stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pada dunia bisnis, sangat erat kaitannya produsen dengan pedagang. Terutama pedagang pengecer (ritel) sebagai pihak yang berhadapan langsung dengan konsumen, namun tidak menutup kemungkinan produsen sendiri langsung berhadapan dengan konsumen. Oleh karena itu, ritel merupakan ujung tombak dalam memasarkan suatu barang untuk sampai kepada konsumen.

Karena berhadapan langsung dengan konsumen maka ritel berupaya dengan berbagai praktik-praktik atau kiat-kiat cara menjual untuk menarik konsumen agar membeli produk yang dijualnya. Menawarkan diskon atau potongan harga adalah cara cepat untuk membuat calon pembeli mengunjungi toko anda.

Kapan pun anda memberikan penawaran berupa diskon, saat itu juga bisnis anda mendapatkan perhatian banyak orang. Dengan alasan ingin berhemat, banyak orang suka memburu barang-barang yang diberi diskon. Biasanya menjelang hari raya, toko-toko atau supermarket memberi diskon untuk menarik para pembeli.

Diskon biasa disebut juga dengan korting atau potongan harga. Pada umumnya pemberian diskon dinyatakan dalam persen. Diskon seringkali digunakan oleh penjual untuk menarik pembeli agar membeli produk yang ditawarkan. Penjual dalam mensosialisasikan produk diskon selalu dirancang sedemikian rupa supaya banyak pembeli dapat melihatnya.

Calon pembeli yang belum mengetahui program diskon langsung dari tokonya, dapat mengetahui program diskon melalui media cetak maupun elektronik. Penjual dalam menerapkan diskon tentunya telah diperhitungkan dengan bijaksana. Namun, jangan sampai program diskon mendatangkan kerugian bagi penjual. Produsen menyelenggarakan program diskon dengan harapan dapat meningkatkan penjualan.

Oleh karena itu, produsen harus merancang program diskon sedemikian rupa, sehingga konsumen menjadi tertarik. Memahami perilaku konsumen (pembeli) merupakan penunjang keberhasilan program diskon agar program diskon tersebut tepat sasaran. Untuk itu ada beberapa Strategi Diskon yang wajib anda ketahui berikut ulasannya:

Strategi Diskon Paling Menarik

Strategi diskon dan promosi khusus bisa memberikan beberapa manfaat. Mulai dari peningkatan penjualan, volume pergerakan produk yang tinggi dan interaksi pelanggan. Menarik pelanggan baru dan meningkatkan keuntungan dengan strategi diskon mungkin sangat menggoda. Ingat bahwa anda tidak selalu harus memilih hanya satu tipe. Anda bisa menggunakan banyak tipe diskon pada waktu yang bersamaan. Berikut adalah beberapa strategi umum untuk diskon.

1. Diskon Dengan Batasan Waktu

Sebenarnya para konsumen juga tahu bahwa tidak ada yang gratis sepenuhnya, namun kata Gratis tetap saja sangat menarik minat mereka. Strategi yang pertama yaitu memberikan diskon pada waktu-waktu tertentu.

 

Contohnya memberikan diskon belanja di tengah malam, atau memberi diskon dengan batasan waktu tertentu. Dengan memberikan batasan waktu seperti tersebut pastinya akan lebih menarik minat konsumen untuk datang berbelanja. Seperti Diskon 75% untuk pembelian di atas jam 22.00.

2. Promosikan Event Berbasis Diskon

Strategi yang bisa anda lakukan salah satunya yaitu dengan membuat event untuk memberi penawaran dan diskon kepada pelanggan. Dengan cara ini, pelanggan anda akan senantiasa menunggu hal atau produk apa yang akan ditawarkan selanjutnya. Selain menciptakan branding yang bagus, konsep event ini akan menciptakan efek kangen dan viral kepada pelanggan anda.

Anda bisa membuat event diskon ketika liburan, ulang tahun, hari-hari besar dan perayaan tertentu. Kalau anda memiliki budget besar, maka anda bisa membuat penawaran diskon ini setiap kali ada event besar yang sedang berlangsung.

Jika memang ingin memberikan diskon, manfaatkan momentum khusus seperti Hari Raya misalnya untuk meningkatkan penjualan. Karena pada hari-hari khusus, banyak orang membutuhkan barang untuk keperluan mereka dan ini bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk Meningkatkan Penjualan.

3. Beli Satu, Dapat Gratis Satu

Terkadang diskon saja tidak cukup untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Tapi jika anda menawarkan sesuatu gratis, anda pasti akan menarik perhatiannya. Sebuah studi di The Journal of Marketing menemukan bahwa kebanyakan pembeli menyukai produk gratis ketimbang mendapatkan potongan harga.

Karena sulit bagi mereka untuk memahami fraksi, sementara gratis selalu lebih mudah dipahami. Ini ditunjukkan dalam perilaku pembeli juga. Dalam sebuah survey terpisah, 93 persen pelanggan mengungkapkan bahwa mereka pernah mengambil untung dari “beli satu, gratis satu”, sementara hanya 79 persen darinya yang pernah menggunakan diskon.

Strategi diskon beli satu gratis satu ini paling sering dijumpai di mall atau supermarket. Memang biasanya harganya sudah dinaikkan terlebih dahulu sebelum di diskon, tetapi bagi yang kurang tahu soal harga pastinya ini sangat menarik. Contohnya, Beli celana panjang satu gratis satu untuk pembelian di atas Rp 400.000.

