stats counter
All for Joomla All for Webmasters

Pernakah kalian mendengar tentang sosok dari si kuning marsupilami? Yang tahu hewan ini pastinya anak yang lahir ditahun 90-an. Ya. ini adalah tontonan kita pada waktu masih kecil yang biasa ditanyangkan pada hari minggu. Tingkah dari hewan ini sanggatlah menggemaskan.

Gak cuma itu ternyata dia juga sangat kuat. Nah, yang jadi pertannyaanya adakah Marsupilami di dunia nyata? Kalau kalian penasaran dengan hewan ini kalian harus baca artikel ini sampai habis ya.

Apakah Marsupilami Itu Memang Nyata?

Marsupilami ini adalah hewan fiksi yang pernah menjadi perdebatan, setelah kemunculannya yang pertama dibuku komik dan juga televisi Prancis. Para peneliti mengatakan bahwa hewan ini termasuk spesies yang sangat langka dan bahkan sudah mulai terancam punah sehingga sangat sulit untuk menemukan mereka untuk sekarang ini.

Biasanya hewan ini hanya ada di negara Polombia, disebuah negara yang sangan tersembunyi dan tidak terkenal bahkan belum dipetakan, karena lokasinya yang masih hutan-hutan. Keunikan lainnya adalah bahwa hewan ini termasuk dalam kategori mamalia tapi ini jenis yang bisa bertelur.

Marsupilami ini memang bertubuh kecil, akan tetapi jika dia sudah marah maka kekuatan yang dihasilkan darinya akan sama seperti hewan buas lainnya. Sangking kuatnya dia, pada akhirnya marsupilami dinobatkan sebagai penjaga hutan yang sangat dihormat. Waduh kayak award aja sampe dapat penghargaan segala hehe…

Gimana Sih Bentuk Dari Marsupilami Yang Sebenarnya?

Bisa dikatakan kalau rupa dari hewan ini hampir menyerupai monyet kecuali ekornya. Panjang dari ekor marsupilami ini adalah 7 cm, akan tetapi ekor betina lebih pendek dari yang jantan, tapi tetap saja kalau dibandingkan dengan hewan lain masih tetap lebih panjang ekor marsupilami betina.

Sama seperti yang kita lihat di televisi ataupun di komik ketika seekor marsupilami melilitkan atau membentuk ekornya itu sama seperti dengan yang diperbuat oleh marsupilami sungguhan. Wow, jadi benar kalau ekor marsupilmi itu memang kuat ya. Eits itu masih ekor belum lagi badannya.

Selain ekor, tinggi mereka juga mencapai sekitar 1 1/2 meter. Nah, kalau soal tinggi betinanya justru terlihat lebih tinggi dari yang jantan. Ini dikarenakan betina berjalan jinjit seolah seperti sedang memakai sepatu hak tinggi yang gak kelihatan.

Marsupilami juga memiliki empat jari pada masing-masing lengan dan juga kaki. Kalau diperhatikan dengan teliti hidung yang dimiliki marsupilami ini mirip kayak punya guk-guk lho, ini dikarenakan bentuknya yang hitam dan besar. Telinganya juga selalu ditegakkan diatas, tapi biasanya kalau mereka lagi gak enak badan maka telinganya juga akan menurun.

Mata yang mereka miliki juga besar dan kebiasaan mereka adalah jika marsupilami jantan bertemu dengan yang betina maka mereka akan selalu mendekatkan mata mereka satu sama lain. So sweetnya hehe…

Mereka juga memiliki taring tapi taring ini hanya akan muncul ketika mereka sedang emosi tingkat Pak Lurah, eh salah tingkat tinggi maksudnya. Nah, keunikan lainnya adalah pada mulut mereka. emank kenapa sama mulut mereka ya? Kalian perhatikan gak sih kalau mulut mereka itu bisa dibilang mirip dengan mulut manusia.

Ada beberapa jenis dari marsupilami yang terlahir dengan warna yang cukup unik dan biasanya terdapat pada delapan spesies yang masih termasuk dalam golongan marsupilami. Salab satunya adalah cheetah yang berwarna kuning dan memiliki bintik hitam. Benar kan, mungkin saja mereka itu sepupuan kali ya.

