stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Bagi seorang wanita, kecantikan adalah segalanya sehingga mereka akan melakukan apapun agar mereka terlihat sempurna. Mereka tidak akan segan mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk membuat diri mereka cantik.

Apalagi untuk bagian rambut yang dikatakan sebagai mahkotanya wanita. Memiliki rambut yang indah adalah impian dari setiap wanita. Salah satu yang membuat rambut wanita terlihat indah adalah rambut yang bervolume. Tapi gimana caranya biar rambut kita bisa bervolume? Apa kita harus rajin kesalon ya?

Aduh ladies, gak mesti sering-sering ke salon, di rumah kita juga bisa kok membuat rambut jadi bagus yaitu dengan rajin melakukan perawatan rambut dan pakai hair dryer untuk membuat volume pada rambut.

Ngomongin soal hair dryer ini, ternyata alat ini gak hebat untuk rambut aja loh. Ada banyak kehebatan lainnya yang masih belum kita ketahui. Apa aja sih itu? Yuk, kita lihat disini penjelasannya.

Pengertian Dari Hair Dryer

Pengering rambut atau yang biasa yang disebut dengan hair dryer adalah sebuah perangkat elektromekanis yang dirancang untuk mengeluarkan udara panas atau normal pada rambut lembab. Ini bertujuan untuk mempercepat penguapan partikel air agar lebih cepat mengeringkan rambut.

Pengering rambut ini lebih memungkinkan dalam pengontrolan bentuk dan gaya rambut atau juga dapat mengontrol pembentukan ikatan hidrogen pada masing-masing helai rambut. Ikatan hidrogen ini sangat kuat (sehingga memungkinkan untuk pembentukan rambut yang lebih kuat daripada pemakaian pembentuk rambut).

Namun, pemakaian alat ini sangat rentan terhadap kelembaban dan bersifat sementara. Bentukan rambut akan menghilang hanya dengan satu kali mencuci rambut.

Gaya rambut yang menggunakan pengering rambut biasanya akan memiliki volume dan tentunya lebih mudah diatur. Pembentukan rambut ini juga dapat ditingkatkan dengan menggunakan produk styling dan sisir selama masa pengeringan. Ini bertujuan untuk menambah ketegangan dan agar lebih tahan lama..

Pengering rambut ini ditemukan sekitar akhir abad ke-19. Model pertama diciptakan oleh Alexander F. Godefroy di salonnya “Beau” yang berada di  Prancis pada tahun 1890. Pengering rambut untuk dipakai dirumah pertama kali muncul pada tahun 1920.

Inspirasi Pengering Rambut Berasal Dari Vacuum Cleaner

Sebelum adanya penemuan pengering rambut, biasanya para pria dan wanita mengeringkan rambut dengan menggunakan vacuum cleaner ( waduh gimana cara pakeknya gak bisa mimin banyangin) .

Bahkan katanya juga nih, model asli dari pengering rambut yang diciptakan pada tahun 1890 oleh Alexander Godefroy ini mengambil inspirasi dari vacuum cleaner. Alexander menciptakannya untuk digunakan pada salon rambut di Perancis, tapi pada saat itu pengering rambutnya tidak menggunakan portabel ataupun di genggam, melainkan hanya bisa digunakan dengan duduk di bawahnya.

Pengering rambut ini berbentuk seperti kubah plastik keras yang dapat diturunkan dan dicocokkan di atas kepala seseorang untuk mengeringkan rambut mereka. Udara panas akan bertiup keluar melalui lubang kecil  yang ada di sekitar bagian dalam kubah sehingga rambut seseorang dapat dikeringkan secara merata.

Sampai sekitar memasuki tahun 1915 pengering rambut ini pun mulai didistribusikan di pasar dalam bentuk genggam. Hal ini disebabkan oleh adanya inovasi dari Stamping Nasional dan Electricworks yang mensponsorinya pada tahun 1915 dan kemudian AS Racine Universal Motor Company dan Hamilton Beach Co kemudian merombak pengering rambut duduk nwnjadi dapat di genggam.

Listrik yang digunakan adalah 100 watt, sehingga butuh waktu yang lebih lama untuk membuat rambut kering (pengering rambut kekinian dapat menggunakan hingga 2000 watt panas). Sejak tahun 1920, pengembangan pengering rambut terutama difokuskan pada peningkatan eksterior watt dan perubahan materi.

Sejak awal, mekanisme pada pengering rambut tidak memiliki perubahan yang signifikan. Salah satu perubahan yang menonjol pada pengering rambut adalah bahannya yang berubah menjadi plastik sehingga membuat alat ini menjadi lebih ringan.