Ketika usaha kecil mencari cara untuk menggerakkan angka penjualan mereka, salah satu pendekatan yang paling umum mereka ambil adalah menawarkan diskon.

4. Diskon Influencer

Influencer marketing mungkin terlihat seperti strategi baru, tapi sebenarnya strategi ini sudah banyak yang menerapkannya cukup lama. Influencer seperti Blogger, Youtuber dan Selebgram bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang powerfull.

Bekerja sama dengan seseorang yang berpengaruh terhadap bisnis anda membuat koneksi yang baik untuk berbagai pihak dengan menawarkan penawaran khusus. Audiences, followers atau fans yang melihat influencer melakukan penawaran bisa tertarik kepada bisnis yang ditawarkan. Diskon influencer ini mirip dengan diskon referral.

Dengan target audience (subscriber) yang ingin berpenampilan baik dari segi fashion, Wesley banyak mempromosikan brand-brand ternama untuk direview sekaligus memberi kupon diskon kepada audience agar mereka membeli produk tersebut. Strategi ini menguntungkan banyak pihak, entah itu pemilik brand, influencer maupun konsumen itu sendiri.

5. Diskon Member

Bagi yang memiliki kartu member biasanya akan diperlakukan lebih istimewa daripada konsumen biasa seperti dengan pemberian diskon, poin, undian di setiap pembelian. Strategi member ini tujuannya adalah mempertahankan konsumen bisnis yang dimiliki agar tidak berpindah tempat, alasan inilah yang menjadikan member diperlakukan secara khusus.

Untuk menjadi membership biasanya syaratnya tidak sulit, hanya perlu menyiapkan kartu identitas diri dan uang administrasi saja.
Program membership seperti ini merupakan strategi promosi dari perusahaan untuk mempertahankan pelanggannya. Seperti misalnya diskon 20% untuk pembelian produk kebutuhan bayi dan tambahan poin bagi pengguna kartu member.

Keuntungan Memberikan Diskon

Diskon atau potongan harga sebuah produk merupakan magnet dan kesempatan yang ditunggu-tunggu para konsumen karena bisa menjadi ajang penghematan. Penjual melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi ialah untuk mendapat keuntungan. Dan keuntungan apa sajakah yang didapatkan? Berikut ulasannya.

  • Meningkatkan Citra Positif Dimata Pelanggan

Satu keuntungannya adalah potongan harga membuat pelanggan merasa senang. Penelitian menunjukkan ketika seseorang menerima sebuah kupon atau diskon, mereka menjadi lebih senang dan rileks. Itu bisa jadi menguntungkan dalam jangka panjang jika perasaan senang tersebut dapat diasosiasikan dengan produk (jasa) anda.

Apabila pengalaman positif ini terus dilanjutkan, maka bukan tidak mungkin akan berdampak terhadap pengalaman customer ketika berinteraksi dengan bisnis dan membantu Meningkatkan penjualan suatu produk yang mengalami penurunan.

  • Membangun Reputasi

Anda bisa membangun reputasi yang baik bagi bisnis anda dengan cara melakukan program diskon. Caranya dengan memberikan diskon khusus di hari yang spesial untuk orang-orang tertentu.

Misalnya, diskon di Hari Guru untuk para pengajar di Indonesia. Dengan memberikan diskon pada guru yang ingin berbelanja produk anda, publik akan menilai bahwa anda peduli terhadap keberadaan guru. Orang-orang akan menganggap bahwa bisnis anda punya niat yang mulia dan tidak hanya sekadar untuk mencari keuntungan.

  • Mengalahkan Kompetitor

Diskon juga membuat penjualanan (jasa) anda tidak dibanding-bandingkan denga merek lain, berdasarkan penelitian. Ini bisa membantu pelanggan baru memilih produkmu dibandingkan competitor. Menghemat pengeluaran konsumen dan merasa dimanjakan karena memiliki kesempatan untuk mengkonsumsi (membeli) merek lain.

  • Menghabiskan Stok Lama

Jika anda memiliki suatu jenis produk yang tidak ingin anda jual lagi, atau anda ingin menghabiskan stok lama yang tidak laku, maka anda bisa menghabiskannya dalam waktu cepat dengan cara menjualnya lebih murah. Dengan memberikan potongan harga besar-besaran, produk tersebut kemungkinan besar bisa segera terjual. Makanya, banyak pebisnis yang suka memberikan diskon saat akan melakukan cuci gudang.

Kesimpulannya, Tujuan utama dari diskon adalah agar produsen atau distributor mendapatkan kenaikan angka penjualan dan meningkatkan profit atau keuntungan. Menggunakan Teknik diskon dan promosi khusus bisa memberikan beberapa manfaat kepada pebisnis (sih penjual) ataupun kepada konsumen.

Mulai dari peningkatan penjualan, volume pergerakan produk yang tinggi dan interaksi pelanggan. Menarik pelanggan baru dan meningkatkan keuntungan dengan strategi diskon diatas, mungkin sangat menggoda. Untuk itu demikianlah informasi diatas, semoga ulasan pada hari ini memberi manfaat kepada pembaca.