stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Hai ladies, membahas soal wanita memang gak ada habisnya. Mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki banyak yang bisa dibahas. Apakah kalian tahu bagian tubuh mana dari wanita yang bisa memikat para lelaki? Yup, benar banget bibir memanglah aset wanita untuk memikat para lelaki. Segala cara mereka lakukan untuk membuat bibir mereka tampak seksi, bahkan ada juga yang sampai mengoperasinya lho.

Beberapa wanita membuat bibir mereka terlihat menjadi tampak seksi dengan menggunakan lipstik. Lipstik sudah ada sejak zaman Mesopotamia yaitu tepatnya 5.000 tahun lalu, lipstik kemudian terus berkembang menjadi salah satu produk makeup yang sangat difavoritkan.

Bahkan hingga di penghujung tahun 2017 ini, masih ada serangkaian produk lipstik terbaru yang hadir di pasaran. Namun kecintaan wanita pada lipstik tak jarang harus terhalang banyak kendala. Selain masalah bibir kering dan pecah-pecah, sebagian wanita juga sering menghadapi masalah bibir yang tampak gelap. Tidak hanya membuat sapuan warna lipstik jadi tak maksimal, kondisi ini juga sering membuat kurang percaya diri.

Tapi tenang guys artikel kali ini akan membahas semua keluhan kalian selama ini atas bibir yang menghitam. Yuk simak

Apa penyebab bibir berwarna hitam?

Apakah kalian tahu kalau kulit bibir kalian memiliki lapisan epidermis yang lebih tipis dari kulit wajah. Kulit ternyata juga mengandung melanin yang lebih sedikit daripada bagian kulit lainnya, karena itu kulit akan mudah berubah warna bila terpengaruhi  oleh beberapa faktor berikut ini:

  • Genetis

Warna kulit dan bibir manusia sebagian besar ditentukan oleh faktor genetis. Demikian juga dengan bibir, bibir juga memiliki pigmen dalam jumlah yang kecil seperti yang terdapat pada kulit. Bibir yang berwarna gelap atau hitam memiliki pigmen lebih banyak dari pada bibir yang berwarna merah. Ini menandakan bahwa bibir hitam memang bawaan dari lahir.

  • Rokok dan kopi

Apakah kalian tahu kalau rokok dan kopi dapat menjadi penyebab bibir hitam? Kandungan nikotin dalam rokok dan kafein dalam kopi bisa membuat bibir menghitam dan menjadi pecah – pecah. Rokok juga bisa membuat kulit kita jadi menghitam,kusam dan keriput.

  • Alergi

Yup, alergi juga dapat menjadi hitamnya bibir. Bahan kimia atau parfum yang terkandung dalam lipstik juga bisa mengubah warna bibir alami jika kulit bibir kalian tidak tahan dengan bahan-bahan tersebut. Jadi hati-hatilah kalian dalam memilih lipstik.

  • Paparan sinar UV

Terpapar sinar UV yang terlalu sering atau dalam jangka waktu lama akan mengkibatkan bibir berubah menjadi hitam, juga kering dan pecah – pecah. Agar bibir terlindung kalian bisa memilih lipstik yang mengandung UV protector atau lip balm SPF tinggi.

  • Kurang vitamin C

Kekurangan nutrisi pada tubuh juga akan membuat warna alami bibir menjadi memudar. Lebih seringlah dalam mengkomsi sayuran dan buah-buahan atau vitamin C secara rutin akan memberi nutrisi yang baik bagi kulit dan bibir kalian. Selain itu, kalian juga harus minum air putih yang cukup setiap hari.

  • Pemakaian lipstik yang terlalu lama

Sebaiknya sesekali kalian mengistirahatkan bibir dari pemakaian lipstik. Bahan kimia yang terkandung dalam lipstik jika tidak dibersihkan dengan baik maka dapat menumpuk dan menghitamkan bibir. Gantilah dengan lip balm atau lip gloss sementara, setelah itu kalian bisa kembali menggunakan lipstik. Pastikan juga lipstik yang dipakai tidak mengandung bahan berbahaya.

Bagaimana cara menhilangkan bibir hitam?

Buat para ladies, bisa dibilang bibir termasuk akses mereka agar tampil cantik. Lantas gimana jadinya kalau bibir mereka berwarna hitam? Memang sih ada trik yang bisa menyamarkannya seperti yang mimin katakan diatas. Tapi alangkah indahnya kalau bibir hitam itu tidak ada. Tenang saja ladies, mimin sudah nyiapin beberapa cara untuk menghilangkannya kok.

