stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Apa yang terlintas dalam pikiran kalian ketika mendengar kata zombie? Kalau bagi mimin sendiri itu adalah makhluk yang sangat mengerikan plus menjijikkan. Walaupun lihatnya cuma di film tapi efek nya tetap terasa nyata banget. Tapi lain cerita kalau zombienya kayak si “R” . Hayo ada yang tahu gak? Ituloh zombie ganteng yang ada di film Warm Bodies. Meleleh hati mimin lihatnya hehe… Duh jadi curhat kan, gak apa-apa ya guys, soalnya biar jangan tegang kali baca artikelnya.

Nah, kalau dipikir-pikir lagi darimana sih para pembuat film bisa mengeluarkan ide film horor tentang zombie? Setahu mimin ya kalau pembuatan film itu ada yang memang berasal dari kisah nyata. Jadi apa zombie itu memang nyata? Penasaran kan? Yuk kita cari tahu sama-sama.

Asal-Usul Zombie

Zombie adalah sebuah fiksi yang diciptakan dari mayat manusia. Seperti yang sudah mimin bilang tadi zombie hanya kita lihat pada film yang bergenre horor. Istilah zombie ini sendiri berasal dari cerita rakyat Haiti, dimana pembuatan mayat manusia menjadi zombie harus melalui berbagai metode dan biasannya ini paling sering berhubungan dengan sihir.

Sedangkan penggambaran zombie modren (seperti di film) sama sekali tidak ada yang mengandung sihir. Biasanya zombie modren selalu melibatkan sesuatu yang berbau saint fiksi seperti terkena radiasi, penyakit mental, vektor, virus, kecelakaan ilmiah dan lain sebagainya.

Pada orang Inggris kata “zombie” pertama kali muncul pada tahun 1819 dan ini ditemukan oleh seorang penyair Robert Southey, dalam bentuk kata “zombi”. Selain itu, Oxford English Dictionary juga menyatakan kata zombi berasal dari Afrika Barat dan kemudian membandingkannya dengan kata-kata yang berasal dari Kongo nzambi (Allah) dan zumbi (jimat).

Salah satu buku pertama yang juga mengekspos budaya Barat tentang zombie dengan konsep voodoo zombie ada pada buku The Magic Island, yang dibuat oleh W.B. Seabrook pada tahun 1929.

Zombie ini ternyata memiliki warisan sastra yang kompleks, dengan pendahulunya mulai dari Richard Matheson dan H. P. Lovecraft Mary Shelley Frankenstein di Eropa yang menggambarkan cerita tentang mayat hidup. Pada tahun 1932, Victor Halperin membuat cerita tentang White Zombie, yaitu sebuah film horor yang dibintangi oleh Bela Lugosi.

Di sini zombie white digambarkan sebagai mayat hidup yang di kontrol di bawah mantra penyihir jahat. Zombie ini pada awalnya terinspirasi dari voodoo ( sesuatu yang berhubungan dengan sihir), sampai pada akhirnya penampilan mereka berlanjut hingga pada tahun 1930-an sampai pada tahun 1960-an, dengan film-filmnya termasuk I walk with Zombies (1943) dan  Plan 9 from outer space (1959) .

Zombie dari versi modren ini memiliki cerita yang sangat berbeda dari yang digambarkan dalam cerita rakyat Haiti dan ini telah ditampilkan selama 20 abab terakhir. Cerita  “zombie” ini diambil dari George A. Romero yang berjudul Night of the Living Dead yang sebagian ceritanya  juga terinspirasi dari novel Richard Matheson 1954 yang berjudul Am Legend.

Macam-Macam Zombie

Ternyata guys, zombie itu gak cuma satu lho. Ada beberapa jenis zombie yang ternyata bisa dikategorikan. Jadi, zombie jenis apa yang akan kita bicarakan? Membuat kategori tentang fiksi dari monster yang mengerikan ini bukanlah tugas yang mudah. Ini dikarenakan harus disesuaikan pada bagaimana jenis zombie ini diciptakan. Berikut ini jenis zombienya ya guys.

 Zombie pop

Zombie pop adalah zombie yang memiliki kategori khusus sendiri. Ini adalah jenis zombie yang rata-rata dipikirkan oleh kebanyakan orang ketika mereka memikirkan kata zombie. Biasanya zombie jenis ini juga yang paling sering kita lihat pada film yang berjudul “Night from the dead,” “Back from life to death,” dan juga yang ada pada film “Call of Duty.” Inilah zombie yang paling umum dan standar yang sering kita lihat.

