stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Di setiap rumah pasti kalian punya bumbu dapur yang satu ini. Biasanya disetiap masakan akan selalu ada diletakkan bumbu dapur ini. Tak hanya dijadikan sebagai penghias makanan, bawang bombay ini juga dapat dimakan.

Seperti apa lagi sih kehebatan yang dimiliki bawang bombay ini? Cari tahu disini saja yuk.

Bawang Bombay Selalu Dijadikan Sebagai Pendamping Makanan

Bawang bombay adalah jenis bawang yang memiliki ukuran yang besar. Bawang itu juga tidak dihasilkan di Indonesia, kalau dilihat dari namanya sudah bisa ditebak kalau bawang ini berasal dari India. Bisa dibilang, ini hampir mirip seperti bawang merah, karena memiliki bentuk yang berlapis-lapis dan gak ketinggalan rasa pedas yang dihasilkan.

Ketika kita mengirisnya, gak jarang kalau mata kita bisa menjadi berair karena efek panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang. Bawang bombay sering dikreasikan dengan berbagai macam makanan yang bahan bakunya adalah bawang bombay. Salah satu makanan yang bahannya terbuat dari bawang bombay adalah Onion ring. Gak hanya itu, jika dibandingkan dengan bawang merah harga bawang bombay jauh lebih mahal.

Perbedaan yang menonjol dari bawang putih, bawang merah dan bombay adalah ukuran bawang yang lebih besar. Bawang bombay memiliki warna kulit coklat terang, berbentuk bulat dan umumnya memiliki besar seperti kepalan tangan orang dewasa. Lapisan daging yang dimiliki bawang bombay ini bisa dibilang cukup tebal. Bawang bombay ini kegunaanya sama seperti bawang merah dan bawang putih yaitu sebagai penambah rasa dan aroma.

Aroma bawang bombay yang cukup kuat dan rasa dari bawang bombay yaitu manis sangat cocok untuk dipadukan dengan masakan. Bawang bombay tidak hanya digunakan untuk campuran masakan saja tapi dapat juga digoreng langsung dengan menggunakan tepung siap saji.

Pada Awalnya Bawang Bombay Berasal Dari India

Diketahui bahwa bawang bombai ini berasal dari Asia Tengah dan kemungkinannya berasal dari Palestina, lalu pada akhirnya menyebar ke Eropa dan India dan masuk ke Indonesia dan kemudian dibawa oleh para pedagang dari sana. Kemungkinan besar juga bawang bombai masuk ke Indonesia seiring masuknya para pedagang dari India atau penjajah dari Belanda. Orang Belanda pernah mencoba membudidayakan bawang bombai di Padang, namun ternyata hasilnya gagal.

Ternyata tanah yang cocok untuk ditanami bawang bombay adalah di Karo dan akhirnya terbukti hasilnya sangat memuaskan. Penggunaan bawang bombay di Indonesia pada awalnya hanya dipakai pada masakan Cina dan Eropa saja, namun ternyata belakangan ini bawang bombay sudah menyebar ke masakan lain bahkan sampai masakan sehari-hari.

Klasifikasi Bawang Bombay

  • Kingdom/Kerajaan : Plantae/ Plants
  • Sub kingdom/Sub kerajaan : Tracheobionta/ Vascular Plants
  • Super division/Super divisi : Spermatophyta/ Seed Plants
  • Division/Divisi : Magnoliophyta/ Flowering Plants
  • Classis/Kelas : Liliopsida/ Monocotyledons
  • Sub classis/Sub Kelas : Lilidae
  • Ordo/Bangsa : Liliales
  • Familia/Suku : Liliaceae/ Lily Family
  • Genus/Marga : Allium L./ Onion
  • Species (Jenis/ spesies) : Allium cepa L. var cepa
  • Binomial Name/Nama Latin : Allium cepa L. var cepa
  • Common Nama/Nama Umum : Garden Onion

Bagian-Bagian Dari Tanaman Bawang Bombay

Sama seperti tanaman lainnya, bawang bombay juga memiliki bagian-bagian yang perlu diketahui. Bagian-bagian dari bawang bombay adalah:

Daun Pada Bawang Bombay

Bentuk daun dari bawang bombay seperti pipa yang agak pipih atau setengah membulat yang berwarna hijau tua. Jadi daun bawang bombay ini bisa dibilang hampir mirip dengan daun yang dimiliki tanaman bawang merah.

Namun, ukuran dari daun bawang bombay lebih besar dari daun bawang merah dan apabila dipotong melintang, maka daun bawang bombay terlihat penampang yang membentuk setengan lingkaran. Sedangkan pada daun bawang merah jika diperlakukan sama seperti itu akan berbentuk lingkaran penuh.