Nah, untuk yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Marsupilami adalah termasuk dalam jenis mamalia dan biasanya mamalia itu beranak. Tapi yang satu ini malah bertelur. Bentuk dari telur marsupilami adalah agak lonjong dan berwarna seperi buah pir. Mereka akan selalu melindungi telurnya dari para predator. Jika marsupilami kehilangan telurnya maka dia bisa menjadi sangat ganas dan buas, jauh berbeda dengan namanya yang menyiratkan pertemanan.

Franklim Fantasio adalah penemu pertama dari marsupilami yang ada di Afrika dan ternyata ia menemukan hewan ini dengan secara tidak sengaja. Yang ditemukan oleh Framklin adalah jenis marsupilami yang berasal dari Afrika, Jika dilihat dari fisiknya yang ini berwarna abu-abu tapi juga memiliki totol hitam.

Bagaimana Cara Marsupilami berbicara?


Para marsupilami ini dikenal karena memiliki suara yang khas. Tentunya suara mereka juga dapat membedakan mana marsupilami yang jantan dan mana yang betina. Untuk yang jantan biasanya suara mereka adalah ” Houba” (pengucapannya HOOBAH). Sedangkan yang betina akan bersuara seperti ” Houbi* (pengucapannya HOOBI). Ini merupakan cara yang paling simple dalam membedakan marsupilami jantan dan betina yang membedakannya pun hanyalah nada “bi”: dan “ba”,

Lain lagi pengucapan yang dilakukan bayi marsupilami biasanya mereka akan mengucapkan “bu” (pengucapannya BOO). Bisa dibialang juga selain dari suaranya yang unik. mereka ini dikatakan mirip dengan burung kakaktua atau beberapa burung eksotis lainnya. Kok bisa dibilang mirip ya? Maksudnya dikatakan mirip adalah mereka suka meniru apa yang mereka dengar, bahkan terkadang mereka juga meniru panggilan satu sama lain.

Mereka terkadang juga sering mencampurkan berbagai suara dan kemudian dipadukan dengan bahasa khas mereka. Itulah yang membuat salah satu dari mereka akan terlihat seperti ingin mempelajari bahasa manusia.

Kemampuan Seperti Apa Yang Dimiliki Marsupilami?

Seperti yang tadi sudah kita bahas diatas. yang merupakan kekuatan utama mereka adalah pada ekornya, Ini dikarenakan walaupun hanya satu tapi ini dapat digunakan dengan berbagai fungsi. Kalau tarzan berayun menggunakan serabut yang ada pada pohon, maka marsupilami akan menggunakan ekornya sendiri untuk berayun. Gak cuma itu, ekor mereka pun juga bisa dibentuk-bentuk sesuai dengan keinginan mereka.

Bagian menarik lainnya dari hewan yang satu ini adalah mereka mempunyai insang internal, yaitu mereka memiliki kapasitas seperti amfibi untuk dapat hidup di air dan didarat. Keren ya ternyata marsupilami mempunyai banyak fungsi. Uda kayak superman aja hehe…

Akan tetapi, karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu di atas pohon, mereka jarang menggunakannya, kecuali jika terjadi banjir badang dihutan Amazonas dan ini mereka gunakan sebagai tangki oksigen ketika berada di dalam air.

Ketika mereka menelan begitu banyak air, mereka langsung dapat mengatasinya. Mereka bisa mengeluarkan cairan dari pernafasan mereka tanpa mengalami batuk, Cara mengeluarkan air dari tubuh mereka adalah dengan menutup hidung mereka dan meniup air agar keluar melalui telinga. Ini mereka pelajari untuk dapat bertahan hidup.

Hal lain yang akan membuat kita terkejut tentang marsupilami ini adalah bahwa ketika mereka berada disarang mereka yaitu diatas pohon ternyata mereka berkerja. Hah? Bekerja? Manknya kerjaan seperti apa sih yang mereka lakukan? Hewan yang satu ini tidak bisa dianggap sepele mereka tidak hanya kuat tapi mereka juga rajin dalam melakukan perkerjaan.

Pekerjaan yang mereka lakukan adalah marsupilami mampu dalam menenum dan membuat simpul. Bukan dengan menggunakan ekor mereka melainkan dengan barang-barang yang mereka temukan di hutan. Kehidupan yang mereka lalui hampir sama dengan manusia yaitu penuh dengan keserderhanaan. Ketika tenunan mereka selesai mereka akan memberikannya kepada teman sebangsa mereka ataupun keluarga sebagai hadiah.

