stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Lonjakan gula darah terjadi ketika gula darah anda meningkat dan kemudian turun secara tajam setelah anda makan. Dalam jangka pendek, kondisi tersebut dapat membuat anda merasa lesu dan lapar. Sementara dalam jangka panjang, maka akan membuat tubuh anda tidak dapat menurunkan gula darah anda secara efektif dan menyebabkan anda terkena diabetes tipe 2.

Lonjakan gula darah juga dapat menyebabkan pembuluh darah anda mengeras dan menyempit, sehingga bisa mengarah ke serangan jantung atau stroke. Sehingga tentu saja, lonjakan darah merupakan salah satu kondisi kesehatan yang paling banyak ditakuti oleh banyak orang. Sayangnya, diabetes termasuk ke dalam penyakit yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Oleh karena itulah, pastikan anda untuk selalu menjaga agar gula darah anda tetap normal agar terhindar dari diabetes, serangan jantung, atau bahkan stroke. Di bawah ini merupakan cara-cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah lonjakan gula darah di dalam tubuh anda, semoga bermanfaat!

Dapatkan Pola Makan Rendah Karbohidrat

Karbohidrat dapat menyebabkan gula darah anda meningkat. Ketika anda mengkonsumsi karbohidrat, maka akan dipecah menjadi gula dan digunakan sebagai energi. Gula-gula tersebut kemudian akan masuk ke dalam aliran darah anda.

Ketika kadar gula darah anda meningkat, maka pankreas anda akan mengeluarkan hormon yang disebut dengan insulin, yang akan mendorong sel-sel anda menyerap gula dari dalam darah anda dan akan menyebabkan kadar gula darah anda menurun secara signifikan.

Hindari Asupan Karbohidrat Refinasi

Karbohidrat olahan atau refinasi bisa anda temukan dari dalam gula, roti putih, nasi putih, soda, permen dan sereal sarapan. Hal yang sangat disayangkan adalah makanan jenis ini telah kehilangan hampir semua nutrisi penting, vitamin, mineral dan serat. Karbohidrat olahan juga dikenal memiliki indeks glikemik yang tinggi karena sangat mudah dicerna oleh tubuh anda, sehingga akan menyebabkan gula darah anda melonjak.

Kurangi Asupan Gula

Selain gula pasir atau gula batu yang selalu anda simpan di dapur anda, terdapat pula makanan yang mengandung gula yang perlu anda waspadai seperti permen, kue, dan minuman bersoda. Tubuh anda akan memecah gula-gula tersebut dengan teramat sangat mudah, sehingga akan menyebabkan lonjakan gula darah secara langsung. Selain itu, sebuah penelitian juga telah menunjukkan bahwa asupan gula dapat membuat anda mengembangkan resistensi insulin.

Atur Berat Badan Anda

Kelebihan berat badan atau obesitas dapat membuat anda semakin sulit untuk tubuh anda menggunakan insulin dan mengatur kadar gula darah anda. Hal ini tentu saja akan menyebabkan lonjakan terhadap gula darah anda sehingga anda bersiko mengembangkan diabetes tipe 2.

Lebih Banyak Berolahraga

Berolahraga sangat bermanfaat untuk mengontrol lonjakan gula darah anda dengan meningkatkan sensitivitas sel-sel anda terhadap hormon insulin. Berolahraga juga menyebabkan sel-sel otot anda menyerap gula dari darah anda sehingga mampu membantu menurunkan kadar gula darah anda secara signifikan. Selain itu, berolahraga juga dapat bermanfaat terhadap menjaga berat badan anda. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan double keuntungan.

Konsumsi Lebih Banyak Serat

Serat terdiri dari bagian-bagian tumbuhan yang dimana tubuh anda tidak dapat mencernanya. Terdapat dua buah jenis serat, yaitu serat larut dan serat tak larut. Meskipun kedua jenis serat ini bisa membantu menjaga kesehatan tubuh anda dari waktu ke waktu, jenis serat larut memiliki manfaat tambahan dalam mengontrol lonjakan gula darah anda.

Serat juga dapat membuat anda merasakan kenyang lebih lama, sehingga akan mencegah anda makan terlalu banyak dan menjaga berat badan anda. Serat bisa anda temukan dalam beberapa makanan lezat seperti oatmeal, kacang-kacangan, beberapa jenis buah-buahan seperti apel, jeruk dan blueberry, serta berbagai macam jenis sayuran.

Minum Air Putih Lebih Banyak

Mungkin ini adalah salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan, namun tetap tidak sesederhana yang anda pikirkan. Karena faktanya, masih banyak orang yang masih kekurangan asupan cairan yang mereka perlukan per harinya, sehingga akan mengarah ke dehidrasi. Kekurangan asupan cairan juga ternyata dapat menyebabkan gula darah anda melonjak.

Hal ini karena ketika tubuh anda mengalami dehidrasi, maka akan memproduksi sebuah hormon yang disebut vasopressin. Hormon jenis ini akan mendorong ginjal anda untuk menahan cairan dan menghentikan tubuh anda membuang gula berlebih melalui air seni atau urin di tubuh anda. Bahkan, dehidrasi malah akan mendorong hati anda untuk melepaskan lebih banyak gula ke dalam darah anda.

Oleh karena itu, mendapatkan asupan cairan rata-rata sebanyak 2 liter per hari untuk orang dewasa merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk segera minum air putih setiap kali anda merasakan haus dan tingkatkan asupan air putih tersebut ketika cuaca sedang panas, terutama di ibukota Jakarta.

Related Posts