stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hallo guys, dengan topik trending belakangan ini tentang kepindahan Ibu kota ke kalimantan membuat kita tentunya ada yang pro maupun kontra bukan. Namun yang akan saya bahas disini bukan tentang perpindahan ibukota lho guys. Yang akan saya bahas adalah tempat wisata yang berada di Kalimantan. Dimana kalimantan memiliki banyak tempat wisata yang sering dikunjungi oleh banyak orang. Nah, daripada penasaraan langsung saja simak ulasan dibawah ini.

Inilah beberapa objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke Kalimantan.

  • Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan merupakan salah satu kawasan wisata pesona bahari di Pontianak Kalimantan Barat. Menurut cerita rakyat, pulau ini diberi nama Lemukutan karena pulau ini mirip dengan seekor lembu.  Masyarakat di pulau ini sangat menjaga kondisi hutan tropis yang membuat tempat ini begitu cantik dan alami.

Di pulau Lemukutan ini memiliki spot yang bernama Bungaron yang konon katanya memiliki pemandangan bawah laut paling cantik. Para wisatawan dapat melakukan snorkling di spot ini dan melihat secara langsung kekayaan alam bawah laut Kalimantan Barat. Deretan terumbu karang dan ratusan ikan nemo berwarna-warni siap memanjakan mata. Jangan lupa membawa kamera utuk mengabadikan pemandangan ini, karena akan ada banyak spot yang harus diabadikan keindahaannya.

  • Taman Nasional Tanjung Putting

Tanjung Putting, dikawasan ini terdapat sungai sepanjang 45 kilometer. Sungai ini berada di tengah-tengah hutan, karena kanan-kiri sungai ini dikelilingi oleh pohon yang usianya ratusan tahun. Namun anda jangan salah, selain memiliki keindahan, sungai ini sendiri terdapat banyak buaya-buaya dengan jumlah yang cukup banyak. Jadi ketika anda datang ke tempat ini, anda diharuskan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak taman nasional.

Untuk ke kawasan Taman Nasional Tanjung Puting ini, pengunjung harus menggunakan kapal laut yang bernama Klotok. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah para wisatawan bisa tingga di dalam kapal di tepi sungai dekat hutan. Pada pagi hari, anda bisa melakukan tracking ke dalam hutan untuk melihat habitat asli orang hutan.

Wisata Bukit Biru

Bagi pecinta alam tentunya tempat ini sudah tidak terdengar asing lagi.  Tempat ini berlokasi di desa Sumber Sari Kecamatan Loa Kulu tepatnya di daerah Kutai Kartanegara.  Puncak Bukit Biru ini sudah lama dijadikan sebagai tempat  wisata alam untuk kalangan orang muda.  Jika ingin menuju lokasi Pucak Bukit Biru anda harus berjalan kaki sejauh 1 kilimeter.  Namun sepanjang jalan disisi kanan dan kiri tidak terdapat pagar pengaman. Untuk itu, anda memerlukan pemandu jalan menuju puncak bukit biru. Sebelum datang ke tempat ini, usahakan kondisi fisik sehat atau vit. Karena untuk datang kesini sangat dibutuhkan tenaga.

  • Wisata Jantur Inar

Keindahan air terjun Jantur inar ini memiliki kisah misteri. Namun hal tersebut tidak jadi penghalang bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Konon kabarnya pelangi yang selalu mencul dikawasan air terjun ini adalah perwujudan dari putri inar. Dimana dia dulunya menghilang dan menjadi makhluk halus penunggu air terjut tersebut. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Para wisatawan bisa menggunakan anak tangga yang sudah disediakan agar bisa menuju ke bawah air terjun.

Air terjun Inar ini airnya sangat segar jadi cocok untuk tempat bersantai. Untuk lokasinya sendiri terletak di Kampung Temula yang masih dalam kecamatan Nyuatan.

  • Pulau Kakaban

Pulau Kakaban merupakan Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini terdapat 80% danau dan 20 % daratan. Dahulunya pulau ini berada dalam gugusan pulau Derawan. Pulau Kakaban ini memiliki danau yang istimewah. Kenapa dibilang istimewah? Karena airnya sendiri berasal dari rembesan air laut dan cucuran hujan. Danau ini juga merupakan habitat alami ubur-ubur mini yang tidak menyengat walaupun jumlah mereka ribuan.

Mereka “ubur-ubur” terjebak sejak ribuan tahun silam dan akhirnya beradaptasi di danau ini. ada dua jenis ubur-ubur di danau ini, Golden jellyfish serta Moon Jellyfish. Masing-masing dari mereka memiliki perbedaan warna dari jingga, kemerah-merahan, putih, bahkan ada yang terlihat seperti ungu muda.

  • Danau Tahai

Jika anda berlibur ke Palangkaraya, anda wajib pergi ke Danau Tahai yang merupakan keindahan alam yang tiada duanya. Danau Tahai ini berada di Desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Batu, Kotamadya Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah. Jarak Danau Tahai dari Palangkaraya sendiri berkisar 30 kilometer atau sama dengan ke arah kota Sampit. Anda dapat menuju Danau tahai dengan menggunakan aplikasi penunjuk arah atau dengan melihat tanda di jalan menuju ke kota Sampit. Disana juga ada berbagai jenis hewan yang bisa anda lihat seperti hewan Wak Wak, ini termasuk sejenis kera yang hidup di sekitaran Danai Tahai.

Masih banyak sekali tempat wisata yang keindahaannya belum anda ketahui di kalimantan. Demikian sedikit ulasan mengenai tempat wisata di daerah kalimantan semoga dapat bermanfaat bagi anda semua.

Related Posts