stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Sahabat kesayangan mimin, mimin mau cerita dikit nih tadi sewaktu mimin jalan-jalan sore, mimin ngeliat ada sekumpulan orang yang lagi berkumpul, karena mimin penasaran ya mimin dekatin ternyata mereka lagi nge dance.

Semakin mimin perhatikan gerakannya kok kayaknya mimin tertarik gitu sama dance nya. Akhirnya mimin pun mencari tahu jenis dance itu dan ketemu. Nama dari dance itu adalah shuffle dance. Iseng-iseng mimin nyobain gerakannya ternyata gak semudah ngeliatnya.

Semua butuh proses dan kita juga terlebih dahulu harus mengenal tentang shuffle dance dan berbagai tekniknya. Nah, dalam artikel ini, mimin sudah ulas semua tentang suffle dance ini. Bagi kalian yang juga pengen tahu langsung kepo saja ya.

Sejarah Shuffle Dance

Asal mula Shuffle dance sebenarnya berasal dari kata Melbourne shuffle, sedangkan Melbourne Shuffle itu sendiri adalah gaya tarian . Melbourne shuffle telah ada sejak akhir 1980-an di bawah tanah Melbourne. Gerakan dasar dalam tari ini adalah tumit dan kaki yang bergerak dengan cepat tapi tetap disesuaikan dengan jenis musik elektronik.

  • Akhir 1980-awal 1990-an

Melbourne shuffle mulai muncul kembali dengan versi yang terbaru, yaitu dengan menggabungkan gerakan tangan lebih dari gaya sebelumnya. Techno dan musik rock secara bertahap digantikan dengan trans musik.

  • Pertengahan-akhir 1990-an

Sejumlah video dokumentasi gaya selama era ini telah ada sebagai peningkatan dari gaya yang populer. Ada banyak variasi dari tarian ini tapi yang paling utama adalah gerakan tumit sampai jari kaki, yang merupakan kunci tetap dalam istilah “Melbourne shuffle”.

  • 2000- sampai sekarang

Tahun 2006 yang lalu ketika popularitas YouTube semakin meningkat, para penari  internasional sekarang pun telah berkontribusi pada Shuffle online, mereka memberikan posting variasi mereka sendiri. Band Jerman Scooter juga menampilkan shuffle yang diperankan oleh para veteran Pae & Sarah dalam video untuk satu J’adore Hardcore.

Beberapa penari sebelum mereka melakukan tarian ada yang dengan sengaja menaburkan bedak atau cairan ke lantai di bawah kaki mereka agar mereka dapat meluncur dengan mudah, karena ketika mereka menari mereka harus berputar 360 derajat sambil melompat-lompat. Terkadang mereka juga menyelipkan tali plastik yang tipis ke dalam sol sepatu mereka akan tetapi beberapa orang lainnya lebih memilih ditempat yang kasar.

Dua komponen utama dari Melbourne shuffle yang sebagian besar tetap konsisten adalah komponen bergerak “Run Man” dan “Shuffle”. The “Run Man” melibatkan gerakan seperti menginjak-injak ke depan yang diikuti oleh ganda melompat ke belakang dengan kaki yang sama, kaki yang lain mengulangi tindakan yang mengarah pada gerakan on-the-spot.

The “Shuffle” adalah gerakan yang menggunakan tumit dengan cepat dan kaki yang diputar kebelakang. Tarian ini dibumbui dengan beberapa gerakan, seperti berputar, memompa lengan dan juga tendangan.

Istilah “Melbourne shuffle” kemudian direkam di media ketika Rupert Sonic Animasi Keiller diwawancarai sepanjang malam pada acara TV musik Australia. Ketika sang pewawancara bertanya apa yang unik dari suffle dance ini dan rata-rata jawaban mereka adalah”Melbourne Shuffle”.

Pada Desember 2002 The Age, sebuah koran Australia, telah membuat penyebutan istilah dalam artikel ini pada halaman depan , mereka mencoba untuk mengenalkan Shuffle Melbourne untuk pertama kalinya kepada masyarakat.

Shuffle pertama kali menyebar ke Malaysia dan di Brunei, mereka juga telah membuat “Shuffle Kompetisi” dan “Shuffle Meet up” yang diselenggarakan di Malaysia dan Brunei.

Shufflers telah menjadi bentuk seni dari gaya tari di luar negeri dan ini merupakan pemandangan yang sudah biasa terlihat di pesta rave di Inggris, Jerman, Malaysia dan juga Thailand. Internet juga telah menjadi faktor utama dalam menyebarkan pengetahuan dan minat pada shuffle dance.

Sebuah film dokumenter mengenai topik yang berjudul Melbourne Shuffler telah diproduksi pada tahun 2004-2005 yang kemudian telah dirilis menjadi sebuah DVD. Kontributor besar lain dari ketenaran dan popularitas dari Melbourne Shuffle adalah Youtube.