  • Scrub gula

Nah, tujuan dari melakukan scrub bibir dengan gula tidak lain adalah untuk mengikis sel kulit mati yang ada pada bibir. Kalian bisa mencampurkan 3 sendok gula dengan 2 sendok mentega dan kemudian menggosokkan pasta pekat tersebut pada permukaan bibir.

Selagi tekstur kasar gula sibuk menyingkirkan sel kulit mati, mentega akan bekerja untuk meningkatkan warna sekaligus membuat permukaan bibir tampak menjadi lebih halus. Agar warna bibir semakin cerah, lakukan scrub dengan gula ini 2-3 kali seminggu.

  • Scrub kunyit

Selain gula, ada lagi nih ladies bahan yang bisa diberdayakan untuk mencerahkan warna bibir kalian. Yang harus kalian lakukan adalah mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit susu sehingga ini akan membentuk pasta yang pekat. Caranya adalah dengan membahasi bibir dengan air, lalu gosokkan scrub secara perlahan dengan bantuan sikat gigi.

Setelah adonan memenuhi permukaan bibir, diamkan selama 2-3 menit. Lalu gosok bibir dengan sikat lagi selama beberapa menit. Akhiri proses dengan menepuk bibir yang sudah mengering, lakukan perlahan, kemudian baru aplikasikan lip balm

  • Timun

Siapa sangka ternyata irisan timun ini gak cuma diggunakan untuk menghilangkan mata panda yang ada di sekitar mata, tapi tahukah kamu kalau timun juga bisa digunakan untuk memutihkan bibir? Caranya adalah dengan meletakkan irisan timun selama lima menit setiap harinya pada bibir kalian.

  • Madu

Yang satu ini pasti sudah tahu banyak manfaat yang dihasilkan dari madu, Sudah bukan rahasia lagi kalau madu adalah bahan alami yang berkhasiat untuk membuat bibir menjadi lembab. Yang harus kalian lakukan adalah melapisi bibir dengan madu sebelum tidur dan bilas dengan air hangat di pagi hari.

  • Susu

Asam laktat yang ada di dalam susu ini ternyata sangat efektif sebagai cara untuk menghilangkan flek dan noda hitam pada bibir. Yang harus kalian lakuakan adalah dengan mengoleskan susu murni pada bibir kalian selama 15 menit.Susu juga dapat bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bibir hitam menjadi merah secara alami. Cukup dengan olesi bibir dengan minyak zaitun setiap hari maka hasilnyan kalian akan mendapat warna bibir yang merona.

  • Minyak almond

Kandungan properti emollient dalam minyak almond akan memberikan kemampuan untuk meremajakan dan menghaluskan kulit bibir dan membuat warna bibir yang semula kusam dapat memerah merona. Caranya dengan mengolesi bibir dengan minyak almond setiap hari.

  • Perasan lemon

Karena lemon memang memiliki sifat untuk mencerahkan, maka buah asam yang satu ini bisa dipakai sebagai bahan alami yang dapat mencerahkan warna bibir maupun kulit. Setelah memeras lemon, kalian bisa pijatkan segera airnya ke permukaan bibir.

Lakukan perawatan dengan lemon ini setiap malam sebelum kalian tidur. Kalian juga bisa mencampurkan lemon dengan gula sebagai scrub. Gosokkan dengan gerakan melingkar agar kulit bibir tidak terluka. Lakukan perawatan ini sebelum tidur dan lihat perbedaannya dalam jangka waktu 1-2 bulan ke depan.

  • Scrub raspberry

Jika kalian memiliki banyak buah raspberry di rumah, gak ada salahnya kalian menyisihkan sedikit untuk membuat scrub bibir. Raspberry mengandung beragam mineral dan vitamin penting yang bisa membuat tampilan bibir menjadi lebih segar. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan raspberry dengan lidah buaya dan juga madu. Gosokkan pasta ini ke bibir, lalu bilas setelah 10 menit. Tahap selanjutnya adalah aplikasikan lip balm untuk meningkatkan kecerahan warnanya.

