stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Siapa sih yang gak kenal dengan hewan lucu yang satu ini. Walaupun mungkin kalian belum peenah memilikinya, tapi kalian pasti sudah pernah melihatnya pada toko-toko yang menjual hewan peliharaan atau mungkin kalian pernah melihat teman kalian memeliharanya.

Percaya atau tidak, meskipun hewan ini ukurannya kecil, tapi mereka juga bisa memiliki hubungan keluarga yang mendalam seperti hewan peliharaan lain pada umumnya. Nah, untuk mengetahui selengkapnya, yuk ikut mimin mengulas tentang silucu hamster ini.

Pertama Kali Munculnya Hamster

Hewan pengerat yang paling umum dijadikan hewan peliharaan adalah Hamster emas yang berasal dari Suriah. Pada satu waktu, hamster mengamuk di negara itu, mereka menggali sayuran yang ditanam oleh petani dan sampai pada akhirnya para petani kesal lalu memanggil para anjing pemburu.

Tidak hanya anjing yang memburu para hamster ini ternyata guys hewan ini pun dicari banyak orang untuk diambil bulunya dan kemudian dijual. Sangking banyaknya yang memburu hewan-hewan itu akhirnya pada tahun 1920-an mereka telah dianggap punah.

Namun ternyata pada tahun 1930, seorang arkeolog yang bernama Aaron Abrahams menemukan sarang yang berisikan 12 ekor bayi hewan pengerat ini. Ia dengan hati-hati membawa hewan ini ke Universitas Ibrani Yerusalem, dimana mereka telah dikenal pasti berasal dari Sirian.

Para hewan lucu ini kemudian dikembangbiakkan pada sebuah laboratorium hingga mereka tumbuh dewasa dan mereka juga melakukan perkawinan silang. Pada tahun 1938, hewan ini telah diekspor ke Perancis, Inggris dan Amerika Serikat sebagai hewan peliharaan. Selain itu, karena mereka bebas penyakit dan dibesarkan dengan begitu cepat, hamster telah mendapat penghargaan sebagai cardio-vascular oleh para peneliti.

Sebenarnya hamster adalah tikus kecil yang bisa dijadikan sebagai binatang peliharaan rumah. Jenis mereka juga telah dibedakan dari tikus lain karena ekor mereka pendek, kaki mereka yang gemuk dan telinga mereka yang kecil. Hamster sekarang ini telah memiliki berbagai warna, termasuk hitam, abu-abu, coklat, putih, kuning, merah dan ada juga pencampuran dari berbagai warna.

Jenis Hamster Yang Sering Dipelihara

Meskipun istilah “hamster” merujuk kepada 24 jenis tikus kecil, teryata hanya ada sekitar lima jenis yang ditemukan di pasar hewan peliharaan. Dibawah ini adalah daftar jenis yang paling umum ditemukan sebagai hewan peliharaan.

Syrian

Hamster yang satu ini dapat tumbuh dengan panjang yang mencapai 6-7 inci. Warna dari hewan lucu ini adalah kecoklatan dengan perut putih, akan tetapi hewan ini juga tersedia dalam berbagai warna dan juga dengan gaya rambut yang berbeda.

Karena memiliki rambut yang panjang maka hewan lucu ini sering disebut hamster Teddy Bear. Batas mereka bertahan hidup adalah sekitar 2-2 1/2 tahun, mereka lebih suka untuk hidup sendiri sehingga mereka cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan. Ini adalah jenis yang paling umum dijadikan hamster peliharaan.

Campbell

Campbell Hamster termasuk jenis yang kerdil, tikus kecil ini memiliki panjang 3 – 5 inci. Biasanya warna yang dimiliki adalah abu-abu dengan perut putih. Mereka dapat tinggal sekitar 1 1/2 – 2 tahun dan mereka sangat baik jika dipelihara akan tetapi mereka lebih senang jika sendiri. Ukuran mereka yang kecil mungkin akan membuat kita sedikit kerepotan.

Winter White

Winter white dikatakan juga berasal dari Siberia. Hewan ini juga termasuk hewan yang tumbuh hingga 4 inci. Warna yang mereka miliki adalah belang dan warna abu-abu-coklat gelap. Rentang hidup mereka adalah sekitar 1 1/2 – 2 tahun dan kadang-kadang dapat hidup bersama.

Roborovski

Roborovski termasuk dalam hamster kecil lainnya yang panjangnya mencapai 4 inci. Tubuhnya berwarna coklat dan katanya jenis inilah yang paling laris dipasaran. Rentang hidupnya adalah 3-3 1/2 tahun dan bisa hidup secara berpasangan atau kelompok keluarga. Karena ukurannya yang kecil mereka sangatlah lincah sehingga kita akan sedikit repot saat mengurusnya, akan tetapi mereka masih dapat dijadikan sebagai sahabat yang setia.

