fans fanatik

Jangan anggap sepele dengan boneka ini walaupun cuma boneka tapi nyatanya jumlah fans fanatik Barbie nggak main-main. Gak kalah deh sama kalangan artis. Menurut sebuah hasil survei yang dilakuin dari tahun 1959-2010, ada sekitar 100 ribu orang yang jadi fans fanatik Barbie.

Mereka semua mengoleksi boneka Barbie dalam jumlah yang bisa dibilang cukup fantastis. Uniknya lagi, fans Barbie justru didominasi oleh wanita dewasa. Satu di antaranya adalah Bettina Dorfmann. Dia memecahkan rekor sebagai pemilik Barbie terbanyak di dunia. Bettina punya 15 ribu boneka Barbie. Gila nggak tuh?? Mau dipajang di mana boneka sebanyak itu?

-Mainan anak yang masuk iklan TV

Pasti kaliaa banyak yang gak menyadari kalau ternyata Barbie adalah mainan anak ketiga yang tampil di iklan TV setelah Mr Potato Head dan Mrs Potato.

-Ada Barbie Convention

Kalau kalian memang cinta banget sama boneka Barbie, maka ada Barbie Convention yang bisa kalian datangi. Tempat ini adanya di Taiwan ini bakal jadi surga buat kalian yang ngakunya pecinta barbie. Di sana kalian akan ketemu banyak orang yang juga penyuka Barbie. Yang nggak kalah penting, ada banyak banget Barbie yang dijual dengan harga murah di sana. Kalo udah nyampai di sana ingat pulang ya.

– Barbie dan Ken putus

Gak cuma kita-kita saja yang bisa putus dengan pasangan, Barbie juga bisa loh. Kalo kalian ngikutin perkembangan cerita soal Barbie, kalianpasti kenal  donk sama Ken. Yups, dia adalah ‘cowok’ yang jadi pacar Barbie ( boneka saja punya pacar masak kita kalah sih).

Ternyata pasangan ini pernah putus pada tahun 2004 lalu di hari Valentine tahun 2011 mereka bikin pengumuman kalo mereka balikan lagi. Padahal nggak ada yang tahu loh kalo mereka putus, eh tiba-tiba bilang balikan. Hihi.

-Perubahan Barbie

Setelah puluhan tahun, pada tahun 2015 akhirnya ada Barbie dengan tiga bentuk badan. Ada yang kecil, gemuk dan yang mungil banget. Selain itu warna kulit dan warna rambut barbie juga udah dibikin dengan berbagai ekspresi.

-Penjualan ke luar negeri

Fakta yang terakhir ini jadi bukti nyata betapa fenomenalnya boneka Barbie. Ternyata ini adalah mainan pertama di dunia yang dijual di 150 negara di dunia. Sebelumnya nggak ada yang sampai sebesar ini area penjualannya. Saking banyaknya permintaan, Mattel pernah mencatat bahwa tiap detiknya ada 3 boneka Barbie yang terjual. Gokil!!!

Yah, itulah dia penjelasan tentang boneka barbie yang harus kalian tahu. Gimana gak nyangka ya kalau ternyata boneka barbie bisa sefenomenal itu. Jadi mana nih koleksi boneka barbie kalian?

Related Posts