Ketika memasuki tahun 1960 dengan pengenalan motor listrik yang lebih baik dan peningkatan bahan plastik yang lebih berkualitas akhirnya terciptalah mesin baru pada alat pengering rambut ini. Perubahan ini terjadi pada tahun 1954 yaitu ketika GEC mengubah desain pengering untuk memindahkan motor listrik untuk dipindahkan di dalam casing.

Untuk mekanisme yang satu ini, keamanannya pun jauh lebih terjamin daripada yang sebelumnya, Pihak Consumer Product Safety Commission pun telah memberikan peringatan bahwa pengering rambut harus memiliki keamanan yang terjamin sehingga proses produksinya dapat berkembang lagi.

Sejak tahun 1991 CPSC telah diamanatkan oleh hukum AS bahwa semua pengering harus menggunakan interrupter, ini diwajibkan agar costumer tidak kesetrum saat memakainnya.

Ternyata penggunaan interrupter sangat membantu, karena di tahun 2000 kematian yang disebabkan oleh blowdryers telah turun menjadi kurang dari empat orang per tahun. Ini juga bisa dikatakan sebagai perbedaan mencolok lainnya jika dibandingkan dengan ratusan kasus kecelakaan listrik yang terjadi selama pertengahan abad kedua puluh.

Dalam hal kesehatan, penggunaan pengering rambut ini dapat dianggap sebagai hal yang positif. Ini dikarenakan ada beberapa jenis pengering rambut yang memang bisa digunakan sebagai pengusir kutu kepala. Secara keseluruhan, mulai dari ukuran, berat, tingkat kebisingan dan penampilan dari pengering rambut ternyata telah berubah secara dramatis. Pengering rambut ini juga memilki bahan plastik yang efisien sehingga lebih mudah untuk digunakan.

Ada dua jenis utama lainnya dari blowdryers selain model genggam. Ini adalah pengering rambut dengan model kap dan pengering rambut model hood. Pengering rambut ini telah diperkenalkan kepada konsumen pada tahun 1951. Jenis pengering ini dapat bekerja karena adanya kotak kecil portabel yang terhubung ke sebuah tabung yang masuk ke bonnet dengan lubang di dalamnya dan biasanya ini ditempatkan di atas kepala seseorang.

Beberapa Jenis Dari Pengering Rambut

Mungkin selama ini kita berpikir kalau hair dryer itu hanya ada satu macam saja. Tapi ternyata kita salah. Ada beberapa jenis hair dryer yang kalian harus tahu. Ini dia jenis dari hair dryer.

Ceramic/Porcelain Hair Dryer

Hair dryer ini yang satu ini  memang sengaja didesain dengan sangat baik untuk rambut lurus dan keriting. Dengan teknologi pembagian panas dan kekuatan angin yang bisa diatur, hair dryer ini telah menjadi pilihan yang tepat untuk banyak wanita.

Bahkan jenis pengering rambut ini bisa juga digunakan pada rambut yang kering, di mana pada saat menggunakannya harus dibantu dengan sisir. Ini bertujuan untuk mengatur bentuk rambut seperti yang kalian inginkan.

Traditional Hair dryer

Hair dryer yang satu ini sering disebut sebagai blow dryer, pengering rambut elektrik konvensional ini sudah digunakan selama bertahun-tahun yang lalu. Bentuknya juga sangat sederhana dan bagiannya memang mirip dengan blow dryer dengan ukuran yang lebih kecil.

Motor kecil yang ada di dalamnya dapat menghasilkan angin yang hangat atau dingin dan ini dapat membuat rambut menjadi tidak basah lagi. Sekilas memang akan membuat rambut tampak agak frizzy dan kasar, tetapi dengan bantuan serum atau sisir maka rambut akan lebih mudah diatur.

Tourmaline Hairdryer

Pengering tourmaline merupakan inovasi baru yang menggunakan mineral. Ini dapat menyumbangkan ion negative dalam jumlah besar yang apabila dipanaskan bisa membantu mengeringkan rambut dengan hasil yang lebih istimewa. Selain digunakan untuk pengering rambut, ternyata tourmaline bisa dijadikan sebagai  alat elektonik lainnya.

Wattage Hair Dryer

Wattage hair dryer biasa juga disebut sebagai traditional hair dryer. Inilah hair dryer yang pertama kali muncul dan ini bisa ditemukan di salon dan toko-toko kecantikan. Kegunaannya sendiri simple hanya untuk mengeringkan rambut dengan tipe apa saja baik keriting, ikal maupun lurus. Penggunaanya hanya difokuskan pada besar dan kekuatan angin yang kencang dan tidak boleh terlalu panas jika mengenai rambut kita.

Ini dikarenakan kekuatan dari system motor pada hair dryer yang kurang kuat maka biasanya ini membutuhkan waktu extra untuk mengeringkan rambut. Itulah yang membuat angin panas sangat sedikit keluar, Bagi kalian yang memiliki rambut tebal dan keriting disarankan jangan pernah menggunakan hair dryer ini karena bisa-bisa tidak pernah selesai keringin rambutnya.

