stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Di Indonesia banyak kita temui sayuran hijau yang benar-benar bermanfaat. Gak cuma memiliki manfaat kesehatan juga sih tapi rasa dari sayuran juga enak-enak. Bagi kalian yang pecinta sayuran pasti setuju dengan pendapat mimin ini.

Ngomongin soal sayuran, mimin jadi teringat satu jenis yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Sayuran yang satu ini bisa ditemukan dimanapun. Nama sayuran ini adalah kangkung, mimin juga yakin kalau kalian kenal sama yang namanya kangkung. Banyak juga makanan olahan yang terbuat dari sayur kangkung ini lho salah satunya adalah ca kangkung.

Kita dapat menikmati masakan kangkung ini tidak hanya dirumah saja. Pada warung-warung nasi juga bisa ditemukan masakan sayuran ini. Bahkan terkadang di Restoran juga dapat ditemukan masakan kangkung ini.

Tapi guys,  walaupun kita mengatakan kangkung ini lezat dan sehat, ada satu negara yang melarang kangkung ada di negara mereka. Negara itu adalah Amerika, mereka mengatakan kalau pada sayuran kangkung ini terdapat zat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Apa ini benar? Biar gak penasaran kita ungkap disini saja ya, sekaligus kita mengenal tentang kangkung ini. Cekidot terus ya guys. Ada resepnya juga loh.

Pengertian Dari Istilah Kangkung

 

Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair.

Tanaman kangkung, dalam istilah botani disebut Ipomoea aquatica, memiliki panggilan yang berbeda di beberapa negara. Beberapa nama yang digunakan untuk menyebutkan tanaman kangkung antara lain water spinach, water morning glory, water convolvulus, morning glory, ong-choy atau swamp cabbage. Secara mengejutkan ternyata tanaman yang banyak kita jumpai di Indonesia ini ternyata dinyatakan sebagai tanaman berbahaya oleh Federal Noxious Weed Act.

Berdasarkan sebuah daftar yang dikeluarkan oleh Federal Noxious Weed Act, tanaman kangkung termasuk dalam tanaman yang berbahaya. Melakukan impor atau penyebaran tanaman kangkung, termsasuk juga benihnya, antar negara bagian di Amerika dinyatakan sebagai sesuatu yang ilegal. Pada beberapa negara bagian, tanaman kangkung dinyatakan tetap boleh ditanam untuk konsumsi yang bersifat pribadi dan harus dengan seizin badan yang berwenang.

Berdasarkan sebuah penelitian, ditemukan bahwa benih, bunga dan daun tanaman kangkung mengandung suatu senyawa yang disebut alkaloid ergoline. Senyawa ini selama berabad-abad telah digunakan banyak kebudayaan penduduk Mexico sebagai sebuah entheogen (sebutan senyawa psychoactive yang digunakan dalam kegiatan keagamaan atau spiritual) dan diklasifikasikan sebagai hallucinogens.

Benih dari morning glory kabarnya mampu menghasilkan efek yang sama kuatnya dengan LSD (lysergic acid diethylamide) ketika diambil dalam jumlah yang besar. LSD sendiri di banyak negara, termasuk Indonesia, dikategorikan sebagai zat psikotropika dan dilarang peredarannya. Tampaknya pemerintah Amerika yang menyadari bahaya penyalahgunaan tanaman kangkung tersebut memilih untuk melakukan tindakan pencegahan terlabih dahulu.

Jenis Dari Kangkung

Di atas tadi dikatakan bahwa kangkung memilki zat berbahaya. Nah, sebelum kita mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam kangkung ini lebih baik kita kenali dulu jenisnya.

1. Kangkung darat (Ipomea reptans).

Kangkung darat ini cuma dapat tumbuh di tempat kering. Ciri-cirinya yaitu batangnya lebih kecil serta berwarna putih kehijauan, daunnya tidak terlalu tebal serta lebih lunak, apabila dimasak lebih cepat layu/masak, serta mempunyai bunga yang berwarna putih bersih.

2. Kangkung air (Ipomea aquatica).

Kangkung air ini bisa tumbuh di daerah basah seperti parit, kolam atau genangan sawah. Ciri-cirinya yaitu batangnya semakin besar, berwarna hijau lebih gelap, daunnya lebih lebar serta sedikit keras, lebih lama layu bila dimasak serta mempunyai bunga yang berwarna putih kemerahan.

Ciri Kangkung Darat Dan Air Secara Morfologi

Berikut ini ciri-ciri dari kangkung yang lebih rinci:

  • Batang

Kangkung darat memiliki warna yang bedah daripada batang tanaan kangkung air.kangkung darat memiliki warnah putih kehijau – hijauan, batang tanaman kangkung darat memiliki ruas – ruas yang lebih besar daripada kangkung yang tumbuh di dalam air.