Biarpun ukuran mereka seperti tidak sebesar gajah ataupun beruang tapi mereka memiliki kekuatan yang amat sangat kuat. Kekuatan mereka tidak hanya terdapat pada ekor saja, tangan mereka juga dapat menghancurkan batu yang besar. Mata mereka akan berubah menjadi hitam dan ini akan membuat musuh mereka menjadi ketakutan, mereka juga dapat memecahkan kelapa dan melempar batu yang berukuran besar.

Meskipun kedua marsupilami sangat kuat (baik jantan maupun betinanya) akan tetapi tetap saja marsupilami jantan yang lebih memiliki kuasa. Biasanya yang dilakukan para jantan ini adalah untuk dipamerkan kepada marsupilami betina dan menarik perhatian mereka. Menjadi yang terkuat akan membantu diri mereka dalam melawan jaguar, yang selalu menjadi musuh utama marsupilami.

Sama dengan pembahasan yang diatas, hewan yang satu ini dapat meniru suara yang mereka dengar layaknya burung beo dan mereka juga berbicara satu sama lain dengan memadukan bahasa yang mereka dengar, bahkan bahasa tubuh mereka ketika berkomunikasi bisa dibilang hampir mirip dengan manusia. Yang jadi pertanyaannya adalah bagaimana mereka bisa menirunya padahal mereka tidak pernah bertemu manusia.

Bagaimana Dengan Tempat Tinggal Dan Makanan Mereka?

Sarang marsupilami di desain dengan sangat kompleks bahkan bisa dibilang cukup mewah, tapi ini tetap saja tergantung pada tinggi pohon yang harus memiliki tanaman merambat yang kokoh. Struktur utama sarang mereka terbuat dari pohon pakis dan pohon palem dengan daun anyaman untuk dijadikan sebagai terpal, kerangka bambunya dirancang hingga membentuk lengkungan dengan sedikit rongga, kemudian juga dipasangkan sebuah pegangan untuk membuat penutup sarang dapat membuka dan menutup. Dan ini berguna untuk melindungi mereka dari cuaca buruk.

Lembut dan Hangat, itulah ungkapan dari sarang yang mereka ciptakan sendiri. Mereka juga akan menghiasi sarang mereka dengan bunga-bunga hutan yang indah walaupun sebenarnya tidak ada tujuan utama ketika meletakkan bunga-bunga ini, yah selaknya manusia mungkin saja ingin mempunyai kamar yang indah.

Marsupilami yang masih jomblo sudah sangat puas dengan sarang kecil buatan mereka sendiri. Sarang yang lebih besar akan ditujukan kepada marsupilami yang sudah kawin dan berniat untuk memiliki keluarga, Biasanya satu keluarga hanya akan memiliki satu telur, kelahiran kembar dua dan tiga terkadang juga terjadi tapi kasus ini sangatlah jarang.

Terkadang bagi para pasangan baru masih sangat sulit bagi mereka untuk beradaptasi, Mereka memerlukan waktu untuk diri mereka sendiri dan pasangan mereka( ibaratnya masih mengiginkan masa-masa bulan madu lah hehe…) Marsupilami jantan juga akan membuat sarang cinta untuk ditinggali bersama dengan pasangannya. Wah, gak nyangka marsupilami bisa romantis juga.

Tidak hanya dipohon ditanah pun marsupilami dapat hidup dengan baik. Makanan marsupilami adalah buah-buahan segar yang biasa mereka dapatkan diatas pohon. Tapi ketika musim hujan tiba dan mereka kesulitan dalam mencari makanan biasanya mereka akan memakan serangga. Jika mereka ingin memakan sesuatu yang mengandung maka mereka akan lebih untuk makan ikan dan itu memang kesukaan mereka kecuali piranha. Hanya satu kekurangan dari mereka yaitu para marsupilami ini gak bisa memakan sesuatu yang pedas. Ya ampun benar-benar sudah kayak manusia aja.

Wow, ternyata hebat juga marsupilami yang satu ini. Tapi sayangnya untuk hewan sehebat ini sudah tidak bisa ditemukan lagi. Jadi sedih jadinya kalau masih ada rasanya pengen punya satu hehe….

Related Posts