stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernakah gak sih kalian ngeliat orang yang selalu mencabuti alisnya hanya untuk membentuk alis mereka? Biasanya mereka akan menggunakan alat seperti pinset untuk mencabut alis mereka. Tapi ada juga sih yang mencukur alisnya dengan menggunakan pisau cukur. Ada yang bilang mereka melakukan ini untuk merapikan alis dan ada juga yang melakukan ini hanya untuk membentuk alis mereka.

Untuk sekarang ini, bagi kalian yang memang ingin membentuk alis, kalian gak perlu repot-repot lagi untuk mencabut atau bahkan mencukur alis kalian. Sekarang ini telah ada tren terbaru yang katanya dapat membentuk alis bahkan hasilnya yang bisa bertahan lama. Tren ini dinamakan dengan sulam alis. Kayak apa sih sulam alis itu? Yuk, cari tahu bareng mimin.

Apa Itu Sulam Alis

Sulam alis adalah proses dari mengaplikasikan tinta ke lapisan kulit luar yang berupa serat-serat bulu alis dengan bentuk yang telah disesuaikan sebelum proses menggunakan mesin khusus ( embroidery machine) . Tinta yang digunakan juga berbahan dasar herbal, tidak seperti tato alis yang bisa bersifat permanen sulam alis hanya bertahan hingga 2 tahun.

Biasanya mereka akan menambahkan pigmen berwarna pada kulit, teknik ini seperti mengisi bintik-bintik pada alis kalian untuk memberikan tampilan penuh  pada alis dan tanpa cela. Biasanya hasil yang tampilkan dari teknik ini adalah sangat alami. Ini dikarenakan pigman yang dipakai hampir menyerupai dengan warna alis kalian.

Beberapa Jenis Dari Sulam Alis

Nah, sebelum kita memasuki lebih dalam tentang sulam alis ini. Sebelumnya mimin akan memperkenalkan terlebih dahulu tentang berbagai jenis dari sulam alis ini.

  • Sulam Alis 2 Dimensi (2D)

Setelah tren tattoo alis membanjiri fasilitas kecantikan untuk para wanita, kini telah muncul layanan perawatan sulam alis dalam bentuk 2 dimensi, sulam alis bisa disebut sebagai perawatan alis yang lebih baik daripada tattoo alis. Sulam alis dalam bentuk 2 dimensi ini memiliki arsiran dengan pola sejajar (teknik single line) dan digambar hanya dalam 1 arah.

Karena penggambaran bulu alis hanya dengan pola sejajar/searah, maka hasil yang terlihat tidak akan menjadi natural dan kaku. Teknik sulam 2 dimensi ini sebenarnya lebih cocok diterapkan untuk alis yang sudah memiliki bentuk, tetapi kurang lebat sehingga dengan melakukan sulam alis teknik 2 dimensi hanya akan mengisi kekosongan di beberapa bagian alis saja untuk membuat alis terlihat lebih penuh.

  • Sulam Alis 3 Dimensi (3D)

Setelah teknik 2 dimensi, muncul lagi teknik 3 dimensi yang tentu memiliki hasil yang lebih baik dari teknik 2 dimensi. Perbedaan teknik sulam alis 3 dimensi ada pada mata pulpen (alat yang digunakan untuk menggambar bulu alis) yang lebih lentur dan tipis.

Mata pulpen yang digunakan lebih lentur & tipis sehingga ini akan  memungkinkan pembentukan pola arsiran bulu alis yang tampak lebih natural dan lebih melengkung. Arsiran bulu alis dengan pola cross line & melengkung akan membuat alis kamu terlihat natural seperti alis asli dan akan kelihatan lebih tebal dari sulam alis 2 dimensi.

Hasil akhir dari teknik 2D atau 3D ini dapat bertahan hingga 3 tahun karena ini bersifat semi permanen. Sela-sela alis yang kosong akan diisi dengan goresan tinta yang dibentuk seperti rambut alis sehingga dapat membuat alis tampak lebih padat namun masih terlihat alami.