  • Daun

Kangkung darat memiliki daun yang lebih kecil dari pada daun kangkung air, sebab kangkung air memiliki daun yang besar dan berwarna hijau pucat, sedangkan daun kangkung darat kecil dan berwarna hijau tua.

  • Biji

Kangkung darat lebih banyak berbiji dari pada kangkung air. Itu sebabnya kangkung darat diperbanyak lewat biji, sedangkan kangkung air dengan stek pucuk batang.

  • Akar

Tanaman kangkung memiliki akar yang berserabut, warna akar kangkung darat lebih terang dari pada akar kangkung darat, serta memiliki akar yang lebih kuat dan lebih panjang dari pada kangkung air.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kangkung

Sayur kangkung mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut beberapa kandungan gizi yang terkandung dalam 100 gram sayur kangkung:

– Energi : 79 kJ (19 kcal)
– Serat : 2.1 g
– Vitamin A : 315 μg (mikrogram)
– Tiamin (B ) : 0.03 mg
– Riboflavin (B ) : 0.1 mg
– Niacin (B ) : 0.9 mg
– Folat (B ) : 57 μg
– Vitamin C : 55 mg
– Kalsium : 77 mg
– Zat Besi : 1.67 mg
– Magnesium : 71 mg
– Mangan : 0.16 mg
– Fosfor : 39 mg
– Kalium : 312 mg
– Sodium : 113 mg
– Zinc : 0.18 mg

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasak Kangkung

Ada beberapa kangkung yang seperti kita bahas tadi tumbuhnya ditempat yang kita anggap kotor, seperti di dekat  parit. Oleh karena itu, sebelum kalian akan memasaknya kalian harus memperhatikan langkah berikut.

1. Memilih kangkung yang segar

Ada dua jenis kangkung yang dikenal di Indonesia yaitu kangkung darat dan kangkung air. Perbedaan antara keduanya terletak pada cara mereka tumbuh. Kangkung darat ditanam di atas tanah dan tidak terendam air, sedangkan kangkung air tumbuh menjalar di atas permukaan air.

Tak terkait dengan jenisnya, ketika memilih kangkung sebaiknya kamu memilih kangkung yang segar. Kangkung yang segar ditandai dengan daunnya yang masih hijau dan tidak berwarna kekuningan. Batang kangkung yang segar juga memiliki tekstur yang padat dan keras. Kalau kamu menemukan kangkung dengan batang yang lunak, berarti kangkung sudah tak segar lagi.

2. Petik daun dan batang kangkung yang masih muda

Kangkung yang kamu pilih dari pasar tentunya tak mungkin telah bersih dari kotoran. Pertama, bukalah ikatan kangkung dan bersihkan dari berbagai jenis kotoran seperti batang rumput yang ikut dalam ikatannya. Jangan sekali-sekali menyiangi kangkung sebelum membuka ikatannya, agar tak ada tumbuhan lain ikut dalam masakan . Setelah itu, petik dan cukup ambil batang kangkung yang masih muda beserta daunnya.

Di tahap ini, perbedaan jenis kangkung cukup berpengaruh. Kalau kamu membeli jenis kangkung air, ada baiknya  membelah batangnya setelah membersihkannya. Kangkung air memiliki rongga batang yang lebih besar untuk mempercepat penguapannya. Rongga batang yang besar ini membuat banyak organisme air ataupun ulat menjadikannya sebagai tempat tinggal.

3. Membersihkan kangkung dari kotoran dengan air mengalir

Bersihkanlah kangkung dengan air mengalir secara menyeluruh, jangan sampai ada bagian yang terlupakan. Jika kamu tak mengolah kangkung secara langsung. Kangkung yang telah dipetiki  bisa kamu simpan di dalam kulkas. Dengan begitu, kangkung bisa bertahan selama kurang lebih satu hari. Tapi, karena kesegaran kangkung yang tak bisa bertahan lebih dari satu hari, sebaiknya kangkung langsung diolah setelah membelinya.

4. Memasak kangkung

Setelah benar-benar bersih, baru deh kangkung bisa kamu olah sesuka hati. Cara pengolahan kangkung yang paling umum ada dua, yaitu direbus dan ditumis. Untuk pengolahan ditumis, contohnya yaitu tumis kangkung yang bisa kamutemukan hampir di seluruh tempat makan.

Tumis kangkung ini bisa kamu variasikan juga dengan bahan lain, seperti jamur, udang, hingga daging sapi. Sedangkan untuk pengolahan kangkung dengan cara direbus contohnya adalah sajian plecing kangkung dengan siraman sambal sedap yang menggigit.