Zombie Biologis

Pada dunia nyata, zombie jenis ini sering disebabkan karena binatang, jamur, kuman dan parasit yang mampu mengubah perilaku seseorang menjadi makhluk yang cukup mengerikan. Organisme ini selain bersifat kotor, dapat membuat perilaku seseorang menjadi diluar kendali.
Zombie biologis ini diciptakan oleh organisme luar yang ingin menghidupkan orang yang sudah meninggal menjadi sebuah zombie. Dalam pembuatan film kategori zombie ini lah yang paling populer.

 Zombie patogen

Biasanya zombie jenis ini disebabkan oleh berbagai virus, bakteri atau mungkin juga beberapa penyakit asing yang aneh.
Kita semua memang takut sama yang namanya penyakit dan itu memang sudah lumrah. Memangnya siapa sih yang mau sakit? Sejak manusia diciptakan, banyak manusia yang tewas dalam jumlah besar  dan penyebab utamanya adalah yang tidak dapat kita lawan.

Selain dari perang nuklir, penyakit adalah cara yang paling mungkin untuk menghapuskan manusia dari muka bumi ini. Zombie adalah teemasuk simbol sempurna untuk malapetaka yang kita semua takutkan. Apa kalian ada yang mau menjadi zombie?

Contoh dari jenis Zombie patogen:

– 28 Days Later (2002), 28 Weeks Later (2007)
-Resident Evil (2002), Resident Evil: Apocalypse (2004), Resident Evil: Afterlife (2010), Resident Evil: Extinction (2007), Resident Evil: Retribution (2012)
-World War Z (2013)
-Pontypool (2008) (The English Language Itself becomes a vector for disease so I’m counting it)
-Last Days on Mars (2013),
-Buck Wild (2013

Zombie parasit

Ini adalah jenis zombie yang biasa dapat disebabkan oleh parasit bersimbiosis (jamur, tanaman, Alien spora, parasit binatang dan alien yang hidup)
Kalian pasti sudah dengar tentang jamur yang dapat membuat semut menjadi gila atau nematoda dari siput yang dapat membuat seseorang menjadi bunuh diri.

Kami memang ingin berpikir bahwa kita harus bertanggung jawab atas tubuh kita sendiri. Tapi bagaimana jika beberapa makhluk lain itu menyerang pada tubuh kita dan mulai menumbangkan kehendak kita dan mengubah perilaku kita? Nah, disinilah kita akan berubah menjadi zombie parasit.

Contoh dari zombie parasit

-Resident Evil 4 Video Game
-Half-Life Video Game (Head Crabs)
-Slither (2006)
-Night of the Creeps (1986) (I love this movie BTW)
-The Puppet Masters (1994)
-Invasion of the Body Snatchers (1956)

Zombie Metafisik 

Kategori  zombie metafisik adalah yang terluas dari klasifikasi zombie. Ini merupakan kategori yang sama sekali tidak mengandung aturan ilmu pengetahuan dan logika. Selain dari zombie, jenis ini zombie ini juga mencakup makhluk supranatural. Inilah yang membuat kategori zombie menjadi beragam.

Monster yang kita sebut zombie adalah makhluk yang relatif baru dengan istilah Zombie yang telah digunakan selama akhir 1800-an. Namun, setiap budaya menciptakan mitos dan legenda yang berbeda tentang mayat hidup ini. Banyak  kisah dari makhluk-makhluk ini yang untuk sekarang ini kita anggap adalah zombie. Zombie dalam kategori ini biasanya digabungkan dengan sesuatu yang berbau sihir, campur tangan dengan Tuhan atau biasanya ini dimiliki pada suatu kelompok.

 Zombie magic

Zombie ini dihasilkan dari sihir (santet, kutukan, penujuman, murni kemauan sendiri atau dendam)
Setiap budaya pasti memiliki cerita aneh atas kekuasaan duniawi lainnya dan orang-orang terpililah yang akan mampu mengendalikan mereka. Para penyihir akan menggunakan kekuatan jahat mereka untuk memperbudak atau menghidupkan kembali orang mati untuk tujuan mereka sendiri.