Batang Pada Bawang Bombay

Batang semunya merupakan pelepah daun yang saling membungkus. Pelepah daun yang terletak di sebelah luar selalu melingkari daun membungkus pelepah daun yang di dalamnya sehingga potongan melintangnya akan terlihat seperti berlapis-lapis membentuk cincin-cincin.

Lapisan tersebut kemudian akan membentuk batang semu yang tidak terlalu panjang. Kemudian bagian pangkal pelepah daun akan melebar dan menebal membentuk bengkakan besar yang fungsinya sebagai cadangan makanan bagi tanaman bawang bombay. Bengkakan ini merupakan umbi itu sendiri.

Umbi Pada Bawang Bombay

Sebagaimana bentuk umbi dari bawang merah, umbi pada bawang bombay merupakan umbi lapis dengan lapis yang tebal. Lebih tebal dari lapis-lapis yang dimiliki umbi bawang merah. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang bulat, bulat panjang, bulat pipih, pipih hingga lonjong. Warna dari bawang bombay bermacam ada yang merah, merah kekuningan dan ada juga yang berwarna putih.

Ukuran umbi dari bawang bombay cukup besar dibanding dengan bawang merah dan bawang-bawang lainnnya. Disamping ukurannya yang besar, aroma bau dari umbi bawang bombay lebih lembut dan kurang tajam dibanding umbi bawang merah. Bagian pangkal dari umbi bawang merah terdapat sebuah batang rudimenter yang nampak seperti cakram. Bagian ini merupakan batang yang sebenarnya dari bawang bombay ini. Yakni, kelopak daun yang membentuk tumbuh pada sebuah batang berbentuk cakram yang relatif tipis.

Bunga Pada Bawang Bombay

Pada akhir masa pertumbuhannya, dari cakram ini tumbuh bunga yang bertangkai panjang, bunganya berupa bunga majemuk berbentuk lingkaran bulat dengan tangkai bunga yang besar, kuat dan juga membesar dibawah. Ini perbedaannya dengan tangkai bunga bawang merah yang kecil dan langsing namun kuat.

Pembungaan bawang bombay ini sama seperti pembungaan yang terjadi pada pada bawang merah. Pada ujung tangkai bunga kadang-kadang terbentuk umbi-umbi kecil yang bisa di gunakan sebagai bibit. Bunga bawang bombay bisa juga membentuk biji yang cukup banyak dengan warna hitam.

Pengelompokan Dari Jenis Bawang Bombay

Seperti yang kita tahu ada banyak varietas dari bawang bombay dan dari setiap jenisnya memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini ada beberapa jenis dari bawang bombay yang harus kalian tahu.

Daun bawang

Ini termasuk dalam pengelompokkan jenis bawang yang paling serbaguna, daun bawang memiliki bentuk panjang dan tipis, biasanya gak lebih dari ukuran jari kita. Rasanya juga manis dan ringan dan ini bisa di dapat dari setiap gigitannya. Gak mesti dimasak daun bawang juga bisa dimakan mentah loh dan ini juga cocok untuk hidangan apa saja.

Seperti apa bentuknya: Berwarna putih cerah di bagian bawah dengan puncak berwarna hijau berongga gelap, daun bawang biasanya dijual di tandan.

Bagaimana dengan rasanya: Daun memberikan rasa lembut, sama seperti teksturnya: yang terlihat renyah dan juicy dalam satu gigitan. Puncak hijau gelap yang berada dibagian atasanya memiliki rasa yang lebih menggigit.

Cara membeli dan menyimpannya: Mencari daun bawang yang baik adalah pada akhir musim semi ke akhir musim panas, karena masih dalam keadaan baru dipanen dan masih keadaan segar. Bawang putihnya harus berwarna tegas dan terang, tanpa kelembaban atau basah dan bagian puncaknya juga harus kokoh.

Jangan pernah menyimpan daun bawang segar di dalam kantong plastik: kadar air tinggi yang dimilikinya akan dengan cepat membuatnya membusuk. Gunakanlah tempat penyimpanan yang memiliki banyak lubang udara dan menyimpannya di laci adalah pilihan yang terbaik.

Ini akan memberikan sirkulasi udara dan menjaga daun bawang dari pengeringan. Jika daun bawang masih memiliki akar kalian bisa memotongnya sedikit, lalu kalian bisa memasukkannya kedalam toples yang berisi beberapa inci air dan kemudian menyimpannya di lemaei es sampai seminggu.

Cara menggunakannya: Hampir sama dengan penggunanaan bawang putih dan jahe, daun bawang ini juga sangat diperlukan untuk menumis. Daun bawang cincang segar akan memberi kecerahan pada teriyaki dan juga pada daging sapi panggang.