Pada bulan November 2008, “So You Think You Can Shuffle”, telah meluncurkan kompetisi voting berbasis YouTube di Australia, di mana Shufflers dari seluruh negara dapat menunjukkan keahlian tarian mereka, komentar dan memberikan suara pada video yang lain. Mulai tahun 2009 “So You Think You Can Shuffle” juga mulai bergeser menjadi kompetisi yang resmi di seluruh Australia dan Germany kicks.

Pengertian Dari Shuffle Dance

Arti dari shuffle dance itu adalah gerakan dengan menggunakan tumit dan kaki yang bergerak dengan cepat sehingga tampak seperti menempel di lantai. Dance yang satu ini juga cocok dengan berbagai jenis musik elektronik lainnya karena pada beberapa variannya dapat menggabungkan gerakan lengan.

Gerakan Shuffle ini kebanyakan seperti menyeret kaki dan kalau diperhatikan ada sedikit kemiripan dengan gaya Michael Jackson yaitu “Moonwalk”. Tarian shuffle ini berasal dari tahun 1980-an yang diciptakan oleh Paula Abdul yang merupakan koreografer Janet Jackson pada akhir tahun 1980-an. Dance ini juga dilakukan oleh MC Hammer saat konser live show dan pada saat membuat musik video.

Jadi seperti yang kita ketahui sekarang ini, bahwa shuffle dance ini sekarang sudah seperti lifestylenya anak muda dan mereka juga sangat menyukainya. Mereka juga membuat group-group shuffle yang ditampilkan di sekolah ataupun di jalanan. Shuffle dance biasanya dilakukan dengan menggunakan lagu-lagu elektronik yang melodi nya semua dirangkai kembali dengan menggunakan komputer.

Shuffler adalah sebutan untuk komunitas yang menyukai tarian tersebut, sebagai contoh “anak break dance” tetapi yang ini namanya adalah anak “Anak Shuffle dance” tarian ini juga di apresiasikan lewat lagu LMFAO – Party Rock Anthem ft. Lauren Bennett, GoonRock yang penontonnya sekarang telah mencapai 222,860,995 di youtube

Katanya juga nih ya guys, kalau kita melakukan dance shuffle itu berarti sama seperti kita melakukan threadmil selama 30 menit, banyak para shuffler di Australia memakai sepatu yang alasnya di tempel dengan lakban biar katanya sih biar gampang nyeret kakinya. Orang-orang australia juga biasanya memakai sepatu frontline ketika melakukan shuffle dance dan menurut mereka itu adalah sepatu yang paling cocok untuk di gunakan untuk dance shuffle.

Jenis-jenis Shuffle dance:

Nah, setelah tadi kita tadi membahas tentang pengertian dan sejarah dari shuffle Dance, sekarang kita akan memasuki jenis dari shuffle dance itu. Berikut adalah jenisnya.

~ Melbourne Shuffle Dance

Diatas tadi kita sudah membahas sedikit tentang melbourme shuffle dance kan tapi gak apa-apa deh mimin akan jelasin sekali lagi. Salah satu jenis shuffle dance ini dikenal sebagai Melbourne shuffle dance. Jenis shuffling ini memiliki sejarah yang kembali ke tahun 1980-an, dalam adegan Melbourne di bawah tanah.

Gerakan-gerakan dasar yang mencakup dance ini adalah gerakan kaki dan tumit yang bergerak dengan cepat dan gerakan ini cocok untuk berbagai jenis musik elektronik. Varian shuffle dance ini menggabungkan gerakan tangan juga. Namun meskipun variasi, tumit tetaplah menjadi kunci utama dari gerakan dance ini, sampai pada akhirnya terciptalah istilah Melbourne shuffle’.

~ Cupid Shuffle Dance

Cupid shuffle dance telah dinamai oleh si Cupid yaitu sang penulis lagu itu sendiri. Dance ini yang paling lazim di masyarakat Afrika-Amerika. Dasar-dasar dance ini umumnya hampir sama dengan Melbourne shuffle dance, tapi modernitas telah ditambahkan pada dance tersebut.

Ini telah membawa sentuhan modern dan hip ke slide elektrik. Cupid shuffle dance tidak hanya mudah untuk dipelajari, tetapi juga dapat dipraktekkan dan dinikmati oleh orang-orang dari semua umur.

Untuk memulai, semua yang kalian butuhkan adalah hidupkan musik dan menunggu waktu yang tepat untuk mendapatkan alur kalian. Mulailah dengan langkah-langkah, mengambil 4 langkah ke arah kanan dan kemudian, 4 ke kiri.

