stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Biasanya dalam sebuah pernikahan, para pengantinnya pasti ada yang memakai hiasan bunga , baik pada pengantin prianya maupun wanitanya. Ternyata hiasan itu bukan hanya sekedar pajangan saja. Ada proses tersendiri dalam cara pemakainnya. Biar gak penasaran lagi, yuk kepo-kepoin mimin,

Apa Itu Boutonniere?

Boutonnière berasal dari bahasa Prancis yang berarti adalah sebuah hiasan bunga yang dikenakan oleh laki-laki, biasanya sebuah bunga tunggal atau bud. Boutonnière juga bisa berarti “lubang kancing”.

Pada waktu zaman dulu, boutonnières biasanya hanya akan dipakai pada acara-acara khusus seperti di acara sekolah, perkumpulan organisasi, penguburan dan pernikahan. Perempuan yang memakai jaket pada kesempatan ini juga berkesempatan memakainya , akan tetapi  biasanya seorang wanita lebih sering memakai korsase (bunga yang dililitkan pada tangan).

Siapa yang berhak memakai Boutonniere dalam acara pernikahan?

Sebenarnya tidak ada yang melarang bagi siapapun yang ingin memakai boutonniere. Akan tetapi kebanyakan yang memakai hiasan ini adalah orang tua, kakek-nenek dan yang masih termasuk anggota keluarga dan juga pembawa acara tapi sebenarnya sih tergantung pada kalian.

Pengantin wanita juga akan memberikan korsase kecil pada semua wanita yang menghadiri acara pernikahannya, dan pengantin pria akan memberikan bunga kepada setiap tamu. Bunga-bunga yang diberikan kepada para tamu kehornatan biasanya adalah mawar, meskipun sebenarnya Aster gerbera yang paling banyak disukai orang.Selama kalian merasa nyaman bahwa kalian telah melayani para tamu, jangan lupakan untuk memberikan bunga kepada adik kandung kalian sendiri .

Ada cara lain untuk memberikan hiasan ini kepada para tamu yaitu dengan menyediakan sebuah meja, di mana para tamu bisa membuat korsase dan boutonnieres mereka sendiri. Tempatkan sebuah wadah yang berisi bermacam-macam bunga dan aksesori pendukung lainnya sekaligus beberapa petunjuk agar tamu kalian dapat membuat korsase atau boutonniere. Ini adalah salah satu cara menarik untuk melibatkan para tamu kalian dan bayangkan kalian juga akan mendapatkan foto-foto yang indah.

Boutonniere seperti apa yang harus dipakai?

Boutonniere atau korsase merupakan pin yang dipasang pada jas pengantin pria. Boutonniere formal biasanya akan berbahan dasar bunga, namun seiring berjalannya waktu, kini bentuk boutonniere semakin variatif. Penggunaan boutonniere bukan hanya sekedar aksesori semata, tetapi juga mempermanis penampilan pria. Jika memilih model yang tepat, aksesori mungil ini pun akan sukses mencuri perhatian orang sekitar.

– Penggunaan boutonniere akan membuat pengantin pria tampak jauh lebih ceria. Apalagi jika yang dipilih berasal dari tiga potong bunga berwarna cerah seperti berikut ini. Sangat pas dengan tuksedo abu-abu yang akan dikenakan oleh sang pengantin pria. Dijamin makin cakep.

-Kreasikan korsase dengan perpaduan bunga dan buah berry. Dijamin, sang pria pun akan tampil manis, semanis buah berry. Hehehe…

-Boutonniere dengan sentuhan detail kain goni ini akan membuktikan bahwa goni merupakan kain serbaguna yang bisa diaplikasikan mana-mana. Lihatlah betapa imutnya buket bunga yang terbungkus kain goni sebagai boutonniere seperti ini. Jadi kalau goni dirumah jangan langsung dibuang ya.

-Detail kancing ini akan membuat boutonniere ini mendapat kesan buatan rumah yang bisa membuat orang terpana. Kamu pun bisa berkreasi sendiri dengan menjahit beberapa buah kancing yang kemudian akan dirangkai dalam bentuk unik seperti boutonniere berikut ini.

-Bagi kamu yang ingin tampil unik dan sedikit berkreasi, ide mengganti boutonniere berbahan bunga dengan bendera seperti berikut ini patut kalian coba hasilnya juga keren kok.