Chinese

Hamster Chinese memiliki panjang 4-5 inci dan juga dikenal sebagai hamster belang abu-abu. Warna yang mereka miliki adalah abu-abu dengan garis berwarna hitam dan memiliki ekor yang lebih panjang daripada hamster lainnya. Mereka dapat hidup selama 2 1/2-3 tahun dan dengan senang hati dapat hidup sendirian. Hewan lucu ini juga memiliki bulu yang cukup lembut dan dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang hebat.

Cara Merawat Hamster Dengan Benar

Nah, kalau kalian ingin hamster pelihaeaanmu tetap sehat sangat penting untuk memastikan segala sesuatunya dengan baik. Kalian akan perlu untuk memberinya banyak ruang agar ia bisa berjalan disekitar dengan bebas dan melakukan latihan agar ia bisa bermain dengan mainannya. Dibawah ini mimin sudah membuat daftar tentang bagaimana merawat hamster dengan baik.

1. Menghabiskan Waktu Dengan Hamster

Menghabiskan beberapa waktu hanya untuk melihat hamster dan mengenal kepribadian serta tingkah laku hewan ini sangatlah diperlukan. Setiap hamster  memiliki kepribadian sendiri, sehingga kalian harus bisa mencoba untuk medekatkan diri padanya. Beberapa hamster termasuk dalam jenis yang pemalu dan tertutup, sehingga kalian harus menghormati ini dan tidak terlalu mengganggunya.

*Sebagai contoh, ketika kalian ingin menggendongnya ataupun ingin bermain dengannya tapi yang ia lakukan adalah menyembunyikan diri maka itu berarti bahwa ia tidak ingin diganggu pada saat ini.

*Jika hamstermu mendecit itu bisa menunjukkan bahwa ia gelisah atau cemas. Hal ini dapat terjadi terutama ketika dirinya diperkenalkan pada lingkungan yang baru. Cobalah untuk memberinya waktu sampai ia meras nyaman.

2. Mulai Menangani Dia Perlahan-Lahan

Dalam menangani si imut ini kalian memerlukan kesabaran dan jangan terlalu memaksanya. Awalnya kalian dapat memberikan tanganmu kepadanya. Baringkan tanganmu dan biarkan dia terbiasa dulu. Jangan langsung mengangkat tanganmu. Setelah itu ia akan berjalan di sekitar tanganmu seperti mendapatkan mainan baru.

*Jika dia merasa takut, yang harus dilakukan adalah mengambil tanganmu secara perlahan. Disinilah kalian harus bisa bersabar jika kalian ingin dekat dengannya.

*Dari waktu ke waktu, kalian akan melihat bahwa ia akan menjadi lebih nyaman dan berjalan ke tanganmu tanpa ragu-ragu.

3. Mengembangkan Ikatan Dengannya

Selalu melakukan rutinitas yang sama setiap hari maka ia akan menjadi dekat denganmu. Meletakkannya pada tanganmu dan mencoba agar ia mau duduk dan makan di tanganmu.

Setelah ia merasa nyaman, maka secara perlahan mengangkat tanganmu sedikit demi sedikit dari lantai. Jika ia merasa terlalu takut, kembali letakkan tanganmu pada lantai.

*Selalu melakukan ini dekat dengan lantai atau permukaan lain yang aman, jadi jika dia melompat dari tanganmu ia tidak akan terluka.

*Jika ia tertekan dan menggigit tanganmu, letakkan kembali tanganmu pada lantai.

*Setiap kali kalian ingin mengangkatnya maka kalian harus mengangkatnya dari bawah.

*Tidak pernah mengganggunya saat ia tidur.

4. Pertimbangkan Arena Bermain Diluar Kandangnya

Salah satu cara untuk membuat hamstermu keluar dari kandangnya agar ia bisa bermain dengannya adalah dengan mengatur zona bermain yang aman pada rumahmu. Untuk melakukan ini, kalian perlu mencari area yang datar lantai yang bersih dan pastikan ada penghalang agar sikecil tidak melarikan diri. Tempatkan beberapa mainan dan item seperti tabung karton dalam arena bermainnya

* Kalian dapat memindahkannya dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan bola hamster. Dia akan menikmati berjalan sekitar ruang yang lebih terbuka, tapi pastikan untuk tidak melepaskan pandangan darinya. *Bersabar dan membiarkan dia menjelajahi ruang dengan kecepatan sendiri.

*Setelah dia merasa lebih nyaman denganmu, maka kalian dapat bermain dengannya dengan senang.

*Sebuah kotak bermain adalah cara yang baik untuk menyediakan area bermain di luar kandang yang aman.

5. Memberikan Hamster Diet Yang Sehat

Kalian harus selalu memperhatikan makanan yang dimakan oleh makhluk kecil ini agar kesehatannya selalu terjaga. Meskipun hamstermu menjadi sangat aktif dan memiliki metabolisme yang cepat, akan tetapi dia masih bisa menjadi kelebihan berat badan jika makannya tidak terkendali. Umumnya makanan yang harus disediakan adalah sekitar satu sendok makan pelet atau campuran biji setiap hari sebagai inti dari diet.

Gimana menurut kalian setelah membaca ulasan dari makhluk kecil yang lucu serta lincah ini? Apakah kalian tertarik untuk memeliharanya?

Related Posts