Vidalias

Vidalias adalah nama resmi dari bawang bombay, berbentuk ovoid, berwarna kuning dan tumbuh di sekitar kota Vidalia, Georgia. Sangat rendah dalam kandungan asam piruvat, namun tetap saja dapat membuat mata menjadi terasa perih. Vidalias termasuk dalam kategori bawang yang paling lembut.

Seperti apa bentuknya: Sempit pada batang dan akar, melebar pada bagian tengahnya dan memutar ke atas, memiliki kulit yang berwarna kuning dan ringan.

Bagaimana dengan rasanya: Super manis dan renyah, sangat cocok juga bila ingin dimakan mentah.

Cara membeli dan menyimpannya: Mencari Vidalias yang bagus di pasar yaitu antara akhir April dan awal September. Pililah bawang yang memiliki ukuran sedang tanpa memar apapun, ini akan memberikan rasa yang terbaik. Untuk penyimpanannya, kalian bisa membungkusnya dengan kertas dan memasukkannya ke lemari es dan ini dapat bertahan selama seminggu.

Cara menggunakannya: Pada akhir musim panas, ketika Vidalias dan tomat berada pada puncaknya, maka sangat cocok jika dibuat salad dengan memadukan irisan tomat dengan bawang bombay dan saus minyak yang dicampur dengan cuka. Ketika cuaca berubah menjadi dingin, mac ‘n’ cheese dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Ramps

Ramps dapat menandakan datangnya musim semi. Ini dapat mengembalikan produk yang segar dan halus setelah musim dingin yang panjang. Daun bawang ini memiliki rasa tajam seperti bawang putih.

Seperti apa bentuknya: Bentuknya hampir sama seperti daun bawang, tetapi ukurannya lebih besar dengan daun hijau yang melebar. Bagian bawah putihnya ramping dan terkadang memilikiki akar yang berwarna ungu terang. Di kota-kota besar harga dari ramps ini bisa terbilang cukup mahal. Ramps tumbuh seperti rumput liar di tempat-tempat seperti Appalachia dan Quebec.

Bagaimana dengan rasanya: Di anggap seperti Persilangan antara bawang putih dan bawang merah, dengan rasa yang dimiliki seperti cheeselike. Pucuknya dapat dimakan karena rasanya lebih ringan dan lebih manis dari pada bagian bawahnya.

Cara berbelanja dan menyimpannya: Sering dikaitakan sebagai salah satu tanda-tanda akan datangnya cuaca hangat. Ramps memiliki musim yang pendek, muncul di pasar petani di akhir musim dingin dan hanya ditemui di sana sampai awal musim semi.

Bagian bawah harus tegas, tidak berlendir dan puncak harus cerah tanpa ada bagian yang layu. Ramp dapat bertahan lama, tapi akan bertahan selama beberapa saat jika disimpan didalam kulkas dengan menggunakan kantung yang memiliki lubang.

Cara menggunakannya: Kalian bisa mencoba untuk memanggangnya atau membuatnya menjadi acar. Memberikan adonan pangsit dengan ramps. Menambah ramps pada biskuit dan frittatas. Membuat ramps ke sup dengan asparagus segar. Memasak risotto ekstra-rampy .

Yellow Onios

Sudah gak diragukan lagi kalau yellow onios adalah favoritnya orang Amerika. Hampir 90 persen dari bawang yang tumbuh di AS  berwarna kuning. Rasa yang dimilikinya cukup dalam, tapi tidak terlalu kuat, sehingga ini menjadi sangat cocok jika dicampur dengan masakan apapun. Bentuknya juga lebih besar dan memiliki rasa manis. Yellow onions ini berlabel Spanyol, ini adalah pilihan yang ringan yang bekerja dengan baik jika ingin diaplikasikan dalam keadaan mentah.

Seperti apa bentuknya: Mulai dari bentuk bola golf hingga ukuran softball, dengan daging yang berwarna kuning dan emas, kulitnya juga sangat tipis.

Bagaimana dengan rasanya: Ketika masih mentah, ini akan terasa sangat manis ketika dimasak.

Cara berbelanja dan menyimpannya: Yellow onios tersedia sepanjang tahun yaitu dapat dicari di musim panas dan awal musim gugur, ketika mereka belum disimpan dalam waktu yang lama, maka rasa manis yang dimilikinya masih sangat tajam, apalagi jika ini diambil pada awal musim dingin.

