stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Inilah hal yang paling ditunggu oleh seorang wanita. Menjadi seorang ibu akan membuat kehidupan menjadi lengkap. Bagi seseorang yang baru menikah dan ingin menjadi seseorang ibu, mereka harus tahu dulu apa-apa saja tentang kehamilan. Oleh karena itu, mimin akan memberitahukan apa-apa saja tentang kehamilan. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pengertian Dari Kehamilan

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kehamilan? Jika ditanya pertanyaan tersebut, umumnya orang akan menjawab kehamilan adalah seorang wanita yang sedang mengandung janin di dalam perutnya. Hal tersebut memang benar adanya, di dalam perut ibu hamil akan terdapat janin yang akan jadi calon bayi dan itu menandakan pasangan suami istri akan menjadi orang tua.

Namun, sebenarnya ada banyak pengertian kehamilan yang bisa kita jadikan referensi, salah satunya adalah dari BKKBN. Pengertian kehamilan menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah sebuah proses yang diawali dengan keluarnya sel telur yang matang pada saluran telur yang kemudian bertemu dengan sperma yang keduanya menyatu membentuk sel yang akan tumbuh.

Berdasarkan pengertian ibu hamil dari BKKBN tersebut, dapat diartikan sebagai proses terjadinya kehamilan saat seorang wanita yang membawa embrio di dalam tubuhnya. Secara medis, ibu hamil disebut gravida, sedangkan calon bayi yang dikandungnya saat awal kehamilan disebut embrio dan selanjutnya disebut janin sampai waktu kehamilan tiba.

Beberapa Hal Pemicu Kehamilan

Faktor penentu kehamilan adalah hubungan intim yang dilakukan di masa subur wanita, tapi terkadang kita tidak mengetahui kapan masa-masa subur wanita. Berikut ini ada beberapa pemicu wanita menjadi hamil:

-Sperma yang menempel di luar ms v terkadang masih hidup dan berenang dengan gesit menuju kedalam rahim, bahkan sperma masih bisa menembus kain/celana wanita, sehingga memungkinkan terjadinya kehamilan.

-Posisi wanita diatas saat berhubungan seks pun masih bisa membuatnya menjadi hamil, ini dikarenakan kemampuan sperma berenang dengan gesit di dalam tubuh wanita.

-Cairan bening yang keluar sebelum sperma pun bisa mengakibatkan kehamilan, karena pria di saat puncak dan menahan terlalu lama akan membuat cairan semen bercampur dengan sperma.

-Berhubungan disaat menstruasi pun bisa terjadi kehamilan, alasannya sperma sanggup bertahan hingga seminggu sebelum berenang mencapai sel telur. Tetapi sangat tidak aman berhubungan seks saat menstruasi karena area genital hingga ke organ reproduksi wanita rentan terluka dan ini dapat menyebarkan infeksi.

-Seks oral dan sperma tertelan ternyata bisa mengakibatkan kehamilan. Memang dipikir secara logika tidak mungkin, akan tetapi beberapa kasus di luar negeri terjadi kehamilan setelah melakukan oral seks. Para dokter pun terheran-heran, bagaimana sperma di dalam pencernaan bisa menembus dinding rahim.

-Kondom tidak menjamin keamanan di saat melakukan hubungan seks, karena beberapa produk kondom yang entah kadaluwarsa, tipis, tidak elastis dan berlubang/cacat, tanpa kita sadari akan membuat lubang yang tidak terlihat, sehingga terjadi kebobolan disaat melakukan hubungan seksual.

-Pil kontrasepsi hanya efektif bila diminum setiap hari tanpa jeda. Namun, penggunaan antibiotik dan obat-obatan dapat mengurangi khasiat pil konstrasepsi.

-Adanya sperma yang dititipkan kedalam rahim, seperti bayi tabung dan bank sperma.

-Adanya keajaiban/ mukjizat dari Tuhan, seperti bunda Maryam yang melahirkan Nabi Isa AS tanpa ayah.

