stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Dari dulu sampai sekarang jika kita memasak nasi pasti menggunakan penanak nasi, namun dengan versi yang berbeda. Kalau dulu penanak nasi yang di gunakan adalah dandang dan kalau sekarang menggunakan rice cooker. Apakah kalian tahu sejak kapan rice cooker itu ada? Bagaimana perkembangannya? Berikut ini adalah penjelasannya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Rice Cooker?

Rice Cooker adalah alat yang selalu diletakkan di atas meja dan memang sengaja dirancang untuk memasak nasi dalam jumlah besar tanpa perlu pengawasan. Biasanya rice cooker terdiri dari mangkuk dalam yang tidak lengket, kontrol termostat dan elemen pemanas.

Penanak nasi atau rice cooker ini sangat mudah digunakan dan ini telah menjadi aset yang berharga dalam dunia bisnis, karena selalu dibutuhkan dalam setiap harinya.

Pertama kali munculnya alat penanak nasi tenaga listrik (Ricecooker) ditemukan oleh seorang tentara Jepang yang bernama Yoshitada Minami pada tahun 1937 ini. Pada waktu itu, rencana pembuatan awalnya hanya dibuat dengan wadah kayu yang tahan bocor dan lempengan logam bertenaga listrik. Lempengan logam itulah yang berfungsi untuk memanaskan wadah kayu tahan bocor itu yang sebelumnya sudah terisi beras dan air didalamnya.

Semakin berkembangnya jaman dan memang semakin populernya alat ini, akhirnya perusahaan Mitsubishi Elektric Corporation Jepang, mulai memproduksi secara masal dan memperdagangkan alat ini dan itu dilakukan pada awal 1945.

Rice cooker yang merupakan produksi dari perusahaan itu dibuat dari wadah alumuniun dengan kumparan pemanas didalamnya, akan tetapi Rice cooker ini masih belum menyediakan Turn Off otomatis sehingga masih diperlukan pengawasan saat memasaknya atau menanak nasi.

Sebuah perusahaan lain yang bernama Toshiba Elektric Corporation kemudian berhasil mengeluarkan terobosan baru dari rice cooker. Ada berbagai keluhan masyarakat tentang alat penanak nasi pada masa itu, maka dari itu mereka pun mulai menciptakan alat turn off otomatis dimana ketika nasi yang dimasak telah matang maka Ricecooker tersebut akan berubah mode menjadi mode penghangat.

Sejak saat itu alat penanak nasi ini menjadi semakin populer, apalagi ditambah dengan adanya berbagai penambahan keunggulan dan kelengkapan, sehingga membuat masyarakat semakin mudah dalam menggunakannya.

Berbagai Jenis Dari Rice Cooker

Untuk sekarang ini penggunaan rice cooker tidak hanya untuk menanak nasi melainkan dapat digunakan untuk membuat masakan lain. Beberapa rice cooker memang dirancang sesuai untuk kebutuhan dan beberapa hanya sebagai pelengkap.

Nah, seperti apa sih tipe-tipe rice cooker ini. Ini dia beberapa rice cooker tersebut.

Zojirushi Micom Rice Cooker NS-WXQ10

Rice cooker mini yang satu ini dilengkapi dengan teknologi microcomputer, system ini dapat mengatur waktu dan suhu memasak sesuai dengan jenis nasi atau hasil yang dipilih. Rice cooker ini juga dilengkapi dengan fungsi delay timer yang memungkinkan kalian untuk mengatur waktu matangnya nasi. Ini sangat cocok bila kalian ingin nasi matang tepat setelah kalian pulang kerja.

Jar rice cooker dilengkapi dengan lapisan anti lengket sehingga sisa nasi dapat dibersihkan dengan mudah. Selain itu, tutup jar bagian dalam rice cooker dan katup uap dapat dilepas sehingga mudah dibersihkan secara menyeluruh. Rice cooker ini memiliki harga yang setara dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan.

Cosmos CRJ 3201D Rice Cooker

Rice cooker keluaran dari Cosmos ini memiliki desain yang futuristik, karena sudah dilengkapi dengan tombol one touch yang akan memudahkan pengoperasiannya. Pancinya memiliki sistem antigores dan antilengket sehingga mudah untuk dibersihkan dan tidak meninggalkan gores yang bisa mengurangi keawetan panci.