Carilah bawang dengan ukuran yang besar dan berat. Jika kalian berencana menggunakan bawang bombay jenis ini, maka kalian tidak perlu khawatir karena ini dapat disimpan sampai beberapa minggu, bawang ini dapat disimpan pada suhu kamar dingin atau di tempat gelap dan juga pada bagian keranjang yang terbuka.

Jika kalian berencana untuk menyimpannya lebih lama, kalian bisa membungkusnya secara individual dalam kertas atau menempatkan mereka dalam tas penyimpanan sayuran dan menyimpannya di lemari es.

Kalian juga dapat memotong dan mengupas bawang untuk dapat menyimpannya, kemudian membungkusnya dalam plastik dan meletakkanya pada lemari  es dan ingat agar tidak terlalu lama menyimpannya karena dapat membuatnya menjadi lembek.

Cara menggunakannya: Bagaimana untuk menggunakannya? Yellow onios sangat ideal untuk dimasak menjadi  sup, minuman dan braises.

Apa Manfaat Yang Bisa Di dapat Dari Bawang Bombay?

Tidak hanya memberikan rasa yang kriuk-kriuk di setiap gigitannya. Ternyata ada segudang manfaat yang bisa kalian dapat dari bawang bombay. Berikut ini adalah manfaatnya.

Meredakan nyeri perut

Bawang memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat meredakan sakit perut dan sindrom lambung lainnya. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan saponin pada bawang bombai yang memiliki kemampuan anti-spasmodic yang dapat mencegah gangguan perut dan memperlancar fungsi perut.

Mencegah penuaan dini

Bawang memiliki manfaat anti-penuaan yang sangat besar. Vitamin A, C dan E pada bawang bombai dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang berbahaya serta mencegah kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini. Bawang adalah salah satu sumber dari quercetin, yang dapat menjaga kulit kalian jauh dari keriput.

Membuat gigi jadi lebih kuat

Selain selenium, unsur mikro fluor merupakan unsur kimia yang diperlukan tubuh meskipun dalam jumlah kecil. Didalam tubuh fluor berfungsi untuk menjaga keseimbangan reaksi enzimatis yang berguna untuk menjaga kerapatan sel penyusun gigi dan memperkuat struktur gigi.

Mencegah Diabetes

Bawang bombay ini mengandung banyak kromium, yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah sehingga dapat membuat kerja insulin menjadi lebih efektif dan membuat berbagai organ tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

Membantu menjaga kesehatan jantung

Bawang bombay mengandung berbagai jenis antioksidan yang baik bagi jantung. Quercetin di dalam bawang bombay dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL  dan meningkatkan kadar kolesterol HDL, sehingga ini dapat menghambat pembentukan plak lemak di dalam dinding pembuluh darah dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar.

Bawang bombay juga mengandung tiosulfinat yang dapat mencegah pembentukan bekuan darah sehingga dapat membantu mengencerkan darah. Agen antiinflamasi (anti peradangan) seperti organosulfur dapat membantu melindungi pembuluh darah kalian dan mencegah terjadinya berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah serta stroke.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan vitamin yang cukup tinggi yang terdapat pada bawang bombay adalah vitamin B3 dan vitamin B9. Di dalam tubuh vitamin B3 memilki fungsi menjaga stabilitas kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, menyerap lemak dan menjaga keseimbangan genetis sel. Bagi kalian yang memiliki kandungan kolesterol dan gula darah diatas normal, cobalah untuk mengkonsumsi bawang bombay secara rutin agar kolesterol dan gula darah menjadi turun. Bawang ini juga sangat baik bagi kesehatan kardiovaskuler .

Bahaya Dalam penggunaan bawang bombay

Jauh dari manfaat yang dimilikinya bawang bombai juga memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuh. Memang bagi penderita hipertensi dan gangguan ginjal efek ini sangat berguna untuk meringankan kerja ginjal dan menurunkan tekanan darah.

Namun akan berefek sebaliknya jika tubuh tidak memiliki cadangan air yang cukup untuk produksi urine. Ya, efeknya akan menjadi membahayakan kesehatan tubuh. Tubuh akan akan menjadi lemas dan akan muncul gejala-gejala awal berupa kepala pusing dan mata berkunang – kunang.

Secara khusus, bawang bombay dengan kandungan folatnya juga melindungi kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung.

Nah, kalau sudah kayak gini, maka sebaiknya minumlah air putih lebih banyak lagi untuk menghindarinya. Dan bagi penderita diare, jangan coba-coba untuk mengkonsumsi bawang bombai secara langsung atau dengan olahan acar karena ini malah akan merusak pencernaan.

Gimana udah pada tahu kan kehebatan dari si bawang bombay ini. Kira-kira ada yang suka makan bawang bombay gak ya? Cobain aja sendiri kalau gak percaya.

Related Posts