Tanda Wanita Sedang Hamil

Kehamilan merupakan periode seorang wanita yang membawa embrio di dalam rahim nya. Hal ini untuk pasangan suami-istri adalah saat yang ditunggu-tunggu. Untuk mengetahui bahwa wanita memang hamil, berikut adalah tanda-tandanya

Telat Haid

Pertanda ini mungkin menjadi salah satu yang paling mudah diketahui. Saat sel telur sudah terbuahi maka tidak akan lagi dikeluarkan oleh tubuh (menstruasi) dan ovarium tidak akan lagi memproduksi sel telur baru selama kehamilan. Maka dari itu ketika kamu sedang hamil,  maka kamu tidak akan mengalami datang bulan atau haid. Meskipun demikian tidak dapat disimpulkan jika terlambat haid berarti pasti hamil karena ada banyak penyebab terlambat haid selain karena kehamilan.

Mual dan muntah (Morning sicknes)

Sekitar 50% perempuan yang mengalami kehamilan akan memiliki tanda-tanda ini. Pemicunya adalah peningkatan hormon secara tiba-tiba dalam aliran darah. Hormon tersebut adalah HCG (Human chorionic Gonadotrophin).

Selain dalam darah, peningkatan hormon ini juga terjadi pada saluran air kencing. Makanya, alat test pack kehamilan dilakukan melalui media air seni, hal ini dilakukan untuk mengukur terjadinya peningkatan kadar hormon HCG tersebut.

Peningkatan hormon ini akan mengakibatkan efek pedih pada lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Rasa mual ini biasanya akan menghilang memasuki kehamilan trimester kedua. Jika, rasa mual dan muntah masih terjadi pada usia kehamilan trimester kedua, sebaiknya periksakan dan konsultasikan mengenai hal

Perubahan Payudara

Nah, perubahan yang paling mudah diketahui bagi kalian pasangan suami istri adalah perubahan yang terjadi pada bagian payudara wanita. Wanita akan lebih sensitif ketika dadanya tersentuh, bahkan hanya karena tersentuh branya sendiri, selain itu juga akan timbul rasa nyeri.

Rasa tidak nyaman tersebut juga akan dibarengi dengan ukuran yang menjadi lebih membesar. Pertanda lain adalah dada akan menjadi lebih lembut dan juga empuk saat diraba. Tanda-tanda kehamilan 1 minggu yang biasanya dirasakan juga termasuk rasa gatal pada bagian tersebut.

Buang Air Kecil Makin Sering dan Konstipasi

Ketika hamil, janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan kandung kemih, hal ini dapat menyebabkan frekuensi buang air kecil semakin meningkat dan kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi dengan urine, sehingga keinginan untuk buang air kecil akan menjadi lebih sering.

Saat hamil muda, janin di dalam rahim membutuhkan ruang yang lebih luas. Sehingga, peluasan rahim itu mengakibatkan kandung kemih menjadi tertekan, sehingga ibu hamil muda akan lebih sering untuk buang air kecil.

Munculnya Bercak Darah (Flek)

Munculnya bercak darah pada saat kehamilan ini terkadang disalah pahami sebagai menstruasi. Perdarahan atau bercak darah terjadi karena proses penempelan calon janin ke dinding rahim. Pendarahan yang muncul pada proses ini biasanya hanya sedikit berupa bercak, jumlahnya jauh lebih sedikit jika dibandingkan darah saat haid, maka kalian bisa membedakannya dengan mudah.

Jika itu terjadi, maka ini dapat menjadi salah satu gejala kehamilan dan apabila telah dipastikan hamil, tetapi pendarahan atau flek tidak jua menghilang dalam waktu lama, maka perlu periksa ke dokter.

Lalu Bagaimana Cara Menjaga Kehamilan?

Setelah kita memasuki masa kehamilan, sudah seharusnya menjaga kehamilan kalian agar tetap sehat sampai masa melahirkan. Inilah yang harus kalian lakukan untuk menjaga kehamilan.

Rutin memeriksakan diri kedokter kandungan

Ibu hamil harus berkonsultasi mengenai kehamilan dan perkembangan janin pada dokter kandungan. Ahli medis ini juga akan memberikan berbagai pengetahuan seputar cara menjaga kesehatan ibu dan janin, nutrisi ibu hamil yang diperlukan, hingga petunjuk aktivitas fisik yang aman. Dokter juga akan memeriksa kondisi kesehatan dan tekanan darah, serta mengukur berat badan calon ibu.

Cukupi kebutuhan Asam Folat

Asam Folat berperan dalam melindungi janin dari risiko kelainan otak dan sumsum tulang belakang. Calon ibu membutuhkan Asam Folat sebanyak 400 mcg setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung Asam Folat adalah bayam, asparagus, brokoli, serta buahjeruk.