Weight Hair Dryer

Menurut kalian hair dryer itu berat gak sih? Memang sepertinya kalau dilihat itu gak berat. Tapi tahukah kalian, untuk wanita yang berambut lurus dan panjang, hal ini telah menjadi pertimbangan yang sangat besar. Hair dryer yang bagus untuk rambut adalah yang termasuk dalam kategori berat, ini dikarenakan isi dan komponennya yang lebih menjamin untuk rambut.

Coba kalian ingat-ingat lagi, pernah gak sih setelah pakai pengering rambut tangan kalian akan terasa kaku dan pegal. Ini dikarenakan tangan kita mengangkat beban berat dan tidak banyak melakukan pergerakan pada tangan kita. Wanita yang memiliki rambut panjang rata-rata akan menghabiskan waktu 15 -20 menit untuk mengeringkan rambut, maka ada baiknya pilihlah hair dryer yang ringan.

Titanium Hair Dyer

Pada dasarnya, baik dari fungsi dan kegunaannya hair dryer ini sama dengan jenis ceramic. Namun tingkat panasnya bisa dinaikkan hingga tinggi dan karena itulah hair dryer ini tidak boleh sering-sering dipakai.

Tekanan panas yang tinggi dapat membuat rambut kita menjadi kering dan bahkan rusak. Maka pada saat pengunaannya, pastikan waktunya kurang dari 30-40 detik dan pengunaan hair dryer ini sebaiknya untuk rambut yang tebal dan keriting. Karena rambut tipe ini jauh lebih kuat dari rambut lurus dan berminyak.

Fungsi Dari Bagian Hair dryer

Pada bagian dalam hair dryer terdapat bagian-bagian yang dapat membuat alat ini bisa berfungsi. Apa-apa saja sih fungsi dari bagian hair dryer itu?

Motor pada hair dryer memiliki fungsi untuk memutar kipas.

Thermostat berfungsi sebagai pengaman panas ,thermostat ini akan mematikan elemen pemanas bila panas pada elemen pemanas berlebihan dan akan bekerja kembali bila temperatur pada elemen pemanas sudah turun hal ini akan terus berlanjut.

-Elemen Pemanas berfungsi sebagai penghasil panas .

-Saklar. Ini terdiri dari 2 saklar yaitu saklar on/off yang berfungsi sebagai menjalankan motor dan elemen pemanas. Sakalar pengatur panas yang berfungsi sabagai menghubungkan dan mematikan elemen pemanas.

-Kipas berfungi untuk mengeluarkan panas pada hair dryer dengan kipas ini maka panas akan keluar dan disinilah proses pengeringan terjadi .

Keunggulan Yang Bisa Didapat Dari Penggunaan Hair Dryer

Yah, kalian pasti akan mengatakan kalau hair dryer fungsinya untuk ngeringin rambut. Itu memang benar, tapi apa kalian tahu kalau ternyata masih banyak yang bisa dilakukan dari hair dryer ini.

Nah, ini dia beberapa manfaat yang bisa dilakukan oleh hair dryer ini.

Lebih Cepat Mengeringkan Rambut

Yang ini pastinya memang sudah jelas kan. Saat kita tidak memiliki waktu yang banyak sedangkan rambut masih dalam keadaan basah, maka cara yang paling cepat adalah dengan menggunakan pengering rambut. Gak cuma ngeringin rambut, rambut juga akan menjadi lebih rapih dan pastinya kita akan lebih percaya diri.

Membuat Penjepit Bulu Mata Lebih Berkualitas

Ada kalanya penjepit bulu mata kehilangan kemampuannya untuk melentikan bulu mata, hal ini dikarenakan adanya peregangan penjepitnya atau karena gesekan yang terlalu sering sehingga jepitan tersebut kehilangan kualitas terbaiknya.

Untuk mengembalikan kemampuan penjepit bulu mata sebaiknya kalian bisa panaskan dengan hair dryer. Setelah itu pakaialah penjepit tersebut untuk menjepit bulu mata kalian, pastilah bulu mata kalian akan langsung berubah lebih lentik dan menarik.

Lebih Mudah Membentuk Rambut

Menggunakan hair dryer dengan sisir bulat dapat membuat rambut menjadi lebih mudah ditata dan dibentuk. Gunakan juga sisir bulat setelah rambut mulai mengering, karena saat rambut masih basah akan sulit hal ini akan sulit dilakukan, selain itu bisa menyebabkan rambut mengalami masalah.

Kalian juga bisa mengeringkan rambut dengan cara ngeblow. Rambut yang diblow bisa membuat rambut masuk ke bagian dalam, sehingga ini akan membuat penampilan terlihat lebh sempurna.