-Bouttonniere berbentuk bintang laut ini akan menjadi sangat pas dengan pesta pernikahan yang memiliki  tema pantai. Bentuk bintang laut yang unik ini akan membuat siapa saja ingin meliriknya bahkan mencomotnya.

-Jika kamu ingin melupakan sejenak tentang bunga sama sekali, maka kalian dapat memilih  sesuatu yang lebih sederhana seperti bulu-bulu coklat.

Jenis bunga seperti apa yang cocok untuk pernikahan?

Mungkin sebagian dari kalian masih ada yang bingung harus bunga seperti apa yang cocok untuk pernikahan kan, Nah, disini mimin punya rekomendasi untuk kalian loh. Siapa tahu kalian juga menyukainya.

-Polip

bunga ini berarti asumsi. Biasanya inilah yang terbaik untuk dipakai pada pesta pernikahan. Bunga ini umumnya tersedia dari musim gugur ke musim semi. Tingkatnya juga sederhana.

-Baby’s breath

Bunga ini bisa diartikan dengan kebajikan. Ini umumnya akan digunakan sebagai pengisi untuk pengaturan korsase. Ini sudah tersedia sepanjang waktu dan lumayan ekonomislah.

-Calla Lily

Ini merupakan bunga yang paling banyak dipakai di event-event pernikahan kerana ia mewakili keanggunan yang indah. Ini terbaik untuk dijadikan karangan bunga dan setup. Blossom ini tersedia dari musim semi ke musim panas dan juga sangat mahal.

-Krisan

Bunga yang satu ini paling sering ditawarkan untuk acara pernikahan, selain biayanya efektif, bunga ini juga sangat mudah diatur. Gak cuma itu, krisan juga melambangkan kekayaan, kelimpahan dan juga kejujuran.

-Daffodil

Ini juga merupakan salah satu bunga yang terbaik untuk pengaturan acara pernikahan. Hemat biaya dan hanya tersedia sepanjang periode musim semi.

-Daisy

Bunga ini bisa disesuaikan dengan perasaan kalian dan juga sangat ideal untuk dibawa pada acara pernikahan. Biaya juga murah loh.

-Delphinium

Bunga ini sangat baik untuk mewakili kecepatan dan kelincahan. Harganya juga terjangkau dan hanya ada pada saat musim panas,

-Gardenia

Jika bunga ini mekar maka akan menandakan kemurnian dan kegembiraan dan ini juga paling cocok untuk dijadikan boutonnieres. Gaedenia memang tersedia sepanjang tahun, tapi ya agak mahal lah.

-Heliotrope

Bunga ini menunjukkan tentang pemahaman serta terbaik untuk dijadikan karangan bunga. Ini tersedia sepanjang musim semi dan musim gugur. Harganya juga mahal.

-Iris

Iris membawa pesan tentang kepercayaan serta kebijaksanaan. Bunga ini sangat ideal dalam acara pesta pernikahan. Iris termasuk bunga yang paling disukai dan hanya tersedia selama musim semi.

-Lavender

Jika bunga ini mekar maka dapat menyiratkan perasaan cinta pertama dan cocok untuk dijadikan korsase. Jika kalian menyukai lavenders lokal, mereka hanya akan tersedia  selama musim semi. Jika kalian memilih lavenders Perancis, mereka tersedia sepanjang tahun.Biaya juga mahal.

Apa yang harus dilakukan agar bunga tetap segar?

Menjaga bunga agar tetap cantik dan segar untuk hari pernikahan adalah tugas yang benar-benar harus diperhatikan. Pastinya kalian gak mau kan memiliki korsase dan boutonnieres yang telah dipesan layu dan hancur berantakan pada hari besar tersebut? Makanya sebelum hal itu terjadi kalian bisa mencoba cara ini.

-Hindari minta diantarkan terlalu cepat dari hari pernikahan

Kalian bisa meminta agar pesanan bunga diantar satu atau dua hari sebelum hari pernikahan, sehingga kalian tidak harus menyimpannya terlalu lama. Jangan lupa untuk berkoordinasi dengan floris untuk jadwal pengiriman yang terbaik. Namun, kalian juga harus memesannya jauh-jauh hari terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan bunga pada toko bunga tersebut.