Sekarang, letakkan tumit kalian ke lantai di depan dengan kaki kanan dan kemudian dengan kaki kiri kalian. Ulangi dua kali untuk setiap kaki. Sekarang, hanya berjalan di tempat, berbelok ke kanan ketika melakukannya, sehingga ketika kalian sampai ke bagian berikutnya, hadapi dinding berikutnya. Kalian juga dapat mengaktifkan dan goyang pinggul untuk mendapatkan beatnya. Ulangi tari untuk setiap arah yang kalian hadapi.

~ Harlem Shuffle Dance

Harlem shuffle dance adalah penghormatan yang dibayarkan kepada budaya tarian hidup yang meresap pada dance club dari daerah Harlem selama periode renaisans Harlem. Sebuah manuver dance, Harlem shuffle dance mengambil dari berbagai bentuk.

Salah satu bentuknya adalah tari baris lengkap, yang terdiri dari sekitar 25 langkah. Datang ke bentuk lainmya, mereka melibatkan dua langkah sederhana, diikuti dengan gerakan seperti menyikat-bahu dengan punggung dengaa tangan yang berlawanan. Bentuk dance ini telah menjadi semakin populer dengan seiring bergulirnya waktu.

Teknik Gerakan Dari Shuffle Dance

Sebelum kita mencoba untuk meniru gerakannya pelajari dahulu tekniknya, ini dia tekniknya.

* Running Man


Gaya ini adalah gaya seperti saat orang yang sedang berlari. biasanya para hardstyler melakukan running man dengan metode 2 step. nggak tau kenapa alasannya, tapi memang banyak yang melakukan metode 2 step.

cara melakukan:

Terserah kaki mana yang mau di depan dan di belakang(kita contohkan saja kaki kanan di depan dan kiri di belakang). kemudian seret(setengah)kebelakang dan pada saat bersamaan kaki kiri di angkat. yang pasti gerakan kakinya kayak orang yang lagi lari deh.

*T-step or

Gerakan yang satu ini(agak sulit sih buat jelasinnya, maaf kalo ada yang salah guys) ini merupakan gerakan yang membentuk posisi kaki seperti huruf T or V. sebenarnya tidak ada perbedaan kecuali namanya. gerakan ini sama sama mengarah ke kiri atau pun ke kanan.

cara melakukan:

Buatlah posisi kaki menjadi seperti huruf V, kemudian angkat kaki kanan dan pada saat kaki kanan di angkat ujung kaki kiri di geser ke kanan(secara bersamaan) dan pada saat kaki kanan di turunkan tumit kaki kiri di geser ke kiri(secara bersamaan juga) dan begitu juga sebaliknya.

*Spin (berputar)

Nahh.. pada gerakan ini kita akan lebih banyak memakai gerakan memutar, memutar mulai dari 90 derajat hingga 180 derajat. tergantung kita dan gimana kita melakukan dalam menjaga keseimbangan tubuh kita. Kebanyakan orang akan merasa kesulitan pada gerakan ini. ya karena itu, kita harus punya keseimbangan.

cara melakukan

Kaki yang akan digunakan sebagai tumpuan biasanya adalah ujung telapak ataupun tumit. nah buat kamu kamu yang masih belum bisa di gerakan ini, cukup berlatih perlahan lahan agar dapat melakukannya.

* Kick


Ini nih gerakan yang bakalan bikin kita makin semangat. Ini dikarenakan gerakannya lebih banyak menggunakan gerakan menendang sesuai dengan namanya(tapi jangan sampai nendang orang yaaa..). dimana gerakan ini menggabungkan kick(nendang) dengan T_step or V-step.

* Kick And Spin

Gerakan ini sih hampir sama dengan kick, cuma letak perbedaannya adalah pada saat kita melakukan kick, kita akan menggabungkannya dengan spin(berputar).

*Body Movement

Ini adalah gerakan yang paling mudah karena gerakan ini hanya menggunakan gerakan tubuh dan ini sangat bebas. terserah gimana caranya. akan tetapi gerakan ini bebas karena gaya ini sangat mendukung dalam melakukan hardstyle. anggap saja gerakan ini adalah accessories hardstyle. dan jika ini tidak dilakukan, maka gerakan hardstyle yang kita mainkan akan terlihat jelek. Jadi meskipun gerakannya bebas, ini tetap penting ya.

Jenis Lagu Yang Biasa Dipakai Untuk Shuffle Dance

Gak cuma asal gerak dan mempelajari teknik, akan tetapi jenis lagu juga berperan penting dan biasanya lagu yang dipakai adalah seperti yang ada di bawah ini.

* EDM

EDM : Electronic Dance Music

EDM itu kepanjangannya adalah Electronic Music/Musik Elektronik yang biasa dipakai untuk NightClub/Klub Malam atau biasa juga dipakai di acara yang berhubungan dengan Dance. Musik EDM biasanya diproduksi oleh DJ (Disc Jockey).