Melonggarkan sepatu yang sempit

Terkadang ukuran kaki pada siang dan sore hari akan mengembang dan akan terlihat lebih besar daripada ketika masih pagi . Bentuk kaki yang membesar diakibatkan dari aktifitas yang telah dilakukan selama berjam jam yang dapat membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah juga mengembang sehingga kaki membengkak secara alami secara kasat mata.

Jika sepatu terasa sempit ketika ingin dipakai maka sebelumnya panaskan dengan hair dryer agar bentuk sepatu memuai dan melonggar dengan sendirinya.

Untuk memperbaiki gagang kacamata

Bingkai kacamata yang terbuat dari plastik sangat rentan dan mudah sekali mengendur, melonggar dan meregang akibat sering dipakai dalam jangka panjang sehingga bentuknya akan menjadi lebih longgar .

Hal ini akan dapat menyebabkan kacamata menjadi lebih mudah melorot pada bagian penjepit hidung dan bagian penyangga telinga dan ini akan sangat mengganggu. Agar kaca mata normal dan kencang kembali kalian bisa menggunakan panas hair dryer yang terus digerakana secara vertikal dan horizontal dan hasilnya sungguh wow..

Membuat Rambut Lembut

Kelebihan lainnya menggunakan hair dryer adalah terdapat ion negative yang bisa membuat rambut menjadi lebih lembab, artinya rambut menjadi terasa lebih lembut. Sebelum melakukan proses pengeringan, tambahkan vitamin sehingga selain lebih lembut dan ringan, rambut juga akan menjadi lebih sehat.

Melentikkan bulu mata palsu

Bulu mata palsu yang sering dipakai dan disimpan terkadang menjadi tidak lentik lagi ketika digunakan. Untuk mengembalikan kelentikannya seperti pertama kali maka gunakanlah penjepit bulu mata terlebih dahulu dengan penjepit bulu mata ke arah atas.

Lalu kemudian panaskanlah dengan hair dryer dengan cara memakai jepitan yang panjang untuk menjepit bulu mata palsu agar bisa dikendalikan ketika dipanaskan oleh hair dryer, sehingga jari jari kalian tidak akan terkena efek panas karena jarak hair dryer dan jari terlalu dekat.

Menghangatkan makanan

Hah hair dryer bisa menghangatkan makanan? Kok bisa? Makanan yang masih banyak atau sayang jika dibuang dapat dipanaskan dengan menggunakan hair dryer, makanan akan hangat seperti habis dikeluarkan dari microwave. dalam hal ini hair dryer dapat menjadi pengganti dari microwave jika seseoraang kenyataannya tidak memiliki microwave sendiri. Tapi yang diberi hair dryer bukan pada makananya ya, melainkan pada sisi wadah makanannya.

Lalu, Adakah Bahaya Dalam Penggunaan Hair Dryer?

Tentu saja ada. Setiap barang yang kita pakai pasti ada efek sampingnya, jadi sebelum kalian menggunakannya kalian juga harus tahu bahanya.

Berikut ini adalah bahaya yang harus kalian tahu dari penggunaan hair dryer.

Menyebabkan Rambut Bercabang

Bahaya dari penggunaan hair dryer adalah dapat membuat rambut menjadi bercabang. Rambut bercabang ini akan muncul apabila tekstur rambut akan terkena hawa panas dari hair dryer. Rambut yang semula lurus, lembut, panjang, akan berubah menjadi kusut, kusam, kasar dan ujung rambut yang bercabang akan menjadi 2 bagian atau lebih.

Merusak kutikula rambut

Panas yang dikeluarkan oleh hair dryer berserta dengan tekanan udaranya akan mampu merusak kutikula pada rambut. Kerusakan itu akan bersifat sementara jika penggunaan alat pengering rambut itu tidak terus-menerus kalian lakukan. Namun jika berkelanjutan, maka kerusakan kutikula itu dapat menjadi permanen.

Menyebabkan Rambut Kering

Jiks rambut terus-menerus terkena hawa panas dari hair dryer maka ini akan dapat menyebabkan rambut menjadi kering, kasar dan tidak subur. Selain itu mengeringkan rambut menggunakan hair dryer juga akan memudarkan warna hitam rambut dan rambut akan kehilangan cahaya alaminya.

Menyebabkan Rambut Rontok

Pori-pori di permukaan kulit kepala akan terbuka jika kita menggunakan hair dryer secara berlebih, hal itu akan berujung pada kerontokan dan kebotakan. Volume rambut akan menipis karena akar rambut juga mudah patah dan inilah yang membuat kondisi kulit kepala menjadi tidak sehat.

Nah, itu dia ladies yang harus kalian ketahui tentang hair dryer. Jadi walaupun ladies suka pakai hair dryer, kalian juga harus tahu bahayanya.

Related Posts