-Semprotkan dengan air dan sealant

Untuk menjaga agar bunga tetap segar, kalian bisa menyemprot ujung batang dengan air dingin agar menjaga bunga tetap mekar. Ketika kalian akan memakainya, semprotkan sealant bunga secara ringan pada kelopak dan batangnya. Hal ini akan memastikan bunga tetap terlindungi sampai hari pernikahan.

-Jika disimpan semalaman,  maka dinginkanlah

Jika bunga-bunga hanya akan disimpan selama satu malam, cobalah untuk mendinginkanya. Jangan sembarangan memasukkan per-batang ke dalam lemari es. Pilih tempat di mana bunga tidak mudah hancur oleh makanan atau benda lain. Juga, jangan menempatkan mereka dalam freezer, karena bunga-bunga tersebut akan membeku dan terlihat mengerikan saat mengeluarkannya.

Cari tempat seperti rak dekat pintu dan hindari mendinginkannya selama lebih dari 24 jam, karena beberapa makanan mungkin akan terkontaminasi dari gas yang dikeluarkan oleh bunga.

-Gunakan bunga yang cenderung kuat

Pesanlah bunga yang cenderung kuat dan bisa bertahan lama. Bunga jenis ini ketika mekar akan terlihat lebih kuat, dapat tahan dari berbagai suhu dan kondisi tanpa mudah layu atau terlihat layu saat dipakai. Beberapa bunga yang disarankan adalah mawar, anggrek, krisan (chrysanthemums) dan baby’s breath. Pastikan kalian juga meminta rekomendasi ahli floris untuk menyediakan jenis bunga yang cenderung kuat berdasarkan pengalaman mereka.

Bagaimana cara memakai korsase?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mengenakan korsase dan bahkan kalian juga akan menjadi bingung untuk memilih salah satunya. Ingat bahwa tidak ada yang benar atau salah, karena itu semua kembali pada jenis pakaian yang akan dikenakan dan preferensi pribadi kalian sendiri. Berikut adalah beberapa cara agar kalian dapat menggunakan korsase dengan benar.

-Menyematkan korsase

Korsase yang disematkan biasanya dikenakan pada gaun dengan aksen pada lengan. Satu hal yang juga harus kalian pertimbangkan adalah bahan gaun. Jika kamu atau bagian dari pihak pengantin akan mengenakan sesuatu yang halus dan lembut, seperti sutra ringan atau renda, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan bunga yang terlalu berat sehingga mereka tidak akan merusak kain.

-Pada cuff (manset)

Bagi yang tidak mengakomodir jenis busana di bagian dada, maka kalian dapat mencoba memakai bunga di cuff atau manset. Beberapa jenis bunga akan nampak indah hanya dengan satu bunga, sementara ada juga yang lebih menyukai lebih banyak bunga. Apapun yang kalian suka, penempatan pada pergelangan tangan akan tetap terlihat lebih manis dan menawan.

-Dipegang

Cara lain untuk membawa bunga juga bisa dengan cara menggenggamnya pada tangan kalian. Buket bunga mini, biasanya dikenal sebagai posy, ini adalah pilihan yang sangat populer untuk para pengiring pengantin saat ini. Terlihat indah dan lebih serbaguna untuk para pengiring pengantin karena terlihat lebih praktis.

Alternatif lain: boutonniere tanpa bunga

Setelah kalian mengetahui beberapa korsase dan boutonnieres yang indah, mungkin ide yang bagus untuk mendatangkan beberapa pilihan boutonniere non-bunga yang dapat kalian pertimbangkan untuk hari pernikahan .

Hal yang menakjubkan tentang jenis ini adalah fleksibilitas mereka dan kenyataan bahwa kalian benar-benar dapat menyesuaikanya dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa ide yang cukup keren untuk dicoba.

Bros Bahan Metal

Tidakkah aksesori metalik ini kelihatan cukup menarik? Jika kalian bukan penggemar korsase bunga tradisional, maka bentuk modern ini dapat menjadi pilihan terutama jika kalian sedang mencari sesuatu yang edgy dan khas untuk hari pernikahan .

Yah, itulah penjelasan tentang bountonniere dan korsase yang biasa dipakai pada pesta pernikahan. Ada yang mau coba pakai korsase?

Related Posts