Manfaat Dari Makan Kangkung

Walaupun di negara lain kangkung dianggap berbahaya akan tetapi di negara kita sendiri jika memakan sayuran kangkung akan memiliki manfaat bagi tubuh.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat dari kangkung yang bisa kamu dapatkan, yaitu memberikan kesehatan yang alami untuk jantung. Jantung bekerja dengan memompa darah ke seluruh tubuh agar aliran darah menjadi ancar. Tidak perlu biaya mahal dan pengobatan yang ribet untuk menyehatkannya, cukup dengan mengonsumsi sayur ini dengan teratur

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat kangkung dapat membuat sistem imun menjadi lebih kuat. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatkan kualitas daya tahan tubuh agar semakin kuat. Efeknya, kamu akan mendapatkan tubuh yang semakin kebal dan tahan banting dari serangan penyakit, terutama penyakit yang mudah menular dari bakteri maupun virus.

  • Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Terkadang ada masa kita sulit sekali memasuki fase nyenyak saat tidur. Kondisi ini akan membuat tubuh menjadi kurang tidur dan istirahat. Akibatnya tubuh akan menjadi lemas dan tidak bergairah, bahkan sulit berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat mengkonsumsi kangkung yang dapat bersifat menenangkan, dengan cara mengendurkan saraf yang tegang.

  • Membantu Pembentukan Tulang pada Janin

Tidak hanya memberikan manfaat bagi orang-orang, bahkan janin pun bisa mendapatkan manfaat dari kangkung. Ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya dengan mengkonsumsi kangkung, dimana nutrisi dari kangkung tersebut akan dialirkan ke janin. Kalsium tersebut akan mendorong dan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin.

  • Detoksifikasi Racun dalam Tubuh

Tubuh kita seringkali terpapar polusi dan terkontaminasi dengan makanan yang banyak mengandung bahan kimia. Salah satu upaya untuk mengeluarkan racun tersebut adalah dengan mengkonsumsi kangkung. Kandungan seratnya yang tinggi akan mengikat lemak jahat, asam empedu dan kolesterol berlebih sehingga tubuh dapat mengeluarkan racun tersebut bersama feses.

  • Anti diabetes

Manfaat kangkung baik untuk mencegah penyakit diabetes. Sayuran ini merupakan jenis sayur yang mengandung banyak gizi untuk mengontrol kada gula dalam darah. Konsumsi sayuran ini tentunya juga perlu diimbangi dengan jumlah konsumsi gula yang tidak banyak agar khasiat sayurannya tidak sia-sia.

  • Menyehatkan otak

Khasiat kangkung mampu menjadi sumber makanan bergizi untuk otak. Tanpa disadari, kinerja otak terkadang bisa menurun jika kita tidak memperhatikan jenis makanan yang kita makan. Untuk itulah sangat disarankan untuk mengonsumsi sayur hijau ini dalam rangka membuat otak bekerja dengan lebih optimal dalam tubuh.

Efek Samping Dari Makan Kangkung

Segala sesuatu yang berlebihan dan tidak stetril memang tidak akan bagus untuk kesehatan. Begitu juga dengan kangkung ini. Jika tidak dicuci dengan bersih dan terlalu berlebihan dalam mengkomsumsinya pastilah akan memiliki efek buruk. Berikut inilah hal yang akan terjadi.

  • Mengantuk.

Kalau tadi kita memiliki imsomnia memanglah sangat cocok untuk makan kangkung, tapi  kamu juga harus hati-hati jika kamu makan kangkung disaat bekerja, bisa-bisa kamu bisa ditegur aama atasan kamu. Mitos yang mengatakan kangkung dapat membuat seseorang mengantuk itu benar adanya. Hal ini disebabkan kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu mempengaruhi saraf saraf bagian kepala.

  • Alergi.

Beberapa kasus menemukan sayur kangkung bisa menyebabkan alergi. Walaupun tidak pada semua orang tetapi beberapa orang mengalami alergi gatal gatal, ruam merah ataupun pusing sementara usai memakan kangkung. Penyebab alergi ini adalah zat magnesium yang terkandung didalam kangkung.

  • Gangguan Pencernaan.

Mengkonsumsi kangkung tanpa nasi dalam kadar yang berlebihan dapat mengganggu jaringan usus dan sekitarnya. Kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin yang dapat menyebabkan sistem pencernaan menjadi iritasi.

  • Keracunan

Jika kamu menyukai kangkung air berhati hatilah karena berpotensi mengandung bahan kimia logam hasil dari limbah rumah tangga atau industri yang biasanya terdapat pada tanah berair, Sungai atau kali , tanah lembab berlumpur dan pada bebatuan dimana kangkung air biasa tumbuh.

Jika terserap oleh tanaman kangkung maka besar kemungkinan bahaya sayur kangkung diakibatkan karena kangkung telah terkontiminasi logam logam berbahaya jenis mercury (Hg), Arsen (As), Tembaga (Cu), Seng (Zn) dan nikel (Ni).