Contoh dari jenis zombie magic

-The Resurrected (1991)
-Undead or Alive: A Zombedy (2007)
-Pet Sematary (1989)
-The Dead Pit (1989)
-One Dark Night (1982)
-The Granny (1995)
-Children Shouldn’t Play With Dead Things (1973)

Zombie religi

Zombie ini diciptakan dari hasil dua tempat yaitu “Surga,” “Neraka”, atau bisa berarti (Tuhan yangmelakukannya atau Iblis yang melakukannya,)

Tindakan makhluk-makhluk hasil dari “Surga” atau “Neraka” ini kadang-kadang  berada di luar pemahaman kita sebagai manusia. Ini dikarenakan makhluk-makhluk kuat ini bertanggung jawab atas kehidupan setelah kematian manusia dan dengan demikian mereka juga yang bertanggung jawab atas aturan yang mengatur orang mati.

Contoh dari zombie religi

-Fulci’s City of the Living Dead (1980)
-Fulci’s Zombie “Zombie 2” is the original title (1979)
-White Zombie (1932)
-House of the dead (2003)

 Zombie supranatural

Zombie ini diciptakan melalui tindakan Supernatural entitas (kepemilikan), Roh ini bisa diartikan sesuatu yang baik ataupun setan.
Hal seperti ini sebenarnya tidak hanya para dewa yang dapat membangkitkan dan membuat tubuh kita mati.

Sejumlah kecil supranatural entitas akan mampu menghidupkan kembali orang yang mati untuk dijadikan sebagai zombie. Jenis zombie ini sebenarnya hampir mirip dengan zombie budaya pop akan tetapi zombie ini memiliki majikan.

Contoh dari zombie supranatural

-REC (2007), REC 2 (2009), Rec 3 (2012)
-The Evil Dead (1981), Evil Dead II (1987), Army of Darkness (1992)
-Dead and Breakfast (2004)
-Creepshow (1982)
-The Boneyard (1991)

Bagaimana zombie mati?

Jika kita lihat dari pembahasan kita di atas, semua zombie itu berasal dari orang mati yang dihidupkan kembali. Nah, yang jadi pertanyaanya apakah zombie juga bisa mati? dan bagaimana caranya?

Segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Akan ada celah dimana zombie yang dihidupkan dari orang yang telah mati juga dapat mati. Biasanya penyebab paling jelas kematian dari zombie adalah kerusakan otak, tapi ada juga beberapa cara juga yang dapat membuat mereka tewas.

* Jika zombie terkena panas yang ekstrim untuk jangka waktu yang cukup lama, maka itu dapat membunuh zombie secara perlahan. Jika kondisi menjadi zombie disebabkan karena virus atau bakteri, maka panas akan menghancurkan patogen secara perlahan. Jika ada zombie yang memang kebal terhadap panas, kalian bisa mematikan jaringan saraf dan sistem pada otaknya ini tidak akan membuat zombie menjadi bahaya.

* Seperti yang sudah mimin sebutkan di atas, menghancurkan zombie adalah biasanya cukup untuk membuatnya menjadi tidak berbahaya, Baik menghancurkannya dengan sengaja atau tidak disengaja.

* Meskipun kita sudah menghancurkan zombie tubuhnya tidak akan hancur atau terburai begitu saja , proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa membuat mereka tidak bergerak sama sekali.

Penjelasan tentang cara menghancurkan zombie ini dijelaskan oleh Max Brooks. Brooks mengatakan bahwa Solanum virus memiliki sifat unik yang dapat mencegah dekomposisi: setiap bentuk kehidupan hewan, termasuk organisme mikroskopis, naluriah yang ditolak oleh kehadiran Solanum.

Ide yang sama berlaku untuk kebanyakan jamur juga. Oleh karena itu, keadaan tubuh yang normal juga akan mulai terurai setelah semua fungsi tubuh tidak bisa berfunsi. Ini dikarenakan pertumbuhan bakteri, jamur akan dapat memakan langsung memakan tubuh manusia sedangkan zombie kebal terhadap hal ini.

Inilah yang menyebabkan para serangga dan crawlies menyeramkan lainnya tidak mencoba untuk makan jaringan yang sudah terinfeksi Solanum. Hewan akan lebih memilih untuk melarikan diri dari aroma itu daripada mencoba untuk mengais memakannya.

Singkatnya, hal ini yang akan membuat tubuh manusia dapat membusuk begitu cepat sedangkan zombie jauh lebih lama untuk membuatnya tubuhnya membusuk. Jadi, seperti yang saya katakan sebelumnya, ini semua tergantung pada lingkungan dan variabel lain. Nah, gimana guys pembahasan kita tentang zombie kita kali ini. Semoga kalian dapetin jawaban dari apa yang ingin kalian tanyakan. Ok sampai ketemu lagi dilain kesempatan ya.

Related Posts