stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Halo sobat Ichee. Berdasarkan Badan Statistik Amerika Serikat, penduduk di dunia ini mencapai 7,53 miliar jiwa, jumlah yang sangat fantastis. Di muka bumi ini hanya ada satu jenis pasangan, yaitu Jantan dan Betina atau laki-laki dan Perempuan. Masing-masing sudah pasti memiliki pasangan hidup, kecuali jomblo lover’s ya guys :-D. Namun, ada saja perbuatan manusia yang menyimpang dari konsekuensinya, seperti contohnya biseksual. Nah, apasih yang membuat seseorang tersebut bisa lebih memilih sesama jenisnya ketimbang lawan jenis? Mari kita simak ulasan yang sudah mimin rangkum dibawah ini ya.

Pengertian Biseksual

Apakah kalian masih bingung dengan apa itu biseksual? Menurut dari sumber yang saya dapat diwikipedia, Biseksual atau lebih jelasnya disebut biseksualitas merupakan ketertarikan romantis, ketertarikan seksual, atau kebiasaan seksual kepada pria maupun wanita. Istilah ini umumnya digunakan dalam konteks ketertarikan manusia untuk menunjukkan perasaan romantis atau seksual kepada pria maupun wanita sekaligus. Istilah ini juga didefinisikan sebagai meliputi ketertarikan romantis atau seksual pada semua jenis identitas gender atau pada seseorang tanpa mempedulikan jenis kelamin atau gender biologis orang tersebut, yang terkadang disebut panseksualitas.

Biseksual juga merupakan orang-orang yang mempunyai ketertarikan seksual terhadap dua jenis kelamin yang berbeda sekaligus. Dengan kata lain, orang yang biseksual adalah orang yang memiliki orientasi heteroseksual dan homoseksual. Biseksual bisa terjadi pada laki-laki dan perempuan.

Sebagaimana orang-orang dengan seksualitas lainnya, biseksual seringkali juga mengalami diskriminasi. Selain diskriminasi yang berhubungan dengan homofobia, kaum biseksual juga mengalami diskriminasi dari para gay, lesbian, dan straight mengenai kata biseksual dan identitas biseksual itu sendiri. Anggapan bahwa biseksualitas itu tidak ada cukup sering dijumpai dan berakar pada dua pandangan. Menurut pandangan heteroseksis, masyarakat dianggap memiliki ketertarikan pada lawan jenisnya dan ini terkadang menyatakan bahwa hanya heteroseksualitas yang benar-benar ada.

Kebanyakan orang salah mengartikan tentang biseksual, sering disalahartikan menjadi seseorang yang tertarik secara emosional dan seksual kepada cewek dan cowok. Padahal kenyataannya, biseksual diartikan sebagai seseorang yang tertarik secara emosional dan seksual kepada lebih dari satu gender. Jadi, ia bisa juga menyukai pada jenis gender yang sama. Lantas, apa yang membuat mereka tertarik pada semua gender?

Penyebab Biseksual

Orang-orang dengan orientasi biseksualitas dilatarbelakangi oleh beberapa penyebab yang sangat dapat dilihat membedakannya, Informasi mengenai penyebab biseksual bisa Anda simak dengan seksama melalui penjelasan di bawah ini.

  • Ingin dianggap menarik oleh pria dan wanita

Ada beberapa orang yang ingin agar dirinya menarik baik bagi pria maupun bagi wanita. Hal ini memang tidak semestinya karena pada umumnya seorang wanita ingin menarik perhatian laki-laki dan sebaliknya seorang pria ingin menarik perhatian para wanita. Apabila orang yang ingin pria dan wanita tertarik padanya maka itu bisa jadi penyebab dari orientasi biseksual. Biasanya, orang biseksual yang dikarenakan penyebab ini mengetahui cara menarik pria dan juga wanita.

  • Menjadi korban pelecehan seksual

Banyak kasus pelecehan seksual yang membuat korban memiliki kecenderungan untuk menjadi biseksual. Biasanya, hal ini dialami oleh korban berjenis kelamin laki-laki dengan pelaku yang juga laki-laki. Anak lelaki yang menjadi korban pelecehan seksual oleh pelaku pria cenderung untuk memiliki ingatan dan pengalaman melakukan hubungan homoseksual. Pengalaman hubungan homoseksual yang tidak diinginkan ini bisa saja muncul saat korban beranjak remaja atau dewasa walau dorongan alamiahnya yang merupakan heteroseksual tetap ada.

  • Pengasuhan dengan jenis kelamin sama

Penyebab biseksual juga bisa disebabkan oleh pengasuhan. Pengasuhan dengan jenis kelamin yang sama tanpa diimbangi dengan sosok yang memiliki jenis kelamin berbeda, memungkinkan munculnya orientasi biseksual.

  • Diperkenalkan dengan perilaku tersebut

Orang-orang yang telah diperkenalkan dengan perilaku biseksual akan memiliki orientasi biseksual. Orang tua yang mendidikan tanpa disertai moral yang baik untuk diikuti bisa memberi peluang biseksual terhadap anaknya.

Ada juga terdapat beberapa faktor yang mendukung seseorang menjadi biseksual antara lain sebagai berikut :

1. Faktor keluarga

Jika seorang anak mengalami kekerasan di lingkungan keluarganya, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan dia menjadi LGBT. Sebagai contoh, seorang anak perempuan yang mendapatkan perlakukan kasar dari ayah atau saudara laki-lakinya akan berpikir untuk membenci lawan jenisnya. Alhasil, dia memilih untuk hidup sebagai LGBT karena pengalaman hidup yang tidak mengenakkan.

2. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan bisa memicu terjadinya LGBT, misalnya saja karena salah pergaulan. Dalam berteman, sudah selayaknya kita “memilih” teman yang memiliki perilaku baik. Ketika seseorang berteman dengan orang yang termasuk LGBT, ada kecenderungan dia akan ikut menjadi anggota LGBT disebabkan faktor pengaruh teman.

Jadi, lingkungan dan kebiasaan menjadi faktor pemicu paling besar terjadinya LGBT di Indonesia. Adanya pengaruh budaya barat yang masuk ke Indonesia juga bisa menyebabkan penyimpangan perilaku ini terjadi.

3. Faktor Genetik

Kemudian, faktor penyebab LGBT bisa terjadi ialah karena faktor genetik. Maksudnya ialah penyimpangan seksual seperti Lesbian, Gay, Biseksual ataupun Transgender bisa terjadi karena adanya riwayat keturunan dari anggota keluarga sebelumnya.

Dalam tubuh manusia, kromosom seorang laki-laki normal ialah XY dan perempuan yaitu XX. Namun, di kehidupan nyata, bisa ditemukan bahwa seorang laki-laki memiliki kromosom XXY. Kelebihan kromosom ini bisa menyebabkan dia memiliki perilaku menyerupai seorang perempuan. Itulah penyebab mengapa seseorang bisa menjadi biseksual. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Related Posts