Kapasitas 1,8 liter pada rice cooker ini membuatnya bisa digunakan untuk memasak nasi dalam jumlah banyak untuk sekali masak. Kalian pun jadinya gak perlu repot-repot untuk memasak 2 kali apabila kedatangan keluarga besar atau banyak teman.

Oxone OX-189 Rice Cooker

Jika kalian ingin memasak dalam jumlah yang lebih besar lagi, maka kalian gak perlu khawatir karena Oxone OX-189 Rice Cooker hadir untuk memenuhi kebutuhan kalian. Produk ini pastinya akan memudahkan kalian saat ada kumpul keluarga atau arisan bersama teman-teman karena kapasitas memasaknya hingga 5.4 L. Dengan material body yang terbuat dari stainless steel ini akan membuatnya terlihat sangat elegan.

Lapisan anti lengket dan anti karat juga disematkan untuk menjamin kualitas nasi agar tetap baik. Walaupun berukuran jumbo, penanak nasi ini memiliki konsumsi daya yang tidak terlalu besar sesuai dengan kapasitas memasaknya, yaitu 1950 Watt.

Philips Fuzzy Logic Rice Cooker

Penanak nasi ini bisa kamu gunakan untuk beberapa fungsi memasak yang lebih cepat dan mudah. Kapasitas memasak nasinya bisa mencapai 1,8 liter atau setara dengan 10x gelas takar. Sistem pemanas pada mesin penanak ini mengusung pemanasan 3 dimensi dengan waktu pengaturan memasak hingga 12 jam. Kamu bisa menentukan (menunda) waktu untuk mulai memasak beras agar nasi yang tanak dapat dinikmati pada saat baru matang.

Tidak hanya bisa digunakan untuk menanak nasi, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa fitur lain untuk memasak bubur dan sup, mengukus, hingga merebus. Penanak nasi ini akan berfungsi serbaguna untuk kebutuhan memasak yang lebih praktis.

Rice Cooker Miyako PSG 607

Ini merupakan salah satu rice cooker terbaru dari Miyako yang dilengkapi dengan teknologi multi-cooker. Rice cooker ini juga dilengkap dengan kapasitas 0,6 liter yang bisa digunakan untuk memasak nasi, menghangatkan dan bahkan merebus mie. Listrik yang dipakai relatif rendah yaitu hanya 300 watt saja. Selain itu, material bahannya terbuat dari plastik dan aluminium. Desainnya juga menarik apalagi dengan motif batik yang begitu khas Indonesia.

Sharp Rice Cooker – KSP8MY-WH

Kali ini Sharp mengeluarkan penanak nasi dengan desain unik menyerupai buah apel dengan balutan warna putih yang elegan dan modern. Material yang digunakan untuk produk ini adalah Stainless Steel, sehingga tidak akan berkarat walaupun sudah lama digunakan. Konsumsi dayanya pun hanya 360 Watt. Rice cooker ini dapat membuat nasi menjadi lebih lembut dan harum.

Produk ini bisa kalian gunakan juga sebagai penenak nasi untuk bayi dengan kapasitas hingga 0.8 liter. Jadi, untuk kalian yang memang menyukai desain unik dan elegan, maka produk ini bisa menjadi solusi terbaik untuk kalian.

Bagian Yang Terdapat Pada Rice Cooker

Semakin banyaknya kecanggihan yang ada, sekarang memasak nasi pun dapat dilakukan secara instant. Ini dapat dilakukan karena di dalam penanak nasi atau rice cooker terdapat bagian-bagian yang mendukung. Bagian-bagian pada rice cooker adalah:

Cast Heater

Heater ini dapat menyatu dengan logam. Ini dapat menghasilkan daya 300-400 watt, tergantung jenis cookernya. Apabila terjadi kerusakan pada bagian ini, maka ini sudah tidak dapat diperbaiki lagi.