  • Baking soda

Tambahkan sedikit air dalam baking soda, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosokkan adonan ke bibir dengan gerakan melingkar. Setelah itu, aplikasikan pelembab alami seperti minyak kelapa atau zaitun.

  • Jeruk Nipis

Karena jeruk nipis adalah buah yang juga baik digunakan untuk merawat wajah, apalagi mengusir jerawat, tentu nutrisi di dalamnya cukup banyak. Sebagai solusi dari bibir berwarna hitam, jeruk nipis sangatlah berguna dan tak akan memberikan efek samping berbahaya bagi bibir kalian.

Caranya adalah dengan menyediakan air perasan jeruk nipis yang banyaknya 2 sampai 3 sendok makan saja. Campurlah bersama air hangat, kemudian terapkan pada kulit bibir secara menyeluruh. Sesudah lewat 15 menit lamanya, barulah kalian bisa membilasnya; tapi pakailah air hangat untuk membasuh bibir. Dalam sehari, perawatan bisa dilakukan 1-3 kali supaya hasilnya memuaskan.

  • Menggunakan Air Mawar

Bunga mawar yang biasanya dijadikan sebagai tanda cinta yang indah ini rupanya sangat bermanfaat. Untuk perawatan kulit wajah sepertinya sudah tak diragukan lagi, ditambah juga dengan penggunaannya sebagai obat penghilang warna hitam pada bibir. Sifat menenangkannya yang alami pasti juga bakal kalian sukai.

Yang harus kalian lakukan adalah menyediak air mawar, karena airnyalah yang kalian butuhkan untuk melakukan perawatan pada bibir gelap. Untuk mendapatkan air mawar, bunga mawar bisa direndam lebih dulu selama 20 menit. Setelah dioles ke bibir, pastikan bahwa kalian mendiamkannya dulu selama beberapa saat, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya sampai bersih. Penggunaan rutin bakal membantu memberikan efek maksimal.

Cara Mengaplikasikan Lipstik Pada Bibir Yang Hitam

Nah, kalau kalian termasuk wanita yang menghadapi masalah satu ini, kalian bisa coba simak artikel berikut, untuk mengetahui cara mengaplikasikan lipstik agar warnanya gak belang di bibir.

  • Gunakan Lip Concealer

 

Jika kamu khawatir tampilan warna lipstik tampak tidak merata akibat dari bibir kamu hitam, maka kamu bisa coba aplikasikan lip concealer pada bibir sebelum menggunakan lipstik. Lapisan concealer akan menjaga warna lipstik kamu terlihat nyata dan tidak meresap ke bibir, sehingga rona yang tampil merupakan warna asli lipstik. Pilihlah lip concealer yang mendekati warna bibir kamu dan aplikasikan dengan menggunakan jari atau dengan flat brush.

  • Gunakan Lip Liner

 

Lip liner ini gunanya gak cuma untuk menjaga sapuan lipstik agar tetap rapi dan bentuknya tampak sempurna, lip liner juga bisa kamu gunakan untuk menutupi bagian bibir yang warnanya lebih gelap. Dengan menggunakan lip liner terlebih dulu, maka lipstik yang akan diaplikasikan sesudahnya pun bisa lebih tahan lama dan menutupi bibir dengan lebih sempurna. Untuk mendapatkan garis yang presisi di bagian tengah bibir, kalian bisa untuk membentuk pola X pada bagian bibir atas, tepat di bawah cupid’s bow

  • Gunakan liptsik yang berwarna cerah

 

Nah, cara yang terakhir untuk memakai lipstik pada bibir yang gelap adalah dengan memilih warna yang lebih terang. Ternyata ladies, cara dalam memilih lipstik sangat berperan penting untuk membuat bibir kalian yang berwarna gelap akan tampak menjadi lebih indah.

Sebenarnya, ada banyak jenis warna yang sesuai untuk dipakai oleh si pemiliki bibir gelap. Warna-warna yang cocok diantaranya adalah coklat, pale rose, cofee, emas, berry red dan plum. Warna-warna yang telah mimin sebutkan tadi sudah termasuk jenis warna yang bisa membuat warna bibir yang hitam nampak lebih fresh dan bercahaya.

Yah, ladies itulah tadi trik untuk menyamarkan warna bibir yang hitam beserta cara menghilangkannya. Jadi bagi para ladies yang memiliki bibir berwarna hitam kalian gak perlu panik lagi ya. OK SELAMAT MENCOBA.