  • Sulam Alis 4 Dimensi (4D)

Teknik sulam alis 4 dimensi ini merupakan pengembangan dari teknik 3 dimensi. Baik 4 dimensi atau 3 dimensi sama-sama memiliki hasil yang sama, tapi semakin tinggi tingkatan dimensi yang digunakan maka akan semakin cantik dan tampak alami bentuk alisnya. Teknik 4 dimensi ini memberikan arsiran rambut yang lebih lebat dan juga memberikan efek bayangan rambut pada alis, sehingga akan membuat lebih terlihat natural daripada teknik-teknik sebelumnya.

Teknik sulam alis 4 dimensi menggunakan pewarna organik dengan molekul nano yang cepat diserap oleh kulit. Untuk kamu dengan budget terbatas kalian tetap dapat mencoba teknik sulam alis 4 dimensi karena tentu biayanya juga lebih murah dari teknik terbaru (teknik 6 dimensi).

  • Sulam Alis 6 Dimensi (6D)

Saat ini teknik sulam alis sudah memasuki teknik 6 dimensi. Kelebihan dari teknik sulam alis 6 dimensi daripada teknik yang lainnya adalah hasil yang diberikan menjadikan alis terlihat lebih alami & makin hidup karena arsiran rambut alis lebih rapat sehingga akan nampak lebih lebat. Banyak wanita lebih menyukai sulam alis 6 dimensi karena di buat juga arsiran bayangan di balik setiap serat rambut alis sehingga akan memberikan hasil akhir yang alami dan lebih indah.

Bagaimana Cara Membuat Sulam Alis?


Pertama, seorang yang dalam membuat alis akan membersihkan alis dengan menghilangkan alis kalian. Kemudian, mereka akan memberikan krim anestesi yang akan diterapakan pada alis untuk mengurangi sensasi rasa sakit akibat penghapusan alis.

Setelah alis yang diinginkan akan dibentuk, maka teknisi akan menggunakan pisau kecil untuk memotong potongan-potongan lapisan kulit yang sangat kecil pada dan menerapkan warna baru di tempatnya. Pisau yang digunakan mirip dengan pisau Exacto, bentuknya sangat tipis dan juga sangat tajam.

Mungkin akan ada terjadi kemerahan dan bengkak kecil pafa kulit, tapi tenang saja dan jangan terlalu khawatir, rasa sakit dan kemerahan ini akan menghilang dalam beberapa jam tapi ada juga sih yang bisa hilang dalam beberapa hari. Warna akan cenderung memudar sekitar 50 sampai 70 persen dalam dua minggu pertama sehingga sesi tindak lanjut akan diperlukan.

Hal yang paling penting ketika membuat sulam alis ini adalah jangan menggosok alis atau mencabuti setiap scabs yang dapat membentuk alis, ini dilakukan untuk melindungi alis baru. Karena pengobatan ini semipermanen,  maka akan selalu diperlukan sentuhan-up dari waktu ke waktu.

Apakah Membuat Sulam Alis Itu Aman?

Seperti halnya prosedur kosmetik, sulam alis juga aman-aman saja selama kalianberhati-hati dalam memilih tempat untuk membuat sulam alis. Sesi pembuatan sulam alis ini akan memakan biaya dari $300 sampai $600.

Jika kalian menemukan sebuah salon yang menawarkan biaya yang murah, kalian harus mengajukan beberapa pertanyaan untuk memastikan tidak akan ada penyesalan di kemudian hari. Untuk memastikan kalian tidak salah pilih dalam mendapatkan pengobatan kualitas terbaik dan untuk meminimalkan risiko infeksi, pastikan teknisi kalian memenuhi kualifikasi dan  memiliki sertifikasi dari sebuah perusahaan terkemuka.

Kalian juga harus menanyakan tentang sterilisasi. Hal ini sangat penting karena semua alat-alat yang digunakan harus benar-benar steril untuk menghindari penularan infeksi bakteri. ‘Sangat fidak diajurkan untuk memakai jarum dan pisau secara berulang,’. ‘Klien harus melihat paket-paket yang baru dibuka di depan mereka.’ Ini semua untuk memastikan semuanya benar-benar aman.

Siapakah Yang Boleh Memakai Sulam Alis?

Memang sih sulam alis ini boleh untuk siapapun dan dapat dilakukan pada siapa pun, tetapi sebenarnya biasanya sulam alis dimaksudkan untuk orang yang memiliki alis yang cukup tipis, orang yang mengalami kebotakan pada alis ataupun orang-orang yang selalu mencabuti alis secara berlebihan.