Mica heater / termistor

Heater jenis ini tertutup oleh semacam kertas (mica) yang berfungsi pada waktu warming. Heater ini juga berfungsi sebagai termistor, yaitu tahanan makin besar bila bertambah panasnya. Makin besar tahanan maka tegangan yang masuk berkurang sehingga ini dapat mengurangi daya panas yang dihasilkan heater. Ini akan mampu mengontrol panas cooker saat warming supaya panasnya tetap di kisaran 70-80 celcius.

Thermostat

Dalam thermostat terdapat magnet dan pegas, pada suhu ruang gaya magnet lebih besar dari gaya pegas. Bagian metal thermostat (bagian yang kontak langsung dengan panci tempat nasi) dapat menyensor panas dari panci, apakah panas sudah mencapai sekitar 134 derajat celcius atau belum.

Metal bila terkena panas maka daya magnet akan berkurang sehingga gaya pegas lebih besar dari gaya magnet. Akibatnya pegas terlepas dari magnet (menjauh) sehingga dapat menekan tuas dan tuas menekan saklar.

Thermal Fuse

Thermal fuse berfungsi memutus arus bila panasnya melebihi kewajaran akibat adanya kerusakan dari rice cooker.

Saklar

Saklar memiliki fungsi untuk berpindah dari posisi cooking ke warming maupun sebaliknya. Tombol saklar akan ditekan oleh tuas yang digerakkan otomatis oleh thermostat maupun secara manual melalui tombol panel.

Panel led (lampu)

Biasannya ini terdiri dari led indikator untuk posisi cooking dan warming.

Lantas Bagaimana Cara Untuk Membersihkan Rice Cooker?

Terkadang mungkin akan sulit bagi kita untuk membersihkan rice cooker ini, apalagi kalau ada kotoran yang lengket di bagian panci. Tapi sekarang kalian jangan khawatir karena saya akan membantu kalian untuk membersihkan rice cooker dengan cara yang benar. Seperti apa caranya?

Keluarkan Panci Rice Cooker dan Bersihkan

Jika kalian ingin membersihkan rice cooker maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah menghilangkan bau pada rice cooker, caranya adalah dengan mengeluarkan panci rice cooker dan mencucinya.

Namun sebelum mulai mencucinya, ada baiknya kalau kalian merendamnya terlebih dahulu. Hasil akan menjadi semakin maksimal jika kalian menggunakan air hangat untuk merendamnya. Ini dilakukan agar panci lebih mudah dicuci. Selanjutnya, cuci panci rice cooker terbaik dengan sabun cuci piring.

Bersihkan tabung pembuangan air

Rice cooker juga memiliki tabung khusus yang didesain agar dapat menampung uap air saat menanak ataupun menghangatkan nasi di dalamnya. Kalian harus membuang air yang ada di dalam tabung tersebut lalu cuci hingga bersih. Kalian bisa menggunakan air hangat dan sabun cuci piring untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bersihkan kerak dalam rice cooker

Kalian juga harus memeriksa bagian dalam rice cooker. Jika kalian menemukan ada kerak di dalam bagian panci, maka kalian bisa membersihkannya dengan menggunakan baking soda dan cuka.

Eits, kalian juga jangan lupa untuk membersihkan sisa cuka dan baking soda agar tidak meninggalkan bau yang tidak sedap. Selain cara ini, kalian juga bisa kok menggunakan pasta gigi untuk membersihkan kerak pada rice cooker terbaik.

Bersihkan bagian lempeng rice cooker

Lempeng rice cooker yang tidak dibersihkan juga bisa meninggalkan bau yang tidak sedap lho. Karena itu, jangan lupa untuk selalu melepas dan membersihkannya. Jika sudah, bersihkan juga bagian luar rice cooker hingga benar-benar bersih.

Bersih-bersih total seperti ini memang gak harus dilakukan setiap hari. Ini tergantung dari seberapa sering kalian menjaga kebersihan rice cooker. Jika kebersihannya terjaga, pastinya bau tidak sedap tidak akan cepat menghampiri.

Nah, itulah yang harus kalian tahu dari rice cooker ini. Walaupun terlihat simple, tapi kalau kalian tidak merawatnya dengan benar, maka penanak nasi juga dapat menjadi rusak.

Related Posts