Musik-musik yang termasuk dalam EDM itu sendiri adalah Musik Disko, Musik Tekno, House Music dan tentunya TRANCE MUSIC Musik Seperti itu dipopulerkan di NightClub/Klub Malam pada tahun 1980an dan diawal-awal pergerakan rave scene of the acid house pada akhir 1980an.

*Trance Music

Trance Music adalah Genre dari EDM ( Electronic Dance Music ) yang berkembang pada tahun 1990an dan musik ini berkarakteristik dengan tempo antara 125-150 BPM ( Beats per Minutes ), frase Melodi yang berulang dan Bentuk Musik yang naik dan turun pada 1 lagu Trance. Trance Music adalah kombinasi dari banyak bentuk bunyi seperti Techno, House, Pop, Chill-out, Musik Klasikal dan Musik Film

*Hardstyle

Hardstyle adalah salah satu Genre dari Electronic Dance Music, Mixingnya diambil dari Hard Techno, Hard House, Hard trance dan Hardcore. Tipikal Hardstyleitu Dalem, Suara dentuman Kick Drum, Intense Faded dan Suara Bass yang agak pecah-pecah gitu akan menambah tempo yang ngebeet. Hardstyle dikatakan juga memiliki berberapa kesamaan dengan HardTrance

Hardstyle juga banyak dipengaruhi dari Hardtrance, Gabber, Acid House dan HardHouse. Hardstyle berasal dr Itali tetapi penyebarannya dimulai di Netherland. biasanya Hardstyle temponya 135-150 BPM keatas. Ini merupakan jenis Musik Hardstyle yang paling banyak dipakai untuk Shuffle Dance dan HardJump

* HardDance

Apa sih HardDance itu? HardDance tuh kayak sebuah sebutan dari kelompok Hard EDM tapi ga se hard genre Hardcore ( Hardcore gak termasuk ya ). HardDance itu meliputi HardHouse, Hard NRG ( HardHousenya negara Inggris ), HardTrance dan tentunya Hardstyle.

Cara Agar Bisa Shuffle Dance

Nah, kalau kalian memang ingin mempelajari shuffle dance ini, kalian bisa mengikuti beberapa tips yang akan mimin kasih ini.

*Banyak-banyaklah kalian menonton video tutorial-nya. Di Youtube akan ada banyak video yang berisi tutorial untuk belajar shuffle dance yang keren ini atau kalian juga bisa menonton video yang juga menunjukkan perform shuffle dance seseorang. Salah satunya video yang satu ini.

*Belajar dari teman atau komunitas shuffling yang kalian tahu. Dengan mencari orang yang sudah mahir, kalian akan menjadi lebih mudah dalam menghubungi mereka untuk terus berlatih, bahkan bisa lebih baik daripada belajar melalui video.

*Mengamati. Yang ini mungkin akan cukup sulit untuk dilakukan, karena orang yang kalian lihat saat sedang melakukan shuffling bisa dibilang sudah sangat mahir dan mungkin kalian akan kesulitan untuk mengikuti gerakannya.

Satu hal yang penting saat melakukan shuffle adalah sebaiknya kita tidak berada di tempat yang licin. Ini dikarenakan karena di tempat yang licin, keseimbangan tubuh kita bisa hilang,dan otot kaki juga tidak akan terbentuk. Sedangkan jika kita terbiasa di tempat licin maka saat di tempat kasar kita akan sulit melakukan shuffle.

Untuk pakaian ya bebas saja sih (asal jangan asal bebas yaaa) dan kalau untuk sepatu yang baik buat shuffle itu sepatu yang tapaknya rata. dan tidak usah yang mahal mahal tapi cukup nyaman di pake dan bertapak rata aja.

Nah, kalau ada yang nanya “kalau ditempat yang kasar, apa gak apa-apa kalau sepatunya sampai ngikis?” jawabannya gak apa-apa dan itu hal biasa karena shuffle adalah tarian yang dimana kita menggesekkan kaki di permukaan tanah.

Kesimpulan:

Pada dasarnya gerakan dance itu hampir sama, yang membedakan adalah teknik gerakan tersebut. Cuma kalau di shuffle dance ini kita akan lebih banyak menggunakan gerakan kaki, jadi mungkin akan lebih mudah mempelajarinya.

Yah, itulah dia penjelasan tentang shuffle dance yang bisa dibilang cukup keren dikalangan anak muda. Terserah bagi kalian mau percaya atau tidak, yang penting mimin cuma mau bilang kalau shuffling cukup menyenangkan untuk dilakukan. So tunggu apa lagi, ayo mainkan musiknya.

Related Posts