Sampai pada akhirnya, alis akan berhenti tumbuh akibat pencabutan yang berulang, Meskipun kalian mencoba untuk membuatnya tampak tebal tapi sebenarnya itu sia-sia. Maka sulam alislah yang akan membuat alis kalian tampak lebih secara alami. Satu hal lagi sulam alis juga sangat cocok untuk para penderita Alopecia.

Fakta Unik Tentang Sulam Alis

Sebenarnya ada beberapa fakta unik yang harus kalian tahu tentang sulam alis jadi kalian gak akan salah dalam memilih perawatan sulam alis

  • Sulam alis memiliki banyak nama

Beberapa orang ada yang menyebutnya tato alis 3D dan beberapa ada yang menggunakan istilah sulam alis, akan tetapi istilah yang paling umum dan harfiah sebenarnya adalah microblading. Selanjutnya terserah kalian dan kalian bisa memilih sendiri mana yang lebih gampang disebut!

  • Sebenarnya sulam alis berbeda dengan tato alis

Ada suatu alasan mengapa hal ini lebih sering disebut sebagai microblading atau sulam alis tapi bukan “tato alis”dan itu adalah karena reputasi buruk dari tato pada alis. Hasil dari tato alis biasanya terlalu gelap, tipis dan bahkan kesannya pun tidak wajar, sementara membuat sulam alis bertujuan untuk meniru alis nyata sehingga mereka cenderung terlihat lebih alami.

  • Sulam alis harus dilakukan oleh seorang yang profesional

Masih banyak yang menganggap kalau sulam alis itu sama dengan tato alis. Oleh karena itu, kalian harus hati-hati dalam memilih orang yang akan membuat sulam alis kalian dan memastikan bahwa mereka benar-benar ahli dalam hal ini. Hanya salon yang memiliki sertifikat lah yang dapat menjamin keamanan ketika kalian membuat sulam alis. Para ahli yang memang sudah profesional pun tetap harus berkonsultasi dengan kalian tentang pilihan bentuk dan warna sebelum memulai proses sulam alis, jadi jangan takut untuk pilih-pilih dan bertanya ya.

  • Jangan takut jika mahal sedikit

Para seniman alis profesional perlu menjalani banyak pelatihan untuk memulai sulam alis pada klien dan proses itu sendiri sebenarnya sangat rumit dan memerlukan mata yang besar untuk melihat dengan detail dan tepat. Peralatan yang digunakan juga bukan main-main, karena segala sesuatu harus bersih dan aman dan terlebih lagi harus selalu baru. Ini memanglah prosuder dari investasi tapi jika kalian memang ingin untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Kalian harus bersedia untuk menghabiskan sekitar 30 ribu dolar.

  •  Tidak menggunakan jarum, sulam alis lebih menggunakan pisau dan tinta

Untuk mencapai tampilan alis yang lebih alami, seniman alis menggunakan pisau kecil untuk membuat luka kecil di alis dan kemudian mereka mengisi luka dengan tinta, maka inilah yang dinamakan dengan istilah “microblading”.

  • Tidak akan terasa menyakitkan seperti pembuatan tato

Sebagian besar seniman alis akan menggunakan krim mati rasa atau anestesi untuk menghindari dari proses yang menyakitkan. Jika memiliki suatu alergi untuk pemberian krim sebaiknya kalian harus menggumakan krim anestesi saja, maka pembuatan sulam alis tidak akan melukai kalian. Kebanyakan orang mengatakan tato alis menyakitkan tapi tidak dengan sulam alis.

  •  Setelah sesi pertama selesai, alis yang terlalu gelap akan memudar

Menurut para seniman alis ini, alis yang berwarna terlalu gelap hanya akan tampak sekitar tiga sampai lima hari setelah sesi pertama selesai, setelah melewati maka warna alis yang terlalu gelap akan memudar dan mulai terlihat lebih alami.

Yah, itulah penjelasan mengenai sulam alis yang sekarang ini selalu dicari banyak orang. Bagi kalian yang memang mau membuat sulam alis ini sebaiknya lebih teliri dalam mencari orang yang ahli dalam membuat sulam alis. Agar tidak ada penyesalan di kemudian hari karena biasanya penyesalan datangnya selalu telat.

Related Posts