Sisa limbah tersebut berpotensi menyebabkan keracunan jika masuk dalam aliran darah dan organ tubuh lain dengan kadar yang tinggi. Keracunan dapat diawali dengan mual , muntah, kepala pusing dan sakit perut.

  • Diare

Membiasakan diri untuk mencuci sayuran dengan air mengalir dan berulang ulang dapat membuat kita terhindar dari bahaya sayur kangkung yang disebabkan oleh bakteri, telur cacing atau mikrioorganisme lain yang masih melekat pada daun dan batang ketika dimasak.

Ada beberapa jenis mikroorganisme yang tetap bisa bertahan hidup pada temperatur suhu panas selama 1oo derajat celsius dalam waktu 20 menit. Hendaknya masaklah kangkung hingga lebih dari 20 menit agar seseorang yang mengkonsumsi tidak terserang sakit perut. Adanya bakteri, telur cacing atau mikkroorganisme lain dapat berkembang biak dan merusak jaringan usus dan lambung yang akhirnya menjadi penyebab diare berkepanjangan.

  • Penggunaan Vetsin

Ketika memasak sayur kangkung sebaiknya gunakan Vetsin atau penyedap rasa lain dengan kadar yang tidak berlebihan. Penggunaan penyedap rasa yang berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan kualitas nutrisi kangkung menjadi berkurang sehingga rentan menyebabkan munculnya bahaya berupa munculnya sakit kepala, Kejang kejang dan penurunan kesadaran.

  • Kolesterol meningkat

Apabila sayur kankung awalnya diolah dengan menggunakan minyak jelantah atau minyak bekas yang telah dipakai berulang kali untuk menggoreng bahan lain maka bahaya sayur kangkung dapat menjadi dua kali lipat , Karena telah tercemar dengan lemak trans yang dapat melukai dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan arteri yang ujung ujungnya memicu munculnya peningkatan kolesterol yang jika dalam jangka panajang mampu menimbulkan resiko serangan stroke.

Cara Memasak Kangkung Agar Tidak Cepat Layu

Bahan-Bahan:

  • 1 ikat kangkung hijau segar
  • 4 siung bawang putih yang sudah dicacah halus
  • 3 sdm kecap ikan
  • Garam dan merica secukupnya
  • 3 sdm minyak sayur atau minyak goreng
  • Air matang secukupnya

Cara Memasak:

  • Petik daun kangkung sebelum dimasak dan cuci hingga bersih
  • Tiriskan air sampai kangkung agak kering
  • Siapkan wajan dan masukkan minyak sayur ke dalamnya
  • Masukkan bawang putih dan tumis sampai harum
  • Kemudian, masukkan kangkung ke dalam wajan dan segera tambahkan air matang secukupnya
  • Kecilkan api dan tutup wajan selama 1-2 menit
  • Tambahkan kecap ikan serta sedikit garam dan merica
  • Aduk sebentar agar bumbunya tercampur rata
  • Matikan api dan pindahkan kangkung ke piring saji

Tumis Kangkung Terasi

Bahan:

  • 1 ikat kangkung
  • 1 lombok merah besar
  • lombok merah kecil (cabe rawit) sesuai selera
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Saus tiram ± 3 sdm
  • Lengkuas 1/3 ruas jari
  • Sedikit garam
  • Gula aren/gula pasir secukupnya
  • Terasi
  • Tomat
  • Mentega / minyak

Cara Memasak Tumis Kangkung:

  • Siapkan kangkung yang telah dibersihkan dan di petik daunnya.
    Iris bawang merah dan bawang putih, tomat dan cabai
  • Panaskan mentega atau minyak di atas penggorengan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  • Masukan cabai , terasi dan lengkuas segera lingkarkan saus tiram di pinggir2 bumbu yang sedang ditumis, bukan langsung ke bumbunya.
  • Setelah itu masukan kangkung yang telah di cuci, jangan ditambahkan air. usahakan jangan menambahkan air ketika menumis sayuran. karena sebenarnya air akan keluar sendiri dari kangkung yang dicuci, kemudian mengecilkan api.
  • Setelah matang/atau hampir matang masukan garam dan gula. tahap terakhir ini usahakan untuk mencicipi dahulu kuahnya. karena biasanya terasi dan saus tiram sendiri sudah asin.
  • Masukan tomat dan siap di hidangkan hangat-hangat.

Kesimpulan:

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa manfaat yang memang bisa kita dapatkan dari kangkung ini. Namum, tetap harus ada pengontrolan ketikan memakannya termasuk juga kebersihan saat akan memasaknya. Agar tidak ada masalah yang timbul dari kangkung ini.

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan tentang kangkung. Pastikan sebelum membaca artikel ini perut kalian dalam keadaan terisi. Karena jika tidak perut kalian akan berbunyi sebagai tanda bahwa kalau kalian ingin makan kangkung. Hehe….

Related Posts