Berhenti merokok

Asap rokok tentunya dapat membahayakan kesehatan calon ibu dan janin di dalam kandungan. Janin yang terkena dampak asap rokok pun bisa mengalami kondisi berat badan rendah pada saat lahir nanti. Tak hanya itu, ibu hamil yang merokok memiliki risiko keguguran lebih tinggi

Menjaga tubuh terkontaminasi dari kotoran hewan

Jika ibu hamil memiliki binatang kesayangan seperti kucing, anjing dan jenis binatang lain maka ibu hamil sebaiknya menjaga diri. Lebih baik sementara hamil muda tidak tinggal dalam lingkungan yang sama dengan binatang ini. Binatang ini bisa menyebarkan penularan virus toxoplasma yang disebarkan melalui kotoran.

Virus ini sangat berbahaya untuk ibu hamil muda karena bisa menyebabkan keguguran dan cacat janin. Bahkan jika ibu sudah terkena virus maka kemungkinan untuk menghilangkan infeksi harus membutuhkan perawatan panjang.

Mempererat hubungan dengan pasangan

Kehamilan merupakan saat yang tepat untuk meningkatkan keintiman pada pasangan. Ungkapkan secara jujur mengenai kebutuhan, kekhawatiran, permasalahan dan harapan yang dirasakan. Minta pasangan melakukan hal yang sama. Membahas hal-hal tersebut bersama akan membantu memperkuat rasa kebersamaan sebagai pasangan.

Aktivitas seksual ibu hamil tak jarang terganggu, lantaran mual, lelah, ataupun kehilangan mood. Pilih saat yang tepat untuk berhubungan intim saat ibu hamil merasa nyaman. Tidak perlu khawatir efek aktivitas tersebut pada janin, sebab janin akan dilindungi oleh kantung ketuban, otot-otot rahim, dan cairan yang melindungi leher rahim terhadap infeksi.

Mengendalikan kondisi emosional

Kehamilan dapat memicu berbagai emosi, seperti gembira, bersemangat hingga gelisah dan lelah. Ibu hamil seringkali cemas mengenai kondisi bayi, kemampuan mengasuh, hingga kondisi finansial. Namun, jangan sampai hal-hal tersebut menyebabkan stres.

Sangat normal ibu hamil mengalami perubahan emosi yang naik turun atau tiba-tiba merasa ingin menangis. Nikmati setiap proses dalam menjaga kehamilan, jangan terlalu memaksakan atau menghakimi diri. Minta dukungan dari keluarga dan pasangan. Jika perubahan mood menjadi sangat intensif, sebaiknya konsultasi dengan dokter atau psikolog.

Makanan Seperti Apa Untuk Ibu Hamil?

Manjaga kesehatan bagi ibu hamil haruslah juga dibarengin dengan makanan yang sehat, seperti:

Daging tanpa lemak, ikan dan telur

Kelompok makanan ini kaya dengan kandungan protein yang sangat penting untuk pertumbuhan janin, terutama pada trimester kedua dan ketiga dalam kandungan.

Telur juga kaya akan kolin yang mendukung perkembangan otak dan tubuh janin, serta membantu mengurangi risiko cacat tabung saraf. Sementara, ikan salmon kaya akan omega 3 yang baik untuk menjaga mood ibu hamil sekaligus perkembangan janin.

Meski demikian, untuk menghindari paparan merkuri, disarankan tidak mengonsumsi lebih dari 340 gram salmon dalam sepekan. Selain itu, daging tanpa lemak merupakan sumber protein berkualitas tinggi. Namun hindari daging olahan seperti sosis yang mungkin mengandung bakteri atau parasit.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berperan dalam mencukupi kebutuhan serat ibu hamil, sehingga mencegah konstipasi dan hemoroid (wasir). Selain itu, kelompok makanan ini kaya akan kalsium, folat, zat besi, dan seng.

Makanan sumber karbohidrat

Gandum utuh kaya akan nutrisi, serat, vitamin E dan selenium yang baik untuk perkembangan janin. Bahan ini bisa kalian dapatkan antara lain dalam oatmeal, roti gandum, pasta, ataupun nasi merah.

Itulah tadi hal yang harus kalian tahu tentang masa kehamilan. Jadi para calon ibu harus lebih beehati-hati dalam menjaga kesehatan, agar bayi dan ibu bisa tetap sehat.

Related Posts